Bunga ini kubuat sebagai lanjutan dari kupu-kupu yang kapan hari, yang akan kubuat untuk satu tematik site (foto lengkapnya tunggu setelah semua selesai). Karena agak bosan dengan bunga rose, dan bunga-bunga lain yang pernah kubuat, aku mencoba membuat bunga dahlia. Pertamanya aku ga tau namanya sih hehe…aku cuma search gambar2 bunga yang bagus, salah satunya nemu dahlia ini. So mulai kucoba bikin dahlia yang berwarna sembur kuning-putih-ungu. Untuk bahan claynya, kali ini aku menggunakan PC. Karena PC kan ga akan kering sblm dipanaskan, jadi proses melinting kelopaknya tidak perlu terburu2 :p. Campuran warna yang terjadi belum sempurna, kuningnya terlalu ujung, jadi ketika ditempel kuningnya hanya terlihat sedikit sekali, jadi gradasi kuning-putihnya kurang terlihat. Pencampuran warna ungu ke putihnya juga kurang smooth kesannya hehe, ntar kudu dilatih lagi… Tapi ya, ternyata membuat bunga dari PC ini enak juga, karena claynya tidak lengket jadi antar kelopaknya¬† bisa lebih terlihat layernya. Kalo pakai amos sih memang lebih lengketan, jadi kadang kl ga hati2 kelopaknya jadi kurang terlihat layernya.

Proses pengeringannya aku mencoba menggunakan heat gun. Hmmm…heat gun yg aku punya ternyata cepat sekali panas, sehingga waktu kugunakan pada clay, kelopaknya jadi sedikit gosong karena kelamaan nih :p. Tuhh..terlihat kan bagian yg item kecoklatan hiks… Yahh…namanya juga belajar, ini pertama kali aku nyoba bikin flower pakai PC, jadinya aku mulai paham lagi cara pengeringan PC menggunakan heat gun biar ga cepet gosong. Bicara mengenai bagian yang gosong, akhirnya pelan-pelan aku gunting sehingga yang hitam2 hilang hehe :p.

Percobaan kedua aku menggunakan warna pink tua, orange dan kuning untuk membuat gradasinya. Mestinya nih yaa…mestinya aku ingin bikin dahlia yang bentuknya bulat, yang kelopaknya kaya kumpulan terumpet itu…tapi percobaannya masih gagal. Nah karena waktunya juga mepet (ada batas waktu yg harus kukejar) makanya aku bikin kelopak yang biasa dulu aja deh… Pada foto diatas ini, aku memberi contoh PC yang belum mengering dan yang sudah mengering. Terjadi penuaan warna setelah PCnya kering. Yang belum ku heat gun warnanya lebih muda, mestinya aku suka yang muda, yahh..apa daya warnanya berubah :p. So laen kali kalo mau warna lebih muda mungkin harus mencampur dengan wrn putih kali yaa… Dan belajar dari proses menggunakan heat gun sebelumnya, kali ini aku memanaskannya tidak terlalu lama, sehingga bagian yang gosong udah tidak ada :D.

Setelah kedua bunga ini kering, tinggal menempelkan pada site yang udah kubuat. Nah ini penampakannya sedikit hehe… Untuk sementara cerita mengenai dahlia selesai dulu hehe… besok lanjut ke pembahasan mengenai sulur-sulur yang kubuat.

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *