Akhir bulan Januari kemarin aku medapatkan pengalaman yang bener2 baru bagiku hihi… Sempat ada tawaran untuk mengikuti acara clay di TV Champion Indonesia. Pertamanya sih beneran dilema karena ada bbrp hal yg menyebabkan aku ga yakin untuk bs ikutan acrnya. Diawal aku udah bilang untuk tdk bs join dulu ke tim mnctv yang mengontakku, tapi selang bbrp hari ternyata kendala yg kuhadapi bs teratasi dan krn msh ditawari u join akhirnya aku putuskan untuk mencoba deh setelah ijin dari suami turun wkwk… Waktu itu aku masih belum tau siapa aja tuh juri dan teman-teman yang nantinya ikutan, jadi penasaran kan hihihi :D.

Hari Selasa agak sore, aku ditlp tim kreatif tv champion, namanya mba Tyas. Aku dberitahu kira2 detil acara spt apa dll. Disela-sela mengurusi anak2, aku akhirya menyiapkan juga bahan2 dan materi yang harus kubawa ke jkt. Site untuk tantangan harus kusiapkan juga, krn itu aku sempat deg2an selesai atau tidak ini perisapanku… Hari minggu aku udah harus brkt jkt, hari sabtu harus keliling dan makan bersama berhubung merayakan chinese new year. Jadi waktuku hanya sekitar 3-4 hari aja untuk menyiapkan semuanya sendirian. Hahaha hectic deh jadwalnya kejar2an :p. Udah jangan dibayangin deh pontang pantingnya spt apa wkwk, aku hanya bs mengusahakan terbaik yg bs kukerjakan :D. Untung suamiku baikkk…dia mensupportku dan membantuku mengurus anak2 juga. Anak2 juga pintar, mereka tdk merepotkan saat tau aku mengejar dateline. Akhirnya site untuk tantangan berhasil selesai walau setengah kering wkwk, aku masukkan kotak sambil berharap selama perjalanan claynya aman. Yak… dan hari minggu berangkatlah aku ke jkt. Tujuanku berangkat benernya hanya ingin mencoba pengalaman baru aja, pingin seru2an main clay dan ketemu dengan teman2 clayer lainnya, dan pingin agar kesenian clay itu bisa semakin dikenal luas bukan hanya sebagai mainan anak, tapi sebagai kerajinan unik2 seperti karya teman2 clayer lainnya :). Kalah menang bagiku ga masalah, aku udah menyiapkan diri untuk semua kemungkinannya. Bs mendapatkan pengalaman saat syuting itu yg ingin kupelajari hihi, maklum katrok ga pernah syuting tapping wkwkwk… :p.

IMG_20170130_220228lSampai di Jkt minggu malam, dijemput koko hihi, kami makan di apartemen aja, dimasakin koko hihi nyummm… aku ga mau makan berat. Ga bisa makannnn hahaha, meskipun berusaha nyantai tp namanya manusia juga ada deg2annya nih wkwkwk… Malamnya bobo sebisanya deh, pagi jm 6.30 aku mandi dan doa dulu. Pagi hari itu koko spesial masak roti prata lhooo… ahhh kokoku memang baikkk hihi, setelah sarapan kami siap2 berangkat. Hari itu Sening 30 Jan, pagi harinya gerimis. Jm 7.30 aku naik taxi di dpn apartemen, ituu tinggal satu taxi, untuk masih dapet wkwkwk.. kl taxinya pergi entahlah aku bs dapat taxi jam berapa :p. Sesampainya disana aku ketemuan dengan Ikaaaa (karya2 kerennya bs dilihat di blognya: http://kurohouseofcraft.blogspot.co.id/), yeayyyy…. Di jadi juri bersama 2 artis lain dari Jakarta. Senengnya pas bertemu Ika tuh karena kami udah lama ga ketemuan hihi, ketemuan pertama udah bbrp tahun lalu pas acara di sentul. Aku tuh senang kl bs kumpul2 dan cerita2 seru ma temen2 clayer wkwk… beneran wkt itu aku ga mikirin kompetisi, bs ketemuan aja udah rasanya seneng banget :D.

Pagi itu ternyata kami harus di make up dulu, wahh… aku nih jarang2 makeup tebel, jadi begitu kelar makeup aku berasa muka jadi tebell banget bedaknya wkwk… Eaaa jadi merasa bukan diriku hiks… Tp ga berani ribut wes, nurut wae ga berani cerewet wkwk *meskipun tangan gatel pingin menghapus itu eyeliner yg kepanjangan :p*. Ika cantik di makeup hihi.. Wkt itu yg datang baru aku dan ika. Setelahnya aku mulai melihat Djohan, hihi dia dari Hanaya clay, karya flowernya wowww…maut deh bagus banget…. Itu juga pertama kalinya kenalan dengan Djohan :D. Diawal karena baru kenal mgkn masi kerasa kagok ya wkwk, tp ternyata setelah lama2 dia enak juga tuh diajak ngobrol… Djohan rame juga ternyata orangnya, dan baik ^_^. Nah yang paling akhir aku bertemu dengan Rini. Dia dari cernit indonesia (https://www.instagram.com/cernitindonesia/), karyanya juga bagus2 dan imut2, pastinya pengalamannya juga udah banyak. Rini juga ternyata orangnya seru dan rameeee, cantik lagi orangnya hihihi, begitu ketemuan udah ngobrol kanan kiri berasa seneng sekali seperti udah berteman lama hihihi…. Jadi kami sempet bercanda2 diawal, sambil cerita2 kanan kiri ngalor ngidul wkwkwk… Sekitar jm 11, kami mulai persiapan menuju panggung tv champion. Kami menyiapkan bahan2 dan alat2 yang akan kami pakai di meja yang disediakan. Di depan meja kami ada lampu2 terang sekali, kamera jg cukup banyak, hihi aku sempat ngowoh sejenak, ternyata begini toh suasana syuting :p. Ah sayang aku kelupaan foto suasana sekitar, saking konsentrasinya menyiapkan alat dan bahan. Aku bawa koper itu 90% isinya alat bahan clay hahaha, bajunya cm bbrp gelintir doang 😀 :D. Hihihi entah ya, aku merasa enjoy bangettttt…. Beneran karena aku merasa bertanding bersama teman2 yg baik, aku ga merasa ada beban sama sekali. Yang penting bikinnya enjoy, dah cukup itu sih bagiku :).

IMG-20170131-WA0004lIni diawal mau mulai, kami disuruh bergaya saling menantang :D. Errrr…namanya kami ga biasa akting sampai bolak balik di take ulang hihihi :p. Btw, kalo diperhatikan ternyata warna pakaian kami senada yak, antara abu dan item hihihi, kompakkk kannnn 😀 :D. Ini foto2nya untung Ika fotoin untuk aku, Djohan dan Rini, jadi kami ada kenangannya, tengkiuuu Ikaaa….

IMG-20170131-WA0002lYak…tantangan pertama dimulai sekitar jm 12 kl ga salah…. Tettttt…. Kami mulai membuat tantangan pertama membuat set makanan. Aku nih udah lamaaaa ga bikin makanan wkwkwk, ditambah aku emang ga hobi masak, jd tantangan ini paling berat buatku hihi… Ya udah mari bikin sebisanya hihi… Disini aku banyak pakai polymerclay. Krn ga bs bawa oven, aku bawa heatgun. Heatgun memang bs membuat pc mengeras, tp kurang sempurna. Tp aku udah tanyakan ke mba Tyas, itu diperbolehkan asal tampilannya sama aja. Toh pikirku kl makanan tdk ada detil2 yg butuh melambai2 wkwk, jd no prob juga krn kemungkinan patah2 lbh kecil. Siapa yang menang dan kalah ntar aja ya infonya, aku ga cerita dulu wkwk… Ini adalah set yg coba kubuat. Untung tema kami berbeda. Aku ga jelasin detil dulu ya apa yang kami bikin hihi, biar lebih surprise ntar kl liat acaranya :). Karya mereka luar biasa bagus deh…beneran… Disini kami juga belajar akting hahahaha… Ketika kalah disuruh berekspresi seperti sedih gimana gituuu, padahallll mestinya aku ga sedih lhooo… Aku senang meskipun teman lain menang. Kalo menang juga disuruh seperti kegirangan bener, padahal aku juga kl menang jg lebih suka memberi jempol dan mengapresiasi peserta lain. Tapi saat itu kudu diatur ya wes manut ajaa :p. So just supaya tau, terkadang yg tampak di TV tdk selamanya sesuai dengan yg kita rasain wkwk… Tiap peserta juga ternyata punya kameramen masing2, mereka bertugas untuk mendapatkan detil2 dari tiap peserta. Kameramenku namanya mas Tiar, orangnya baik dan perhatian. Kameramen Djohan namanya mas Richard, hihihi kadang dia bercandaan di mejaku juga jadi aku tau namanya. Kl kameramen Rini agak jauh di ujung sih, maap aku ga tau namanya :p.

IMG_20170130_220409lSetelah tantangan pertama selesai, kami break sebentar… Huufffttt cukup capai ternyata. Aku, Djohan dan Rini becandaan dan ngobrol2 melepas penat, sesekali Ika juga ikutan nimbrung hihi… Dua juri lainnya namanya Anwar dan Mumuk Gomez. Aku jujur ga kenal merekaaa hihi, jarang liat tv indo soalnya. MC satunya namanya Oki kl ga salah, soalnya aku denger itu produsernya or bagian apa itu aku kurang tau sih, kadang manggil.. Oki.. Oki.. gitu hihi… Kalau ada yg salah karena ini tapping, memang bisa di cut dan diulang. Tantangan ke dua kami harus membuat 5 karakter disney dlm wkt yg ditentukan. Ini tantangan yg paling melelahkan krn kami kudu cepet2an bikinnya. Aku bikin pakai amos aja, krn kl pakai pc itu tdk memungkinkan pengeringannya, bs patah2 terus malah ntar bikinnya tambah lama :p. Karakter yg dibikin terserah peserta. Punya Djohan konsepnya bagus tuh, salut bisa mikir ide spt itu. Rini figurenya imuttttt… aku sukaaaa. Rini kan pakai cernit tuh, aduhhh bikin aku pingin nyobain juga wkwk… Warna cernit kan bagus2 dan terang, makanya figure Rini terlihat menarik banget. Aku sendiri pertamanya pingin bikin Aurora, tp aku ga dapet site yg cocok. Akhirnya menjelang mau beragkat Jkt wkt itu, aku ubah keputusan untuk bikin karakter lain. Aku pingin bikin sesuatu yg bisa bikin aku ketawa ketiwi saat membuat wkwk, apa cobaaa…. Foto hasil karya malah aku sampai ga sempat foto2, juga karya teman2 lain. Nanti rencana mau minta tolong sapa tau bisa dikirim foto2nya di email oleh tim mnctv. Setelah tantangan kedua selesai kami istirahat makan dulu. Itu udah jm 21.30 malam lhooo, ga berasa beneran. Aku agak kuatir Rini masuk angin, soalnya dia ga sempat nyemil dr terakhir kami makan jm 11 tadi. Aku sendiri hanya sempat makan 3 gigit snack, krn wkt itu ga tau kl ada snack. Untung Djohan sempat kasih tau, udah hampir mulai syuting jadi cepet2 hap hap deh biar perut ga kosong. Apalagi AC cukup nyentrong tuh, untungnya aku dan teman2 ga sampai masuk angin wkwkwk… Waktu makan malam, bbrp kru dateng mainan clay di mejaku wkwkwk… Aku bawa macem2 clay soalnya hihihi, jadi pada mainan nyobain clay seru :D. Bbrp nama yg aku coba ingat2 ada mas Eggy, mas Albert, mba Erlita itu dr Sby dan satu almamater denganku ternyata ;D, mas Konde. Yg lain aku ga tau hihihi… Seneng bs berkenalan dengan para kru yg ramah dan senang bercandaan. Itu Anwar jurinya juga suka main clay ternyata hihi… Aku dpt cerita dr Ika, Anwar ternyata masuk 10 besar master chef Indonesia, jd dia sendiri pastinya jago masak dan tau yang namanya fondant :). Btw ada cerita lucu nih, itu hidungku kan gatel ya, aku usap pakai tangan, juga pas keringatan kuusap tangan.. ketika pegang clay..ehhh claynya jadi coklatttt wkwkwk, bedaknya nempel gawat hahaha… Itu eyeliner kayanya sempat luntur2 juga deh, mataku jadi kaya mata panda, dibawahnya itemmmm… Jadi geli sendiri itu kl pas disyuting ga tau deh gimana wajahku, malu kl liat wkwkwk…

IMG-20170131-WA0001l

Tantangan terakhir membikin cerita clay. Kesukaanku bikin tema dongeng wkwk. Aku benernya pingin bikin tema lain, tp karena waktu yg udah mepet banget persiapannya, jadinya aku ga bs mikir yg lainnya selain tema kesukaanku.. yaitu peri2 wkwk… Dah ga ada wkt untuk mikir panjang2 ya harus langsung eksekusi deh spy semua tantangan bs terselesaikan dalam wkt yg terbatas. Akhirnya semuanya selesaiiiii… Yah setidaknya kami semua peserta sudah berjuang ditengah keterbatasan waktu dan kesibukan yang kami punya. Boyok rasanya udah lemes wkwk… Itu puji Tuhan kakiku ga sakit, biasanya kl kebanyakan duduk, otot kakiku bs ketarik, bersyukur itu selama seharian pas hari H badanku masih dalam kondisi fit. Semua selesai dalam satu hari, kl ga salah itu sampai jm 23.30 deh. Aku banyakkkk sekali dapat pengalaman baru, bertemu dengan orang2 baru, bertemu dengan teman2 clayer yang seru2 dan baik2 dimana karya mereka begitu luar biasa. Aku senang dan bersyukur sekali untuk apa yang boleh kualami hari itu ^_^. Malam hari itu aku nyampai apartemen koko jam 2 pagi wkwkwk… Masih kudu nyiapin dan menata koper lagi krn besokya aku balik sby kan. Jam 3 pagi aku baru bs istrht, itupun ga seberapa nyenyak krn jm 6 harus udah bangun lagi dan siap2 nyari taxi jm 7 pagi. Ahhhh…. terimaksih semuanya… Paling nomer satu makasih Tuhan untuk berkatMu. Dan setelahnya pastinya makasih untuk suamiku tercinta dan anak2ku yang selalu mendukungku dalam kasih dan doa. Aku bersyukur banget punya suami yang sangat pengertian dan memberiku waktu untuk bs berkarya, loveee you so muchhh… Makasih koko udah memberi tumpangan dan dan menjemput pas di airport hihi, makasih Ika, Rini, Djohan untuk keseruanya… Makasih mba Tyas, mas Tiar, mas Richard, mas Eggy, mas Albert, mba Erlita, dan semua kru TV Champion. Pengalaman ini sangat berharga buatku ^_^. Lega deh semuanya boleh terlewati hihihi… Sekarang udah bisa bobo nyenyak zzzz…

 

IMG_20170201_074922lBtw foto2 karya ga kuposting dulu ya, hehe… tar silahkan liat edisi lengkapnya di MncTv, sepertinya sih di hari Selasa minggu ke 2 di bulan Feb, pukul 16.00 ^_^. Semoga sih tdk ada perubahan wkwk… Tengkiuu yaaa, semoga kerajinan clay boleh semakin maju di Indonesia.

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *