Hadeehhhh….mainan cane ini yaaa, bener2 bikin penasaran dan bikin ga bisa berhentiiii… *hellppppp @_@*. Kalo rasa penasarannya lagi keluar itu yaaa….rasanya bikin sampai subuh2 itu bener2 ga kerasa *eittss…ketauan deh sering tidurnya ga malem lagi, tp udah pagi wkwk*. Bulan ini kan target kerjaanku udah mau selesai, jadi aku putuskan untuk tidak mengambil jatah bln juli deh, mending main2 dan eksperimen aja duluu… Kalo ga gitu, aku ga ada perkembangan, dan aku sendiri bisa bosan :p. Berhubung ini anak2 juga liburan dan banyak bermain, mamanya ikutan deh…mainan clay cane..horayyyy!!! ^0^. Dan inilah hasil mainan cane selama kurang lebih 3 hari (tp ga berturut2 sih, soalnya masih ada finishing yg harus kukerjakan dulu :p).

Aku ini lg pingin banget bikin cane bead yang cantik2. Jadi latian bikin banyak cane nih aku, walopun ga banyak2 amat, tp setidaknya aku bs latian bikin beads dengan macam2 teknik. Salah satunya yang bikin penasaran banget adalah bikin beads bisa mulus tnp terlihat sambungannya. Pertama kali aku bikin msh belum bisa halus banget tuh sambungannya hiks… Kedua kali bikin udah lumayan, tp masih blm sempurna. Makanya latian2 dan latian terusssss….. Aku juga penasaran dengan translucent clay nih. Di google kan kuliat ada yg translucent cantik2, nah aku nyoba bikin. Tapi hasilnya blm sesuai yg kuiinginkan. Percobaan beberapa kali masih aja gagal dpt motif menumpuknya :'(. Karena itu aku skip dulu belajar yg transulcent, dan aku pilih wrn2 yang padat. Nah yang penting lagi saat bikin cane itu, menurutku adalah pemilihan warna. Aku nyoba bikin bunga dengan wrn kuning, oranye dan putih doang, hasilnya agak pucat :p. Hihi aku masih niubi disini, jadi harus banyak nyoba2, dan latian kalo emang ada waktu :D. Nah yg ini udah lumayan bisa menumpuk. Claynya dipotong tipisss dan ditempel menumpuk, lalu diratakan pelan2. Tp bentuk motif bunganya masih agak kacau, karena aku menggunakan sculpey putih (8oz) untuk mencampur wrn dan ternyata terlalu lembek hasilnya, jadi kalau dipotong masih pleyot2 :p. Hmmm…ntar mgkn harus coba yg premo or fimo nih, biar hasilnya lebih oke kalau dipotong. Sementara ini aku menggunakan clay yg ada dulu aja buat trial error dulu, kalo udah jago baru beli yg lebih bagus :D. Di sini aku nyoba menambahkan manik2 bling2 juga, dan pengeringannya dengan heat gun.

Kalau yang ini aku lagi pingin bikin motif garis2. Terkendala lagi karena ternyata wrn coklat yg kupakai wkt ku conditioning kebablasan wkwk, alias terlalu lembek dan begitulahhh….kalo udah terlalu lembek jadi sulit dipotong dan hasilnya blur. Waktu itu aku taruh claynya didekat angin panasnya komputer, kelupaan ga dicek, nah ketika kucek ternyata ada jd ‘aneh’ deh…antara kelembutan tp kl di uleni gitu terasa ada yg menggumpal kecil2 :(. Tp setidaknya tetep bisa kubuat trial error deh. Dengan gini aku jadi tau kesalahan2ku wkwkwk… Dan inilah motif yg coba kubikin seadanya dengan cane yang udah jadi (walo belum maksimal, paling ga teknik bikinnya aku mulai tau dikit2 hihi). Btw, yg ini mestinya garisnya kudu lebih slim dan lurus, tdk berhasil lurus karena ada clay yg gagal diconditioning tsb. Berarti proses conditioning di awal itu bener2 menentukan, kl proses conditioning ga bagus hasilnya juga jadi kurang maksimal :). Yak, dapat catatan lagi dari percobaan ini hihi…

Dan yang ini aku pakai teknik natasha beads. Teknik ini paling simple dan paling lucu menurutku hihi… soalnya kita bisa menggunakan clay2 yang ga terpakai, dijadikan satu, diuntir2, dipotong dan jadilah motif yang amazing ini….. abstrak tapi indah banget menurutku. Amazing banget deh ngeliat clay2 yg terbuang ternyata bs dimanfaatkan jadi beads dengan motif unik :D. Itu yang kedua dari kiri lucu yah, hahaha bisa jadi seperti wajah orang yg sedang marah :p.

Ini juga kucoba bikin dr clay sisa2 :). Yah sekali lagi walo hasilnya masih belum maksimal, tapi aku seneng sekali bisa belajar tentang polymer selama bbrp hari ini. Bbrp hari lagi aku akan posting hasil2 lain lagi yg kudapat dari trial error kali ini hehe…. maklum foto2 yg baru belum dicrop, ntar kalo udah dibikin catatannya aku cerita2 lagi yaaa….. Mari bermain dengan clayyyy….. ^0^

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *