Ukuran bagian dalam diorama ini adalah seukuran kertas A2 (tidak termasuk pigura), itu ukuran diorama terbesar yang pernah kubuat sampai saat ini. Dan aku harus menyelesaikan pesanan art clay ini hanya dalam 2 malam!! Benar-benar harus lembur sampai jam 3 pagi saat ituuu… >_<. Tapi karena ini pesanan spesial, jadi kuterima sebagai tantangan *jadi kaya tugas kuliah lagi ajah…ga tidur sampe beberapa hari kalo dah mo presentasi hahaha :D*. (Oh ya, karya ini kubuat di tahun 2010).

Konsep dasarnya….rumah kubagi menjadi 4 ruangan, dengan masing-masing fungsi dan ciri khasnya. Tentu saja harus dibuat 2 lantai dan ada penghubung antar ruangnya, sehingga kesannya bisa saling menyambung sebagai satu rumah utuh. Jenis ruang kupilih yang bisa banyak dimodifikasi tapi memiliki ciri yang tidak terlalu sama satu dengan yang lain. Jadi yang kupilih adalah: ruang keluarga, dapur, ruang kerja dan ruang tidur.

Dimulai dari ruang keluarga. Ruang keluarga adalah salah satu yang kusuka, karena ada banyak sekali variasi yang bisa diberikan saat mendesain ruangnya. Syarat utama, ruang harus terkesan hangat dan nyaman. Jadi disitu kuberi perapian clay art kecil dibelakang. Dengan warna dinding coklat hangat, kombinasi warna sofa disesuaikan sehingga suasananya bisa blending. Tinggal ditambahkan pernik-pernik pelengkap clay art lainnya sehingga ruang tidak terlihat kosong.

Kemudian membuat bagian dapur. Haaahhhh…disinilah banyak sekali pernik-pernik kecil yang perlu dibuat!! Membuat dapur ini yang paling lama…karena ya ituuu, butuh banyak pernik pelengkap kecil-kecil. Apalagi membuat perabot lemari/ meja, itu termasuk miniatur yang agak malas kubuat hehe :p. Setelah satu demi satu clay art pelengkap selesai, tinggal mengatur dan menempelnya pada ruang. Yippyyy…kalo menempel sihhh…itu paling kusukaa, soalnya hasilnya sudah mulai terlihat, tinggal disusun doang :D.

 

Hasil dari kerja separuh jalan sudah membuat lantai kamar kerjaku berantakannnn…. Oh noo, sampai berjalanpun terasa sulit nih hohoho… Tapi harus bertahan sebentar sampai semua selesai, udah ga sempet mikir soal beres2 karena ada tenggat waktu yang harus dipenuhi. Akhirnya ngebut kerjaa lagii… Kamar kerja dan kamar tidur cukup mudah untuk dibuat. Pernik pelengkapnya emang masih banyak untuk kamar kerja, tapi banyak yang sama seperti buku-buku, bantal, dll. Untuk kamar tidur malah tidak terlalu banyak yang perlu ditaruh, agar tidak terkesan terlalu penuh dan ribet. Yang terakhir..tinggal membuat ruang penghubungnya. Membuat sketsa berapa anak tangga yang perlu dibuat, dan membuatnya dengan clay art lagi. Ahhhhh…..setelah selesai semua, rasanya lega bangettt… Jadilah sudah rumah clay-nya *hufff…*. Apalagi tenggat waktunya berhasil kupenuhi *mengelap keringat..*. Satu tantangan berhasil terselesaikan, semoga yang menerima juga senang ^_^ *setelah itu libur nge-clay seminggu..capekkk… ;p*

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

4 thoughts on “Home Sweet Home Art Clay

  1. wiiii.. kereen mbaak hehehe…
    oia mbak mau tanya,, kan aku mau coba2 bikin kayak gini di frame kecil..ukuran 5R an laah.. aku mau tanyaa… di buku mbak kan disebutkan papan plastik,, itu apa yaa?? belinya meteran tah mbak??di gramed ada?? terus fungsinya apa?? kalo misalnya di tempel langsung di frame nya bisa?? atau ditempel lapisannya bukan papan plastik tapi kertas duplek gt??
    makasii jawabannya mbaak 😀

    1. tengkiu :). Papan plastik bisa dibeli di gramed, cb cari didekat gabus2, bentuknya kaya papan lembaran yang ada lubang2nya. Itu udah potongan2 dijualnya :). Biasanya kupakai itu sebagai dasaran krn frame biasanya kubikin terakhir. Kl kamu udah ada framenya, gpp lgs aja di tempel di papan, ga perlu di papan plastiknya :).

  2. oooo… hehehehe enak nih langsung bisa ngobrol sama penulis bukunya hohohooo 😀
    trus kalo vernish nya pake pilox boleh ya mbak?? aku mau coba pake amos, yang nyarinya gampang di gramedia heheheh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *