DAS clay termasuk salah satu jenis clay yang kupakai di saat awal aku belajar mengenal clay. DAS ini adalah salah satu jenis merk paperclay yang sering kita temukan dan dijual d Indonesia. Merk lainnya yang kutau antara lain, seperti La Doll, paperclay lokal, dll. Tapi yang pernah kupakai dan kucoba adalah yang paperclay lokal dan DAS clay, jadi aku akan membahas yang aku tau yahh ^_^.

Foto ini adalah contoh kemasan DAS clay. Ada 2 macam warna yang tersedia: putih tepung, dan coklat tanah liat. Kalau di Surabaya, DAS ini beberapa kali kujumpai dijual d toko buku Gramedia, Toga Mas, Uranus (karena aku sering pergi k toko buku hahaha :D). Kalo secara on line, lebih banyak lagi tentunya yang menjual DAS clay ini. DAS ini adalah salah satu jenis clay yang sifatnya sangat liat dan keras menurutku. Jadi tekanan tangan tidak perlu terlalu hati-hati saat membentuk, karena dia tidak terlalu mudah berubah bentuknya saat dibuat. Untuk mengetahui sedikit lebih jelas, kita percobaan sekalian yah hehe… Aku akan buat bentuk yang sederhana dulu, jadi kita bisa sama2 belajar ^_^

 

Ambil sedikit clay dari kemasan. Lalu coba diuleni dengan tangan, bila terlalu keras bisa ditambahkan sedikit air pada clay. Karena kalau clay ini terlalu kering, bentuknya akan banyak crackingnya. Clay ini bisa berinteraksi dengan air, dan air memang salah satu bahan pelengkap yang penting dalam bermain dengan DAS clay. DAS ini juga meninggalkan residu/ sisa tepung di tangan (ini memang sudah menjadi sifat dari paperclay ya kayanya hahaha…jadi siap2 kotor ajah nih tangannya jika bermain dengan paperclay ;p). Kalau residu ditangan udah menumpuk teballll…sebaiknya cuci tangan dulu, baru kita mulai lagi bermain dengan clay ^_^.

Kemudian, coba buat bentuk yang dimau. Disini aku akan membuat bentuk hati yah (sekali lagi, jika clay terlalu liat, coba tambahkan sedikit air pada clay). Ahh yaa..jangan lupa menutup kemasan clay jika tidak dipakai, untuk menghindari clay cepat mengering. DAS ini jika sudah kering, hasilnya akan menjadi berat dan keras seperti batu. Jadi kalau sudah keras, sudah pasti tidak akan bisa dilunakkan kembali. *kembali ke percobaan* Jika bentuk yang diinginkan telah selesai dibuat, biarkan dan angin-anginkan sampai clay benar-benar kering dan menjadi keras. Lama pengeringan tergantung juga dari besar& tebal bidang clay. Semakin besar bidang yang dibuat, tentu saja keringnya akan semakin lama. Tapi rata-rata pengeringan membutuhkan waktu 2-3 hari untuk benar-benar kering sempurna. Permukaan DAS ini cenderung sulit rata/ halus dengan sempurna, selalu ada garis2 halus ketika clay ini mengering. Mungkin jenis paperclay lain ada yang lebih bisa menghasilkan bentuk halus.

Nah..untuk menghaluskan permukaan, aku terkadang menggunakan ampelas untuk mengikir bagian2 yang kasar. Serat-serat/ garis halusnya tetep agak terlihat sih…tapi setidaknya permukaannya jadi lebih halus setelah di ampelas.

Untuk pewarnaan kita bisa gunakan berbagai macam jenis cat seperti, cat poster, cat akrili, cat air, dll. Warnai permukaan sampai rata, biarkan cat kering. Setelah proses pengecatan selesai, kita bisa lapiskan vernish clear (jangan yang berwarna kuning) atau spray bening agar warna pada clay lebih awet dan tidak mudah luntur.

Setelah itu tambahkan hiasan2 yang dimau pada clay. Kalo yang ini, aku menggunakan amos clay untuk boneka kecilnya. Dan kutambahkan manik-manik kecil di sekeliling agar terlihat lebih indah. Setelah selesai, bisa tambahkan magnet agar hati ini bisa jadi hiasan kulkas. Atau kreasikan aja sesuai selera ^_^

Cobalah bereksplorasi dan mencoba-coba sendiri jika ingin mengenal clay ini lebih lagi. Karena pengalaman yang kita dapat dari mencoba sendiri akan terasa lebih nyata, dan kita akan memahami lebih lagi. Mungkin juga hasil percobaan yang anda dan saya lakukan hasilnya tidak sama….karena kitapun mempunyai teknik yang berbeda. Tapi disitulah letak seninya hahaha….perbedaan yang ada biar saling memperkaya yahh ^_^. Aku disini kan juga masih belajar. Proses belajar itu ga pernah berhenti. Dan disini aku hanya ingin membagikan sedikit pengalaman yang kudapat saat memakai clay ini. Sooo… have fun friends!!!

 

Ini kubuat tahun 2004, untuk souvenir marriedku hehe.. Bahannya dari DAS dan amos clay.

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

87 thoughts on “Mengenal jenis DAS clay

    1. hehehe…semoga bisa membantu yah mba sari :p. Ga salah kok mba kalo kotor, lah aku selama ini pake ya mesti tangane kotor kok hehe.. Kalo jenis clay lain lebih ga kotor emang tangan-e. Makae percobaan dengan clay ini sangat menyenangkan hahaha :D. Ya, kapan2 coba ya kubuatin lagi tentang coating ^_^.

      Okehh..aku meluncur k blog mba sari nih..

    1. Mungkin tidak bisa jadi halus sekali, tapi setidaknya kalau diampelas bisa mengurangi bagian2 yang kasar or tidak rata :). Makasih..

  1. saya pikir saya salah beli dan emang sempet kecewa karena beda sama clay lyra. tapi semenjak ke tongfang(lho?), setelah baca jadi tenang..hehe

    clay ini bisa jadi keras gitu ga??

    1. Maaf, sy kurang paham maksudnya tongfang??
      Lyra sy belum pernah mencoba, kalau clay DAS setelah kering dia akan menjadi keras dan berat.

  2. nanya mbak…klo clay yg harus digunakan buat bikin action figure biar bisa di bentuk detailnya itu merk clay nya apa ya mbak?
    nuwun…

    1. kebanyakan clay bisa dibuat detil sih kalau mau. Tinggal pilih karakter yang cocok aja ditangan, kalau aku suka yang tidak terlalu keras, tp ada juga yang suka lebih keras karena lebih mudah dibentuk dan tdk gampang peyot jika tertekan. Ada yang pakai polymer sculpey, ada yg pakai fimo, ada yg pakai air dry soft clay, dll. kalau aku lbh bnyk pakai amos clay. Kalau memang baru mau belajar, coba dulu aja dr clay yang murah untuk latihan, tp kalo udah pernah main clay, tinggal dieksplor aja macam2 clay yg ada dan mulai dicoba membentuk.

  3. mbak, boleh nanya nggak? beli clay online dimana sih, soalnya di gramedia daerah ku kurang lengkap (seperti amos dan das terutama yang warna putih) terima kasih. ๐Ÿ™‚

    1. Coba aja di fb feltnclay, dia ada jual lumayan lengkap untuk warna2 clay amosnya :).

    1. AKu ga pernah keliling semua gramed di indo untuk mengecek ketersediaan bahan tersebut sih yaaa… Cm setahuku di sby, jkt, smg itu ada dijual, dan biasanya gramed akan stok ke seluruh cabang kecuali mgkn tdk laku aku jg tdk tahu. Cb aja telpon ke gramednya aja biar lebih jelas, aku bkn org gramed soalnya :). Thx.

  4. ka petra, aku juga udah setahun belakangan ini jualan clay. aku pengen cerita2 dan tuker pikiran ttg clay sama kaka. boleh kan? tapi supaya gampang aku boleh minta pin kaka ga?
    makasih sblmnya ka.

  5. oh iya, aku juga udah beli buku kaka lho. sebenernya udah lama pengen hub kaka, tapi baru sempet skrg

  6. mba, aku kan masih pemula nih.. baru mau nyoba2 bikin boneka clay pake yg merk DAS. terus kan mba bilang kalo yg merk DAS dwarnainnya pas clay udah kering kan yah, ngga bs pas diuleni kan? kalo misalny mau ngewarnain bagian2 yg detail kayak mata, rambut gt gimana caranya? langsung dcat gitu aja?
    makasih sebelumnya mba ๐Ÿ˜€

    1. Ya… setelah clay kering, tinggal dicat aja. Kalau mau meratakan/menghaluskan permukaannya, mgkn bs menggunakan amplas dulu sebelum dicat. Setelah bentuk claynya ok semua, baru kemudian diwarnai dengan cat :).

  7. Kalo clay ฦ”ยชล‹G tanpa residu dan kering permanen serta halus itu merek AฬˆฬคฬŠฬฅPยช yag bos….?

    1. Kalo yg tanpa residu (tdk kotor), bs coba soft clay spt grace, or clay tepung yg udah jadi, bisa juga pakai light weight spt amos i-clay, jumping clay. Or jenis2 polymerclay spt sculpey dll :).

  8. Hai mbak, salam kenal dari yogya. kemarin saya ke toko buku dan tertarik membeli buku mbak soal pembuatan boneka. disana saya baca ada cetakan khusus untuk membantu membuat boneka 3D. saya ingin tanya dimana saya bisa dapat beli cetakan-cetakan tersebut. sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak.

    1. Bisa dipesan di aku mba, nanti aku kirimkan :). Keterangan lebih lanjut aku emailkan ya..makasii…

  9. haloo, salam kenal. saya baru aja beli das clay ini,,, karena saya baru belajar bikin clay action figur jadi masih newbie xD.
    Setelah saya gunakan memang benar meninggalkan bekas tepung di tangan,,, & ketika mengeras menjadi sangat keras seperti gips. Pertanyaaan saya cocokkah das clay ini dibentuk action figur? & clay jenis, merek apa yang bagus?
    Terima kasih atas jawabannya (^.*)

    1. Membuat action figure dengan DAS bisa juga kok, banyak sculptor yg juga menggunakan DAS untuk membuat figure2 :). Tapi kalau untukku, DAS sedikit terlalu liat hehe…so aku pilih yg cocok aja dengan tanganku. Untuk jenis clay, tergantung kebutuhan juga sih..krn masing2 org mgkn lbh cocok dengan jenis clay tertentu. Kalau aku pribadi lebih memilih yg air dry clay. Ada jg sculptor yg menggunakan clay yg dibake spt sculpey dll. Kalau mau kuat, pakai aja clay yg hasilnya keras ๐Ÿ™‚

  10. mau tanyaa karena masih belajar ๐Ÿ™‚ merek air dry clay apa aja yang ada di pasaran ? Trus perbedaannya sama polymer clay ?

    1. hasilnya keras, gampang rusak or ga tergantung aja dr perawatan dan penanganannya.

  11. Halo mbak petra saya sempet beli buki mbak dan coba2 seru juga ya. Saya mau tanya ada gak jenis clay yang tahan air, jadi bisa jadi hiasan dalam aquarium?

    1. hai salam kenal ๐Ÿ™‚
      Hehe..bermain dengan clay emang menyenangkan ^_^.
      Wah,kl clay yg untuk direndam dlm air aku ga berani rekomen mas krn aku sendiri ga pernah mencoba. Coba aja kalau mau tau jenis2 clay, bisa ditanyakan di ol shop yg menjual berbagai macam jenis clay impor mas, siapa tau mereka mgkn bs rekomen clay mana yg cocok u hiasan aquarium. Macam clay ada banyak sekali soalnya, dan tdk semua pernah kucoba :).

  12. cie aku mau dong di emailkan cetakan2 yg cc punya bserta harganya.
    Lalu kalo cetakan yg resin kok sulit bgt untuk ambil claynya dr cetakan yah cie?
    Jd lebih mudah kalo pakai cetakan yg kyk bahan karet gitu.

    Okay cie please di balas yahh
    Thx

    1. Untuk cetakan2 coba feling liat aja di fb feltnclay craft, dia jual cetakan lebih macam2 :). Aku cm sedia cetakan wajah aja hehe… Kalau resin emang sifatnya kan kaku, jd memang lebih sulit daripd rubber yg bs ditekuk2. Krn itu biasanya cetakan rubber hrgnya cukup mahal :).

  13. Thank u cie untuk balasannya.
    Btw bgm sih cc bagi waktunya,pdhal anaknya 2.
    Aku mau buat clay sulit bgt bagi wktnya,kdg udah repot urus baby.
    Kdg mau buat,tp badan ama mata gk bs diajak kompromi hehehehee…:-)

    1. hehe…aku biasa kerjain clay kalo anak2 udah bobo :p. Emang repot kalo anak2 masih kecil, aku sendiri jg kadang kecapean wkwk, tp kalo udah diniatin mau ga mau ya harus dijalani :D, soale tanggung jawabku di clay jg banyak sih, jadi ya begitulah, kalau seisi rumah dah bobo, aku lanjut nge-clay ^_^

  14. Salutt nihh,thumbs up cie
    Pst capeknya minta ampunn ๐Ÿ™‚

    Ohh yah btw pin bb nya felt n clay rekomendasi cc kok udah gk aktif.
    Aku mau beli amosi clay,tp td aku add bb nya di decline ๐Ÿ™
    kalo ama toko buku beda jauh kah harganya cie utk amosi nya?

    1. wah wah, kalo bb aku kurang tau jg, cb aja di FB dia, aku lbh sering main di FB soale hehe :p.
      Cb aja ditanyain lgs ke dia, aku kurang tau dia jualnya berapa soalnya, tp mestinya ga beda jauh sih ma di toko buku ๐Ÿ™‚

  15. Mbak nanya dong saya baru nih ttg clay. Kmaren kan saya beli DAS clay yg kaya di postingannya mbak itu di toko buku, tapi kan gaada warnanya. Kalo mau dikasih warna bagusnya pake cat apa? Terus dicatnya itu stelah kering atau pas masih dibentuk/ dalam proses? Mksih

    1. DAS paperclay dicat setelah clay kering kalau mau hasil cat yg terang dan jelas. Kalau cat, bs pakai cat akrilik or cat poster. Thx

      1. Kulit boneka anime. Apa itu light weight ? Di mana bisa beli bahan buat kulit boneka ?

        1. light weight itu clay yg ringan. Warna kulit itu hasil dari campuran/ bisa jg dicat. Thx

          1. Gini…kalau aku sih DAS kugunakan hanya untuk tatakan/bentuk2 dasar, itu ada contohnya kan di tulisan yg kubuat. Krn menurutku DAS terlalu liat untuk tanganku. Aku lbh suka clay yg mudah dibentuk dan tidak terlalu liat. Tp ada juga temanku yg membikin figure2 dengan menggunakan DAS dan dia suka menggunakan DAS, tidak masalah krn bagi dia mgkn ke’liat’an DAS lbh cocok. Jadi, jika kamu ingin menggunakan DAS untuk membuat figure/bentuk2 lain itu jg tdk masalah. DAS bs dibuat untuk macam2 kok, silahkan dicoba aja.

  16. makasi ya piets art webnya bagus banget n ngebantu banget buat belajar tentang clay ๐Ÿ™‚
    aku mau tanya, clay das ini bisa dicampur air ga ya?
    trus untuk ngebuat supaya clay ini lebih lembek gimana caranya ya?
    makasi

    1. Makasi sebelumnya yaa ๐Ÿ™‚
      Clay DAS bisa dicampur air, untuk melembekkan bisa campurkan air dikit2 pada adonan DASnya. Tp memang karakternya agak liat, jd mgkn tetap butuh sedikit tenaga tambahan wkt menguleni ๐Ÿ™‚

  17. kalo proses pewarnaannya itu di lakukan pas claynya udah kering, atau belum ??
    mohon petunjuknya. ๐Ÿ™‚
    thx

    1. tergantung jenis claynya. kl yg DAS paperclay itu biasanya pewarnaan stlh clay kering baru diwarna, jika ingin hasil wrn yg terang. krn kl dicampur saat msh basah biasanya wrnya jadi agak pucat.
      kalau clay jenis lain spt misalnya clay tepung, amos dll lbh baik dicampur wrn dulu ketika diuleni. Tp jika seandainya ada wrn yg tdk rata, bisa aja sih kalau mau ditambahkan cat sesudahnya, disesuaikan aja dengan kebutuhan :).

      1. Mbak, clay days INI boleh dioven gak spy cpt kerning?Pada suhu brapa? Trimakasih.

        1. sebaiknya jangan dioven, karena DAS itu jenis clay airdry. Mungkin lebih mending di hair dryer ya… karena kalau dioven malah takutnya rusak. Aku sendiri ga pernah mencoba mengoven clay yg airdry :). Makasih ^_^

    1. kalau mencampur warna lgs di DAS paperclay wkt menguleni, bisa aja sih.. tp wrn yg terjadi akan cenderung menjadi muda, tdk bisa menjadi gelap :). Krn itu clayer yg menggunakan DAS paperclay kebanyakan menambahkan warna setelah clay kering alias dicat setelahnya :).

  18. Mbakkk… Pengen bgt belajar bikin clay. Btw klo mo beli bahan clay selain d gramed / toko buku bisa dibeli di toko apa ya?

  19. Shallom mba. . makasih tutornya bagus2 ๐Ÿ™‚ kalau clay DAS kan keras, nah kalau clay yang hasilnya setelah kering mirip karet itu clay jenis apa? yg dipasaran apa aja namanya? dan clay2 mirip karet itu apakah air dry semua? trims :))

    1. hai ^_^. Kalau yg ringan dan spt gabus itu jenis light weight, tp kalau spt karet yg bs melar aku jg kurang tau, krn kalau light weight ini pun hasilnya setelah kering tdk bs diolor spt karet. Hanya saja memang sifatnya agak lentur2 kaya gabus/foam gitu ๐Ÿ™‚

  20. ooohhh ternyata memang harus menggunakan air ya.
    pertama kali main clay saya sempat kesal karna DAS clay susah sekali dibentuk. iseng iseng saya cemplungin ke air. agak kesal juga sih karna jadi nempel kerak kerak gitu ditangan. hehe
    pewarnaan untuk DAS clay apa harus setelah clay nya kering ya mbak? saya mencoba mewarnainya menggunakan acrilic tapi warnanya tidak memuaskan. Karna DAS clay asalnya warnanya abu-abu bukan putih.
    AMOS clay itu belinya dimana ya mbak?

    1. Kalau DAS sifat dasarnya memang meninggalkan residu gitu di tangan, jd memang agak bikin kotor krn dia jenis paperclay ^_^. Pewarnaan DAS agar maksimal mending diwarna stlh dicat, kl dicampur saat menguleni wrn hanya bs menjadi wrn pastel, tdk bs kuat warnanya.
      Amos ada d gramed :).

    1. di gramed setahuku ada amos, lyra n das. Tp cb aja dicek di gramed tempat masing2, krn aku ga tau d tiap kota stoknya sama or ga ๐Ÿ™‚

  21. Mbak petraaa bagus banget tutorialnya. .jdi pengen bikin clay lagi ๐Ÿ˜€
    Dlu saya uda pernah coba2 pake clay dri tepung mbak. .skrg pengen coba pake clay yg d jual d pasaran gitu buat bikin clay doll gituu. .hehe tpi masih bingung bagusan pake clay yg mana. .krna harga lumayan mahal jdi mending cari2 info k yg lebih berpengalaman dlu. .hihi
    Bagusan mana y mbak polymer clay ato air dry clay untuk buat figure 3D?
    Trus buat bikin mata itu pake tinta apa y mbak petra?
    Oiyaaa mbak petra jual cetakan wajah y? Bisa liat hasil wajahnya yg seperti apa mbak?
    Makasih banyak mbak petra ๐Ÿ˜€

    1. hehe..ayo bikin2 clay lagi :). Polymerclay dan airdry itu beda jenis sih ya, yg polymer harus dioven kl air dry tinggal diangin2 untuk pengeringan. Masing2 punya kelebihan masing2. Aku pakai keduanya, tergantung kebutuhan jga :). Aku kalau bikin mata biasanya pakai cat dan kuas. kl mau pen, cb cari aja yg cukup tahan air. Tp khusus untuk amos, sepertinya susah pakai pen.
      Cetakan wajah sementara kosong nih, maaf…

    1. mgkn awal agustus bs cb ingatkan aku lagi ya mba, soalnya bnyk yg pesan aku jg lupa siapa aja. Tp kuusahakan awal agustus udah datang *meskipun blm berani janji* ๐Ÿ™‚

  22. Halo Kak, salam kenal..
    Aku mau nanya, apa Kakak pernah iritasi (gatal2) setelah main Das Modeling??
    Soalnya aku habis main Das, malemnya jari2ku iritasi gatal2 hampir seminggu.. Mohon informasinya..
    Trims Kak

    1. halo :). Wah kalau iritasi atau gatal2 aku ga pernah mengalami selama ini.. Dan emang blm pernah ada yg cerita kl tangannya jd gatal2 setelah pakai DAS ataupun clay yg lain sih… Sori ga bs membantu juga.. Henry ada alergi sesuatu gt kah? siapa tau ada pemicu lain, semisal debu or yg lain2?

      1. Harusnya nda ada alergi Kak.. Aku main DAS udah hampir setahun.. Tp gatal2 baru akhir2 ini Kak.. Bingung jg mau konsul ke sapa.. Hehehe
        Trims ya Kak

        1. iya, sori aku ga pernah mengalami juga soalnya. Selama ini pakai clay macam2 aku ga pernah iritasi kulit sih… cb diperiksakan aja ke dokter, semoga cpt sembuh ya ๐Ÿ™‚

          1. Iyaa, nda pp.. Aku jg heran Kak.. Hehehe
            Ok Kak, trims yaa ๐Ÿ˜€

  23. Mba mau nanya, saya kan lg bljar bikin clay yg bahannya sya buat dr tepung. Nah pas proses pembuatan wrna clay nya bagus , eh pas dikeringkan kenapa wrnanya jd gelap gt mba? Ap mba petra pernah mengalami ini?

    1. hai mba :). Iya kadang clay tepung warnanya bs jd lebih gelap kl udah kering, jadi wkt menguleni mgkn warnanya jgn dibuat terlalu gelap dulu :). Biasanya tapi perubahan warna ga sampai terlalu drastis sih yg kualami.

  24. Hai mba salam kenal, saya dari kaltim
    Senang baca tutor nya, n liat reply koment ramah banget penjelasan nya. Btw mba punya gambar hasil pembuatan action figure ga? Kalo ada bisa email dong, sekalian jelasin clay apa aja yang di pake sm cat nya merk apa?
    Maaf ya mba, permintaan yang merepotkan hehehe

    1. Salam kenal ya :). Kalau action figure yg bisa bergerak sementara ini aku blm bikin, aku bikin yg untuk pajangan biasa aja :). Kalau jenis2 clay yg pernah kupakai aku pernah buat tulisannya, cb aja dibaca2 di kategori: belajar mengenal clay, ada bbrp clay yg kutulis ulasannya. Cat yg kupakai biasanya cat poster/ cat akrilik, sakura/ meries jg bisa :). Makasih

  25. salam kenal,

    tutorialnya menarik, kalau bisa ditambahin lagi sih mengenai tutorialnya
    btw mengenai DAS clay ini nanya dong, saya mao coba buat snowman, cukup 2 bagian sih kepala sama badan dulu, cuman koq pas saya mao tempelin kepala ke badan susah bahkan tidak mau nempel2…. saya coba pakai tusuk gigi buat menyatukan malah retak2…

    1. DAS yang paperclay memang sifatnya tidak lengket, jd kl mau menempel bs dengan air/ lem. Kalau mau dikasih tusuk gigi bisa, tp sebaiknya sewaktu clay masih basah dan belum mengering :). Tengkiu

  26. haloo salam kenal^^ saya ingin membuat miniatur makanan dari das clay. kira2 supaya das claynya ga cepat kering wktu bikin miniaturnya, harus dikasih apa ya das claynya? oh iya, kira2 cat jenis apa yg sebaiknya digunakan untuk mewarnai das clay? terima kasih ๐Ÿ™‚

    1. hai salam kenal :). Kl das mgkn bs dikasih air spy lebih ga cepat kering ya, tp emang das dasarnya airdry jd pengerjaan kl kena udara memang akan membuat clay kering, jd mgkn pengerjaannya kudu agak cepat :p. Kl mau yg ga cepat kering pakai polymerclay, pengerasan hrs dibake. Kl cat bs cat akrilik aja :). Tq

      1. maaf baru bales, makasih banyak buat tipsnya ๐Ÿ™‚ oh iya kak, mau nanya lagi nih…kira2 buat ngasih warna pada liquid clay sebaiknya dicampur menggunakan pastel atau clay yang berwarna?

        1. kl liquid clay aku blm jarang campur warna, jd blm bs komen, monggo dicoba aja eksperimen sendiri ๐Ÿ™‚

  27. halo kak, aku mau bikin charm untuk gelang, bagusan pakai das atau amos ya? soalnya aku baca di fb feltnclay hasil amos ringan dan tidak keras (tidak keras itu maksudnya bisa berubah bentuk lagi setelah kering apa gmn ya kak?). terus kalo tanpa finishing apa bikin jamuran mba? soalnya aku kurang suka hasil yg glossy, jadi pengen yang ngedop gitu hasilnya hehe atau mungkin ada rekomendasi bahan utk finishing yg hasilnya ngedop kak. makasiiiii

    1. Yup, amos hasilnya ringan, bagus untuk hiasan2 dekorasi dan topper cake gt sih. Kl untuk gantungan2 aku lbh suka pakai yg keras, tp memang semua itu balik ke yang pakai ya. Kl bisa hati2 sih gpp, cuma kl sering ketarik, clay keras lbh aman krn takutnya kl amos bs ketarik lepas. Keras itu beda dengan kering ya :). Amos tdk bs keras spt DAS krn beda sifatnya, amos kerasnya spt gabus jd agak empuk2 gt walaupun sudah kering. Yg pasti sih setelah kering sama2 ga akan berubah bentuk :).

  28. Bagaimana perawatan hsl kreasi dari clay? Apakah tahan air? Maksudnya bisa dicuci dg air & sabun, disikat sela sela yg kotornya?

    1. Tergantung dari jenis claynya :). Kalau airdry sebaiknya jangan terendam air kelamaan karena bisa rusak. Kalau jenis polymerclay, dia tahan air jadi bisa dicuci, meskipun tetap harus hati2 karena clay handmade beda dengan buatan pabrik ๐Ÿ™‚

  29. bagus mana antara das clay warna putih & coklat ,dari segi membentukan & ketahan lamaan ny .?
    trimakasih

    1. Kalau jenisnya sama, kualitasnya mestinya sama meskipun beda warna. DAS yang paperclay itu warna terakota dan putih sama aja kualitasnya, hanya beda warna tergantung kebutuhan aja warna apa yang dibutuhkan. Makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *