My Profile

Hi all.. ^_^. Just call me Petra. I come from Surabaya, Indonesia.  Aku adalah seorang istri dari suamiku tercinta, seorang ibu dari 2 jagoan kecil yang istimewa, dan seorang pribadi yang sangat mencintai dan menyukai seni (art&craft). Aku menyukai tantangan yang membangun, gemar bereksperimen& menciptakan sesuatu yang baru. Aku tidak suka dibatasi dalam sebuah ‘kotak’, dan tidak suka sesuatu yang monoton.

Sejak kecil aku suka sekali menggambar, mungkin menggambar adalah seni pertama yang kukenal sejak kecil. Beranjak besar, aku mulai mengenal berbagai macam jenis seni dan kerajinan. Mulai dari menjahit, melipat kertas, menghias sabun, membuat bunga kertas, membuat kartu-kartu lucu, dll. Hingga terakhir yang membuatku jatuh cinta sampai sekarang adalah kerajinan di bidang art clay  inii… hihi, sungguh sangat menarik soalnya :p

Berhubung aku adalah seorang yang menyukai dunia imajinasi, sejak kecil aku suka sekali yang namanya dongeng dan buku-buku bergambar. Dan tentu sajaaa…setelah mengenal clay art, aku bisa menciptakan dunia khayalanku menjadi 3D yang nyataaa hihihi… I loved it!! Dari hobby, lama-lama kerajinan clay art ini bisa menjadi sumber penghasilan juga buatku (setidaknya bisa kubuat hunting buku ^_^).

Aku sungguh bersyukur Tuhan memberiku talenta di bidang seni ini, sehingga aku bisa mengekspresikan diri dan berkarya dengan kedua tangan yang telah Tuhan berikan. Salah satu prinsipku: “jika kita setia pada perkara kecil, Tuhan akan mempercayakan hal yang besar kepada kita”. So..I will always do the best not just in art, but in everything that I do. Tuhanku sungguh luar biasa, dan hidupku ini (termasuk talentaku) biarlah bisa kembali memuliakan namaNya.

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

149 thoughts on “My Profile

  1. seneng banget liat karyanya….duh…..cantik-cantik banget…dan ternyata….apa yang kita suka dr masa kanak2 dulu….tetep pengaruhi hidup kita,aku udah pernah belajar clay tp nggak telaten bikin detail2 yang rumit,kalo bikin boneka jadinya kurang bagus…jadi lari ke bunga aja…salut banget buat mbk petra…melihat hasil karyanya terasa berada di negeri dongeng,negeri impian masa kecilku.

    1. Halooo mba ekky… Senangnya udah dikunjungii, makasih u supportnya yaaaa ^_^.
      Hehe…iya nih mba ekky, kalo untuk aku pribadi… dunia masa kecil berpengaruh banget, khususnya dunia imajinasi hehehe… Emang dasarnya suka dongeng sih yaaa, sama dengan mba Ekky hihihi.. Ayo bikin dunia dongeng lilin ntar ya mbaaa.. 🙂 . Sama2 berkarya yaahh.. *seneng ada temen pecinta dongeng hihi.. ;p hug..*

  2. hai mbak, bukan cm karyanya yg cantik..orangnya jg cantik banget, baik pula..
    pokoknya seneng bgt kenal mbak petra..sukses terus ya bu 🙂

    1. AAAAAaaaaa….histeris saiaaa, saking senangnya dikunjungi suhu flanel :D. Makasih mba fit chayank hihihi…. Saia juga seneng bs kenalan ma mba fit nih, jd bs menimba banyak pengalaman dr para suhu (mba Ekky suhu lilin, mba fit suhu flanel…owww, I’m so luckyy ^_^ hihihi…). Sukses juga untuk setiap usaha mba fit yah.. 🙂

  3. Hii…..salam kenal Petra,namaku Susan, saya sangat tertarik dengan buku Clay dalam bingkai, dan saya pengen
    meniru dan membuatnya u/pajangan dirumah .
    Soalnya bagus banget buatan Petra, dan sy ingin mengisi waktu luang dengan mencoba membuatnya .
    Berhubung sy kerja, sy tidak terlalu familiar dan kurang tahu dimana sy bisa membeli Amos I-Clay,papan plastik, apakah frame kayu kita beli yg sdh jadi atau harus potong sendiri lagi? (maaf sy kurang paham).
    Mohon info lebih lanjut dimana saya bisa membelinya ,
    Thanks/Susan

    1. Hai..salam kenal juga ^_^.
      Terima kasih sebelumnya sudah membeli buku-ku ya. Kalau untuk bahan-bahan, kebanyakan bisa dibeli di gramedia. Seperti bahan amos i-clay, papan plastik, gabus, foam art, itu ada semua di gramedia. Aku sengaja mencari bahan yang cukup mudah di dapat :). Kalau kertas kado dan karton-karton scrapbook, mungkin bisa dicari di toko-toko kerajinan or toko khusus scrapbook ya. Untuk bingkai/pigura kayunya, biasanya setelah selesai membuat, bisa dibawa ke tukang pigura untuk di bingkai dengan kayu dan kaca. Aku lebih sering membuat dioramanya dulu baru setelah itu dibingkai, jadi ukuran bingkainya bisa pas sesuai desain yang kita mau. Semoga penjelasan ini bisa membantu ya :). Kalau kurang jelas, silahkan bertanya lagi ^_^.

  4. Salam kenal
    Saya tertarik dengan kreasi clay anda dalam Buku clay dalam bingkai.
    Apakah anda menjual kreasi anda secara ready stock?
    Apakah saya bisa mengunjungi counter anda? Surabaya di mana?
    Terimakasih sebelumnya

    1. salam kenal juga ^_^
      Terima kasih untuk apresiasinya. Kebetulan kreasi clay yang saya buat kebanyakan adalah made by order atau memang saya buat untuk koleksi pribadi, jadi tidak ada ready stock untuk dijual. Dan saya bekerja dari rumah jadi memang tidak ada galeri/ workshop khusus sih. Kalau memang tertarik untuk memesan, nanti bisa berkomunikasi lewat email. Terima kasih ya… :).

  5. hai ce… salam kenal…
    udh bca buku clay dlm bingkai… hasil karyanya detail n keren banget….^^ jd pengen coba buat di rumah. sebelumnya mw nanya, clay menggunakan Amos I-Clay ini bedanya apa ya dengan clay tepung atau clay sabun gitu ??? trus untuk membuat model orang, gmn caranya bisa berdiri tegak ??? dan satu lg ce, clay menggunakan Amos I-Clay apakah lebih awet dibandingkan dengan menggunakan clay2 lain ??
    terima kasih sebelumnya…. 🙂

    1. salam kenal ^_^
      Makasih u apresiasinya…
      Mengenai clay: Amos clay cenderung lebih ringan, lebih lunak, dan lengket dibanding clay tepung. Amos bagus sekali untuk membuat detil menurutku. Kalau clay sabun aku ga pernah coba. Aku pernah membuat bberapa catatan mengenai jenis-jenis clay, kalau mau tau lebih detil silahkan nanti masuk album “Belajar mengenal Clay”, ada catatan lebih banyak disana mengenai beberapa jenis clay yang pernah kucoba.
      Kalau mau tegak, biasanya kalau claynya kuat sih bisa langsung berdiri kok (asal tidak terlalu tinggi orangnya, kalo memakai clay amos). Coba atur dulu posisinya sebelum kering agar bisa tegak (beri sandaran/tumpuan dll). Atau kalau mau lebih kuat, bisa diberi tusuk gigi pada kaki. Intinya, kamu harus buat tumpuan di kakinya kuat jika mau boneka bisa berdiri.
      Kalau masalah awet, tergantung dari apa pembandingnya. Kalau masalah berjamur, pastinya clay amos ini ga akan berjamur karena bahan mentahnya tidak ada tepung dll yg bisa menyebabkan jamur. Kalau pecah…amos jg tidak bisa pecah karena sifatnya seperti karet, tapi tetap aja ada kekurangannya juga. Tiap clay ada kelebihan dan kekurangan masing-masing menurutku. Itulah uniknya clay ^_^. Smoga bs membantu yahh..

      1. thank u ats penjlsanx ce… 🙂 ada yg mw saya tnyakan lgi ce.. hehe…, kalau memuat detail sepatu, itu kakinya di tempel lagsung dgn model sepatu ato sepatu membungkus model kakinya ya ??? dan lem jenis apa yg cocok untuk menempelkan bagian2 clay ?? 🙂

        1. Kedua cara yang Merry sebutkan itu bisa semua,bisa langsung ditempel di kaki dan langsung dibentuk, bisa juga dibuat dulu sepatunya baru ditempel di kaki. Tergantung jenis sepatu yang mau dibuat, tinggal dilihat aja kebutuhannya gimana.
          Kalau lem, biar lebih rapi biasanya bisa pakai lem putih/fox, cuma memang keringnya agak lama. Pada dasarnya sih menurutku semua jenis lem bisa, asal menempelkannya rapi.

  6. WOW…. Wow banget!!!! Hahahaa… Bagus banget hasil2 karya nya sist Petra… Kapan ya aku bisa buat dunia mimpiku jadi nyata lewat clay… Btw, salam kenal.. Kalau boleh tau, sejak kapan bergelut diseni clay ini? Thanks…

    1. Hehe…salam kenal, tengkiu yaa :p.
      Membuat dunia mimpi dengan media clay itu sangat menyenangkan sekaliii hihihi… ^_^
      Aku mulai mengenal bahan clay ini kalo ga salah tahun 2004 or 2005,tp waktu itu masih tahap mencoba-coba :).
      Sis juga suka buat clay ya? Bermain clay itu addicted 😀

      1. iya, aku juga suka maenin clay.. tapi masi simple bgt… punya kamu bagus2 smua, yang aku pikir mustahil ternyata kamu bisa melakukan… takjub…

  7. hai sis, salam kenal sebelumnnya ya.
    setelah saya lihat hasil karyanya sis benar” bagus dan rapi.
    sis ada beberapa pertanyaan ne, biasanya ketika kita membuat pakaian (baju) itu caranya gimana ya?
    supaya miniatur clay kita terlihat seperti benar” memakai pakaian 3 dimensi.

    kemudian untuk jenis clay yg bagus apa ya?
    thank you =)

    1. Salam kenal..
      Maksih sebelumnya.. Kalau membuat baju 3D,aku tdk bisa menjelaskan scr lisan aja, terlalu rumit menjelaskannya. Mgkn bisa dicoba dulu dr cara yg sederhana, bisa di lihat di buku Clay dalam Bingkai yang aku buat. Bukunya bisa dibeli di gramed/toko2 buku lainnya.
      Kalau clay…semua jenis clay ada kelebihan kekurangan masing2, yang kubilang bagus belum tentu juga cocok dengan tangan orang lain. Dan itu tergantung juga dari bentuk apa yang akan dibuat. So menurutku sih, semuanya bagus…sesuaikan aja dengan apa yang akan kita buat dan yang cocok dengan tangan kita :).

      1. oww gitu sis, okay thanks infonya ya… ^^
        nanti kalau saya ada ke toko buku akan saya coba cari buku clay dalam bingkai.

        salam sukses sis ^^

  8. sis ada yg mau ku tykn gy untuk clay debika,pemakainan apa bole dicampur dengan cat akrilik atau cat air??
    terus apa clay debika juga hampir sama dgn clay amos bila jatuh tidah pecah?

    menurut sis mana yg lebih bagus yaaa,clay debika atau amos?

    thank you =)

    1. Debika bisa dicampur cat dalam pewarnaannya ketika menguleni clay. Jika jatuh tidak pecah. Kalau sis tanya menurut saya… saya sih suka memakai amos ^_^. Tp kalau sis terbiasa memakai debika, itupun tidak masalah… Karena semua tergantung dari kebiasaan juga, sy udah memakai amos bertahun2 soalnya.

  9. ow ternyata hampir sama juga dengan amos.
    okay deh sis,thanks buat sharing dan info-nya ^___^V

  10. Petra dear,
    saya sedang mencari-cari gift untuk orang-orang yang sudah mendoakan dan mendampingi putri bungsu saya yang bulan November nanti akan berusia setahun. Mungkin sudah jalannya saya kok ya bisa nyampe ke situs kamu…terima orderan gak, Petra?! Saya kepengennya ngadiahin keluarga dekat, frame foto unik yang ada karakter clay-nya Amelia, putri saya. Bisa pesan dan mau gak, Petra? Mohon tanggapannya ya. Terima kasih.

    1. Terima kasih sudah berkunjung ya, salam kenal ^_^
      Saya memang menerima order untuk acara2 khusus, saya coba kontak by email aja ya…biar lebih enak ngobrolnya :).

  11. hi . . . sis
    dah lama g chat nie hehehe, sorry boleh k aq manggilnya cc aja y ?? rasanya g sopan banget aq manggil” sis 😀

    aq maw nanya c , bulan depan kan aq rencana k Sby n pengen nyari cetakan” n alat clay gt soalnya klo beli n kirim k sini biayanya muahaaaalll banget T-T
    nah problemnya aq g taw d mana baiknya mulai belanja, ada yg nyaranin k toko kue aja kek Arvian ato toko 8 tapi kan makin banyak yg d tuju makin baik
    lagian aq mikir pasti ada aja cetakan yg g ada d toko kue , jadi. . . . . pada akhirnya aq memberanikan diri tuk bertanya deh (>_<)

    mohon bantuannya :3
    trima kasih 😀

    1. Iya…mau panggil cc juga boleh kok ^_^
      Kalau cetakan2 yg macam2 sih mungkin kamu bisa coba pergi PTC, di plaza d’art itu ada jual cetakan2 untuk clay juga. Di pasar atom ada juga, montelupo kalo ga salah namanya. Yg diatom ini aku ga terlalu tau tempatnya karena malah belum pernah kesana hehe…maklum aku jarang pakai cetakan macam2 :p. Kalo plaza d’art sih ada di fl fbku, coba aja km add friend dia ya.. Semoga bisa membantu :).

      1. s.malam c

        tq atas sarannya , barusan dah aq add plaza yg d fb cc. . .
        aq juga jarang pake sih selama ini cuma maw cari cetakan yg g bisa d buat ndiri , klo yg d ptc pernah sih pergi tapi uda lamaaa , yg d atom aq pernah ketemu beberapa taun yg lalu tapi terakhir g pernah taw d mana (maklum sy rada ahli tersesat hehehe)
        btw tq banget atas sarannya hehehe . . . maju terus pantang mundur .. !!

        GBU

  12. Hi Mbak Petra..
    Salam kenal,..
    Iseng2 eh ketemu webnya Mbak Petra..
    Saya pengen buat beberapa action figure, apakah bisa order di mbak?
    Btw, bahan yang digunakan apa?
    Bisa kontak by hp atau chat aja?
    Mohon bantuannya…
    Terima kasih…
    😀

    1. Salam kenal mas Wisnu 🙂
      Sebelumnya maaf, saya sudah full order sampai akhir tahun nih. Jadi ini masih close order dulu, des baru buka order lagi tp untuk pengerjaan tahun dpn (jan or feb). Bahannya aku menggunakan clay yang jenis light weight (ringan dan soft). Kalau mau kontak, mungkin bisa lewat email mas. Makasihh… 🙂

  13. aku mau minta kntak jejaring yang bisa aku hubungin dong?
    mau tanya2 soal clay nih…

    🙂
    thanks before…

  14. Mba petraaa…aku udah beli buku mba yang clay dalam bingkai. baguuuus banget…sekali baca langsung jatuh cinta sama karya2nya…keren2..langsung aku praktekin lho 😉 Mba adain workshop di Jakarta dooong..please..aku pengen banget ikut…sukses terus untuk karya2nya yaa…

    salam hangat,

    your new fans 😉

    1. Hai salam kenal yaa ^_^
      Semoga buku Clay dalam Bingkainya bisa memberi banyak info untuk kita belajar bersama ya :).
      Nah ituuu…haha peminat workshop dari jakarta cukup banyak, tp aku masih belum ada jadwal ke jkt nih. Sabar ya…doain aja semoga kapan-kapan bisa gelar workshop disana… Tengkiu…

  15. wuah kakak hebat sekali pada olah seni bentuk 3d….mau tanya…pameranna ada lagi kapan ya kakak, dan jenis clay untuk membuat anime figure itu kakak pakek apa ya, cat nya juga bagus, kira2 saya bisa beli dimana ya…saya berharap juga bisa membuat sebuah karya dengan clay…
    thanks kakak

    1. Makasih ya :). Kalau pameran belum ada jadwal lagi nih… Ntar kalau ada pasti aku posting lagi beritanya di sini. Kalau clay yang aku pakai itu jenis light weight yang air dry. Pewarnaan tinggal mencampur antar clay. Kalau mau lebih jelas, keterangan tentang clay ada dibuku Clay dalam Bingkai, di gramed or toko buku lainnya mungkin ada yang jual. Kalau clay yg kupakai juga ada yang jual di gramedia, atau kalau mau bisa beli bahan di fb ol shop temanku: felt n clay. Ayo berkarya bersama dengan clay ^_^.

  16. Pagi Ibu Petra, saya sangat suka sekali dengan karya Ibu. Apakah ini bisa diperjualbelikan? kalau iya, biaya nya berapa yah untuk bingkai? Ataupun pie’t art.

    thx

    1. Hai Rico, salam kenal 🙂
      Untuk karya-karya yang ada diblog ini memang kebanyakan adalah spesial request dari para customer ya dan sebagian memang untuk koleksi pribadi, jd tidak ada ready stok yang aku jual. Untuk harganya, aku kirim by email yah. Tengkiu..

  17. cie petra salam kenal…
    Aku dr surabaya,cc nya stay dimana?
    Suka bgt luat hsl karyanya,bagus2
    Thn lalu aku sempet bikin dan sempet jual terima pesanan aja,krn bhubung stlh mnerima 2 orderan akhirnya thenti krn hamil dan hrs bedrest.
    Aku pingin bgt bs slg share ama cc.
    Apa cc nya ada pin bb??
    Mau tanya ttg bahan2 nya cie,jg u/ bahan pwarnaanya.
    Makasih cie….seneng bgt akhirnya ktemu masternya yg baik hati.
    Kbri yah

  18. Wah berarti boleh main krumahe cc dongg??
    Salam kenal yah cie.
    Aku itu bingung cie,
    Prnh beli bahan yg murah,bukan import ehh…bjamur cie
    Lalu coba buat sdiri pakai tepung,malah bjamur jg 🙁
    Aku cb pakai vernish cie,beki vernish sdiri,ealahh ndelala clay ne malah elek cie,plontang plobteng warnane.

    Itu cc nya pakai clay apa?,kalau hbs makai clay cara nyimpennya gimana yah cie biar gk kering?
    Lalu kalo buat mata pakai apa cie?
    Mewarnai spt pakaian itu pakai cat apa cie?
    Brarti awalnya baju nya warnanya putih lalu cc warna gitu yah cie?

    Karya ne cc bagus2,hhheeebbbbaaattt!!
    Pinter cie

    1. kalo clay tepung memang ada yg berjamur. Aku jg dulu pernah bikin dan berjamur setelah lbh dr setahun. Tp ada jg yg katanya ga berjamur sih, mgkn tergantung jg dari campuran adonan dan pengawetnya ya.. Aku pakainya amos clay,dia bahan dasarnya bkn tepung jd memang pasti tdk berjamur. Disimpan d plastik or tempat yg kedap udara pastinya, tp memang lama kelamaan tetep aja akan kering kalo ga dipake2. Mata aku pakai cat biasa. Mgkn km bisa lihat di catatanku: belajar mengenal amos clay, disitu ada bbrp keterangan tetang clay yang kupakai. Kalo nulis ulang agak panjang soalnya :p . Tengkiuu 🙂

  19. mbak petra, mau nanya..
    mbak surabayanya dimananya ya? hhe
    mbak saya sudah mencoba membuat clay kayak yang dibuku ‘clay dalam bingkai’ tapi hasilnya kacau. saya pake lem uhu tapi kenapa hasil lemnya terlihat ya mbak? selain uhu apalagi ya?
    mbak, biasanya ukuran clay yang mbak buat berapa kali berapa ya? maaf mbak banyak nanya :”)

    1. oya mbak.. saya pengen minta pendapat mbak tentang clay yang saya buat. bagaimana caranya mbak? apa kirim email bisa?

    2. Aku d daerah sby timur. Kalau menempel antar sambungan mgkn lbh baik pakai lem putih ya, UHU jg bisa mestinya asal harus hati2, krn UHU mudah jembret lemnya. Untuk ukuran clay, aku buatnya tergantung kebutuhan aja sih, ada yg besar ada yang kecil. Kalau yang dibuku, ukuran figurnya skitar 5-6cm.

      1. lem putih? kalau boleh tau merknya apa mbak?
        iya mbak yang uhu jembret kemana2.. makanya ini punyaku jadi kacau. hehe
        5-6cm? bikin detail-detailnya itu bagaimana sih mbak? kayak mata, mulut, dsb.
        kalau buat jaket gimana ya mbak?
        oya.. bener mbak,, clay merk amoy enak dipakai

  20. Mbak Petra ,salam kenal ya..
    karya nya keren2 mbak…

    Aku biasanya pake yang clay tepung mbak, belum pernah nyoba pake amos.
    ini skr mau nyoba mbk..
    mbk petra biasany beli clay Amos dmn (selain lewat online)? lokasiku jg di surabaya. aku uda nyari di gramex tp kok yg amos nggak ada ya..

    makasih banyak mbak petra =)

    1. Salam kenal mb Fitri ^_^
      Biasanya kalo amos tersedia kok di gramed or togamas, cb tny aja ke petugas disana. Kmrn aku br dr gramed manyar, dan masih tersedia clay amos dlm jmlh bnyk di situ :).

      1. okee mbak.. ^^
        oh iya mbak, kalo misal beli amos yg putih trs ntr dcampur cat poster utk dpt clay dgn wrna lain apa ga boleh ya??
        trus amos clay it ad expirednya ga?
        & kalo mengering apa bisa ditetesi air?
        makasih lho mbak… maaf ya tlalu banyak tanya, soalnya belum pernah pakai amos. hehee

        1. bisa, tp warnanya mgkn tdk seterang kalo dicampur antar clay. Tp tetap bisa.
          Setahuku sih tdk ada expirednya, krn ini bukan dr tepung/makanan. Kalau mengering bs cb direndam di air. AKu udah terangkan di categori: belajar mengenal clay, silahkan bisa dilihat disana info mengenai amos.

  21. mbak maaf tanya lagi, beli cetakan2 yang di PTC dan Atom itu nama tokonya apa ya, lantai berapa?? makasih banyak ya mbak Petra… 🙂 😀

    1. kalo PTC itu plaza d’art lt LG kalo ga salah. Kalo yg d atom aku ga tau jg tempatnya, itu temen2 lain yg pernah cerita, aku ga pernah kesana. Semoga bisa nemu ya :).

      1. okee mbak…mksh banyak ya mbk…
        aku uda beli bukunya mbak Petra,, keren2 bangeeettt… ^^
        ntar aku tanya2 lg ya mbak… sekali lg makasih mbak 😀

  22. Hi Mbak,
    mau tanya, apa menerima order pembuatan clay? kalau iya gimana cara pemesanannya?
    Terima kasih

        1. hai mba…aku tadi coba nyari email dari bulan des, email mba tdk masuk. Ternyata setelah ku coba cari, ada di spam. Udah kubalas yah emailnya, aku balas double, takut spam lagi :). Thx

  23. Hi ce.. sng deh bc buku kreasinya ce petra yang Judulnya clay dalam bingkai.. ^^ mw tny Nih ce, waktu liat2 websitenya cc kn ada doll clay yg mata doll Nya kyk anime2 Gitu… Cara buat matanya itu kyk gmna ya? Thx ce.. Tlong di reply ya 🙂

    1. Kalo gambar mata doll, aku pakai cat poster/cat air biasa. Gambar aja pelan2 dengan kuas berujung runcing :). Tengkiuu..

  24. hy c… 🙂
    salam knal yah..kreasinya kerenkren..
    membuatku jatuh cinta…hohhohoho
    c,ad pin bbm gak? 🙂

  25. Hai mba, salam kenal aku Guntur big fan of u and specially Herge huge fan…
    Your works are awsome… Never met before to a passionete Tintin fans…. U rule… Btw I’ve bought
    Your 1st book, can wait to get ure 2nd… Keep on rockin mam…

    1. hai hai…salam kenal Guntur ^_^. Thank you so much for your appreciation, it means a lot for me :).

  26. Hiiii mau tanya cetakan wajah buat clay figure beli dimana ya? Trus Amos i clay dan DAS clay beli dimana? Thanks infonya

  27. Kl mau beli cetakan wajah gimana caranya? Wajah cewek sendiri cowok sendiri ya? Ada brp tipe ?

    1. tinggal pesan aja lwt email :). Jenis cetakannya 1 macam aja, bisa digunakan untuk cowok dan cewek 🙂

  28. salam kenal, saya sdh membaca bukunya,,,luar biasa 🙂 mohon bantuanya untuk dapat cetakan berbagai wajah clay seperti dibuku kira2 bisa dibeli dimana ya? terimakasih

    1. salam kenal 🙂
      hehe makasih untuk apresiasinya ^_^. Untuk cetakan wajahnya aku ada stok kalau mau. Silahkan kirim email yah, nanti kujelaskan lagi disana. Makasii ^_^

    1. Contoh foto2 clay ada di bagian categories mba, di home depan sebelah kanan ada kelompok2 yang bisa di klik dan nanti akan ada contoh2nya. Aku tdk buka galeri/toko off line, jd kalau mau lihat contoh cuma ada fotonya karena kebanyakan udah pada dikirim ke para pemesan, kecuali yang memang koleksi pribadi tdk untuk dijual. Makasih 🙂

  29. Dear Mba Petra,

    Utk clay bertema natal dan ada foto keluarga seperti yg di atas perapian, ukurannya berapa ya? apabila aku mau order lumayan banyak, kira2 brp lama bisa jadinya dan utk harganya berapa?
    Thanks ya..ditunggu replynya.

    Sisca

    1. udah kuinbox yah :). Maap agak lama membalasnya, kemarin masih di luar kota soalnya, makasiii ^_^

  30. Dear mba petra yang baik,
    Salam kenal..

    saya tertarik dengan handcraftnya pnya mba, lucuuu… saya ada di bandung. mau tanya kalau di Gramedia bdg sudah ada gak ya buku clay dalam bingkainya? n harga cetakan mukanya berapa ya? bisa pesan ke mba

    Thanks…

    1. Hai mba, salam kenal ya 🙂
      Hehe makasih sebelumnya… Kalau buku clay dalam bingkai mestinya ada mba, kalau misalnya tidak ada mgkn bs dipesan di toko bk yg bersangkutan. Harga cetakan wajah beda2, aku email aja untuk lebih jelasnya ya… makasih…

      1. oya mba, yg perlu pake cetakan selain muka apa lagi ya…? supaya sekalian pesannya. soale saya belum baca tuh bukunya jadi masih menerawang.. =D

  31. dear cie2 petra,
    salam kenal 🙂 aku serly, sebenernya yg buka web ini suamiku karena dia suka mainan clay, iseng2 aku juga ikut baca, perasaan koq bagus bangett nih web, makin ku baca makin ada magnet nya :))
    cie petra, lokasi aku ada di semarang, klo pas aku main ke surabaya klo mau liat2 hasil karya cie2 harus ke mana? trs klo boleh aku minta pin bb cie cie dong, pin ku 2382991c no hp 081.3267.99900
    thanks sebelum nya

    1. Hehe…salam kenal ya Serly ^_^
      Wah, suaminya juga suka membuat clay ternyata yaa, ayo Serly ikutan bikin2 clay sekalian hihihi… ;p.
      Aku ga punya toko off line serly hehe… Aku ga pakai bb juga, kalo no tlp ntar ku email yaaa, makasiii ^_^

  32. Sore CC, salam kenal, saya eva dari semarang, boleh minta nomor hp untuk tanya2 soal clay? karena saya sedang butuh souvenir clay untuk acara wedding, Thank You CC. 🙂

    1. malam :), salam kenal ya…
      Sebelumnya sori banget, aku sementara blm bs menerima pesanan dl karena list udah full lagi sampai bbrp bln kedepan.. Kalau mau ngobrol2 gpp, mgkn bisa email aku di petradewi@yahoo.com yaa ^_^. Makasiii…

  33. hai tante…salam kenal aku udh beli buku tante dua”nya lhoo… aku mau nanya nih ol shop yg biasanya dibelanjain namanya apa selain felt n clay? trus mulai blajar clay dr umur brp?thankss 😀

    1. Haii, salam kenal ya :). Tengkiu udah beli bukunya hehe… Ol shop yg jual clay banyak sekali sih, coba aja masuk di fb trus di search: clay. Bbrp yg barangnya banyak: plaza d’art, po’s clay, donato d’clay dll :). Aku nyobain pake clay pertama kali jaman selesai kuliah, tp sekedar nyoba2 aja, mulai serius belajar2 sediri ya baru bbrp tahun terakhir ini sih ^_^. Makasih hehe

  34. Ci.. ak pgn bgt bikin clay bt wedding cake topper ny ak nie.. bisa custom dr foto ak n calon suami kn ya? pembuatanny brp lm y? bs tolong kirim pricelist ny k email ak? wedding ny sie september awal.. kira” keburu ga ya? klo kirim kluar kota ga kn rusak kn y?? thx..

    1. halo ^_^. Wah sori banget nih…untuk sementara aku blm bs menerima order baru dulu, listku udah full juga untuk sept :). Makasi yaaa

      1. ci.. masa ud full ampe sept?? kasih satu slot buat ak lah ci.. Hiks.. bagus bikinan cc.. ak pengen buat yg muka ak am calon.. bt hiasan wedding cake ny kita ci.. 🙁

        1. Udah full beneran nih :p *mestinya sampai nov udah cukup full*. Biasanya kl bs selesai lbh cepat tiap bulan, pasti listnya pada kumajuin sih, tp ya itu ga berani janji… Bentar dehh yaa, aku email 🙂

  35. hai lagi tante aku mau nanya lg nih hehe…cetakan wajah belinya dimana?ato bisa dipesen soalnya udah nyari” gk ada thanks

  36. ci petra.. kl mo pesen clay yg wedding gt bisa ga?? bt wedding cake topper ci.. bisa minta pricelist ny?? am gbr yg wedding couple cc bikin itu boleh minta perbandingan am foto asliny ga?? tolong d bales k email ak y.. thank you…

    1. bisa, untuk cetakan wajah aku msh ada, tp kebetulan toolsnya hbs :).

        1. Ohh..sori hehe, bentar kulihat di fb dulu yaa… Soalnya emang aku membatasi jmlh friends kalo di akun pribadi. Kl pm bisa di FP Piet’s Art juga kok ^_^. Akunnya Ami Janmi ya? bentar ku app yaa.. 🙂

  37. sis untuk yang frozen dijual ga? so cute kepingin. price berapa ya sis?

    1. Maaf, tahun ini sdah full, jd u september rasanya aku tdk bs mengerjakan dulu :). Makasih ya..

  38. Hi Ce Petra,

    Barusan hari ini ngliat FB nya piets-art, keren bangettt =)
    Mau tanya ce, apa piets-art terima re-seller untuk clay nya?

    Mungkin lewat email/WA aja ya spy lbh enak ngobrol nya.

    Salam,
    Richard

    1. Hello ^_^
      Hehe tengkiuuu yaa sebelumnya…
      Untuk reseller sementara ini aku msh belum terima, maklum tenaga kerjanya masih diriku saja, jd aku sendiri menerima pesanannya terbatas dan tdk bs mass product 🙂
      Kalau mau email, bisa kirim ke petradewi@yahoo.com ^_^. Thank youuu…

    1. untuk sementara list order saya masih penuh dlm bbrp bln kedepan sis, kalau misalnya memang mau pesan nanti saya list dulu ya… Silahkan nanti bs kirim email ke petradewi@yahoo.com/ kirim inbox (PM) di FP Piet’s Art. Makasih ^_^

  39. Bagus sekali sis karya2nya!!! Aku juga baru mulai coba bermain dengan clay Amos nih. Mau nanya nih, kalau menggambar matanya itu pake spidol apa ya, soalnya aku coba gambar dengan gundam marker tapi meleber kemana2.

    Lalu untuk cetakan wajah dijual ya? Sebesar apa ya ukurannya dan berapa harganya?

    Thanks 🙂

    1. halo, salam kenal 🙂
      Untuk mata, aku biasanya pakai cat dan kuas biasa. Amos memang kadar airnya cukup banyak jdnya kl pakai spidol pasti blobor, kl mau pen coba pakai sakura micro, itu lumayan ga blobor :). Untuk cetakan wajah, aku jualnya hanya yg seperti di buku clay figure, jd cetakannya wajah teenage hasilnya :). Kl memang mau, ntar bs email ke petradewi@yahoo.com ya… tengkiuuu ^_^

  40. mba petra aku nyoba bikin clay, tapi ko pas di tempel ke kertas bingkainya clay susah nempel ya mba. trus pas clay nya kering itu jadi aga retak retak clay nya. bagusnya di apain ya mba supaya clay nya pas kering ga retak retak?

    1. tergantung dari jenis claynya juga sih, mba pakai clay tepung? kl ada retak2 mgkn bs didempul ulang, ditumpuk clay dibagian retakan dan dihaluskan lagi. Untuk nempel harus pakai lem supaya bs menempel kuat ;).

  41. Hi.. .I live in India. Do you take workshops here. Is your book available in English?

  42. Sis,bisa bikin jam dinding Dari clay ga? Jade di Salem jam dinding nya ada Kepala2x org misal 12 org di setiap Anika jam nya?saya email sis blm deliverd. Saya butch Cepet.tq

    1. hai sori baru bisa balas… Aku udah balas emailnya barusan ya… Maaf sekali karena keterbatasan waktu dan tenaga, aku blm berani terima dahulu. Makasih 🙂

  43. Maksudnya di dalam jam nya ada clay kepala2x siswa Nya di setiap Angka jam Nya.tq

    1. oya, kalau misalnya butuh, aku akan kasih bbrp link teman nanti di email, bisa nanti emailku dibaca dahulu ya, makasih 🙂

    1. kl di ig coba aja search petra dewi handayani (piet’s art) :). Mau tanya tentang apa ya? 🙂

  44. cece gimana sih kalau kita mau kasih mata ke clay ? itu bisa pakai cat air atau apa ? terus kpn wktu nya ?
    mkasih cece

    1. tunggu clay kering dulu setelah itu baru coba dicat, bisa pakai cat air, cat poster, cat akrilik jg bisa :). Akrilik mgkn lbh ga gampang luntur :). Tengkiu

  45. halo ce.. bisa minta no HP nya ? mau tanya2 soal pemesanan clay ini,, thx for the attention

  46. Toko Bahan Clay di Surabay yg Profesional dimana ya? Yang Jual Material + Perlengkapannya. Butuh Profeisonal Karena Siapa tahu bisa sekalian minta tips di toko/belajar disana. Maklum masih baru mulai mainan clay. Trims 🙂

    1. Kl yg lengkap banget mgkn aku jg kurang tau, tp ada bbrp yg jual perlengkapan n buka kursus, salah satunya ada di PTC lt dasar namanya Plaza d’art. Cb aja berkunjung kesana. Tengkiu 🙂

  47. Kak mau nanya donk kalau mau bikin hiasa atau aksesoris bagusnya pakai apa ya?air dry clay atau pake polymer clay?

    Thank you
    Caroline

    1. Hai, untuk aksesoris pakai airdry or polymerclay semuanya bisa kok. Hanya saja kl airdry dipilih yang keras, saranku kl untuk yg fungsional jgn pakai yg lightweight krn takutnya lebih mudah patah. Kl lightweight bgs untuk hiasan2/ dekorasi. Kl polymerclay dia kelebihannya tahan air :). Tinggal disesuaikan aja dengan apa yg dibutuhkan ^_^. Semoga membantu yaa

  48. Selamat malam mb,
    Saya mau pesan karakter, bisa tanya2 lewat WA atau apa ya mb?
    Bisa minta nomor kontaknya?
    Trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *