Ini adalah miniatur water treatment kecil, yang bisa kita jumpai di beberapa tempat di surabaya. Beberapa yg aku tau ada di kantor PDAM, jg di taman ronggolawe. Air yang keluar dari kran air ini adalah air siap minum. Pertamanya sih jujur aku sempat menolak pesanan ini karena jadwal yang sudah terlalu penuh, tapi ini adalah tantangan tersendiri bagiku, sebuah kesempatan yang ingin coba kutangkap…jadi aku memutuskan untuk mencoba mengambilnya hehe :p. Dan miniatur ini adalah pesanan salah satu perusahaan swasta di indonesia yang bergerak dibidang water treatment (kalo aku ga salah hehe… :p). Atas rekomendasi seorang teman yang begitu baik dan mengingat karya clayku, aku bisa terhubung pada kesempatan ini, terhubung pada semakin banyak orang dari berbagai macam lingkungan kerja. Tengkiu so much mas Nov *hihi…temanku baca ga ya?;p*

Sebenarnya yang sedikit membuatku ragu diawal, adalah karena waktunya agak mepet, aku takut kalau tidak selesai. Tapi ternyata setelah kulihat fotonya, aku rasa tidak terlalu sulit dan aku yakin akan bisa membuatnya dalam waktu singkat. So…mulailah kubuat sketsa proporsi ukuran yang akan kubentuk menjadi 3D. Pertama kali aku membentuk kotak kran airnya. Ah iyaaa… untuk mendapatkan detil yang cukup jelas, dari foto aja ternyata masih kurang, jadi waktu itu aku survey ke kantor PDAM hehehe… Dan aku mendapatkan detil foto yang kuinginkan sehingga mempermudah saat pembuatan detil miniatur ini.

Yang agak sedikit sulit adalah saat membuat kanopi dan tiang penyangganya. Aku harus membuat semuanya rangkap tiga diawal, sehingga besarannya bisa sama ukurannya. Hmmm…jujur agak sedikit memutar otak nih, gimana supaya tiangnya bisa kuat dan sambungannya bs terlihat seperti aslinya (tidak tumpang tindih). Setelah berpikir cukup lama, akhirnya kutemukan cara hehe… Aku beri rangka kawat di dalam claynya nih, hasilnya memang lebih kuat dan kaku. Tapi tetap aja, namanya handmade harus hati-hati memperlakukannya hihihi ;p. Setelah tiang penyangga selesai semua di tempel, tinggal pasang kanopinya. Semua sesuai dengan apa yang ada dikepalaku saat pertama kali aku melihat foto yang diberikan lwt email. Untuk bahan sih aku tidak mengalami kesulitan. Setelah selesai semua, nantinya aku akan taruh minatur water treatment ini dalam box akrilik. Katanya sih….*karena penasaran, aku bertanya* nanti 3 miniatur ini akan diberikan oleh walikota surabaya kepada 2 dosen universitas di surabaya dan kepada direktur sebuah rumah sakit (arrgghhh….lagi2 aku lupa namanya >_<, salah satu univ-nya kayanya unair deh). Ada sedikit perasaan senang lho, karyaku boleh dipegang oleh walikota hihihi… *eh,semoga bener gitu yaa, soalnya ini kan ceritanya dari pemesan, aku sendiri ga tau untuk acara apaan nih*. Ini adalah sebuah kesempatan baru, makanya aku harus mencobanya meskipun harus kerja lembur sampe pagi wkwkwk ;p. Yah…semoga saja nanti yang menerima juga senang dan puas yah ^_^.

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *