Blue Holden ini adalah pesanan seorang teman. Pertama mendapat request ini, rasanyaaa…. *tahan napas* begitu menegangkannnn…. *buang napasss*. Masih ingat kan, dulu aku pernah mendapat request membuat truck merah, itu pesanan pertamaku untuk jenis mobil. Dan ini adalah pesanan kedua jenis mobil, dengan jenis yang berbeda, dannnnn….lebih rumit dari sebelumnya huhuhu… >_<. Tapi, aku ga mau menyerah dulu sebelum mencobanya hehehe… So waktu mendapatkan request ini, aku cuma meng-iya-kan, sambil mikir gimana ya ntar cara ngerjainnya???? Beneran, aku ga tau cara ngerjainnya lhooo…sama sekali belum ada bayangan gimana akan bikin mobil satu ini. Jujur, karena agak rumit…aku sedikit menunda untuk mendapatkan waktu dan mood yang pas saat mengerjakan. Terlalu tergantung dengan mood itu tidak baik, aku tau…..dan biasanya sih untuk pesanan yang biasa kubuat, mood tidak terlalu berpengaruh. Tp untuk yg satu ini aku bener2 harus menyiapkan mental *karena aku jg tdk hobi otomotif, dan aku minim data tentang holden*. Ini adalah tantangan yang layak dicoba hohoho….

 

Setelah mendapatkan waktu yang cukup enak, akhirnya aku memutuskan untuk mencoba membuatnya *untung temanku cukup sabarrrrr…hihihi ;p*. Foto yang diberikan temanku cukup lengkap, ada sisi kiri kanan depan belakang (ga perlu bagian bawah :p). Berpegang pada foto tersebut, aku mencoba membuat sketsa dulu. Seberapa besar kira2 miniatur clay yang akan kubuat. Laluuu….mulai satu per satu aku membentuk. Sambil mencampur warna, sambil berpikir caranya. Setelah mencoba dan mencoba dan mencoba….hingga akhirnya beberapa kali mengganti dan mengganti…sedikit demi sedikit aku mulai mendapatkan caranya. Eh tapi kalo disuruh mengulang lagi dengan cara yang sama kayanya ga bisa deh hahaha :D. Bagian “wajah” depan aku buat lebih dahulu. Dan dibagian dalamnya aku mencoba mengisi dengan kursi, dashboard, setir. Ada spionnya juga lho didalam mobil hihihi…. Aku suka sekali membuat interior dalamnya, meskipun tidak terlalu detil :p.

 

Yang menurutku agak sulit adalah saat membuat body mobilnya. Aku membuatnya masih belum bisa rata :'(. Karena bidangnya luas, dan clayku agak sulit untuk sculpt, so masih sedikit bergelombang hasilnya… Setelah kupikir2 lagi, kayanya aku menemukan cara lebih baik lagi deh nanti kalo misalnya membuat tipe mobil panjang. Wkwkwk ini hasil pemikiran setelah holdennya jadi sih…dan belum dicoba lagi ;). Membuat bagian belakangnya juga sedikit susah :p. Tp akhirnya bisa juga sih setelah beberapa kali membuat kesalahan dan diulang-ulang mulu hehehe….. Jujur nih yaaa…kali ini banyak sekali bagian yang udah kubuat dan kuganti lagi karena jatuhnya kurang pas. Data foto yang kudapat cukup lengkap sih..cuma karena aku tdk mempunyai gambaran 3Dnya, jd ya ilmu kira2 tentang proporsi harus digunakan. So mungkin kalau ada yang ga pas…maapkan yaaa hehehehe…. Oya bagian roda sempat mengalami revisi setelah mendapat masukan dari pemesan nih hihihi… Dia jeli soalnya, dan tau tentang holden. Ini yang aku suka, aku bisa belajar banyak lagi teknik membentuk dan belajar tentang proporsi ^_^. Ahh iya, untuk spion sampingnya….aku kasih kertas kaca lho hehe… Jadi biar terlihat agak real :p.

Sedikit demi sedikit akhirnya mobilnya mulai jadi deh…senang rasanya melihat body utuhnya mulai berdiri hehehe… Sekarang tinggal menempel mobil pada tatakan yang kubuat. Selesai akhirnyaaa….. *lap keringat* :D. Semoga suka yaaa….

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *