The beauty of clay art

Clay adalah salah satu bahan kerajinan yang bisa diolah sehingga bisa mempunyai nilai seni tinggi. Seperti yang kita tahu, seni itu sendiri adalah suatu bahasa yang sangat universal dan mudah dipahami oleh banyak orang. Seni itu indah, karena bisa mempersatukan banyak orang dari berbagai suku dan bangsa, melintasi segala macam perbedaan bahasa dan budaya, semuanya bisa menjadi teman dan sahabat bermula dari pembicaraan kecil tentang seni. Indah bukannn..? ^_^. Dan clay itu sendiri adalah bahan yang sangat mudah untuk diolah dan dibentuk menjadi apapun yang kita mau. Bentuk 2D, 3D, bahkan 4D dapat kita buat dengan bahan clay ini. Bermain dan bereksperimen dengan clay tidak pernah membosankan, apalagi jika kita melihat bermacam-macam bentuk unik dan indah yang bisa dihasilkan hanya dari clay.

Sedangkan gambar gadis kecil yang membawa kado ini sebagai lambang ketulusan kami, yang ingin memberikan sesuatu yang istimewa bagi semua yang mencintai karya kami. Jika anda tertarik, ingin mengenal clay lebih lanjut dan belajar bersama membuat karya art clay, anda bisa mengikuti setiap postingan kami. Akan ada beberapa tutorial yang akan coba kami berikan nantinya.

Piet’s Art disini berdiri dengan harapan bisa menyentuh banyak hati dengan sebuah karya seni yang kami hasilkan. Kami ingin berbagi keindahan clay dan dengan setuhan detil kami ingin setiap orang bisa menikmati karya art clay ini. Semoga blog Piet’s Art ini bisa menjadi inspirasi dan membantu banyak orang untuk lebih mengenal art clay dan belajar berkarya dengan clay.

Biarlah Piet’s Art ini boleh menjadi sudut kecil ditengah luasnya dunia, yang boleh menghadirkan persahabatan dan ketulusan yang timbul dari kecintaan akan indahnya sebuah seni dari clay. Salam seni.

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art.

 

Jesus Bless Us

Keluarga kali ini kubikin dengan Yesus kembali berada dibelakang mereka :) . Mirip dengan desain sebelumnya hanya saja kali ini background belakang kuberi gambar rumah, seperti yg diminta oleh temanku :) . Tema tetap di outdoor, jadi suasananya seperti little house in the praire hihihi… Tp yg ini dengan tambahan jamur2 kecil dan tupai2 kecil :D . Bahan kupakai dari amos seperti biasa dan nantinya akan kutaruh di box akrilik :) . Tdk bnyk cerita yg bs kutulis dulu yaaa…. semoga suka dan Tuhan memberkati selalu ^_^.

 

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Medium doll figure | Leave a comment

Pond Clairy (2)

Nah, setelah clairy yang kemarin selesai kubikin, seperti yang kuceritakan kapan hari, kali ini aku membuat kolamnya :) . Aku pingin mencoba bikin kolam dengan ukuran lebih besar. Benernya sih aku penasaran dengan resin beningnya. Aku pernah beli resin epoxy, mungkin karena lama ga kupakai hasilnya jadi kuning hiks… sedikit sebel sih rasanya, soalnya itu masih banyak resinnya :’(. Dan kali ini, untuk pengisi airnya aku ingin mencoba pakai magical water yang dulu juga pernah kubeli. Kalau magical water ini untungnya hasilnya warnanya tetep bs clear bening. Hihihi.. itu sedikit pengantar tentang experimen yg benernya pingin kucoba :D . Balik ke cerita tentang kolam, pertama aku bikin base dasarnya dari foil lagi. Setelah itu aku lapis dengan polymerclay, aku pakai mofa dan clay cina yang harganya lebih murah, krn pakainya banyak jd cukup irit di harga bahan. Yang kubikin pastinya sekeliling kolamnya dulu, kuberi batu2an warna coklat ke abu2an dikit. Biyuhhh… ternyata cukup menghabiskan clay banyak XD. Setelah pinggirnya selesai, aku bikin bagian dasar kolamnya. Kemudian posisi clairy mulai kuatur dan kusiapkan tempatnya. Baru setelahnya aku mulai isi pinggir2 kolam dengan aneka tanaman hias. Errr… yang bikin agak lama disini adalah membikin tanamannya… Aku bingungggg… wkwk ga tau ada tanaman apa aja yg cocok. Yg aku tau hny kalo dikolam ntar mau kukasih lotus gt sih. Akhirnya aku googling tanaman apa aja kira2 yg ada di taman wkwkwk… Yah meskipun aku ga tau nama2nya, setidaknya bentuknya bs kubikin mirip2. Susah bener bikin supaya pinggir kolamnya terlihat agak penuh. Pertamanya kosong banget bingung mau bikin apaan :p. Yang difoto itu udah penuh wkwk, itu ada space kosong tempat nanti pond clairy ditaruh.

Ini aku zoom beberapa bagiannya ya… Di kolam itu selain tanaman, tentu aja aku ingin kasih beberapa hewan2 yg ada di kolam. Yang pasti ikan dan kodok wkwk… Nah waktu cerita2 dengan temanku, ika memberi ide untuk membuat capung (aku udah cerita di bagian 1). Menarik juga tuh kalo bikin capung, blm pernah bikin jadi pingin nyobain :D . Dann… inilah capung kecil yang coba kubikin wkwk… ga bs terlalu detil nih :p. Sayapnya kecil bener, itu nempelnya kudu pakai pinset hihihi… Aku coba kasih tulangan hitam tipisss… Hmm..jadi pingin nyobain beli kaca pembesar yg buat bikin mini2. Ada yg udah pernah nyoba kah? hihi penasaran aja, mgkn bs membantu banget ya untuk bikin detil2 :) .

Selain capung tentu aja ada ikan dan kodok. Bikin kodoknya pertamanya cukup bingung wkwk, kudu hunting gambar kodok beneran baru bisa nyobain bikin claynya :D . Untuk ikan ga terlalu sulit sih, cuma kudu pelan2 aja wkt melukis motif/warna sisiknya. Ikannya kutempelkan di kolam dulu. Setelah itu baru airnya dituang :D . Bikin airnya ini asli deg2an. Soalnya aku pernah nyobain bikin gagal, bbrp hari tdk bs mengeras tuh. Ini memang ga sekeras resin sih, tp yg kpn hari kubuat ada yg ga bs kering pdhl udah kucampur antara 2 bahan dengan perbandingan 1:1. Makanya deg2an kan, lha kalo udah dituang dan ternyata gagal hiks bisa nangis akuuu… Tapiii…untunglah pengisian air untuk kolamnya berhasillll…. yeayyy seneng banget :D . Untuk air kolam, aku mencoba ga bikin yg terlalu tenang. Aku ingin mencoba bikin gelombang2 air gt, jd kesannya kolamnya tdk terlalu ‘datar’ airnya. Tp belum terlalu berhasil bikin gelombangnya wkwk, yo wes lah yg penting airnya bs kering kl ini :D . Itu capungnya kutempel agak melayang hihihi..

Setelah airnya mulai agak mengering, aku menempelkan bunga lotus dan daun hatinya diatas kolam. Pada daunnya kuberi sedikit titik2 air ^_^. Terlihatkah? Di dasar kolam juga kuberi pasir2 kecil gt, dari clay juga sih itu :) .

Nah setelah kolam dan hiasannya selesai semua dibuat, aku tambahkan tiang gantungan untuk menggantung tetesan kristal air dan cermin air bulat. Hihihihi, manik2nya kuberi nama kristal air krn bentuknya mirip2 kristal snowflakes gt. Beli saat ada disc cukup gedhe wkwk…kebetulan warnanya mutiara spt swarov, suka bening n shiny. Di foto ini aku pakai yg mirip tetesan kristal air. Ahhh… itu diatas tiang emasnya ada capung kecil yang sedang hinggap :) . Jadi ceritanya disini, peri kolam ini sedang menunggu tetesan air pertama yang jatuh dari kristalnya, sambil melihat capung kecil yang diatas tiang. Peri kolam ini tentunya bersahabat dengan hewan di sekeliling kolam ya. Dia juga merawat tanaman kolam sehingga bs hijau dan subur. Hihihi, seneng banget deh wkt bikin ini :D . Oya, ukuran pond clairy ini cukup besar. Kolamnya setapak tangan, panjang kurleb hampir 20cm ternyata *baru sadar setelah mencoba ukur dgn penggaris :p*.

Kalo yang ini aku mengganti tetesan kristalnya menjadi cermin air hihihii…. Lucu ya, aku suka ma bandulnya nih wkwk… untung wkt itu beli pas sale. Jadi kalo dari cermin air ini ceritanya sang peri kolam bisa melihat yang terjadi sehubungan dengan kolam tempat tinggalnya. Hehe namanya juga berimajinasi yaa, seneng banget deh aku bisa menyelesaikan bikin pond clairy ini. Semoga kpn2 bisa bikin model lainnya :D .

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in All about clairy, Big Doll Figure, Polymerclay | Leave a comment

Pond Clairy (1)

Sebentar melepaskan diri dari kesuntukan setelah 2 minggu ga bisa berkarya banyak karena anak2 UAS, akhirnya selesai juga dan tiba waktunya untuk melepaskan penat wkwk… So abis anak2 test kemarin, aku ga mau mulai kerjain orderan dulu, aku ambil 2 hari untuk membuat sesuatu sebagai mood booster. Yang pasti list tetap berjalan seperti rencana yang udah ada, dan kebetulan memang ada waktu kosong sebentar maka aku bisa melemaskan tangan sebentar dengan membuat karya yang kusuka. Kalau semisal ditanya, ada waktu kosong kok ga menerima pesanan aja lagi *soalnya banyak yg kutolak krn maap tenaga kerja tdk mencukupi :) *? aku selalu menjawab, yg kucari disini bukan materi semata. Tp ini adalah tempatku mengasah ilmu dan kepuasan pribadi. Jd emang aku sendiri hrs menyediakan wkt buat aku bs membuat karya2 sebagai mood boosterku pribadi :) . Dannn…yah meskipun sedikit bosan dengan peri2 kecil, kali ini aku mencoba teknik lain dengan membuat peri yang agak besar :) . Ada sesuatu yang mau kucoba hehe… Salah satunya bentuk wajah mau sedikit lebih kudetilkan. Bahan menggunakan campur2 sih benernya. Sebagian besar mofa, ada juga dari premo dan fimo juga :p.

Bagian badan kubikin dari mofa dan campuran clay cina yg pernah kubeli. Untuk bajunya aku gunakan translucent mofa dicampur premo. Tp warna translucent mofa tdk sebening premo ternyata ya… Warnanya sedikit lebih butek, kl dibanding translucent premo dan fimo. Tapi memberi kesan tersendiri juga, jd soft gt kesannya. Kalau mau yg bening untuk translucent, mending pakai premo or fimo. Oya, ceritanya disini aku ingin membuat peri yang duduk di tepi kolam. Mestinya perinya mau kubuat seperti sedang melihat kupu/ capung yg sedang terbang. Tp gimana bikin terbangnya itu yg aku msh bingung wkwkwk… Ide capung ini dari sobat clayku, ika hihihi… Kata ika, salah satu ciri kolam yg bersih itu ada capungnya.. Oww, idenya keren tuh… Iya ini nantinya masih akan kutambahkan kolam kecil gt, krn aku pingin belajar bikin air2nya wkwk.. Dasaran untuk rumput kuberli foil didalamnya spy tdk habis clay terlalu banyak. Tetap dengan hiasan jamur2 donggg, peri2 kl ga ada jamur kesannya gimana gt hihi… Jamur ya bukan jamuran wkwkwk…

Sayapnya supaya kuat kuberi rangka kawat yg kututup clay putih. Rambutnya kubuat layer kuning dan salem. Itu warna rambutnya aku pakai fimo vanilla dan peach. Untuk hiasan bajunya supaya terlihat lebih kilap2, aku pakai glitter diamond warna pink. Hihi untuk roknya ini mestinya ada sedikit kesalahan XD. Aku mau menggunakan warna ungu ditengah2 pink n biru. Nah dulu aku pernah mencampur warna translucent kan, kupikir itu warna ungu krn warnanya memang mirip ungu. Kupakailah itu campuran warnanya. Dan ternyataaaa… yg kupakai adalah campuran warna translucent coklat yg kupakai untuk membikin kebaya Wanita Indonesia yg kpn hari kubikin hiks hiks… Setelah dibake aku kaget, kok ada coklat2 kupikir gosong pertamanya… Tp kupikir ga mungkin gosong krn suhunya adalah suhu yg biasa kupakai. Setelah kuingat2, ketahuan penyebabnya adalah kecerobohanku yg mengira wrn coklat itu adalah warna ungu wkwk.. Jadi sedikit menyamarkan warna coklat juga sih benernya, aku tambahkan glitter2 diamond agak banyak hihihi… Yak sementara bagian pertamanya udah selesai, setelah ini mau cobain bikin kolamnya :) .

 

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in All about clairy, Big Doll Figure, Polymerclay | Leave a comment

Usagi and Mamoru Clay

Sekian lama ga bikin sailormoon, akhirnya bikin lagi, sukaaa ^_^. Kali ini bikinnya sepertinya bukan princess serenity ya, meskipun bajunya mirip2 tapi bukan kostum Serenity sih. Jadi kusebut usagi dan mamoru aja deh ya :D . Pertama yang kubikin tentu aja Usagi dulu hehe… Aku suka banget kl bikin cewek dengan baju2 menggantung gt. Yang agak sulit memang bikin rok menggantung dengan renda2 yg mekar. Berhubung claynya pakai amos, memang kudu agak hati2 saat menempel. Spt yg biasa kubilang, jika kenyalnya cukup dan udah ga terlalu lengket, amos cukup enak dibentuk. Menyenangkan sih wkt bikin renda2nya hehehe…. Untuk lapisan atasnya kuberi lapisan cat pearl, jd putihnya agak pearl2 gt. Sepatunya kuberi cat pink metalic :) . Karena seneng sih ya, bikin usaginya bisa cepat, sehari jadi :) . Setelah ini lanjut bikin mamoru :) .

Untuk mamoru agak sedikit ragu2 pas bikin wkwk… Maklum wajahnya ga bs kubikin cute biasa. Lebih cakep kl modelnya agak di sculpt. Jadi kubikin pelan2 dengan tambal sulam clay wkwkwk… Jadi juga akhirnya. Mamorunya cepat2 lari untuk menangkap usagi :D . Bikin mamoru yang agak sulit itu membuat kesan misteriusnya. Disini dia memakai topengnya. Matanya kubikin sedang melihat kearah usagi. Wkwk aslinya aku jg ga tau sih ini cerita pas dimana, or hanya sekedar fan art mgkn ya. Aku hanya coba bikin claynya dari foto yang dikasih temanku soalnya. Cerita sailormoon aku ga terlalu hapal juga hihihi. Banyak cerita yg aku suka krn gambarnya cantik2, kl ceritanya ga semua aku ikutin sampe selesai. Apalagi sailormoon ini sepertinya cukup banyak serinya ya, aku hanya sempat ngikutin yg awal2 :p.

Ini aku coba zoom wajah mamoru :) .

 

Setelah usagi kering dan mamoru kering, tinggal menempelkan keduanya pada tatakan. Oya, half moonnya hampir lupa dibuat wkwk… untung keinget :p. nanti kukasih taburan pearl glitter di moonnya supaya terlihat cling2 hihihi… Yak Usagi dan Mamoru udah selesai dibikin ^_^. Semoga suka yaaa…

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Medium doll figure | Leave a comment

Toothless and Invoker-clay

Invoker dan toothless ini pertama kali kubikin untuk seorang teman :D . Jujur kl inovker aku ga tau itu apaan wkwkwk… Kata temanku sih ini game ya, tp aku emang ga tau game apa. Sepertinya hero sih dia. Minta bikin model chibinya. Itu yg jadi pertanyaan pertamaku adalah, matanya… matanya berwarna putih wkwk, kupikir aku yg salah liat. Tp ternyata memang matanya putih :D . Akhirnya kucoba bikin deh.. Bahan yg kupakai adalah mofa dan premo. Karena akan dibuat gantungan, seperti biasa kupakai polymerclay supaya lebih awet. Membuat invoker ini ga semudah dugaanku pertama wkwkwk… Karena ternyata detil bajunya cukup banyak dan cukup ribet :p. Dan ternyata ga bisa kubikin terlalu kecil. Kl terlalu kecil aku yg setengah mati bikin detil bajunya. So akhirnya kubesarkan dikit deh ukurannya, dr yg biasanya 5-6cm, ini kubuat sekitar 7-8cm. Tp ya tetep ga besar2 amat sih ya, karena untuk ganci2 gt. Mestinya jubahnya mau kubikin lebih melambai, tp takut kl terlalu bnyk detil2 bisa rusak. Kecuali untuk pajangan ya, bisa lebih aman.

Kl untuk toothless malah kebalikannya. Pertama kupikirnya cukup sulit. Tp ternyata malah tidak sesulit yang kukira. Tp tetap aja ga bisa cepat krn detil sayap dan duri2 kecilnya cukup banyak, itu ditempel satu per satu wkwkwk…. Dan karena warnanya hanya hitam, itu cukup membantu sehingga aku ga perlu mencampur warna macam2 lagi. Setelah semua selesai tinggal dibake aja :D . Ini sudah selesai, setelahnya mau pasang loop dikepalanya hehe… Maap juga baru sempat posting, benernya udah selesai lama tp ga sempat terus bikin ceritanya :p. Jadinya ini beberapa karya numpuk sudah selesai dan baru bisa bikin cerita setelah UAS anak2 selesai wkwk… Yah semoga suka yaa…

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in cabochon-cameo-pendant, Polymerclay, Small doll figure | Leave a comment

Dentist and Her Family

Dokter gigi kali ini cantik dan pintar :) . Dia teman dari kakak perempuanku. Kali ini ceritanya, dokter cantiknya sedang memeriksa suaminya hihihi… Anak2nya berdisi disamping Ayah. Ayahnya bercanda dan pura2 takut waktu mau diperiksa, kedua anaknya tertawa geli sepertinya itu ya melihat ayah pura2 takut :D . Mama dokter lagi berusaha menenangkan papanya supaya tdk tegang kalo diperiksa hihihi… Eh pengalaman pribadi juga sih, aku kalo diperiksa gigi juga suka tegang kl pas giginya ngilu wkwkwk….

Warna kursinya kubuat kuning agak oranye, seperti yang direquest :) . Dokter giginya suka warna kuning, warna yang cerah hihi…

Dibelakang kuberi rak buku kecil dan hiasan2 dinding supaya tdk terliat kosong. Semoga setelah melihat ayah berani periksa gigi, anak2nya ntar juga ga boleh takut2 kl diperiksa yaa hihihihi…. Selesai deh, semoga suka :) .

 

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Medium doll figure | Leave a comment