The beauty of clay art

Clay adalah salah satu bahan kerajinan yang bisa diolah sehingga bisa mempunyai nilai seni tinggi. Seperti yang kita tahu, seni itu sendiri adalah suatu bahasa yang sangat universal dan mudah dipahami oleh banyak orang. Seni itu indah, karena bisa mempersatukan banyak orang dari berbagai suku dan bangsa, melintasi segala macam perbedaan bahasa dan budaya, semuanya bisa menjadi teman dan sahabat bermula dari pembicaraan kecil tentang seni. Indah bukannn..? ^_^. Dan clay itu sendiri adalah bahan yang sangat mudah untuk diolah dan dibentuk menjadi apapun yang kita mau. Bentuk 2D, 3D, bahkan 4D dapat kita buat dengan bahan clay ini. Bermain dan bereksperimen dengan clay tidak pernah membosankan, apalagi jika kita melihat bermacam-macam bentuk unik dan indah yang bisa dihasilkan hanya dari clay.

Sedangkan gambar gadis kecil yang membawa kado ini sebagai lambang ketulusan kami, yang ingin memberikan sesuatu yang istimewa bagi semua yang mencintai karya kami. Jika anda tertarik, ingin mengenal clay lebih lanjut dan belajar bersama membuat karya art clay, anda bisa mengikuti setiap postingan kami. Akan ada beberapa tutorial yang akan coba kami berikan nantinya.

Piet’s Art disini berdiri dengan harapan bisa menyentuh banyak hati dengan sebuah karya seni yang kami hasilkan. Kami ingin berbagi keindahan clay dan dengan setuhan detil kami ingin setiap orang bisa menikmati karya art clay ini. Semoga blog Piet’s Art ini bisa menjadi inspirasi dan membantu banyak orang untuk lebih mengenal art clay dan belajar berkarya dengan clay.

Biarlah Piet’s Art ini boleh menjadi sudut kecil ditengah luasnya dunia, yang boleh menghadirkan persahabatan dan ketulusan yang timbul dari kecintaan akan indahnya sebuah seni dari clay. Salam seni.

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art.

 

Membuat motif batik -percobaan kedua (bag.2)

Hihihi ini adalah lembaran batik hasil dari cane yang kubikin kapan hari. Lembaran ini udah kubuat untuk kain batik pada figure batik yang sebelumnya udah kuposting. Seperti yang udah kutulis sebelumnya juga, membuat motif ini gampang2 susah. Yang susah adalah menentukan gimana cara bikin desainnya spy bs pas saat dipotong. Sebagian dari cane yang kubikin sudah kubuat untuk kain pada figure batikku, sebagian kusimpan dan kubikin lembaran ginian, spy aku punya contoh lain kali kl mau bikin lagi. Dan sisa dari cane yang ada (tinggal sedikit sih) aku sekedar aplikasikan untuk beads dan nyobain bikin cover untuk dotting tool hihihi….

Karena beberapa banyak yang rusak juga saat kupotong (ketipisan), akhirnya tdk tersisa banyak deh yg bisa kupakai. Mestinya pingin bikin satu kebaya lagi, tp cane yg jadian sudah ga cukup. So cukup berpuas diri dulu deh dengan yang ini, kalo ga gt pingin bikinnnn mulu bawaannya wkwkwk, bisa2 kerjaan pesenan terlantar ntar :p. Oya, dotting tool yg kulapis ini dasarannya kayu, jd dibake aman, aku ga pernah nyobain kl yg plastik bisa or ga. Dua beads hati dibagian bawah itu kuberi vernish sculpey. Aku pernah cerita sebelumnya ga ya, kl polymer ini ga bs pakai sembarang vernis. Bbrp yg kucoba sering lengket. Ternyata emang kl pakai vernis polymer ini ga lengket blas :) .

Ini dotting toolnya nyenengin banget kalo dipake hihihi… Udah kuamplas jadinya halussss ^_^. Yak percobaan kali ini selesai dulu, ntar kpn bikin lagi motif lainnya :D .

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in PC | Leave a comment

Motif batik bunga-percobaan kedua (bag.1)

Masih berkisar di motif batik percobaan kedua kali. Motif batik ini ada gabungan dari bunga2 dan motif lingkaran gitu. Agak lebih ribet sih dari yg sebelumnya, krn stepnya lbh bnyk *pdhl untuk bikin satu cane aja aku masih lamaaaa, msh blm biasa hihihi jd blm bisa cepat :p*. Tp emang hasilnya lebih bagus dan menarik. Motif lbh jelasnya nanti kuposting setelah yg ini yaa… kali ini aku ingin posting dulu figure yg menggunakan cane batiknya :) . Seperti udah kubilang, cane yg kubikin kali ini cukup besar, jd aku tdk terlalu takut untuk membuat baju lebar2 pikir2ku :D . Tapi kali ini, rasanya ga asyik ya kalo bikin model baju yang sama dengan yg sebelumnya *meskipun pinginnya ya bikin yg tipe ngembang2 gt sih wkwk*. So kali ini, aku sedikit bedakan modelnya deh. Kalau yang sebelumnya aku bikin motif batik yg mengembang, kali ini aku bikin yg slim. Tapi supaya motifnya bs tetap diekspose dalam figure ini, aku bikin selendang lebar dari motif batiknya. Kalo hanya untuk sarung kan cuma dikit banget tuh kepakainya, ga rela rasanya wkwkwk….lha tiwas bikin susah2, motifnya kurang keliatan kl cuma bentuk sarung slim ;p. Model untuk kebaya dan batik ini aku googling dari model2 kebaya punya Anne Avantie. Model kebanyanya modern dan anggun menurutku, aku cukup suka. Perpaduan kebayanya pertamanya aku pingin bikin antara hijau tua-batik coklat, atau merah-batik coklat. Setelah ditimbang2, akhirnya kupilih yg merah aja deh… Jadi kebayanya aku bikin nuansa merah. Ini ngeliat model2 yg cocok aja udah lamaaa pake banget, pingin bikin ini dan itu, banyak yg mau dibikin jd ga fokus wkwk… akhirnya kuputskan bikin satu model yg cukup simple tp menarik aja deh…

Bagian rok yg warna merah itu kubikin bentuk pensil (alias meruncing di bagian bawah). Setelah itu kututup dengan motif batik dibagian luarnya. Model batik pertamanya mau kubikin model sarung biasa yg sempit, tp terlalu simpel jatuhnya, aku mau yg msh sedikit terlihat kesan glam dan modern. Jadinya dibagian depan itu aku kasih rimplean, yang sayang karena sedikit kepenyet2 pas aku membentuk, jadinya rimple-an/tekukannya jadi tdk terlalu terlihat menggelombang hiks…. Setelah bagian rok selesai, aku bikin bagian kebaya merahnya. Dalamannya kukasih merah tua, dan bagian luar kukasih merah transparant :D . Itu kl di zoom dari deket terlihat translucent rednya jd agak transparan menembus motif dibawahnya, keren kok efek transparan ini :D . Setelah bajunya selesai, sebelum aku bikin selendangnya, aku bake dulu sebentar. Premo ini kl dibake sebentar, dibentuk..lalu dibake lagi, sementara ini aman2 aja tuh…. Bake yg pertama hanya untuk mengeraskan aja sih, jd aku hanya kasih 10-15mnt udah cukup, dan itu ga protol2 kok.. Nah setelah body dasarnya cukup kuat, aku baru tambahkan selendangnya. Bikin selendang ini juga deg2an abisss… soalnya itu kan motifnya kuiiris tipisss sekali, aku takut kl salah nempel… Krn kalo salah dan ditarik, pastinya bisa robek krn belum di bake :) . Itu sempat bbrp kali aku membetulkan yg sambungannya lepas2, hingga akhirnya sempet juga agak sulit diangkat dr kaca, hiyaaa nangis wes aku… untungnya setelah pelan2 ditarik dan dibenarkan, kain batiknya bs digunakan syukurlah :D . Itu yang dibagian ujung selendang batiknya, kukasih selendang merah translucent. Mestinya itu ada renda2nya, kubikin dr wrn yg lebih tua, cuma aku bikinnya kurang sabar sih yaa….jd motif rendanya kurang bagus hiks… Asal bikin sih wkwk… Dan kalo belakangnya kena mahatari, tentu aja yg translucent jadi agak bersinar ;) . Oya, titik2 disekitar bunga juga kl diliat didpn cahaya bs terlihat bersinar hihi, krn titik2nya jg agak translucent itu *sayang kamera tdk bs menangkap terlalu jelas nih*.

Setelah selendang jadi, tinggal gimana caranya menempel ke tangan figure yg udah jadi :) . Menempelnya ini juga butuh perjuangan. Soalnya selendang ini tipisss… jadi ya itu, takut kalo saling menempel wah susah bisa sobek kl ditarik terkadang. Oya, mestinya bs diberi air dikit dipermukaannya untuk menghindari lengketnya, tp wkt nempel ini aku udah kadung konsentrasi jd ga inget wkwk…Tapi untunglah pada penempelan kali ini, cukup berhasil sih nempelnya, cuma ya itu…gelombangnya mestinya mau kubikin lbh banyak rimplenya. Tp gpp deh hihi… setidaknya udah cukup seneng ini bs bikin motif batik ke dua kalinya, walo msh dengan bnyk ketidak sempurnaan ya :D . Setelahnya, figure ini kutempel di dasar hitam aja. Kuberi aksen cat emas di dasar tatakan. Rambutnya kukasih sanggul kecil menyamping aja. Yak….figure satu lagi yang memakai batik udah selesai ^_^. Kayanya aku ga akan sempat bikin figure batik lagi dulu deh…ini bulan juni udah mau habis huhuhu… udah kudu balik lagi bikin pesenan2 nih… Ntar kl senggang lagi aku pasti akan coba2 lagi yak…. *ketagihan bikin cane wkwk* :D . Mencoba sesuatu yang baru dan menantang emang menyenangkan hihihi….

I love batik Indonesia.

 

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Medium doll figure, PC | Leave a comment

Kenangan untuk Sahabat

Pesanan kali ini khusus kubuat untuk seorang teman lama yg pernah memesan di Piet’s Art. Temanku ini ingin memberi kenangan khusus untuk seorang sahabat yang sangat berarti bagi dirinya. Sahabat ini adalah seorang dokter yang cantik, namanya dokter Elita :) . Dan temanku ini adalah mba Hana ^_^. Sekilas cerita yang kudapat, dokter Elita banyak membantu mba Hana, dan mba Hana sangat sayang pada dokter Elita. Kebetulan dokter cantik ini akan pindah tugas di lain tempat, sehingga mba hana sedih, dan aku yg mendengar ceritanya tidak sanggup menolak untuk tidak membikinkan kenangan ini untuk dokter Elita. Singkat cerita, karena waktu yang ada sangatlah sempit (aku hanya punya wkt bbrp hari aja) mulailah aku lembur bbrp hari untuk menyelesaikan ini sehingga bs tepat waktu. Yang kubuat adalah keluarga dari dokter Elita :) .

So, pertama kali setelah melihat fotonya dari mba Hana, aku langsung membikin figure dokter cantik dan suaminya. Setelah itu baru menyusul anak2nya yang cantik2 dan ganteng2 ^_^. Krn aku jg tdk mempunyai wkt untuk mendesain macam2, jadi aku bikin sesuai foto yang kuliat, dan kebetulan fotonya sendiri juga suasananya jg udah cukup bagus sih, jd bs lgs dibikin dlm clay. Bajunya berwarna senada, putih-coklat muda, cakep banget warnanya hihihi…. Membuatnya tidak terlalu sulit, krn udah ada contohnya. Kl belum ada contohnya, itu yg cukup lama wkt cari ide biasanya wkwk… Oya, kedua anak perempuannya itu seperti kembar deh hihi,kupikir pertamanya kembar, tp ternyata beda umur sedikit ^_^. Setelah orangnya selesai kubikin semua, tinggal menambahkan meja dan hiasannya sedikit. Dilantai aku kasih karpet lukis deh, supaya lantainya jg tdk terkesan kosong. Lantainya mestinya mau kubikin dari clay juga, tp kl dari clay itu keringnya agak lama takutnya, jd kulapis dengan karpet motif aja :) . Meskipun udah dilembur, krn aku jg ada kegiatan di pagi harinya, jd aku hny bs kerja mlm hari. Dan claynya sih udah selesai dlm 3hari, kemudian aku msh harus pesan box akriliknya, untunglah boxnya jg bs jadi cepat. Kali ini beneran kudu gerak cepat, tempel tempel, foto foto…. langsung deh clay kubungkus dan sorenya siap kukirim, ehhhh ternyataaaa….wkt mau kukirim kantor paket udah tutup (weekend soalnya, aku lupa) hiks…. Tapi untunglah, sepertinya clay ini bs lgs kukirim ke rumah dokter elita. Fiuuhh…sungguhan kerja kilat kali ini :p.

Dan…semoga kenangan ini bisa menjadi tanda persahabatan dan rasa terimakasih yang mba Hana rasakan kepada dokter Elita ya… Seperti kata mba Hana padaku, rasanya kata2 tdk cukup untuk melukiskan betapa mba Hana berterimakasih pada dokter Elita. Semoga dokter selalu sukses di tempat yang baru :) .

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Medium doll figure | 2 Comments

Clay Class-Purple Fairy

Atas permintaan beberapa teman, akhirnya aku coba buka kelas fairy ¬†^_^. Yang dibikin kali ini adalah purple fairy yang sedang duduk di dahan pohon. Ukuran figurenya tdk terlalu besar, tp tdk kecil2 amat sih hihihi….. *menurutku tapi yah ini wkwkwk :p*. Disini selain beberapa teman lama yang udah pernah ikutan kelas, ada beberapa teman baru juga yang hadir sehingga aku menemukan banyak teman2 ngeclay di surabaya, asyik yaaa ^0^. Beberapa temanku yang request bikin fairy malah kebetulan ada yang berhalangan hadir hiksss…. padahal udah berencana pingin ketemuan juga dengan mereka. Di kelas kali ini aku ga berani buka banyak tempat, karena aku tau ini pasti bikinnya cukup memakan waktu, jadi mending sedikit peserta aja biar lebih fokus dan tdk kemalaman selesainya hihihi… Dan temanku yang pertama kali datang adalah….. *tabuh genderang hihihi*…. cik Meilany dari Jogja. Woww…aku sebenarnya cukup surprised juga cik mei ini mau datang jauh2 dari jogja lhoo, bener2 aku seneng deh bs ketemuan. Cik mei datang dengan anaknya, Kristi namanya. Mereka berdua kreatif semua hihihi… Cik Mei ini sampai berangkat dengan bis subuh2, tengkiu so much udah hadir memeriahkan suasana kelas ya cik… ^0^.

Dan inilah teman2ku yang lagi serius mengerjakan fairynya ;) . Emang kali ini butuh konsentrasi lebih sih ya, krn detilnya susah dan agak banyak. Hihihi itu cik mei kalo bikin kecil2 udah pusing duluan wkwk, ntar kolaborasi sama kristi ya cik bikinnya :D . Nah yang pakai baju pink tua (dekat mesin giling) itu mba Nurul, mba Nurul ini pertama kali ikutan workshop clay cabo dan kali ini ikutan yg bikin fairy 3D. Lumayan lhooo….hasilnya juga bagus tuh… Tinggal sering latian aja lama2 pasti tekniknya terasah :) . Yang dipojokan pakai baju pink muda itu Amel… Amel udah pernah ikutan kelas little bo peep. Hihihi makanya kali ini udah banyak dilepas sih waktu bikin, karena udah pinter :D .

Dan yang disisi satunya yang berbaju merah rambut panjang adalah ce Susan. Ce Susan ini juga bukan pendatang baru di dunia clay, dia udah sering bikin2 miniatur2 makanan dari clay tepung ^_^. Kata c susan ini yg paling susah emang di mata hihi, c susan belum berani gambar sendiri… :D . Gpp ntar di rumah kan bisa latian2 lagi ya ce, kl udah bs bikin clay figure 3D lagi, jgn lupa aku dikasi tau yaaa ;) . Dan yang merah rambut agak pedek itu adalah Diana. Diana jg udah pernah bbrp kali ikutan kelas clay Piet’s Art. Diana ini orangnya telaten hihi…. kali ini juga dia udah lebih mandiri wkt bikin2. Ada cerita2 lucu juga sih wkt kelas berlangsung, dari clay yang jatuh2 sampe ilang dan kudu bikin lagi (saking kecilnya), sampe bikin proporsi tubuh fairynya itu bisa mirip dengan yg bikin lho hihihi… Cik mei bikinnya jatuhnya kegedhean kaki fairynya, kalo diana jatuhnya kekurusan itu pertamanya fairynya hihihi… Yah…sekedar bercandaan aja yaaa…jadi suasa kelasnya bisa serius tapi santai hihi.. Oya waktu setelah makan siang, kami sempat ngobrol macam2. Khususnya dengan cik mei yang pengalaman craftnya udah macem2 hihi… cik mei juga pengajar decoupage ternyata, jd kami sempat sharing2 sedikit kemarin tentang decoupage ^_^.

Dannn… inilah ke 6 fairy kembarnya :D . Masing2 udah siap2 terbang lhooo… ada yang mau nangkep? ;) .

Sebelum pulang, kami menyempatkan diri untuk foto bersama ahhh… Tentu aja dengan suami sebagai fotografer dadakan hihihi… Senengnya bertemu dengan teman2ku ini… ^0^. Tengkiu Diana, c Susan, cik Mei, mba Nurul, Amel… Moga2 temen2ku ini tambah jago2 bikin 3D deh yaa ;) . Dan untuk cik Mei yang malamnya langsung tolak lagi pulang Jogja…hati2 di jalan ya, dan sampai ketemu lagi… Kalo aku pulang semarang ntar aku kontak2 deh yaa ^_^. Thank you all…

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Workshop Clay | Leave a comment

Golden brown-Batik gown

Setelah membikin tari merak kapan hari, mestinya aku pingin bikin bbrp tarian daerah lagi, tapi mengingat waktu yg tersisa untuk percobaanku tdk banyak, so aku putuskan untuk bikin percobaan jenis lain lagi, jangan sama 2D. Dan yang terpikir olehku adalah mencoba membuat motif batik dari clay ;p. Seperti kubilang, aku ingin mencoba mengeksplore the beauty of Indonesia. Aku mencari motif batik yang cukup bagus, dan tentu saja cukup memungkinkan untuk kubuat dengan skillku yang masih sangat terbatas di bidang cane :p. Motif batiknya tentu aja mencoba googling, dan aku ketemu satu yang mau kubikin. Hmmm…membikin motif batiknya ini yaaa….terlihat simple tapi ternyata butuh ketelatenan dan kehati2an wkwk, dan ga bisa cepet lho iniiii…. bikin cane itu bisa seharian ato bahkan berhari2 kalo motifnya rumit :p. Kalo udah ada tutorialnya sih mgkn kita bs tinggal meniru, tp kali ini aku ingin mencoba membikin batik dengan caraku sendiri… Yang pasti pertamanya bingung part apa aja yang mau dibikin hihihi, tp karena motif batiknya msh sederhana, aku masih bisa membayangkan sih kira2nya seperti apa bikin cane-nya. Aku bikin batiknya tidak bs plek 100% dengan foto yang ada wkwkwk…. Bahan pc aku menggunakan premo dan fimo soft untuk warna mudanya. Nah…mgkn salahku juga sih ya, bikin cane pake fimo soft… fimo soft bagus untuk bikin figure dan detil, tp bukan untuk cane yg bentuknya banyak lengkung2/sudut2, kl terlalu lembut/lembek ketika dipotong tdk bs keras sehingga motif bunganya jadi menari2 nih hihihi… Tp kl fimo softnya tdk terlalu lembek mgkn tetep bisa dibikin cane kali yaa…entahlah yg sering pakai fimo mgkn lebih paham daripadaku :) . ¬†Lain kali aku pakai fimo classic aja or premo aja full untuk bikin cane…. :) . Btw, kalo dari jauh motif batiknya lumayan keliatan kan ya? hihihi, kl dari deket msh rada amburadul soalnya :D . Aku masih harus bnyk latian lagi bikin cane dengan bahan pc ini.

Disini tantangan utamanya memang ada pada motif cane-nya. Setelah cane berhasil dibikin….masalah berikutnya adalah memotong tipis, itu susahhhh…. entahlah aku blm menemukan cara yg pas agar potongannya bs sama tebal hiks…. Kadang ada yg terlalu tebal, ada yg tipis, nah membuatnya jadi sama ketebalan itu aku yg bingung. Kalau mau digulung pake mesin, ntar motifnya bs rusak krn tebalnya ga sama…. jadi ini aku blm bs bikin terlalu tipis takut motifnya rusak semua. Cane yang sebelumnya cukup besar ternyata setelah dipotong2 cepet banget habisnya hiks hiks….mungkin ya itu tadi, aku motongnya tdk bisa tipis2 huhuhu…. jadinya gownnya jg ga bs kubikin terlalu mengembang… mestinya masih mau kutambahkan di bbrp bagian, tp canenya udah abis :p. Kalo bikin lagi, bisa dipastikan hasilnya ga bs sama, lha aku bikinnya juga asal, ga pake rumus wkwk… Yah tapi setidaknya kali ini aku cukup puas bisa nyobain bikin cane batik :p. Next kudu bisa bikin lebih rapi ahh…

Nah karena gownnya batik, atasnya tentu saja pakai kebaya yaaa…. Atasnya aku pakai warna coklat muda fimo soft, warnanya pas banget untuk warna atasan kebaya modern. Hihi kalo kebaya yg model modern aku msh suka liat bentuknya, kl yang terlalu polos aku kurang bs main variasi di claynya sih, jadi kurang seru aja rasanya :p. Dan kesukaanku kan bikin gown2 mengembang, makanya kali ini model batik n kebayanya kubikin yang kesannya glamour :p. Dengan aksen warna emas2, itu bisa bikin tampilan keliatan lebih wow ternyata ya :D . Oya, rambutnya pertamanya juga bingung nih…mau di urai or di sanggul. Tapi krn kulihat bagian kebaya dan batik gownnya udah cukup rame, kalo rambutnya diurai lagi takutnya malah terlalu full kalo dilihat. So aku bikin sanggul deh untuk rambutnya. Sanggulnya juga bukan yg satu ceplok besar wkwk, aku bikin 3 sanggul kecil, dan teteppp….ada beberapa helai rambut yang terurai dong ya hihihi…. dan poniii…hahaha aku suka poni :D .

Dibagian samping rambut, aku kasi jepit sulur warna emas. Membuat rambut, tidak terlalu sulit, tapi supaya pc nya ga penyet2, aku bake sementara dulu sih ini pc nya. Hanya bbrp menit aja, tujuannya spy claynya agak mengeras gt, jd kalo ditempel bentuk lain, tidak pada rusak. Oya ukuran figure gadis batik kali ini adalah sekitar 7cm, untuk figurenya aja yaa…. Dan ini akan menjadi koleksi batikku yang pertama, ntar akan ditambah terus deh koleksi batiknya hihihi… Septau kuberi warna emas, pertamanya kubikin hitam polos, tp ga cocok, jd kuganti emas aja hehe…

Aku bikin gadis ini berdiri ditempat yang agak tinggi, supaya bagian belakang roknya yg agak menjuntai tidak tertekuk. Pertamanya mau kubikin melebar kesamping gt sih, tp cane nya ga cukup, jd ya wes dimanfaatkan seadanya aja. Bagian bawah kuberi manik2 bling2, maniknya kutempel terakhir setelah clay dibake. Selain itu semua terbuat dari clay. Pingin lagi mencoba bikin motif batik ini, tp warna yg kupunya kok ya pas habis huhuhu…. Bentar pesan dulu lagi deh ya wkwk, kalo msh sempet dan ada wkt aku akan coba bikin lagi. Semoga next motifnya bs semakin rapi. Meskipun blm sempurna, senenggggg banget rasanya kalo liat hasil jadinya hehehe….. Proudly present the beauty of batik Indonesia ^_^ *hihi walo tekniknya masih kudu disempurnakan :D *

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Indoneisa dalam clay, Medium doll figure, Small doll figure | Leave a comment

Tari Merak 2D- the beauty of Indonesia

Proudly present the beauty of Indonesia…. Tari Merak ^_^. Masih dalam rangka mencoba yang namanya polymerclay, kali ini aku mencoba bikin bentuk2 tipis2 alias 2D, aku ingin tau effek pemanggangannya gimana, krn 2D kan tipis2 kpn hari aku coba bake lebih gampang gosong drpd yg 3D :p. So aku coba bikin 2D tapi tema nya khusus Indonesia, kali ini baru bikin tari merak…ntar aku mau bikin yg lain lagi hihi… Kapan hari aku lagi pingin eksplore tentang budaya indonesia yg menarik dibikin clay, salah satunya yg aku suka adalah tari merak. Meskipun aku ga pernah nari tari merak yak, hihihi… tp seneng liat baju yg warna warni.

Setelah searching data, aku nyobain bikin deh, pertama yg kubikin adalah warna hijaunya. Ini adalah desain pertama kali yang kubikin. Hiasan di kepalanya pakai mahkota yang penuh. Rambutnya yang ini kusanggul hihi… Selendang tipis kubikin dari translucent green n blue. Di baju dan sayap kuberi corak merak kecil2. Waktu bikin selendang, saking tipisnya sempet rada sobek, aku oles fimo liquid dikit, kupikir bs membantu biar sobeknya tersambung hihi… Tapi ternyata ada kesalahan teknis sehingga di bagian selendang tipisnya malah jadi agak gosong hiks hiks *nangissss*. Karena penasaran, aku nyobain lagi bikin lagi deh….

 

Aku bikin warna merahnya dulu kali ini, kubikin gradasi dengan oranye. Yang paling menyenangkan itu adalah saat bikin selendang tipisnyaaa, sukaaa banget hihihi… tapi emang kudu ekstra hati2 biar ga sobek kaya sebelumnya nih… Kali ini rambutnya kubiarkan terurai wes. Aku kan dari dulu suka rambut2 yang terurai merumbai2 wkwk… Mahkota merak-nya kali ini kubikin seperti bando aja, krn aku ingin bikin poni2nya terlihat :p. Kalo poni terlihat itu kesan mengombak lebih terlihat soalnya hehe… Setelah bikin yang merah, aku kembali mencoba bikin yg hijau, soalnya eman lihat sayap yang satunya gosong jd mending bikin lagi aja untuk dikoleksi. Yang hijau rambutnya lebih pendek dari yang merah, tapi tetep dengan style rambut mengombak :D . Keduanya kalo diliat dari deket keliatan translucent-nya, sukaaa dehhh ^0^. Ini waktu kubake amannn… ga ada gosong2 yeayy…

Karena rasanya masih pingin bikin yang merak2, makanya aku bikin 1 lagi deh yg warna biru seperti contoh foto diatas :) . Tapi untuk yang warna biru juga sempat terjadi kecelakaan sedikit, bagian tangannya dan sayap di bagian ujung agak sedikit burnt, alias kecoklatan krn panas. Sekarang aku udah mulai tau gimana cara memanggang yang bener ^_^. Meskipun yg udah dibikin jadi sedikit coklat, tapi setidaknya ini jadi pelajaran berharga buatku, emang pengalaman itu adalah guru yang paling hebat :D . Nah foto ini menunjukkan sayapnya yang agak transparan kl kena cahaya :) . Kalau pakai airdry, sayap ini bs dibuat dengan sukerukun yg jenisnya memang agak transparan, lain kali aku tak nyobain pake suke bikin sayap/selendang gini ya :) . Biasanya sih aku pakai suke untuk bikin sayap clairy itu juga bagus hasilnya, semi transparan ^_^. Marii…belajar dan belajar lagiii….

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Indoneisa dalam clay, PC, Small doll figure | Leave a comment