The beauty of clay art

Clay adalah salah satu bahan kerajinan yang bisa diolah sehingga bisa mempunyai nilai seni tinggi. Seperti yang kita tahu, seni itu sendiri adalah suatu bahasa yang sangat universal dan mudah dipahami oleh banyak orang. Seni itu indah, karena bisa mempersatukan banyak orang dari berbagai suku dan bangsa, melintasi segala macam perbedaan bahasa dan budaya, semuanya bisa menjadi teman dan sahabat bermula dari pembicaraan kecil tentang seni. Indah bukannn..? ^_^. Dan clay itu sendiri adalah bahan yang sangat mudah untuk diolah dan dibentuk menjadi apapun yang kita mau. Bentuk 2D, 3D, bahkan 4D dapat kita buat dengan bahan clay ini. Bermain dan bereksperimen dengan clay tidak pernah membosankan, apalagi jika kita melihat bermacam-macam bentuk unik dan indah yang bisa dihasilkan hanya dari clay.

Sedangkan gambar gadis kecil yang membawa kado ini sebagai lambang ketulusan kami, yang ingin memberikan sesuatu yang istimewa bagi semua yang mencintai karya kami. Jika anda tertarik, ingin mengenal clay lebih lanjut dan belajar bersama membuat karya art clay, anda bisa mengikuti setiap postingan kami. Akan ada beberapa tutorial yang akan coba kami berikan nantinya.

Piet’s Art disini berdiri dengan harapan bisa menyentuh banyak hati dengan sebuah karya seni yang kami hasilkan. Kami ingin berbagi keindahan clay dan dengan setuhan detil kami ingin setiap orang bisa menikmati karya art clay ini. Semoga blog Piet’s Art ini bisa menjadi inspirasi dan membantu banyak orang untuk lebih mengenal art clay dan belajar berkarya dengan clay.

Biarlah Piet’s Art ini boleh menjadi sudut kecil ditengah luasnya dunia, yang boleh menghadirkan persahabatan dan ketulusan yang timbul dari kecintaan akan indahnya sebuah seni dari clay. Salam seni.

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art.

 

Wanita Indonesia

Ini adalah proyek pribadi yg memang aku jadwalkan untuk mau kukembangkan :) . Jd memang wkt harus kubagi antara proyek ini dan orderan2 yg harus kuselesaikan, karena itu maaf jika aku tdk bs menerima pesanan2 baru yang berdatangan ya hiks hiks… Balik ke yg baru selesai kubikin ini, tema kuambil wanita indonesia dan batik :D . Batik itu budaya Indonesia yg harus dikembangkan terus, dan kebetulan aku lagi senang uplek2 dengan batik cane nih. Motif ini udah kubikin tahun lalu kayanya wkwk, tp cuma kepake dikit dan masih ada sisa cane, makanya kubikin lagi untuk bikin kain baju. Motifnya mengambil dari motif batik nitik yang dulu pernah kutuliskan. Cuma yang ini kan kubuat kecil canenya, jd garis2 coklatnya malah tersamar oleh warna hitam dan ga terliaht garis2 diagonal melintang yang harusnya ada di motif yg kubikin huhuhu…. Ini salah satu kesalahanku, jd nantinya kl mau bikin warna coklat harus yg agak terang sedikit, spy kl dibikin kecil2 bisa lebih terlihat. But so far motif bunganya masih terlihat kan ya wkwkwk… Itu foto disamping kl ukuran besar masih terlihat garis coklat diagonalnya :) . Oya bagi yg belum tau, itu cane semua dari clay ya, no painting at all untuk motif canenya.

Nah krn aku masih ingin mengeksplore batik n kebaya fashion, maka kubikinlah figure cewek lagi. Kali ini yang mau kubikin adalah model batik yg mengembang, dengan daleman sarung emas dan kebaya berwarna ungu kecoklatan. Aslinya memang bingung mau bikin model gimana. Tp aku suka kebaya/ batik dengan gaya modern. Mau bikin sarung biasa kayanya kurang sreg krn motifnya takut tenggelam, spt kubilang wrnnya garis diagonalnya ga terlihat. Akhirnya kubikin rok mengembang dengan gaya tertiup angin, hihihihi gaya dinamis yang aku suka :D . Setelah bikin roknya selesai, kubikin kebayanya. Ceritanya disini, aku mau bikin wanita Indonesia yang karakternya kuat. Jadi kubuat gadis ini berjalan dengan langkah pasti menuju kedepan, dengan tatapan mata lurus kedepan dan tegas. Rambut dan roknya bergerak dinamis seiring kaki yang melangkah maju. Berani, tdk mudah menyerah, tangguh, ulet dan smart, disamping tentunya iman kepada Tuhan adalah fondasi utama… itulah yang ingin coba kutampilkan dari wanita Indonesia kali ini :) .

Hihihi entah kenapa ya, aku suka sekali bikin rambut dan roknya yang mengembang itu :p. Bikin roknya pertamanya gagal hiks, jd sempat membuat selembar kain tuh gara2 salah tempel… *maksudnya selembar cane batik yg udah kusiapkan untuk bikin rok wkwk*. Ini bikin rok yg kedua untung berhasil, kalo ga gt bnyk irisan yg terbuang eman2 hihihi… Untuk warna kebaya pertamanya mau kubikin merah biar kontras sih. Tp kpn hari aku udah pernah bikin kebaya merah kan ya, jd supaya ga sama, kali ini warnanya kubuat perpaduan ungu-coklat muda-emas. Kuberi aksen sabuk merah menyala agar terlihat lebih berwarna. Ah ya, itu kebaya ungunya kubikin dari campuran2 warna trasnlucent. Tp bagian bawah yang nempel di rok batiknya agak tersamar warnanya krn translucent. Mestinya aku pakai warna bold aja untuk aksen2 motifnya sehingga bs tampak lebih jelas :p.

Disalah satu sisi rambutnya kukasih hiasan perak2 gitu hehehe… Hasil dari memprotoli hiasan monel dan kutempel2 :) . Membuat rambutnya juga pertamanya bingung mau bikin model sanggul modern atau mau diurai biasa. Benernya aku memang suka diurai, kesannya lebih bebas tapi tetap cantik. Jadi kuputuskan bikin diurai aja, biar tidak terkesan terlalu formal. Lagian memang karakter ceweknya yg ini kan dinamis, bebas tapi bertanggung jawab hihihi…. Bikin lekuk rambutnya juga gampang2 susah. Kl salah nempel posisi, bisa jadi terlihat aneh jatuhnya helai rambutnya. Aku taruh figurenya diatas tatakan yg agak tinggi. Kulapis wrn coklat dan bronze metalic :) . Yak, figure wanita Indonesia versi kebaya dan batik satu lagi selesai. Kpn2 mau bikin motif lainnya lagi :) . I love batik cane.

Majulah terus wanita Indonesia! ^_^

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

 

Posted in Medium doll figure, Polymerclay | Leave a comment

Prince Charming-Pendant

Hihihi kali ini aku bikin materi untuk kelas clay awal bulan Juni, tepatnya tgl 4 Juni 2016. Supaya tidak bikin cewek2 mulu nih, kali ini aku bikin cowok2 aja deh. Yang dibikin kali ini adalah Prince Charming aja, ntar pangerannya duduk di balon hati :D . Errr… benernya bingung gimana ngasih istilah balon hatinya wkwk… Itu jadi hatinya seperti rangka melingkar gt sih. Kpn hari kan bikin setengah lingkaran, nah kali ini hatinya melingkar penuh ^_^. Kalo mau dikasi istilah bola hati kok kurang gembung spt bola wkwk, jd kukasih nama balon hati wae deh. Tengahnya lubang kosong, bisa diisi lonceng kecil kalau mau :D . Jadi pangerannya duduk diatas balon hati nanti bisa dipajang untuk gantungan mobil mgkn ya, dan bisa bunyi klining… kliningg… hihihi ^_^. Bahan yang kupakai kali ini adalah mofa. Sekedar nyobain lagi aja sih, sehingga paling ga ada bnyk alternatif2 clay yg bisa dicoba temen2 yg ikutan kelas :) . Kemarin ada yg sempat nanya sih, apa aku jadi reseller or agen gt? Wkwk nggaaa, aku ga jadi agen/ reseller siapa2 ya :D . Aku berdiri dengan namaku sendiri dan belum jadi reseller/ jadi bagian dari clay merk apapun, termasuk amos yg lebih sering kupakai :p. Alasannya? hihihi ada ajaa dehhhh :D . Back to Prince Charming…. Membuat prince ini lebih cepat dari membuat princessnya. Beberapa bagian cukup sulit karena kecil sih ya wkwk, tp kl untuk gantungan kan memang bikinnya kecil2 spy lebih imut. Untuk postingan kali ini aku posting pangerannya aja dulu, selanjutnya yg princess kupost setelahnya ya :D .

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in cabochon-cameo-pendant, Polymerclay, Small doll figure | Leave a comment

Girlhood

Ini kubuat sekalian untuk percobaan lanjutan dari mofa yg kubeli kapan hari. Karena penasaran banget dengan sifat lenturnya, aku ingin bikin bbrp figure lagi untuk penyesuaikan dengan tanganku wkwk… Kali ini yang kubuat adalah gadis2 kecil ini :) . Bahan yg kupakai kali ini adalah mofa dan bbrp kucampur dengan premo. Ada bbrp yg gagal, tp banyak yg berhasil, maksudku tdk sampai burning. Seperti udah pernah kubilang sebelumnya, premo jk ditambah mofa jadi lebih lentur lagi hasilnya. Aku bikin beberapa sekalian untuk ready stock, dan beberapa kubikin untuk kusimpan tentu aja, buat contoh :D . Dan inilah cewek2 mungil yang kubuat ^_^. Yak percobaan ga bs lama2 krn tugas orderan masih menanti hihi…

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in cabochon-cameo-pendant, Polymerclay, Small doll figure | Leave a comment

Japan Sakura Blossom-Family theme

Karya ini kubikin spesial untuk sobat lamaku dari pas jaman kecil hihihi… Dulu ceritanya kita punya geng cewek2 nih wkwk, eitss tapi bukan geng yg gimana2 lho yaaa, geng sahabatan yg sering kuar n dolan bareng nih kita :D . Dan temanku ini salah satu yg paling tomboy dulu wkwkwk *semoga tdk dicubit kalo orangnya baca :p*. Potongan rambutnya selalu pendek, sampai sekarang ternyata tetep pendek hihihi, dan gayanya sepertinya tetep kocak dan menyenangkan untuk diajak ngobrol :D . Dan karena ini kubikin untuknya, maka kita diskusi dulu kira2 tema yg dimau, dan dipilihlah tema family dengan sakura blossomnya. Kebetulan suaminya orang Jepang, jd foto2nya bnyk yg menunjang untuk dibikin diorama. Desainnya aku boleh bikin terserah, seneng kan kl boleh bikin sesuka hati hihihi… Makanya aku juga mulai cari2 ide deh… Pertamanya sketsa yg kubikin sebenernya lain daripada yg ini nih. Belakangnya rencana kukasih background lukisan taman yg ada sungainya. Udah sempat kubikin tuh mestinya, tapi entahlah rasanya ga puas aja, kurang bagus, msh kurang dapat feelnya. Akhirnya kubilang temanku untuk aku minta waktu ubah desain dulu, krn aku jg blm dpt feel percuma kl dipaksa. Setelah site yg lama kubongkar semua, aku mencoba mencari ide baru. Kuputuskan background ga kupakai krn malah jadi terlalu ramai dan bikin gelap.

Akhirnya kubikin tema taman dari clay semua aja. Yang pertama kubikin adalah gadis Jepang yg imut ini hihihi… Aku membuatnya sesuai foto yg dikasih temanku. Kebetulan anak perempuannya sedang memakai baju biru ini dan bagus motifnya aku suka, jadilah kubuat anak perempuannya dulu :) . Itu kimononya awalnya kuberi clay putih aja, nantinya mau kukasih tisue motif pikirku. Tapi setelah kupikir dan kupikir, gambar tissuenya kurang bagus dan kurang sesuai dengan baju kimono yg difoto. Itu yg bagus adalah motif kimononya soalnya, nah tau sendiri kan kl tissue kan motifnya ga bs sesuai yang kita mau kadang. So akhirnya kuputuskan untuk ga pakai tisue motif deh. Akhinrya kucat semua itu warna baju dan motif2nya wkwk… Sedikit bingung sih di awal dan agak ngasal juga, yg penting sih pikirku motifnya bs lebih mirip2 dibanding kl pake tisue motif doang :p.

Nah payung kertas ini kutambahkan setelah kulihat site agak kosong dibagian belakangnya. Jadi spy lebih penuh kesannya, aku tambahkan payung kertasnya. Bikin sendiri itu payungnya hihihihi, caranya liat dr tutorial2 yg ada :p. Sempet gagal wkwkwk, tp untung akhirnya berhasil bikin juga, jd bisa dibuat payung nonik Jepangnya :D . Kebetulan juga itu kertasnya mirip kalkir yang bermotif, jadi agak2 trasparan gt, kaya payung2 kertas hihihi…. Seru juga bikin payung dari kertas ini ^_^. Ruas2nya kubikin dari tusuk gigi hihihi… untung ukurannya pas deh, jadi bisa dipakai ga perlu bikin rangka dari clay :p.

 

Setelah bikin nonik kecil ini, aku mulai bikin papa mamanya, alias temenku dan suaminya wkwk… Karena noniknya udah pake kimono, maka baju papa mama disesuaikan pakai kimono juga. Rambut temanku kubuat agak kecoklatan dan kuurai biasa, lebih cocok dengan ciri khasnya hihihi… Kebetulan temanku ada foto wkt dia menggunakan kimono yg cantik. Aku coba bikin sambil deg2an hahaha… soalnya kan ga tau hasilnya bs bgs or ga, apalagi itu kudu digambar semua motife jujur agak2 ga pe-de nih wkwkwk…. Warna dasarnya sedikit kubuat lebih gelap dan berwarna, krn kl difoto kelihatannya wrnanya soft, takutnya tdk cocok di sitenya, jd kubuat sedikit lebih keluar warnanya, cuma tetap motifnya kubuat mirip2lah. Kutambahkan warna pearl jadi bisa terkesan seperti kain silk gitu hihihi…. Bikin kimono2 cewek menyenangkan sekali ^_^. Bikin kimono cowoknya untung ga terlalu sulit juga, dan pastinya lebih simple krn ga harus digambar motif2nya wkwk

Dan ini Sakura Gardennya udah selesai lengkap dengan Japanese Familynya ^_^. Papa mamanya lagi menemani nonik cantik bermain dibawah pohon sakura. Pohonnya kubikin 2, supaya terlihat menari nari lebih indah kalo tertiup angin (pdhl ya kalo kena angin ga bakal gerak2 wong didalemnya ada kawatnya wkwkwk :p ). Bunga2nya berjatuhan seperti kepyuran dari atas hihi, suka deh waktu bikin ini. Dan lebih senang lagi karena suasana Jepangnya bs cukup dapet, meskipun di awal sempat blank :D . Semoga suka yaaa

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

 

Posted in Medium doll figure | 4 Comments

Fantasy Clairies

Wah rasanya udah lamaaaa sekali ga bikin diorama peri2 hihihi… Diorama peri kali ini kubikin untuk seorang teman, dan desainnya adalah peri2 yg pernah kubuat untuk buku Clay dalam Bingkai :) . Seneng bangettt rasanya bs membuat ulang tema fantasy clairy ini, tapi dengan sedikit sentuhan yang berbeda :D . Kalau dulu matanya masih kubuat titik hitam biasa, karena memang untuk pemula, kali ini kubikin mata lukis supaya terlihat lebih cantik ^_^. Exciting sekali waktu bikin ulang clairies ini :D . Yang pertama kubuat adalah sitenya dahulu, ukurannya kusesuaikan dengan yg di buku. Penempatannya juga kubuat mirip, hanya peri2nya mgkn bajunya tdk sama persis. Background juga kubuat dari clay semua ini :p. Dan aku main di painting. Ga sulit sih, cuma karena pernik2nya banyak, jd bikinnya sekitar 3 hari lah kurang lebih. Beberapa peri2 kubuat dulu setelah background jadi. Lalu kutambahkan pengisi2nya. Salah satu yang agak ribet adalah waktu nyobain bikin karang2nya. Yg materi buku karangnya aku pakai karang asli yg kuambil di pantai wkwk… nah berhubung karangnya udah habis aku ga punya karang untuk bs kutempatkan di sisi kanan kiri site. Akhirnya nyobain deh nekat bikin dari clay :p. Ehhh syukurlah ternyata cukup mirip hasilnya wkwk…

Setelah site siap, aku mulai tempel2 peri2nya. Peri pertama yang kutempel adalahhh… hihi tentu aja peri yang dibulan ini :D . Entahlah dari duluuuu aku suka banget dengan peri yg duduk dibulan :p. Dulu desain yg kubikin u buku lebih sederhana, ini kubuat lebih cantik dengan teknik yang udah makin berkembang juga. Bahan yg kupake tetep sih, semua dari amos. Oya, ini bulan dan bintang2nya kutambahkan fosfor, sooo kalo malem tentu aja bisa nyala bentar fosfornya hihii… Kubuat titik2 menyebar juga supaya kl nyala keliatan lebih bagus ^_^.

Seterusnya aku melengkapi peri2 yang sisi pohon. Ada peri berbaju oranye yang duduk diatas pohon :D . Perinya lagi menunggu tupai yg bersembunyi hihi, makanya tupainya ga kelihatan (alias ga dibikin sih emang wkwk :p). Nah di karang dekat pintu rumah pohon, ada peri yang sedang duduk dan membaca buku. Peri berbaju kuning ini emang sukanya baca buku hihi dia asyik sekali masuk kedalam dongeng yang dia baca (ehh seperti diriku yg suka banget baca buku dongeng wkwk). Dan peri berbaju biru itu barusan keluar dari rumah peri hihi, dia ingin menyapa teman2 perinya yang udah pada bermain di bawah cahaya sinar bulan purnama :D . Kalau bulan purnama datang, peri2 ini senang sekali main di luar, karena cahaya bulan yang putih membuat alam terasa makin indah :D .

Selanjutnya aku membuat peri2 di bagian sisi satunya. Ahhh di karang satunya juga ada peri2 yang sedang duduk2 dan memainkan alat musiknya. Peri biru dan peri merah ini adalah kakak beradik ceritanya hihihi, model bajunya sama karena mama peri membuatkan baju yang sama untuk mereka *hihi mengkhayal dulu dah :D *. Keduanya juga suka memakai ikat rambut. Dua bersaudara ini pandai sekali memaninkan harpa kecil. Kakak mempunyai harpa emas yang mengalunkan suara2 tinggi dan jernih, sedangkan adik mempunyai harpa perak yang mengalunkan suara rendah yang soft dan meneduhkan. Jadi kedua harpa ini juga saling melengkapi dan harus dimainkan bersama supaya bisa menghasilkan musik yang indah ^_^. Para peri makin senang deh menikmati pesta bulan purnama dengan diiringi musik. Itu ada peri berbaju salem yang sedang menari dengan daun, dan ada peri hijau yang duduk di kapal daun. Peri hijau ini suka bermain dengan air, dan dia pandai membuat bola kristal dari air. Itu tuh ada satu bola kristal yang dibuatnya :D . Bola kristal ini makin bersinar indah terkena cahaya bulan. Selamat menikmati dan berpesta di malam purnama ini yaaa…. Kecup salam untuk sang bulan dilangit dan selamat tidur para peri, karena diriku juga sudah mengantuk.. hoaammmm…. *dan akupun tertidur bermimpi menari bersama para peri ^_^*

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in All about clairy, Clay Tale, Small doll figure | 2 Comments

Clairy on the tree- Jakarta

Kali ini aku membuat clairy sebagai janjiku untuk beberapa teman sehubungan dengan valentine donation yg lalu :p. Seorang temanku suka sekali warna ungu, wkwk jd kubikinkan clairy ungu ini ^_^. Bikinnya maap agak cepet2an, maklum waktunya agak mepet pas keberangkatan.. Modelnya kubikin seperti yg kpn hari kubuat supaya 1 tema deh *blm bs mikir tema lain soalnya :p*. Sesuai perjanjian kapan hari dengan teman2 lelang, karya yg sama baru boleh dibuat ulang selang bbrp bulan. Lelang bulan feb kan ya, jd ini udah april hehe… Dan memang model ini hanya kubuat beberapa aja, aku ga mau bikin banyak2, ini aja udah mulai pingin ganti model, tapi menyelesaikan beberapa janji keteman2 dulu deh baru nanti ubah model lagi :) .

Dan ini satu lagi yang kuberikan ke teman pengurus lelang juga wkwk, mereka udah bersusah payah memantau dan mengirim2. Yah, krn aku ga bs bantu apa2, ini lah yg coba kuberikan sebagai ganti terima kasih krn mereka udah susah payah ^_^. Hebat kok teman2ku ini hihi.. Clairy yang satu ini kubikin berbaju pink, sesuai warna kesukaan temanku yang satu lagi. Rambutnya kubikin tanggung, lagi agak bosan kl mirip2 rambut panjang soalnya :p. Rambut pendek juga spy kesannya lebih fresh, apalagi teman yg dapat clairy pink ini rambutnya juga pendek lho hihihi ;p. Yak… 2 clairy sebagai janjiku kepada 2 temanku udah selesai dibuat, tinggal di packing dan di bawa sekalian pas aku ke jakarta ya… Sampai ketemuan hari Sabtu, 2 April 2016 yak ^_^.

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Posted in cabochon-cameo-pendant, Medium doll figure, Polymerclay | Leave a comment