The beauty of clay art

Clay adalah salah satu bahan kerajinan yang bisa diolah sehingga bisa mempunyai nilai seni tinggi. Seperti yang kita tahu, seni itu sendiri adalah suatu bahasa yang sangat universal dan mudah dipahami oleh banyak orang. Seni itu indah, karena bisa mempersatukan banyak orang dari berbagai suku dan bangsa, melintasi segala macam perbedaan bahasa dan budaya, semuanya bisa menjadi teman dan sahabat bermula dari pembicaraan kecil tentang seni. Indah bukannn..? ^_^. Dan clay itu sendiri adalah bahan yang sangat mudah untuk diolah dan dibentuk menjadi apapun yang kita mau. Bentuk 2D, 3D, bahkan 4D dapat kita buat dengan bahan clay ini. Bermain dan bereksperimen dengan clay tidak pernah membosankan, apalagi jika kita melihat bermacam-macam bentuk unik dan indah yang bisa dihasilkan hanya dari clay.

Sedangkan gambar gadis kecil yang membawa kado ini sebagai lambang ketulusan kami, yang ingin memberikan sesuatu yang istimewa bagi semua yang mencintai karya kami. Jika anda tertarik, ingin mengenal clay lebih lanjut dan belajar bersama membuat karya art clay, anda bisa mengikuti setiap postingan kami. Akan ada beberapa tutorial yang akan coba kami berikan nantinya.

Piet’s Art disini berdiri dengan harapan bisa menyentuh banyak hati dengan sebuah karya seni yang kami hasilkan. Kami ingin berbagi keindahan clay dan dengan setuhan detil kami ingin setiap orang bisa menikmati karya art clay ini. Semoga blog Piet’s Art ini bisa menjadi inspirasi dan membantu banyak orang untuk lebih mengenal art clay dan belajar berkarya dengan clay.

Biarlah Piet’s Art ini boleh menjadi sudut kecil ditengah luasnya dunia, yang boleh menghadirkan persahabatan dan ketulusan yang timbul dari kecintaan akan indahnya sebuah seni dari clay. Salam seni.

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art.

 

Info kelas clay Sept 2015- airdry pendant girl

Hari Sabtu, 12 September 2015 akan dibuka kelas clay membuat liontin/pendant semi 3D ya :) . Pendant yg akan dibuat kira2 seperti foto yang ada dibrosur ya. Bahan yg akan kita pakai adalah clay yang hasilnya keras. Step by step secara lengkap pasti akan diajarkan, dan hasilnya bs lgs dibawa pulang :) . Penasaran pingin ikut bikin? hihi yuk segera daftar ya… bisa lwt email petradewi@yahoo.com, bisa juga lewat inbox FP Piet’s Art.

 

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Medium doll figure, Workshop Clay | Leave a comment

Air dry girl pendant clay

Pendant clay kali ini kubikin dari airdry, dengan ukuran agak besar dari biasanya. Ukuran kali ini 8cm hihi… karena itu bahannya kupakai airdry aja deh biar lebih irit wkwkwk :D . Pendant ini akan kubikin untuk materi kelas clay di bulan September ini. Mestinya mau bikin yg kecil 5cm, tp ga tega ntar pesertanya pada mendelik2 matanya pas bikin wkwkwk…  Agak dadakan juga sih ini bikinnya, maklum dari kemarin masih sibuk menyelesaikan orderan juga, jd bikin pendantnya baru selesai hari ini nih, jd ceritanya fresh from the oven wkwkwk :D . Air dry yg kupakai ini kupilih jenis soft clay, yaitu clay yg halus permukaannya tp hasilnya keras. Yang kupakai kebetulan disini ada 2 jenis: yg warna pink sebelah kanan (bawa bunga) itu aku pakai joyful clay dari Renata Scrapholic house, dua yg lain aku mencoba pakai cold porcelain buatan c Yulie Ienneke ^_^.

Berhubung aku msh jarang (bukan tdk pernah ya :D ) menggunakan joyful dan cold porcelain, makanya tiap kali bikin itu adalah proses belajarku. Pada dasarnya sifat keduanya mirip sih ya… Sama2 cukup enak kl diuleni. Hanya saja memang kalau terlalu lama terkena udara, permukaan clay akan lebih cepat kering dibanding bagian dibawah/di dalamnya, sehingga terkadang menyebabkan bentuk tekukan kurang rapi kalau tdk segera dirapikan saat masih basah. Solusinya kl terjadi garis guratan halus, ya pelang2 digosok air biar rata lagi sih kalau aku :) . Yg joyful terkadang kalo aku bikin bentuk besar berdimensi, hasilnya bs sedikit menggembung. Tp ini kucoba pada bentuk semi 3D sepertinya cukup berhasil alias tdk menggembung (khususnya bagian wajah).  Tp aku mgkn msh kurang membuat cekungannya, jd wajahnya masih terlihat agak datar. Yang cold porcelain hasil cekungan di wajah lebih stabil. Untuk baju, rambut dll… joyful dan cp sama2 enak. Oya, cp ini agak sedikit lentur juga ternyata, jd ditekuk sekali masih aman hehe… entah kl berkali2 mgkn ya patah kali ya :D *aku cuma nyoba sekali nekuk lembaran cp yg kutipiskan datar*. Ini aku juga masih sambil mengamati dan mempelajari lebih lanjut yaa… hihi jadi nanti jika ada perkembangan2 aku pasti tulis lagi diblog :) . Yah ini sedikit cerita tentang pendant airdry clay kali ini :) . Bagi yg mau daftar untuk kelas clay, silahkan baca informasinya besok ya :) .

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Medium doll figure | Leave a comment

Cameo-Pendant Girl&Flower

Dibikin untuk seorang teman yg sudah dengan sabar menunggu hihi… Tengkiu untuk kesabarannya yaa ^_^. Jadi ceritanya temanku ini ingin dibuatkan liontin gitu, jadi aku coba bikin model cameo dan pendant 3D. Karena untuk liontin, aku pakai bahan yg lebih tahan air aja deh, so aku pakai polymerclay. Kl masalah kuat, clay2 import yg hasilnya keras seperti thai clay dll itu jg ga kalah kuat dengan polymer kl kataku. Cuma emang aku lbh suka dengan clay yg lgs ada warnanya hihi, jd sekalian aku pakai polymer deh :p. Karena desainnya dibebaskan, so aku bikin yg lagi pingin kubikin kali ini. Dan kebetulan lagi pingin bikin yg modelnya agak2 girly dan ada flower2nya :D . Kpn hari udah bikin yg gaya casual, yg kali ini yg lebih girly deh..hihi…

Yang kubikin pertama kali adalah cameonya :) . Membuat cameo ini enaknya adalah kita tdk perlu membikin bagian belakangnya hehe… Tp tetap aja peletakannya yg harus tepat, supaya kesan timbulnya bs terliat ga aneh :D . Yg paling susah mestinya wkt bikin roknya cameo yg gadis baju coklat, krn aku bikin agak melembung, dan ada gradasi garis2nya. Hanya aja gradasi garis2nya agak ketutup kena tekukan gownnya :) . Untuk pendant, ini aku bikin 3D. Aku suka 3D karena roknya bis muter sampai belakang hehe… Memang wktnya jd lebih lama krn detilnya jg lebih bnyk drpd 2D, tp yah namanya lagi pingin bikin 3D hahaha… biasa tergantung kepinginnya pas bikin deh :D . Ini tampak belakang dari pendantnya (biasanya ada yg penasaran pingin liat belakangnya hihihi, yah ini kuposting ya :D ). Sekali lagi, meskipun ini polymer, bukan berarti ga bisa patah or rusak yah… karena namanya handmade tetap aja ada sambungan dll yang bs patah juga kl pemakaian tdk hati2 :) . Semoga suka yaaa ^_^.

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in cabochon&cameo, Polymerclay, Small doll figure | 2 Comments

Family Playground

Clay kali ini kubikin untuk seorang teman lama yg dulu pernah memesan di Piet’s Art. Temanku yang cantik ini ingin membikin tema family outdoor. Setelah berdiskusi panjang dan lebar hihihi, akhirnya diputuskan untuk membuat tema taman bermain gitu deh, yang ada ayunan dan sliding (apa sih bahasa indonesianya, aku taunya prosotan/slurutan wkwkwk). Pertamanya temanku minta kolam koi, tapi aku belum berani menyanggupi  dl hihi, soalnya bikin airnya msh bingung mau dari apa.

Akhirnya setelah kupikir2, aku bikin dulu aja model slurutan dan ayunannya. Mempertimbangkan site yg tdk bs terlalu besar, aku memutuskan untuk menggabung slurutan dan ayunan menjadi satu mainan. Pertamanya mau bikin terpisah, tp ntar sitenya jadi terlalu lebar takutnya. So, mencari data2 di google, akhirnya aku membikin versi playground anak2 yg warnanya warna warni cerah itu, yg terbuat dari plastik biasanya yaaa… Lucu aja kesannya, jadi cerah gitu hihi… Bingung mestinya memilih model yang cocok dengan yg ada di otakku, krn desain2 yg udah ada sepertinya terlalu besar, ada yg rumit2, kl nyari yg simple malah terlalu simple wkwk.. So coba deh gabung menggabungkan antara yg rumit dan yg simple… :D :D .

Wkt membikin mainannya ini, jd kebayang masa kecil yang sering main slurutan hihi… nyenengin banget deh ya :D . Setelah tempat mainnya selesai, aku bikin figure2nya. Figure yg kubikin kumulai dari anak perempuannya yg lucu dan manis ^_^. Baru kemudian temanku yg cantik dan papanya kubikin. Tema baju mereka seragam, abu2 hitam dengan lambang S ditengah hihi, seruuu yaaa :D . Casual dan sporty kesannya, nyenengin banget. Sedikit catatan tambahan, ada sedikit revisi nantinya dibagian mata hihi… fotonya kususulkan dibawah ntar ya :D .

Nah tantangan terakhir yg coba kubikin adalah kolam koi-nya. Resin bening aku punya sihhh… tapi warnanya ga bs putih bening nih, yg aku punya agak kekuningan… kan jelek kl airnya agak kuning yaa… Ada satu lagi resin yg  spt jeli, tp dl wkt kucoba msh bbrp kali gagal jd blm kucoba lagi. Akhirnya aku nemuin lagi satu bahan yg kupunya, apa cobaaa?? hihihi *rahasia ahhh wkwkwk :p*. Pokoknya hasilnya bs bening n gampang di dapat kok :D :D . Untuk pinggiran kolam aku pakai DAS color, karena takutnya kl amos lbh berpori, dia lbh tdk tahan thd bbrp bahan sih, takut wrnnya pudar kalo udah bbrp lama, jd aku pakai clay yg keras aja.

Setelah pinggiran kolam jadi, mulai deh bikin koinya. Bikin koi ini yaaa… ampun dehhh… kudu kecilll banget ukurane, soalnya kolamnya jg ga bs besar2 hiks. Aku bikin 2 aja biar tdk terlihat terlalu penuh, kasian ikannya pada gerah ntar wkwkwk… Bikinnya sampai mata mencureng terus, abis itu silindernya kumat deh :p. Kudu istirahat bbrp jam sebelum mulai ngelukis lagi kl udah bikin yg kecil2 gini. Menambahkan cairan beningnya aku jg ga bs sekali jalan, krn namanya percobaan kan belum tau berhasil or not, jd kucoba dikit demi dikit dulu. Ternyata cukup bisa kok, ya untungnlah kolam beningnya bisa terisi hehe…. Hufff, akhirnya satu pe-er selesai deh. Seneng bisa bikin playground tema family kali ini :D . Apalagi kl ngeliatin papa mama dengan riang main bersama anaknya hihi.. Disini matanya diganti mata ketawa yang lebih terlihat cerita :D . God bless you family always yaaa….

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Medium doll figure | Leave a comment

Girl casual-pendant

Liontin kecil2 ini udah dr bbrp bln lalu, saat aku nyobain bake yg gosong mulu itu wkwk… Tp setelah aku berhasil nemuin cara biar ga gosong, baru aku bake yg pendant cewek2 ini :D . Bahan percobaan dengan sculpey n premo.. Tapi kelupaan diposting sepertinya. Beberapa dari liontin ini udah berpindah tangan, dan beberapa sisanya aku koleksi, eman kl dijual hehe… *maklum wkt bikin ini masih percobaan kan, makanya aku bikin 2 pasang :p*. Yang kubikin ini model2 casual berjaket, lagi suka bikin yg jaket2 gt, makanya nyoba bikin macem2 model jaket/coat :) .

Nantinya setelah keras semua, tinggal dipasang gantungan kunci. Berhubung gantungan kunci yg kupunya hanya beberapa biji, alias belum nyetok bahan, jadinya ga semua ada gantungannya wkwk.. Lagian desain gantungan masih standart ya hihihi… maklum mestinya aku blm berniat njualin ganci2 ginian, ini hanya percobaan sementara ;) . Wkt itu nyoba memastikan wkt yg pas saat baking biar nonik2 yg udah dibuat ini ga pada gosong. Cukup berhasil krn ga ada yg gosong walo dibake bbrp kali :) . Yak…sementara ini dulu, kudu lanjut kerjaan lagi dulu yaaa ^_^.

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Polymerclay, Small doll figure | Leave a comment

Princess Serenity (dibuat kedua kali)

Princess Serenity ini kubikin untuk kedua kalinya. Meskipun modelnya sama, tp tetep aja tuh hasilnya ga bs plek wkwkwk, itulah handmade yak :D .Serenity masih dengan tongkat bulan dan bulan sabit dibelakangnya. Bulannya kuberi fosfor, kali ini sedikit lebih tebal dr yg sebelumnya, krn emang beda bahan. Yg ini fosfornya lebih terang dikit, sehingga wrn pada clay terlihat lbh kekuningan ya ;p. Kesulitan plg banyak tetep pada bikin dressnya. Susah bikin rimple yg banyak pake amos, tp untunglah akhirnya bisa juga. Bagian belakangnya sama dengan yg sebelumnya udah pernah kubikin, jd aku ga mengulang cerita lagi ya…. Semoga suka ^_^.

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in Medium doll figure, Music box | Leave a comment