Day 7, playing snow in Takino Suzuran

Hari ini adalah hari mainan saljuuuu…hari yang ditunggu anak2 nih hihihi…. Kami janjian sekitar jm 8.00 kumpul di lobi, check out dan start berangkat. Supaya tidak ketinggalan bis lagi jadi jadi kesiangan sampai Takino nya. Kami harus ke Makomanai Station dulu, baru naik bus menuju Takino Suzuran. Takino Suzuran sendiri jam 15.00 sudah tutup, jadi sekitar jm 14.00 kami harus sudah siap2 untuk mengembalika jaket2 pinjaman dan pulang. So kalo bisa datang ke Takino jangan kesiangan. Kami sampai di Makomanai pas kok jam nya, bus pertama masih belum berangkat.

IMG_20171228_092256lSekitar jm 9.20 kami sudah sampai di Takino Suzuran, tuh bagus yaa pemandanganya. Ini sepertinya tempat latihan ski. Luas sekali tempatnya. Pikirku kali ini pingin nyobain main skinya hihi tapi ternyata ga kesampaian lagi wkwk.. gpp lah yang penting seneng2 main salju dan foto2 bersama.

IMG_20171228_102122lBegitu sampai, kami langsung menuju tempat peminjaman jaket dan boots. Jaketnya hangat, dan gratis untuk orang dewasa. Kl untuk anak2 bayar, tapi ga terlalu mahal kok. Kalo mau pakai sarung tangan harus pinjam lagi, sepaket dengan topi dan kacamata ski nya. Kalo Re dan Ken kupinjamkan jaketnya aja, sarung tangan mereka udah waterproof soalnya. Pertamanya untuk jaket nya aku males pinjem, karena modelnya kurang cantik wkwkwk… kalo mau foto2 pengalaman tahun lalu hasilnya kurang bagus, karena jaket dan celananya kan besar, jadi kedodoran keliatannya. Kali ini karena Be kedinginan, dia mau pinjam aja, ya udah pikirku semua pinjam deh, termasuk Yen wkwk, jadi kami sama2 lah. Yang dipake jaketnya aja, celananya ga kami pakai. Iya ternyata kalo celana tebalnya ga dipake lumayan juga wkwk..

1515217632450lFoto bersama dulu yaaa….

IMG_20171228_104210lSetelah semua pakai jaket, kami langsung menuju slope salju tempat meluncur dengan ban. Kita bisa meluncur sepuasnya asik kan hihi.. Tapi tahun ini ternyata slopenya tidak setinggi tahun lalu, jadi kami harus menarik sendiri ban sampai di atas, fiuuhhh lumayan capek juga. Dulu soalnya kami ditarik ma mesin, jadi ga perlu angkut2 ban sendiri wkwk… Tapi memang slopenya licin, jadi enak untuk seluncuran. Semua pada nyobain naik hihihi :D. Anak2 tuhhhh… naik bolak balik kok ya ga cape toh, ken lho sampai 10x udah naik dengan nggeret ban sendiri… Ajubile deh itu tenaga dari mana wkwk, pada semangat semua. Girls agak cape kl narik, tapi mereka ya tetep mainan tuh :D. Setelah puas (emm ya mestinya tidak ada kata puas kayanya kalo untuk anak2 wkwk), alias mengistirahatkan anak2 biar ga cape narik slope terus, kami pindah posisi. Mencari tempat untuk foto2 juga untuk mainan. Awalnya mau coba ski tapi ga jadi, so ya kita bnyk foto2 sementara anak2 pada kumpul2 bikin snowman :D.

20171228_110017lMommies poto2 dulu yak hihi…

DSC_0305lSee… they were sooo happyyy… Playing with the snow gave a lot of fun for them. Parents stayed inside the shop and eating while kiddos were never enough playing outside :D.

Akhirnya karena udah siang dan anak2 ga selesai2 mainan, kami panggil untuk mereka mulai makan. Wkwk ituu tuhh sarung tangan ken sampai basahhh. Antara pingin ngomel juga tapi ngeliat mereka seneng jadi ga tega marah sebenernya. Aku tuh cuma kuatir anak2 kedinginan dan masuk angin, dah cuma itu doang. Kalo ga sakit mah ga masalah, karena perjalanan kan masih panjang ya. Akhirnya Ken kukasih sarung tangan punya papanya yang ga kepake. Sarung tangan Re aman ga basah, dan dia ga mau pakai yang wool, jadi yang wool kupinjamkan Ken dulu. Kalo ditanyain tuh, anak2 pada ga puas mainannya, mau main terussss hihihi… Itulah kenapa aku tahun ini balik Jpn, mbelani anak2 biar mainan salju lagi sebelum jaketnya pada kekecilan wkwk.. Setelah makan siang selesai, kami segera ganti baju dan menuju bus. Kami dapat bus pertama, jadi tidak terlalu sesak sekali. Setelah itu kami langsung menuju hotel Mystays Sapporo untuk ambil koper2 dan pindah menuju APA Susukino Ekinishi. Klg Jn nginap di tempat lain, kami mencar hotel.

IMG_20171228_171530lSekitar pukul 17.00 kurang lebih, kami sampai di APA Susukino Ekinishi hotel, asik disebelah hotel ada 7eleven wkwk, gampang kl mau beli makanan. Kami check in dan masukin koper2 dulu. Kamarnya bagusssss, ala Jepang bangetttt sukaaa. Kasurnya empuk, apalagi selimutnyaaaa, soft dan hangat, nyaman sekali pokoknya deh.

IMG_20171228_215642lUkuran ruangan juga cukup luas, di sisi dalam itu seperti ada tempat minum2 santai, ada pula tempat riasnya. Jadi bisa untuk duduk2 santai sambil ngobrol.

IMG_20171228_211323lIni di atas kimono/ baju tidur juga terdapat origami burung2 lucu hihihi… wah keren deh pokoknya. Di salah satu lemari juga masih ada kasur lipat tambahan dan bantal2 tambahan. Inget kan itu kalo misalnya di komik2/ kartun jepang kadang ada kasur lipat yang ditaruh di dalam lemari, nah ini persis gitu deh,kalo mau tidur di dalam lemarinya kayanya bisa wkwk, luas ukuran lemarinya, bertingkat gitu, sayang lupa foto bagian yang satu itu.

IMG_1405lKamar mandinya juga tipe jepang banget. Ada tempat berendam dan ada tempat gebyuran kalo bahasa jawanya. Apa itu ya, siram2 lah kalo bahasa Indonesianya, tapi siram2nya pakai baksom wkwk. Ada shower sih yg bisa dipakai, ada busa penggosok punggung. Ken malah pakai untuk mainan wkwk… Shampo, conditioner dan sabunnya pakai Shiseido lhooo, wah keren lah pokoknya. Setelah sebentar foto2 kami turun kebawah, karena janjian mau makan malam bersama. Jn mengajak ke Sushi Zanmai.

IMG_20171228_173452lPemandangan kota waktu malam pk 17.30, cantik ya. Jalanan diselimuti salju tipis. Disini kalau udah pukul 17.00 udah gelap. Matahari terbenamnya cepat.

IMG_0941lSekitar jam 18.00 kami makan di Sushi Zanmai, kami sampai duluan ternyata. Makanannya yah tipe sushi2 begitu deh. Ada yg biasa, ada yg cukup enak. Kami ga foto yang porsi besarnya wkwk, udah deh saking udah lapar ya terpaksa kami santap duluan :D.

IMG_20171228_181239lPiring untuk anak kecilnya lucu, ada gambar2nya hihi..

Setelah makan, cewek2 mau jalan ke Tanuki Koji nih, mau shopping dan liat2. Be juga masih mau cari boots soalnya. Tj dan Sjt masih menyelesaikan makan, so kami yang udah selesai berangkat dulu ke Tanuki Koji. Aku dan Yen misah ke Don Quijote, Jn n Be nyari boots di Pole Town. Kemarin Be ga nemu karena toko udah pada tutup. Setelahnya kami pada balik ke hotel masing2. Tomorrow rencana go to Asahiyama Zoo di Asahikawa yeayyy, yang aku nantikan tiba akhirnya hihi… Mari istirahat dulu untuk charge tenaga lagi :D.

Day 8, go to Asahiyama Zoo

Asahiyama Zoo di Asahikawa adalah salah satu wishlistku pergi kali ini. Tahun lalu ga sempat kesana, tahun ini kudu disempetin liat kesana deh. Apalagi JR pass kita juga udah aktif :). Untuk ke Asahikawa kami harus naik kereta dulu, untung reserved seat jadi kami pasti dapat tempat duduk hihi…

IMG_20171229_094011lKami sampai di Asahikawa sekitar pk 09.40. Waaahhh kotanya bener2 putihhhh, salju lebih banyak drpd di Sapporo dan hawanya pasti lebih dingin. Sayang aku lupa mencatat suhunya, tapi seingatku antara -6 drjt kalau ga salah ingat. Kristal saljunya lebih besar2 hihi asikkk sukaaa… :D. Nah kami masih harus naik bus dulu untuk ke Asahiyama zoo, mari antriii..

IMG_20171229_093807lSampai mau foto tapi ga dapat bagian belakangnya, keliatan putih semua wkwkwk..

IMG_20171229_103833lSekitar pk 10.30 ampai juga akhirnya di Asahiyama Zoo… Menurut temanku jm 11.00 ada parade pinguin, jangan sampai kelewatan. So setelah sampai kami segera menuju tempat parade pinguinnya. Wuihhhh orang antrinya panjangggg…

IMG_20171229_111727lIni ujung sebelah kirinya sampai ga terlihat saking jauhnya wkwk. Parade pinguin ini menjadi salah satu yang ditunggu2 dan paling menarik.

IMG_20171229_112551lYippiiiyyyy akhirnya dapat lihat juga pinguin2 lucu yang lagi jalan2. Ada yg show off nih, hihi dia meluncur dan orang2 bersorak2 kesenengan :D. Sooo cute deh… Tapi ya memang tidak lama, begitu pinguin lewat, kami langsung menuju tempat lain untuk lihat2 binatang2nya. Banyak binatang musim dingin yang ga bisa dijumpai di Indo.

IMG_20171229_114338lAda kambing gunung nih. Aku cuma penasaran itu sama matanya. Bolak balik kulihatin terus, soalnya warna matanya itu putih kuning bulat, dan tengahnya hanya ada garis hitam sleret itu, kelihatan kah? aku mencari bola matanya kok ga kelihatan, mestinya kan bulat hitam yah? Apa mungkin kambing ini lagi tidur, tapi kok dia mengunyah makanan…entahlah bingung juga aku :p.

 

IMG_20171229_121801lIni juga ada racoon lhooo… Aku ga pernah liat racoon secara real, pernahnya liat di kartun doang wkwk… Ada juga winter fox, guinea pig, owlie dan eagle. Wah macam2 deh.

 

IMG_0990lHihihi senengggg banget deh aku bisa masuk zoo disini. Menurutku cukup bagus sih, kalo suka liat2 hewan yang unik2 bisa dijumpai disini. Beda banget lah dari zoo yang di Sgpr dan Indo, secara kalo di Sgp dan Indo hewannya sama2 hewan tropis kebanyakan.

 

IMG_1010lOya ini salah satu yang mungkin perlu dilihat juga, kandang simpanse. Pertamanya aku malas masuk karena kupikir biasalah monyet2 begitu. Ehhh tapi ternyata simpanse yang ini aktif2 dan lucu2 tingkah polahnya wkwk.. Anak2 sampe kesenengan ngeliat dan ga mau pergi2. Soalnya simpansenya naik2, manjat2, kadang juga cium2 kaca dekat orang2 gitu, jadi mereka tidak hanya diam. Aku sempat kaget karena ada simpanse yang bergelantungan dan dia membentur or sengaja nabrakin kaca tepat di dekatku. Sampai jantungan aku wkwkwk…

IMG_0999lKami jg sempatkan foto2 dengan suasana sekitar. Itu dari kandang ke kandang kan lewat jalan setapak, cantik2 pohonnya dengan salju2 bertengger diatas dedaunannya. Maklum pemandangan ini jarang kuliat, jadi berasa indah, meskipun ranting dimana2 juga gersang cuma ada salju doang wkwk..

IMG_1035lKarena udah jam makan siang, kami mampir makan dulu di restonya. Makan rasanya enakkk sekali. Setelah berjalan disalju dingin2, tentu aja menyantap makanan hangat terasa sangat nikmat. Miso soupnya juga gratis kami boleh tambah sesukanya. Sewaktu kami makan, hujan salju sempat turun agak deras. Tapi ketika kami akan jalan, saljunya uda mulai mereda. Kami sempatkan foto sebentar di sini, mumpung dekat resto wkwk.

 

IMG_1114lKandang polar bear adalah salah satu yang harus dikunjungin. Aku udah pingin liat polar bear dari awal kesini. Polar bearnya ternyata ada 2 kayanya. Di taruh disisi yang bersebrangan. Menurut informasi, bulu2 polar bear ini mestinya transparan or translucent gitu deh. Ada info2 menarik ttg polar bear ini, tapi lupa deh, hihi maklum otak ga mau kerja sama menghapalkan nih XD.
IMG_1121l IMG_20171229_152150lViewnya bagus ya… Aku kok bolak balik terpesona ma pemandangan musim dingin ini wkwk, jangan bosen kalo aku sering bilang cantik yak hahaha, karena memang suka sihhhh 😀

 

IMG_20171229_153223lSekitar pk 15.30 kami bersiap untuk kembali pulang, ngejar bus dan kereta. Di pintu pulang, terakhir kali kami bertemu dengan para pinguin lucu ini… Duhhh ituuu ada anak2 pinguin yang lucu2, mereka mainan dan godain yg besar kayanya, jadinya itu dikejar ma mama pinguin wkwkwk… Sempat ada yg gelut guyonan gitu, yg anak pingu nya lucuuuu…. Hiks, bye pingu… seneng deh bisa ke zoo ini. Kami naik bus kembali ke Asahikawa, perjalanan sekitar 45mnt. Aku agak lupa hari ini makan malamnya dimana, sepertinya sih di mall Asahikawa. Ga ada foto makanannya soalnya wkwk… Kemudian naik JR lagi reserved seat sekitar 1.5jam sampai Sapporo. Hari ini aku mulai agak batuk dan pusing, agak ketularan Sjt nih, ditambah mgkn hawa dingin dan kurang tidur jadi agak drop. Malamnya ga bs bnyk beberes, langsung tidur aku. Sjt membantuku mencuci di laundry, thx hubby ^_^. Hari ini aku bobo nyenyak. Besok bangun rencana keliling kota Sapporo, dimulai dari makan di Nijo Market.

 

Day 9, go around the town

Hari ini kami berangkat agak siangan, sekitar jam 9.15. Kami berangkat dari hotel ke Nijo Market, mau makan sushi segarrrr hihihi… Jadwal hari ini adalah keliling2 kota Sapporo. Untuk ke Nijo Market kami melewati Tanuki Koji dahulu. Jalannnn sampai Tanuki koji 1, dan Nijo market ada di seberangnya.

IMG_20171230_095414lAkhirnya sampai di Nijo Market hampir jam 10.00. Re dan Ken udah sempat nyemil di hotel sih, tapi ya belum makan banyak. Ini kami lihat kanan kiri kepiting besar2, king crab namanya, kami sempat dapat tester…wuiikkk uenakkk, meskipun sedikit tapi mak nyos rasaya. Itu tuh, mulutnya Ken keliatan masih ngemut kepiting tester wkwkwk….

IMG_20171230_100106lKami juga sempat beli melon dan strawberi. Aku beli melonnya, kurang suka strawberi soalnya. Hmmm…melonnya muanissss, enakkkk. Kata temanku strawberinya juga enak besar2 menggiurkan ya warnanya.

 

IMG_20171230_102353lOhiso ini adalah tempat makan yang ruameee banget, entah kenapa, mgkn krn makanannya enak. Tahun lalu kami mencoba kesini tapi harus antri lamaaaa, karena keburu lapar kami tahun lalu ga mencoba kesini. Tapi kali ini bersama temen2 mereka mau mbelani nunggu, ya udah akhirnya kami ambil antrian dulu. Dan kami dapat jam 10.50 kalau ga salah, wkwk kadang lupa juga jam2nya :p. Intinya kalau mau isi perut kami harus kelililng nyemil dulu. Keluarga Tj dan Jn sepertinya sudah nyemil agak sedikit berat di resto bagian belakang. Kami waktu itu mencar.

IMG_1147lAkhirnya karena masih menunggu jam, kami beli bakpao. Kebetulan tempatnya dekat. Wahhh bakpao seafood enak ternyata, anget2 dan seafoodnya mantappp.. Begitu mendekati waktu antrian, kami langsung menuju Ohiso. Dan ternyata emang benar lho, mereka cukup on time. Paling telat sedikit2, tapi perkiraan mereka hebat yak. Segitu banyak antrian tapi bisa mbagi nomer urutan tepat waktu masuknya, salut beneran.

 

IMG_20171230_100934lHayo tebak, ini asli or palsu wkwkwk…. Menarik banget deh makanannya… sampai perut udah krucuk2 rasanya..IMG_20171230_110247lKami dapat meja juga akhirnya hihi… kesampaian juga makan di tempat ini, setelah nunggu setahun lho, bayangin wkwkwk…
IMG_20171230_110658lIMG_20171230_111004lIMG_20171230_110734lIni lho makanan2nyaaaaa…. aduhhhhh wuenakkkkk tenannn, makanan paling mantap selama kami di Jepang tahun lalu, ternyata masih sama.. Nijo Market itu tempat makan paling top dan berkesan selama kami di Jepang. Takjub deh dengan king crab, salmon, tuna, dll. Recomended banget, kudu nyobain makan di Ohiso ya kalau ke Nijo Market ^_^. Oya kalau makan disini ga boleh kelamaan wkwk, Jn sempat dibilangin untuk hurry up, krn mgkn ya antrian orang2 masih banyak ya, mereka punya jatah waktu untuk tiap pengunjung yg makan.

IMG_20171230_115210lTuh liat…antrian ngambil nomer lho ini.. makin siang makin panjang..

IMG_20171230_121617lKami selesai makan sekitar pk 11.30. Lalu kami berangkat menjelajah point of interest di sekitar Sapporo. Ini kami melewati Sapporo TV Tower.

IMG_20171230_123541lIMG_20171230_124002lIni teman2 cantikku yang berangkat bersamaan hihi, kami adalah teman2 lama, senang sekali kalo bisa berpergian bareng mereka nih…

1515217601854l 1515217611295l 1515217621197lKami foto2 sebentar di icon Clock Tower Sapporo. Lalu lanjut jalan. Kami tidak masuk ke museum Clock Towernya, cuma foto2 on the spot aja.

IMG_20171230_133738lNyempetin bikin bebek kecil kwek..kwek… Wkwk awalnya mau bikin boneka salju lagi, tapi kok bosen. Akhirnya nyoba bikin bebek salju aja. Saljunya masih kepyur dan susah dibentuk nih. Harus diremet2 dulu supaya bisa menempel agak kuat, kalo ga saljunya langsung jatuh2. Akhirnya bisa juga mbentuk bebeknya meskipun masih belum bisa rata wkwkwk..

IMG_1164-1lIMG_1167lIMG_20171230_135838lTiba di Beer Garden udah hampir jam 14.00. Museumnya cukup menarik nih bangunannya. Dari bata merah gitu, antik kesannya. Di dalamnya ada sejarah beer, dan perkembangannya.

IMG_20171230_140447lAda banyak panel yang berisikan contoh2 botol beer dan macam2ya, ini adalah salah satu yang kufoto.

IMG_1178lKanpai ^_^ *eh ada kelolosan satu anak yg ikutan pegang gelas, tapi isinya bukan beer kok yg itu wkwk*. Kami sekedar ngicip dikitlah beernya, supaya tau rasanya. Untuk dapat beer juga antri lumayan panjang lho. Kalo rasanya…emmm selera sih ya, aku kurang suka karena pait wkwk. Pecinta beer mungkin kudu ngicip deh untuk bisa menilai rasa beer Sapporo hihihi…

IMG_1184lSetelah puas dari Beer Garden kita cepat2 menuju ke Ishiya Chocolate Factory, di Shiroi Koibito Park. Kami mengejar waktu, karena katanya jam 17.00 adalah waktu terakhir kami bisa masuk museum. Akhirnya sampai juga kami di Chocolate Factory.

IMG_1191lIMG_1194lIMG_20171230_161244lLampu2 di tamannya bagus, keren2. Kami sampai sini sekitar pk 16.00 jadi sudah banyak lampu menyala. Pingin foto2 tapi kami berpikir untuk masuk museumnya dahulu. Kalau yang taman soalnya buka sampai malam, tapi museum sudah closed jam 17.00 kan. So, mari mengintip ke dalam museumnya :D. Tiket masuknya 600 yen untuk dewasa dan 200 yen u anak2. Didalam museumnya ternyata banyak pernak pernik cantikkk… Aku sih suka bangetttt…

IMG_1222lAda cangkir2 teh cantik2, mungkin berhubungan dengan cookies kan ya, kan disini produksi manis2. Jadi ada berbagai macam cangkir dari yang kuno sampai yg modern juga. Tuhhh keren kan yaaa… wah benernya kalo liat ginian bisa lama aku wkwk, mengamati detil2nya cantik2, apalagi harganya…wes ga usah dilihat ntar tambah pingsan cantik saia wkwkwk…

IMG_20171230_162953lIMG_20171230_163216lKita juga dijelaskan proses2 pembuatan cookies ala Ishiya. Itu ada seperti miniatur pajangan yang menceritakan proses2 sepertinya, entah juga sih hihi bahasanya inggris soalnya. Tapi miniatur orang2nya aku suka, keren lho detilnya. Dan ada juga factory dengan kaca jernih, sehingga kita bisa melihat proses produksinya.

IMG_20171230_163458lAda kelas untuk buat cookies juga. Tapi waktu kami sepertinya sudah tidak bisa.

IMG_20171230_163539lAda miniatur2 sweets seperti es kirim dan kue2 yang menarik banget. Ada kafenya juga sih, pingin nyobain tapi pasti mahal wkwk, mending beli es krim biasa, itu Ken dan Re ternyata udah beli ma papanya :D.

IMG_20171230_164507lDan seperti yang kubilang tadi, disini ternyata banyak mainan ato pernik2 antik. Mulai dari mainan2 jaman kuno, sampai dekorasi rumah seperti ini. Ada yg aku suka, ada yg biasa aja menurutku. Tapi yang jelas buanyak sekali barang2 disini.

IMG_20171230_171112lAku suka foto yang ini, langitnya seakan2 bertabur bintang2 padahal ngga ada lho benernya.

IMG_1250l

IMG_1256lBagusss… sayang udah gelap jadi detilnya kurang bisa terlihat selain lampu2 yang menyala :D. Oya waktu aku foto2, ada orang Jepang yang lagi berpakaian anime gitu, rambutnya pakai wig putih panjang, lagi berpose di depan cahaya yang warna warni. Setelah selesai dari museum, kami beli oleh2 khas ishiya. Aku beli cookies2nya, uenakkk sungguhan. Harganya cukup mihil sih, jadi makannya diirit2 wkwk. Ketika masuk ada testernya soalnya, jadi paling ga kami bs bayangin rasanya sblm beli. Setelah itu, kami mencoba pergi ke Maruyama Catholic Church.

Berangkat dari Ishiya pk 17.45, untuk menuju Gereja yang misanya pk 18.30. Aku sih pingin ke gereja, merayakan misa untuk Minggu. Mengucapkan syukur pada Tuhan karena Dia begitu baik sudah menyertai kami sepanjang kami liburan, kalo bisa disempatkan ya di sempatkan lah untuk misa dan ekaristi. Tapi ternyataaa…romonya pas tidak ada ditempat, sehingga misa ditiadakan. Hikss..tapi ya udahlah, setidaknya kami sudah berusaha untuk mengikuti misa, kalau memang berhalangan ya apa mau dikata. Kami menyempatkan untuk berdoa sebentar masing2 keluarga.
IMG_20171230_185319lTernyata selain kami, ada beberapa umat lagi yang datang. Para turis semua kayanya yang ga tau pengumuman ttg misa, jadi pada kecele pas datang ke sini.

20171230_191649lIni kami berfoto bersama penjaga gerejanya. Orang nya ramah dan baik hati, kami dikasih jeruk Hokkaido. Manisss… jeruknya nyummm… Tiap para tamu dia tawarin jeruk sebagi bentuk sambutannya :D.

Setelah cukup lama kami ngobrol2 dan akhirnya kami pulang. Rute pulangnya kepingin melewati Odori Park katanya, so kami mencoba kesana. Mestinya emang udah malam dan anak2 belum makan lho. Tapi mgkn sekalian jalan dan nyari makan di jalan siapa tau nemu, ternyata tdk banyak toko2 makanan yang kami temui. Saat mendekati Odori park ada mobil jual ubi panas, teman2 pada beli ubinya. Aku mencoba jalan sendiri ke area Odori Parknya. Dan ternyata memang disana sedang tidak bnyk lampu2. Hanya ada lampu bentuk pohon natal, tidak banyak yang bisa dilihat. Aku mencoba mencari art market seperti tahun lalu yang buka di dekat Odori park, tapi ternyata kali ini tidak ada. Mungkin karena wktnya tidak tepat ya, eman mestinya… So aku bilang teman2 untuk tidak perlu ke Odori lah. Kami akhirnya pulang. Sjt memutuskan untuk mencoba mencari makan di Tanuki Koji aja, searah dengan perjalanan pulang kita. Jn akhirnya mencar juga. Klg Sjt dan Tj makan di salah satu resto di Tanuki Koji, restonya jual nasi2 gt. Yen bth makanan berat yg bikin kenyang wkwkwk, dia agak bosan ramen. Met makannn… Setelah selesai makan sekitar pk 22.00 kami sampai hotel. Hari ini banyak spot foto2 hihihi.. Besok rencana ke Asahikawa lagi untuk ke Snow Museum Asahikawa. See you di next page yah :D.

Travel Diary-part 1:http://piets-art.com/blog/2018/01/travel-diary-dec-2017-jan-2018-part1/

Travel Diary-part 2: http://piets-art.com/blog/2018/01/travel-diary-dec-2017-jan-2018-part-2/

Travel Diary-part 4: http://piets-art.com/blog/2018/01/travel-diary-dec-2017-jan-2018-part-4/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *