Jujur aku kurang tau ini mestinya namanya apa ya? hihihi….kalo googling sih kayanya cabochon namanya yah… Antara cabochon or cameo aku masih bingung bedanya wkwk… Ini kebetulan kubikin, sekaliannya pas ada temen yang pingin dibikinin pendant dari clay. Karena aku lagi pingin pake polymer, maka sekalianlah kukeluarkan polymerclay yang kupunya. So, sambil bikin untuk pesanan, aku bikin selingan untuk diriku juga, untuk latian2 bentarlah hehehe…. Latian ini kupaksa untuk kucoba sekarang ini, karena bulan juni mendatang aku ada materi workshop membuat cabochon ginian. Terlihat simple sih mestinya, dan kalo googling buanyakkkk banget kan contoh2nya. Tapi aku jujur tdk mau sekedar mencontoh plek yang udah ada, kl mencontoh sih mudah ya… aku harus melatih diriku untuk berkreasi sendiri. Meskipun pastinya awalnya dimulai dari melihat yang sudah ada (krn aku belum pernah bikin ini, lbh suka bikin figure…biasaaa :D), lama kelamaan kudu dicoba bikin sesuai imajinasi sendiri ^_^. Semakin sering kita bikin2 semakin terlatih tangan dan otak kita. Dan yang pasti kl udah mulai bisa, kita harus melatih otak kita untuk lepas dari contoh dan menciptakan sendiri bentuk yg kita mau.

Jujur, aku sendiri juarangggg banget bikin model ginian, kurang demen soalnya :D. Tapi menarik untuk dipelajari, apalagi untuk workshop temen2 komunitas craftku kayanya materi cabochon yg embroidery ini bs cukup berguna, makanya aku kudu belajar menguasai tekniknya dulu hihihi… Sifat pc sih aku udah cukup tau secara garis besarnya.. tp aku butuh membiasakan tanganku terhadap bahan ini. Dan juga aku perlu mengamati lebih detil sifat2 pc yg kupakai, aku perlu menggali kelebihan dan kekurangannya lagi. Kalo ga gt aku ga bs memaksimalkan hasil yang kubikin. Yang percobaan2 ini juga masih jauh dari sempurna pastinya, tp semakin sering mencoba, memang otak dan tangan semakin terlatih deh…. Aku tdk bs mengharapkan hasil langsung bagus…. namanya juga belajar, ga ada yg instan. Berkali kali aku mengingatkan diriku untuk kembali bersabar dan bersabar, belajar dan belajar, sampai aku tau teknik yang pas, cara yang tepat dan warna yang kuinginkan. Smua butuh proses, semakin matang prosesnya, hasilnya juga makin enak…..*ehhh,kok jadi kaya bikin makanan hihihihi :D*. Untuk bikin cabo yg embroi itu aku nyobain bbrp kali, krn hasil yg pertama2 msh kurang memuaskan.

Setelah bikin bbrp macam, aku nyobain bikin cabo/cameo yg tema imajinasi. Bicara tentang imajinasi pastinya yang muncul pasti fairy2 gt dehhh :D. Aku nyobain yg simple2 dulu, rumah jamur diatasnya duduk peri kecil… mestinya aku pingin belajar bikin roknya doang sih wkwkwk…. Kalau dr polymer ini emang lebih mudah kalo mau bikin baju. Mengaturnya tdk sesulit amos… tapi tetep aku msh belum menemukan klik dengan pc rasanya. Setelah yg rumah jamur aku bikin yg pohon, itu juga perinya agak kekecilan, jd bikinnya kurang bagus, sulit banget bikin bentuk yang terlalu kecil. Oya, untuk badan peri ini aku banyak menggunakan sculpey. Nah kebetulan sculpey yg kupunya cukup empuk, bahkan agak terlalu empuk, jd membentuk yg kecil gitu agak sulit karena mudah terpenyet :p. Cabo peri yang terakhir coba kubikin itu yang moon. Aku bikin peri dengan rok menjuntai. Rok menjuntai ini menyenangkan sekali deh bikinnya :D. Aku pakai premo, bahannya lebih keras dikit dari sculpey, kerasnya pas menurutku. Dengan premo aku cukup cocok. Sculpey bagus jg untuk menambahkan detil2 gt, tp kl butuh yg agak keras aku lbh memilih premo. Oya bikin yg moon itu juga susah wkt bikin wajah perinya, kan kuecillll buanget itu… bikin matanya sampe kudu pake jarum. Itupun aku ga bs terlalu detilkan, karena permukaan sculpey yang agak lunak jd sulit untuk digambar. Mgkn kudu dibake dulu baru digambarin kali yaa…tp udah ga sabaran pingin skalian kasih matanya wkwk, jadi kututul dulu itu bagian matanya sblm di bake :D. Selanjutnya ada lagi yg kubikin hihihi… kulanjut di next chapter deh yaa :D. Terusssss berlatihhhh yukkkkk……

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *