IMG_6741.JPGlSelain membuat peri-peri dan putri ballgown, salah satu yang kusuka adalah membuat knight alias model prajurit perang gituan deh. Kesannya tangguh aku suka hihi… Nah ini aku lagi belajar dan nyobain pingin bikin wajah yang kusculpt lagi (kalo ga dilatih bisa kelupaan ntar tekniknya wkwk). Ukurannya agak besar yang ini. Tinggi nya ada sekitar 20cm. Dan kali ini sebagai tambahan belajar, aku coba bikin rangka tubuhnya menggunaka kawat semua, dari kepala, tangan, kaki dan badan semua menyambung dengan kawat, yang kulapis dengan aluminium foil untuk membentuk dasaran rangka badan. Kalo bahasa kerennya bikin amature hihihi…. Jadi aku coba bikin garis besar pose dan badanya dari aluminium foil. Selain bisa menghemat bahan, bikin dari aluminium foil bisa lebih cepat kan.¬†Aku bikin kaki menumpu satu dengan pose orang berlari rendah. Melapis dengan aluminium memang cukup membatu sih, jadi aku bs paham kira2 proporsi badannya spt gimana. Setelah melapis dengan alfol, aku lapis dengan clay. Clay yang kupakai kali ini adalah airdry, joyful dengan amos. Kebetulan ada clay joyful yang udah terlanjur kubungkusin kecil2 dan tdk terpakai, drpd mengeras, aku gunakan untuk membikin body figure kali ini. Lumayan kan, joyful keras dan halus permukaannya. Sedikit kesulitan hanya saat menunggu clay bagian wajah kering. Krn aku mencoba bermain sculpt, jadi kadang aku g bs langsung bentuk bbrp part wajahnya, kudu nunggu kering dulu baru bs kutambahin supaya bagian lain yg udah bagus tdk rusak. Aku tdk terbiasa melapis rangka dengan clay wkwk, jujur agak bingung di awal nih. Merapikannya lebih sulit drpd kalo pakai full clay wkwk. Karena kan teknik melapis berarti kudu dikit demi sedikit dirapikan, dilihat mana yang kurang ntar ditambahin lagi. Meskipun sulit tp cukup menyenangkan, ntar kapan2 aku mau nyobain lagi bikin pakai amateur. Setelah bodynya selesaik aku coba taruh dan lekatkan di tatakan hitamnya. Itu dari blessing clay yang duluuuu pernah kubeli, udah mengeras wkwk, makanya sekalian kupotong dan kupakai untuk dasaran aja biar tdk terbuang percuma :D. Kan blessing kuat dan berat, cocok juga untuk dasaran, mengimbangi berat figurenya yg juga tdk ringan. Nah yang sedikit masih bingung, itu kakinya kan menempel satu di dasar ya… Udah kukasih kawat, tp rasanya kok masih kurang melekat kuat, karena bidang tumpunya hanya di telapak bagian depan sih ya, jadi masih bisa mengangguk2 itu figurenya kalo digoyang2 (ga bs firm kuat gt kesannya). Apa mungkin karena kawatnya kurang kuat ya? Aku sih pakai kawat monel yg biasa kupakai, udah kulapis dua, tp mgkn perlu pakai yg lebih kuat kali ya. Krn ini kan airdry, aku ga berani pakai kawat biasa, takutnya berkarat lagi malah repot. Hmmm… mari ntar kita percobaan lagi :D.

IMG_6727.JPGlMasuk ke pembuatan figurenya… Ini modelnya ngarang wkwk, ga ada karakter kartun tertentu yang kupakai sebagai modelnya. Aku cuma pingin bikin model knight yang berlari dengan rambut dan jubah berkibar. Aku pilih warna merah sebagai dasar baju dan putih emas sebagai baju lapisnya. Yang membuat lama adalah membikin detil garis2 di baju lapis putihnya wkwk, kudu nempel pelan2 :p. Bikin jubah berkibarnya aku pakai amos hitam dan merah. Menyenangkan bikin jubahnya hihihihi…. sebenarnya masih kurang lebar ituuu, kalo lebih lebar, efek berkibarnya dibagian belakang bs lebih terlihat. Setelah bajunya semua selesai, akhirnyaaaa masuk kebagian yang paling kusukaaaa…. membuat rambut hihihi… Rambutnya masih bingung antara mau diurai biasa atau di kuncir satu. Akhirnya kuputuskan dikuncir satu aja deh :D. Yak, bikin rambut ubar ubirnya menyenangkan hohoho… Aku suka bikin helaian rambutnya untuk ditata satu2. Helaian detilnya ga banyak kok, itu yg tebel dibikin dari gelondongan besar yang kugeret dengan jarum, tinggal kasih beberapa helai sebagai tambahan detil. Yak selesaiiii…. mari difoto di outdoor dulu. Ga perlu pakai flash udah terang hihi… Percobaan bikin amature (bukan amateur ya wkwk) selesai ^_^.

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *