Ini adalah materi yang kuberikan pada workshop 5 Agustus 2012 yang lalu. Sekedar untuk pengingat bagi teman2 yang sudah datang kapan hari, tutorial ini kubuat. Disini aku tidak terlalu mendetil dalam menampilkan cara-caranya, tapi setidaknya garis besarnya semoga bisa mengingatkan kembali ^_^. Tips& triknya temen2 peserta workshop pasti sudah tahuu hihihi… ;p.

 

1. Buat bagian-bagian kepala, tangan dan kaki. Lalu buat bagian baju dan sepatunya. Tempelkan semua bagian menjadi satu pada tempatnya masing-masing.

 

2. Lalu buat helai rambut warna kuning. Tempelkan 3-4 helai (supaya cepat), lalu tempel pada kepala bagian kanan kiri dulu, baru tempel untuk bagian belakang kepala. Sisanya, tempelkan helai satu persatu untuk menutup seluruh kepala dengan rambutnya.

 

3. Tambahkan poni di bagian depan, dan juga helai rambut yang lebih tipis untuk membuat bentuk lebih detil, sehingga boneka terlihat lebih cantik. Tambahkan sabuk warna ungu pada pinggang.

 

4. Buat bentuk daun memanjang. Beri garis tulang daun dengan mencapkan pada tulangan daun yang cukup jelas tulangannya. Atau bisa juga menggunakan tekstur cetakan daun.

 

5. Tempelkan daun pada tangan boneka. Tambahkan detil lainnya pada baju, seperti mawar kecil dll (sesuai selera). Jangan lupa buat tatakan kecil sehingga boneka ini dapat berdiri dengan lebih stabil. Jadilah sudah boneka kecilnyaaa… ^_^.

Step by step dan cara yang lebih detil dapat dilihat di buku Clay dalam Bingkai yaa.. Disitu juga ada cara membuat gadis kecil seperti ini, tp lain model pastinya :). Dan ada beberapa benda sederhana lain yang dapat dibuat di rumah. Selamat mencoba.. ^_^.

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

24 thoughts on “Membuat boneka kecil

    1. Buku clay dalam bingkai, maksudnya ya? Kalau buku clay dalam bingkai, bisa dicari di toko2 buku seperti gramedia, togamas, gunung agung, dll. Udah terdistribusi ke banyak toko buku kok. Kalau mau pesan di aku juga bs, nanti aku kirim ke alamat tujuan :).

    1. boleh feiling, aku minta alamatnya ya nti, kirim by email aja gpp or PM fb. Hrg 53rb :).

    1. aku biasa beli jadian kalo untuk frame scrapbook, ada di GM fe. Or toko2 pigura gitu biasae ada yg ukuran 30x30cm (ukuran scrapbook). Cari aja sing ada kedalaman-e ya, jgn sing datar biasa :).

  1. Kalau lagi mengerjakan clay kan biasanya hasilnya akan kena pola sidik jari sehingga terlihat kotor, memang bisa dibersihkan dengan alkohol, tapi kalo pakai amos bukannya nanti bakal melembek lagi claynya ? Oh, iya, ada tips nggak supaya claynya tdk kotor sewaktu dibentuk ? Soalnya punya saya tetep kotor meski cuci tangan berkali kali *hiks*

    1. Kalau hanya sekedar membersihkan sebentar dengan air (aku tdk pernah menggunakan alkohol) tdk akan membuat clay melembek, clay amos akan melembek jika direndam lama diair. Kalau mau lebih aman, tunggu aja claynya mengering baru dibersihkan permukaan yg kotor. Kalau permukaan yg kotor mestinya bisa dibersihkan, kecuali kotorannya sudah terlapis dengan clay ketika mencampur diawal, nah itu yg sulit dibersihkan :).
      Mestinya clay tdk akan mudah kotor kalau bidang kerja dan tangan bersih. Kotornya kenapa? apakah karena debu or cat? Karena biasanya aku tdk terlalu ada masalah dengan clay yg menjadi kotor kecuali jatuh ditempat yg berdebu :).

    1. untuk kepalanya ga pakai cetakan mba :). Cara membuatnya ada di buku Clay dalam Bingkai :). Tengkiuu

      1. makasi mba buat infonya,,klau buku clay figure ada tutorialnya gg mba buat kepalanya,,aq pingin beli buku clay figurenya,,hehe

          1. sis kalau mau pesan buku clay figure sama clay dalam bingkai caranya gmn? lagi ready gg sis?

          2. hai :). Sori baru kebaca komen yg ini hehe… ^_^. Ntar selanjutnya bs lwt wa biar lbh enak ya ^_^. Makasih

  2. Hai, sy mau pesan buku clay dalam bingkai & clay figure… apa masih ada? Trus apa ada no telp atau WA untuk contact?Thx

    1. Buku masih ada, bisa nanti kontak di email kah? Wa untuk konfirmasi bisa di 08563024022. Makasih

  3. Sis mau tanya, enaknya tuh di warnain dulu sebelum claynya dibentuk atau dibentuk dulu sebelum diwarnain??

    1. tergantung claynya, kl yg kupakai ini warna tinggal dicampur di clay putih, trus tinggal bentuk yg kita mau 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *