Day 4, go to Edo Wonderland and Asakusa

IMG_20171225_093051lDi hari ini keluargaku pergi mengunjungi Edo Wonderland. Edo Wonderland ini merupakan village Jepang dengan pemandangan kuno, jadi ada ninja2nya juga. Perjalanan menuju Edo Wonderland jauh bok… Kami berangkat agak pagi supaya tidak terlalu siang pikirnya, karena menurut informasi ada pertunjukan ninja yang bagus itu sayang kalau sampai terlewatkan. So jam 8 pagi kami siap berangkat pikirnya supaya tidak terlalu siang. Tapi ternyata untuk naik keretanya juga perlu ganti2 beberapa kali. Dan jarak ke Edo Wonderland cukup jauh, jadi sekitar 3-4 jam waktu perjalanan hingga kami sampai di tujuan wkwk, lama juga yak :D. Untuk makan pagi kami belanja di mart wkwk, maklum sedikit ngirit biayalah. Apalagi untuk urusan makan kami ga rewel kok wkwkwk, asal bisa masuk perut dan cukup ngganjel selama perjalanan. Tujuan kami harus ke Kinugawa dahulu.

IMG_20171225_114622lSepanjang perjalanan kami melewati seperit sawah2/ ladang gitu, jadi memang letak Edo Wonderland ini sepertinya ada dipinggiran kota.

IMG_20171225_122911lSekitar jam 12.30 kami baru sampai di Kinugawa. Setelah itu kami masih harus naik bus menuju Edo Wonderland. Kami beli makan siang dulu di toko2 sekitar. Pemandangan disini cukup indah, banyak gunung2 dan anginnya adem. Meskipun suhu mungkin hanya kisaran 6-9drjt, tapi kalau angin bertiup kencang, rasanya juga dingin.

IMG_20171225_130848lSekitar pk 13.00 kami sampai di Edo Wonderland, wah cukup siang juga ternyata ya. Karena ada jadwal kereta yang ternyata tidak bisa berangkat sewaktu2, tapi harus menunggu beberapa saat lamanya baru berangkat. Kecuali mgkn kami berangkat jm 7an dari hotel mungkin baru bs sampai Edo Wonderland agak pagian. Begitu sampai di Edo, aku jadi excited soalnya pemandangan di sana wowwww bangettt dehhh… Rekomended buat yang suka foto2 dan suka ma old Japanese village. Aku sampe terkagum2 ngeliat suasana disini, soalnya aku suka pemadangan yg unik2 dan menarik.

IMG_0722lDi pintu gerbang masuk udah disambut oleh seorang samurai hihi, keren yak.. poto dulu donggg ­čśÇ

 

IMG_0721lView di depan aja udah keren bener…. Katanya dibagian dalam lebih wow lagi… Yuk intip2 dalam villagenya hihi..

 

IMG_20171225_133321l

IMG_20171225_133405l

IMG_20171225_133525lIni seperti rumah hantu kalo versi Indonesia wkwk… di dalamnya ada setan2 ala Japan. Nama tempatnya adalah Jigoku Temple, haunted temple of doom. Kalo takut dan gampang kagetan jangan masuk deh, ada lagu misterius gitu di awal masuk, gelap tempatnya, aku juga sempat kaget2 kok wkwk… jalan cepet aja langsung cari pintu keluar :D.

IMG_20171225_133545lIni sepertinya adalah tempat outdoor live performance, tempat pertunjukan ketangkasan ninja2, ada jam tampilnya mestinya, tapi pas aku kesana mungkin aku pas puter2 jadi ga lihat juga yang ini. Hihi anak2 lagi bergaya mau tempur tuh :p.
IMG_0752lIni adalah maskotnya or karakter dari Edo Wonderland, namanya Nyanmage. Kalo dibilang cute sih kurang cute wkwk, soalnya dia tinggi :p. Tapi tetep lucu kok, itu orang Jepang yang foto baik, dia nawarin kita untuk difoto sekeluarga.
IMG_0769lIMG_0771lKalau ditempat ini nih, kita bisa belajar trik ninja menghilang di balik dinding. Inget ga tuh, kadang di film ninjanya nempel dinding turs tiba2 isa ilang… Di ruangan ini kami diajari cara keluar masuk lorong gelap, tiba2 trus muncul dari atas lagi wkwk… Tapi kalo yang punya encok, hati2 aja hihi soalnya kadang kita harus masuk lorong sempit dan kuar dari lubang gitu. Istilah kerennya kudu penekan :D.
IMG_20171225_140841l Untitled-4lYang ini adalah Ninja Kai Kai Tei, ato kalo bahasa Indonesianya rumah miring wkwkwk… Ini adalah rumah ninja misterius yang punya banyak ilusi. Begitu nyoba nginjek lantainya, orang2 pasti pada pusing. Aku juga nyobain, dannnn…susahhh lho awalnya bisa berdiri tegak wkwk.. Lucu juga ngeliat reaksi orang2 yang kebingungan dan pada bertumbangan mau jatuh :D. Seru lah, anak2 suka mainan disini wkwkwk… Lantai atasnya ada lagi, kalau bisa coba berdiri or naik tangga deh, dijamin susah :D.

Permainan2nya masih ada banyak lagi macam2. Ada ninja labirin, kami juga sempat nyoba, tapi ga tau exitnya seperti apa, bolak balik udah keluar tapi ga bisa nemu exitnya, akhirnya daripada wkt habis kami kuar aja deh :D. Ada juga tempat2 permainan seperti panahan ala ninja, main shuriken (senjata ninja yang mirip bintang dilempar itu), dll. Tapi kayanya harus bayar lagi, jadi kami skip deh, mending explore tempat2 lain. Oya, ada satu pertunjukan ninja yang super duper kereennnn… Jam pertunjukannya sore, kami harus antri untuk bisa masuk, jadi aku dan keluargaku cepet2an antri dulu sebelum jam mulai. Sayang tidak boleh foto2 di dalam. Jadi pertunjukannya seperti drama jaman edo gitu, ada ninja baik dan ninja jahat. Pertunjukan akrobatik dan peperangan, anak2 suka banget, aku juga suka hihihi… keren deh… sekitar 20mntan.

IMG_0795lIni adalah parade/ pawai Geisha cantik. Kupikir awalnya adalah acara penikahan gitu, ternyata setelah kubaca informasinya ini adalah Geisha jaman Jepang kuno. Dia pakai teklek or bakiak superrrr tinggi, duh kok bisa ya jalan pakai itu, kalo aku pasti udah kesrimpet2, hebat deh salut.
IMG_0804lFoto terakhir di dalam village sebelum kami pulang. Pemandanganya bener2 cantik. Hawa hari ini cukup dingin, anginnya banyak, meskipun tidak kencang sekali. Sebenarnya masih belum semua tempat kami jelajahi, ada beberapa area yang terpaksa kami skip, padahal aku masih pingin liat2 hiks… Tapi kami harus mengejar bus juga. Jam tutupnya kalau winter adalah jam 4, supaya tidak terlalu ramai dan jubel2an, sebelum jam 4 kami keluar area dan naik ke bus. Oya sebelum pulang sempat mampir toko souvenir sebentar, liat2 ada yang bagus or ga… Tapi kayanya aku kurang tertarik sih, jadi tidak beli apa2, hanya beli satu samurai mainan untuk Ken, harganya sekitar 500yen doang, yah okelah untuk dibeli ga terlalu mahal hihi… Suamiku beli cemilan rice crackers untuk dimakan kalo laper, karena udah sore kan dan takutnya anak2 kelaparan.

 

IMG_20171225_154925lDi gerbang pulang ada orang yang menabuh genderang. Dan ada beberapa orang berpakaian tradisional Jepang baris teratur, tiap ada pengunjung yang keluar mereka mengucapkan kata2 apa gitu aku kurang tau, intinya mungkin ya terima kasih gitu. Keren dehhh… Serasa berkunjung ke dunia lain.

Sekitar pukul 16.15 kami sampai di Kinugawa station lagi. Foto2 sekitar sebentar, lalu kami membeli makanan lagi dulu di mart untuk ganjel perut. Susah sekali cari makanan disini, kami kurang ada yang cocok. Pikirku beli aja dulu ramen cup ditoko souvenir, tapi ternyata tidak ada. Nemu bento2 di toko kecil, yah kami beli aja daripada kelaparan, karena menunggu keretanya masih sekitar jm 6 kalo ga salah. Kami beli satu box dulu pikirnya supaya tau isinya enak or ga, eh ternyata yang lain udah keburu diborong orang. Jadi udah ga ada makanan lagi deh. Untung suamiku baik, dia coba pergi keliling dan akhirnya nemu noodle cup gitu. Biar anak2 dulu yang makan, aku dan suamiku nyemil dikit2 setelah mereka kenyang. Setelah selesai makan kami langsung menuju kereta untuk kembali ke Asakusa. Kami berganti beberapa kereta lagi, dan tiba di Asakusa sekitar pk 21.00. Udah malem, kami jalan2 sebentar. Eh..nemu restoran sushi kok pingin berhenti, kebetulan suamiku laper. Yak ayookk masukkk hihi… Aihh kebetulan di depan restorannya aku nemuin bunga unik yang sempat kuduga bunga hybrid gitu, ternyata beneran ada tanaman ini lho… ada yang tau namanya kah?

IMG_20171225_211319lTuh lucu kan ya bunganya, unikkkk banget dan cantik. Yang warna kuning hijau emang kaya kubis wkwkwk…

IMG_0836lIni sushi yang kami makan di Asakusa..nyummm laperrr… Sushinya enakkk… tapi tetep paling enak itu sushi fresh di Sapporo dan Otaru. Setelah makan kami langsung pulang deh, udah jam 22.00 soalnya.

Saat jalan pulang, kami melewati Sensoji Temple. Tahun lalu kami udah kesini pas saat tahun baru, kangen juga dengan suasana pasar makanannya hihihi… Besoknya kami janjian dengan keluarga Tj untuk keluar pk 8.00, karena bawa koper2 besar takut jalannya lama. Mereka abis dari disenyland hari ini pasti teler berat deh wkwk. Kalo ga salah jam 10 itu masih ada di disney, kejebak orang2 macet banget.

Oya dengar cerita dari klg ko Tj dan Jn, sepertinya pas hari kami ke Edo, mereka mengalami dasyatnya badai angin. Jn dan Be di Odaiba sampai ga bisa jalan saking angin kencang katanya, jalan sampai mau kebawa angin wkwk… Klg Tj juga beli kopi sampai tumpah kemana2, kertas2 berterbangan.. wuihhh sangar juga ya anginnya. Aku di Edo juga kerasa anginnya cukup adem dan lumayan kenceng, tapi ga sampai mengganggu sih. Mungkin yang area kota lagi kena badai angin, untung aku kearah luar kota hari itu :p. Yah anyway, hari ini bersyukur kami boleh melewatkan waktu di Tokyo dengan aman semuanya. Besok pesawat kami berangkat ke Asahikawa sekitar pukul 11.10 kalo ga salah inget wkwk, yah kira2 jam segituan lah. Setelah packing2 selesai, aku baru tidur sekitar pk 02.00 wkwk… padahal besok harus bangun pagi lagi. Soalnya masuk2in baju2 dan ngatur koper yang Asahikawa mau kupisahin, kujadiin satu koper aja karena rencaa cm 2 hari di Asahikawa. Asahikawa ini tempat yang terdingin kalo menurut info, lebih dingin dari Sapporo. Yak…. siap2 istirahat dan go to Asahikawa. Zzzzzzz

 

Day 5, by plane go to Asahikawa

Hari ini kami agak sedikit terlambat keluar hotel. Tapi waktunya memang masih nutut sih. Keluarga ko Tj pasti kecapean karena kemarin malam sampai malam sekali. Jadi kami tidak terlalu pagi keluar hotelnya. Sekitar jm 9.00 baru kami keluar hotel. Tujuan kami adalah ke Haneda airport. Karena jam yang agak mepet, kami harus bergerak sedikit lebih cepat, agak sulit karena koper2 kami udah buanyak. Sempat angkat2 koper besar tuh di tangga, huffftttt…capeeee…. Untung Re dan Ken bisa bantuin, mereka hebat deh. Kami sampai di Haneda dan mulai check in. Di sana mau masukin bagasi aja sudah pakai mesin lho, sayang aku lupa fotoin mesinnya. Keren, kopernya tinggal ditaruh di mesin gitu, ntar langsung di data dan dapat karcis bukti bagasi. Berangkatnya agak terlambat pesawatnya, karena dikabarkan di area Hokkaido dan bagian Utara salju lagi banyak turun. Ada yang batal berangkat, ada pula yang tertunda dan belum tahu bakal berangkat kapan. Pesawat kita tertunda hampir 30mnt an rasanya, tapi akhirnya berangkat juga. Hari ini Yen rada pusing dan masuk angin kayanya, mungkin karena dia kurang tidur semalam jadi kondisi badannya agak drop. Akhirnya pesawat berangkat juga, yeayy… Perjalanan ke Asahikawa sekitar 2 jam kalau ga salah. Dan kami mengalami kejadian luar biasa hari ini wkwk.. Kupikir kita bakal mendarat dengan mulusnya di Asahikawa, ehhh..ternyata ada info bahwa pesawat ternyata tdk bisa mendarat di dikarenakan landasan masih dibershikan dari salju. Setelah beberapa lama, sepertinya pilot tidak mendapatkan kontak dari pihak Asahikawa, dan karena tidak ada kepastian or entah karena apa, akhirnya pesawat harus kembali ke Tokyo… Yaaahhh kecewa dong kita saat itu, berarti sekitar 4 jam kita berkeliling di udara di Jepang tanpa dapat apa2 wkwk XD. Sesampainya di Haneda kembali, orang2 pada keluar cepat2 nih, tapi entahlah mereka mau minta refund or change jadwal.┬áKami semua juga bingung harus gimana, kami bertanya ke pramugarinya, mereka agak kesulitan bhs inggris tp mereka tetap berusaha membantu. Kami mencoba meminta change jadwal kapan bisa ke Asahikawa lagi, apakah sore atau malam. Tapi ternyata semua penerbanga full book, termasuk untuk esok hari dan esoknya lagi, mereka tidak berani memastikan karena ini peak season, orang2 pada bnyk yg balik kata pramugarinya. Bingungggg teyusss…. masa harus stay di Tokyo lagi pikirku. Suamiku mengusahakan agar jalur penerbangan kami yg ke Asahikawa bisa di change ke Sapporo. Tapi ya itu, penerbangan semuanya penuh katanya. Semua berusaha mencari jalan keluar. Oya maskapai penerbangan kami ke Asahikawa naik Airdo. Karena jam udah sore, kami putuskan para suami yang mengurus semuanya deh, dan kami para mama dan anak2 mencari makan dahulu.┬áJadi disini masalah yang kami alami adalah: gimana dengan hotel yang sudah kami book di Asahikawa (pihak Airdo tdk memberi ganti rugi sepertinya untuk masalah hotel), trus hari ini kami mau stay di Tokyo atau mencari arah lain (terkait dengan ketersediaan tiket pesawat), dan kalau change rute ke Sapporo gimana dengan hotelnya disana, kan dadakan nih kita berangkatnya, takut ga ada hotel. Sambil tetep doa dalam hati, aku dan moms lain mencari makan dulu deh. Kami makan di resto di bawah. Tipe makan barat gitu sepertinya.

IMG_20171226_171135lIni salah satu yang coba kubeli, sepertinya kok menarik. Satunya lagi beli steak untuk Re. Tapi ternyata rasanya tidak semenarik tampilannya XD. Steaknya menurutku hanya spt rasa bistik, bukan rasa steak. Omelet kare yang untuk Ken juga biasa, tidak sampai bikin pingin balik nyobain. Yah setidaknya isi perut dulu deh. Sambil makan, ternyata para suami mulai ada berita baik. Sepertinya jalur yang ke Sapporo kami bisa dapatkan gratis, sebagai ganti penerbangan ke Asahikawa, cuma harus change pakai ANA. Tapi berangkatnya harus 6-6, keluarga Tj yang dipencar. Klg Jn berangkat duluan bersama Tj dan Shan, klgku berangkat terakhir bersama Yen dan Gwen. Pesawat kloter pertama akan berangkat jm 19.00, kloter ke dua jm 20.00.

IMG_20171226_175642lIni anak2 kusuruh berdoa supaya pesawatnya bisa mendarat di Sapporo. Bisa terbang tapi kl ga bisa mendarat lagi kan sedih kita. Hari ini sungguh melelahkan rasanya. Aku sendiri juga ga sempat makan banyak. Di resto ini aku hanya makan punya ken yg ga habis. Suami malah blm makan malam. Akhirnya setelah semua selesai diurus, suamiku baru bisa makan. Sementara itu Jn dan Tj harus segera bersiap2 untuk berangkat boarding menuju Sapporo. Dan berita baiknya lagi adalah, hotel di Asahikawa berhasil di cancel tanpa kena charge sama sekali, dikarenakan memang adanya bad weather yang menyebabkan kita tdk bisa mendarat. Tuhan memang baik. Pk 19.00 kloter pertama beneran bisa berangkat pesawatnya, tinggal kami yang juga deg2an apakah nanti bisa dicancel lagi. Pesawat kami sempat molor lagi sekitar 30mntan. Tapi untunglah, pesawat kami akhirnya berangkat juga sekitar pk 20.30. Ke Sapporo kalau ga salah sekitar 1.5 jam, jadi mereka landing, kami siap2 berangkat. Tinggal doa semoga bisa mendarat. Syukurlah sekitar pk 22.00 pesawat mendarat dengan selamat di Sapporo, yeayyyy…seneng banget deh kitaaaa…. Buka WA, ternyata ada berita baik lagi dari kloter pertama, Jn udah mendapatkan hotel untuk kita menginap, fiuhhh lega banget rasanya. Kami menginap di Mystays Premier Sapporo Park. Setelah ambil bagasi, kami naik kereta.

 

IMG_20171226_235803lFoto ini diambil jam 23.58, yah hampir jam 12 malam yak. Bayangkan rasa capai yang kami rasakan wkwk, tapi tetep bersyukur dan semangat karena kami akhirnya bisa mendarat di kota bersalju yeayyy… Yen mulai agak enakan karena udah bisa banyak tidur juga pas dipesawat. Gwen juga hebat, ga rewel lho padahal udah malem gini. Re Ken juga bisa membantu menjaga Gwen dan bertanggung jawab atas koper2 yang mereka bawa.┬áSuhu tahun ini rasanya tidak sedingin tahun lalu. Awal datang aku masih sedikit merasa kedinginan, tp lama2 udah lebih tahan dingin kali ya. Thn lalu ketika tiba di Sapporo aku ga kuat dingin di telapak tangan, jadi kebanyakan kudobel. Tapi kali ini aku lebih sering pakai 1 sarung tangan wool aja, cukup dan ga sampai terlalu kedinginan. Yang pasti kulakukan adalah mainan asep yang kuar dari mulut wkwkwk… Dalam hati aku beneran bersyukur pada Tuhan kalo boleh tiba di kota salju ini hihi…

Ternyata hari ini ada satu lagi kejadian heboh lhoooo…. Duh banyak kejadian deh yang kami alami. Kloter pertama, klg Jn dan Tj-Shan, naik bus untuk menuju hotel. Kami kan naik kereta. Ternyata sampai di stasiun hotel tempat kami menginap bisa bersamaan. Ketika turun, ehh…lha kok ketemuan mereka ada di kereta gerbong sebelah, akhirnya klg Tj berkumpul deh hihi… Tapiiii….ada berita mengagetkan dari Jn, koper mereka hilang satuuu… OMG!! Kaget dong ya pasti. Kata Jn mgkn hilangnya di bus, karena dia yakin udah masukin bus tapi kok pas keluar ga ada kopernya satu. Takutnya kalo ada yg mencuri wah bisa susah dilacak :(. Kasian Be juga udah mulai bete, aku juga paham sih pasti kerasa capek banget dan marah kena kejadian macem2 hari ini. Apalagi yg ilang adalah koper kebutuhan anak2 semua. Kutawarkan pinjam sweater anak2ku untuk Josh, tp Be bilang g ush dulu. Yah pokoknya kami check in hotel dulu, ngurus anak2 dulu. Duh perjalanan menggeret koper di salju juga menjadi cerita tersendiri bagi kami hihi… Kopernya susahh digeret di salju, apalagi kalo berat2. Cerita dr ko Tj, Shan sampai menyemangati diri sendiri wkwk, hebat deh… Re Ken kulihat juga aman, mereka bs geret sih.

IMG_20171227_002421lSampai hotel lega rasanya, koper penuh salju di bagian bawah :p. Harga hotelnya juga ternyata murahhh…dibanding harga biasa maksudku. Karena katanya mgkn bnyk yg cancel2 berkaitan dengan weather, jadi ada kamar2 yg kosong. Tempatnya juga bagus dan menarik. Ini ada penghangat, anak2 pada kumpul untuk explore wkwk.. mereka lho bisa masih semangat, padahal mereka juga capai mestinya. Memang pergi bersama teman2 itu menjadi vitamin tersendiri buat mereka deh :D. Berita2 baik satu per satu berdatangan hihi… Setelah check in Jn dan Tj berencana mencari malam hari ini. Wkt itu Re sempat cerita, kalo Josh ingatnya kopernya ketinggalan, mgkn ada di bandara. Yah aku jg g bnyk tny2 krn Be wkt itu sepertinya lagi tdk mau banyak bicara :p. Cuma doa aja semoga kopernya bs ketemu deh. Seblum keluar mencari, Jn nyoba tlp bandara dl, dannnn puji Tuhannn kopernya ketemuuu… Aduhhh beneran hari ini bnyk sport jantung dweh… Koper mereka tertinggal di Lawson, untung nya org Jepang baik sehingga koper tertinggal ini tdk sampai hilang. Dahhh bobo nyenyak dahhh malam hari iniii… Aku WA Be untuk tetep bersyukur, Tuhan udah jagain kita semua lewat semua kejadian yang kita alami bersama. Dari sini pun aku melihat penyertaan Tuhan sungguh luar biasa, satu demi satu masalah bisa terselesaikan tepat pada waktunya, hingga kami semua akhirnya bs tidur nyenyak. Kami memutuskan untuk bangun ga kepagian deh, besok city tour aja di area Nakajima. Biar anak2 istirahat dan bisa bangun agak siang gpp. Hari yang panjang berakhir dengan baik, puji syukur padaMu Tuhan.

 

Day 6, go to Nakajima Park 

guest-roomOya saking cape dan cuma 2 hari di hotel ini, aku sampai lupa fotoin penampakan kamarnya. Foto ini kuambil dari internet yak. Ranjangnya cukup nyaman, penataannya cukup oke, cuma karena koper2 kami banyak, jadi agak sempit area untuk jalannya. Ini gambarnya aku ambil dari internet. Di sebelah sofa ada tambahan bed 1 lagi tempatku tidur. Seperti biasa aku memisahkan diri supaya bs menulis malamnya, dan ga bikin silau yang lain. Itu ada dinding partisi yang bisa digeser2, cakep deh… Pagi ini kami kami bangun siang semua wkwk… Kumpul dibawah siang sekitar jam 12an, untuk kami mencari makan siang bersama. Makan paginya suami beli sate2, bakpao dll di mart dekat hotel. Duh, aku bener2 suka ma sate2nya. Sate yang disini beda dengan sate di mart Tokyo. Mau cari yang seperti di Odaiba tapi ga ada. Satenya ayam ada tepung pedasnya, enakkkk polll. Bakpaonya juga panas2 dimakan rasanya sedapp banget di hawa dingin2 begini :D. Di kamar ada penghangatnya sih, jadi kalau mau tidur pakai piyama biasa tidak masalah. Apalagi juga ada selimut kan bisa dipakai.

IMG_20171227_120831lIni aku minta Re dan Ken menuju area belakang, sepertinya tempat makan gitu, cantik penataannya. Mungkin area untuk makan pagi ya, kami sih tidak mengambil paket breakfast.

IMG_20171227_121837lSambil menunggu yang lainnya turun, aku keluar hotel sebentar untuk merasakan angin dingin. Gayanya mau tanpa jaket dulu wkwk, jadi jaketnya kutaruh. Ini foto ma Ken yang udah ga sabar main salju :D. Anginnya bok…kenceng bertiup mulu, jadi susah mbilangin rambut untuk diam tenang wkwk :p. Brrrrr ademmmm, abis jepret2 beberapa kali, langsung masuk deh hahaha… tangan cuma make wool doang berasa beku :p. Masih butuh adaptasi sepertinya hihi… Setelah semua pada turun kami berencana ke Nakajima Park. Begitu keluar hotel, brrrr semuanya kademen. Keluar sebentar, masuk lagi untuk pake warmer di tangan wkwk… Keluar bentar lagi, kaki yang kedinginan, masuk lagi pake warmer untuk kaki :D. Jadi kuar masuk mulu nih kita hahaha :D. Akhirnya setelah semua perlengkapan perang siap, kami berangkat ke Nakajima Park, karena letaknya dekat dengan hotel.

IMG_20171227_141413lSepanjang jalan anginnya cukup adem pastinya, akhirnya hoodie terpaksa dipakai wkwk. Kalau ada hoddie gini cukup enak karena telinga bisa terlindungi dari angin kenceng yang adem. Kadang perih lho dan bisa merah telinganya kl kena adem terus.

IMG_0871lOya hari ini Jn sendirian ke bandara untuk mengambil koper, Be dan anak2 jalan bersama kami menuju Nakajima Park. Belum sampai di Nakajima, kami melihat spot bagus, bersalju dan menarik untuk foto2 wkwk… jadinya kami malah berhenti sebentar untuk foto2… Maunya sebentar, tapi akhirnya jadi lama hihihi, foto cuma sekali jepret mana cukuppp, mumpung dapet view yang bagus :p. Foto2 per keluarga dulu hihi, enaknya kalau sama2 teman kami bisa saling jepret. Kalo pergi sendiri, kebanyakan harus tongsis nih :D. Tapi senjata tongsis tetep kubawa terus dong, jadi kalo mau foto2 ga tergantung ma orang lain wkwk…

IMG_0893lIMG_0898 (5)lIMG_0902lIMG_20171227_130559lIMG_20171227_132358l

Viewnya beneran bagus banget. Salju putihhhh…ditambah ada sinar matahari yang hangat, cuma angin tetep ademmm wkwkwk, makanya tangan lebih betah dikantong terus tuh :p. Hihi sementara kami para orang tua pada berfoto ria, para kiddo asyik mainan salju nih. Mereka udah naik turun dan duduk2 di salju eaaaa….tau sendiri kan hasilnyaaaa…. kaos kaki,sepetu,celana pada basah semua XD. Beberapa anak2 mulai kedinginan kakinya, jadi kami memutuskan untuk jalan lagi dan mencari tempat untuk menghangatkan badan. Kami menemukan bangunan, lupa namanya, tp kok seperti perpustakaan atau kantor apa gt. Kami masuk untuk pipis dan mengeringkan kaos kaki sebentar. Hihihi meskipun basah anak2 tetep super semangat, cuma mama2nya nih yang agak ngomel. Punya re juga basah sekali, kaos kaki dan celananya tapi dia coba keringin di kamar mandi. Dan dia tetep mau jalan, dia bilang gpp beneran ga kedinginan. Kalau ken tidak terlalu basah sih sepatunya. Punya Celine dan Josh lebih basah, termasuk Shan dan Gwen sepertinya ingin ganti kaos kaki dahulu. Jadi setelah dari tempat itu, kami mencar. Jn kebetulan udah bergabung bersama kami. Jd klg Jn dan Tj kembali ke hotel duluan, kami langsung jalan mencari makan. Kebetulan Sjt (suamiku wkwk) laper sekali, ya udah kami keliling sekitar untuk mencari resto. Keluarga yg lain nanti akan menyusul.

IMG_20171227_143341lKami menyusuri kota sambil menikmati pemandangan. Aih aku menemukan sungai kecil yang membeku airnya. Cantik sih, jadi aku foto sebentar. Disini ya, itu pager kan ada di outdoor, tapi kok kesannya bisa bersihhhh, ga ada debu gitu deh (adanya salju diatasnya wkwkwk). Mencari resto kok agak sulit ya, kami udah berkeliling tapi ga nemu tempat makan yang pas. Kami ingin kuah2 hangat. Ada toko yang kami mau tapi ternyata tutup, ada yg buka baru sore, ada yg masih buka tapi sudah jam mau tutup. Wkt itu udah hampir jam 15.00. Kami tanya seorang penjaga resto, dimana kami ga jadi masuk karena restonya mau tutup, katanya di depan ada tempat makan, tapi aku juga kurang jelas dia ngomong apa sih, dia ga bisa bahasa inggris. Aku cuma bilang ramen2 gitu, dan dia menunjuk ke arah depan. Ya udah, kami mencoba aja jalan kedepan. Dan ternyata memang ada resto yang jual ramen, langsung kami masuk aja deh. Takutnya kalo jalan kedepan ga ketemu resto, udah pada laper.

IMG_20171227_144420lNyummm…kesan pertama mienya menarik sekali. Bisa kenyal teksturnya, aku cukup suka sih. Disini nih aku baru tau, ternyata mie yang dicampur kuahnya itu biasanya mie yang hot alias panas. Menarik yaaa..

IMG_20171227_144530lDan mie yang dipisah kuahnya itu adalah jenis soba, alias mie nya dingin, nanti dicelup ke kuahnya yang hangat. Porsinya banyakkkk, woo ga nyangka sebanyak ini. Aku padahal pesan 1 porsi sendiri karena kelaparan, tapi ternyata ya tidak habis wkwk… Kesan pertama waktu makan mie ini terasa enak sekali. Bumbunya unik. Itu putih2 di mie seperti putih telor or apa gitu aku juga kurang tau, tapi kental2 cair gitu deh. Pertamanya enak karena rasanya unik. Tapi mgkn krn kebanyakan putih telur itu (yang kental2 cair) jadi agak mblenek juga lama2. Udah kucelup2 dikuah, tapi tetep rasa kentalnya ga hilang. Akhirnya aku nyerah ga habis. Tau gitu tadi pesan 3 porsi aja ya, soalnya anak2 juga masih sisa sedikit2 mienya. Klg Tj dan Jn menyusul ke tempat ini, aku infoin dulu porsinya besar supaya mereka ga lgs beli 4 porsi. Tj lebih suka ramen yang pertama kali kita makan. Tapi setidaknya yah isi perut deh dengan anget2 :D. Sebenernya ga jelas juga ini masuk makan malam or siang, karena jamnya nanggung wkwk..

IMG_20171227_145756lBtw ini sumpit disini pas unik, ada gerigi2nya gitu, jadi lebih ga licin kali ya untuk menyumpit mienya.

Yak setelah selesai makan, waktu itu kami coba jalan ke tanuki koji. Salah satu pusat perbelajaan yang bikin kangen hihi… Soalnya banyak toko di kanan kiri yang kadang jual denga harga miring. Be dan Yen mau ke Daiso, wkt itu seingetku para suami harus ke Sapporo station untuk ngurus JR or apa gitu, jadi para moms dan kiddos diantar ke area pole town (dibawah tanuki koji), suami2 ke arah station, moms jalan ke arah tanuki koji. Kalo udah dari pole town aku tau arahnya ke tanuki koji hihi… Daiso ada diantara tanuki koji 1 dan 2. So kami menuju kesana. Sembari menuju Daiso, kami melewati banyak toko2 boots, Be kebetulan mau cari boots, jadi kami juga sambil liat2 toko sapa tau ada model yang cocok. Tapi rasanya dia belum nemu. Akhirnya kami menuju Daiso dulu. Kami sampai Daiso sekitar pk 16.30 or 17.00. Aku mulai belanja sedikit2 titipan dari sodara. Sekalian keliling2 beli cemilan untuk dimakan selama di Sapporo. Beli coklat2 pastinya jangan lupa, karena coklat itu pertolongan pertama saat lapar wkwk biar maag ga kumat. Kami di Daiso sampai suami2 datang. Be dan Jn sepertinya mau lanjut mencari boots, jadi kami mencar, sementara klg Sjt dan Tj berjalan ke arah hotel. Emmm…aku agak lupa nih, malam ini kami makan or ga wkwkwk… soalnya di foto tdk ada dokumentasi makanan, jd lupa juga :D. Kalo ga makan malam sepertinya kami pasti beli cemilan di mart seperti sushi or sate dll untuk dimakan di hotel.

IMG_0916lIni sekitar pk 21.30, kami melewati tempat yang ada lampu2nya, dan foto2 sebentar disitu :D. Disini cantik bener pohon2 ada dihias lampu2 gitu, jadi cakep kalo untuk foto2 ^_^. Yak ini sekalian perjalanan pulang ke hotel. Besok kami berencana ke Takino Suzuran untuk main salju, yeayyy…. Cerita berikutnya ada di halaman seterusnya yak :D.

 

 

Travel Diary part 1: http://piets-art.com/blog/2018/01/travel-diary-dec-2017-jan-2018-part1/

Travel Diary part 3: http://piets-art.com/blog/2018/01/travel-diary-dec-2017-jan-2018-part-3/

Travel Diary part 4: http://piets-art.com/blog/2018/01/travel-diary-dec-2017-jan-2018-part-4/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *