Minggu terakhir di bulan mei sampai pertengahan juni ini aku mempunyai waktu ‘istirahat’ sebentar dari orderan *sengaja nyiapin waktu* :D. Soalnya bbrp wkt lalu udah sempet ngebut dan begadang malem2 demi mendapatkan waktu ini, so kali ini aku ingin ambil waktu untukku bereksperimen lagi dan mencoba2 yang ingin kubuat hehehe…. Kali ini yang kucoba adalah warna2 kulit kepunyaan premo, fimo dan sculpey. Warna kulit sculpey yang kupakai adalah super sculpey beige yang kubeli bbrp tahun lalu (yg sampai sekarang blm berkurang banyak krn jarang dipake latian wkwk), bukan yang sculpey III, dan sculpey bake shop.

Pertama, aku mencoba dahulu supersculpey beige (yang plastikan, karena kotaknya udah rusak kubuang). Dan sculpey bake shop. Sculpey yg bake shop ini kudapat dari temanku saat gathering KSCI di sentul bbrp wkt yang lalu :). Nah..karena aku sukanya bikin figure2 nih ya… so percobaanku kali ini ya berkutat disitu2 dehh… Aku pingin bisa mendapatkan warna kulit yang bagus. Terakhir percobaan, aku masih lupa2 ingat rumusannya, jadi ini latian lagi supaya ga lupa. Warna dari bake shop seperti yang terlihat di kemasan, coklat eksotis warnanya… bold dan berkesan sawo matang. Tekstur bake shop ini empukkkk…. ga atos sama sekali, jadi conditioningnya tdk terlalu memeras tenaga dan membuat tangan merah wkwk… Untuk anak2, mgkn clay ini cocok krn tdk keras dan mudah dibentuk. Contoh dari warna lebih jelas ntar ada difoto selanjutnya, yg ini agak gosong soalnya (eemmm…hehe agak gosong ituuu… ntar aku ceritain kenapa jadi gosong yah..). Lanjut dulu ke yang supersculpey… Supersculpey beige ini warnanya juga agak2 sawo matang, tapi tdk se-bold bake shop. Supersculpey ini agak ada transparannya gt deh rasanya, jd kalo dibuat (sebelum dibake) kulitnya ada kesan translucent gitu kesannya. Dari segi kekerasan, supersculpey memang agak terlihat keras diawal, tapi begitu dipotong sebagian dan diconditioning, claynya cukup mudah diconditioning. Conditioning ini salah satu yg menentukan clay bs lentur or ga nantinya setelah dibake. Untuk proses sculpt, cukup enak lah ya… Hanya sajaaa…. problem dimulai saat baking wkwkwk…. Aku bake pada suhu 130 C, selama 20 menit. Alas kukasih foil, atasnya juga kututup foil (supaya panasnya menyebar lebih rata, kata para pakar hihihi…aku masih pemula jadi manut wae yoo ;p). Pertamanya kubaca dari blog2 luar, dikatakan bahwa baking lebih dari waktu yg dianjurkan tdk apa2, bahkan bs bikin clay semakin lentur katanya. Makanya kucoba lamakan 5 menit, dari waktu yang seharusnya 15mnt (tertera pada kemasan). Tapiiii ternyataaaa….. stlh 20mnt kuangkat dari oven, astagaaaa….clayku pada gosonggg huhuhu…. Ini pertama kalinya aku ngebake dan gosong *sempet bingung juga apa ada yg salah nih*. Aku sempat mengulang bbrp kali, dengan wktnya kukurangi jadi 15mnt, tapi tetep hasilnya gosong. Ini udah agak2 desperate nih…. Mungkin dugaanku nih ya… karena aku bake bidang kecil2 doang, jadinya suhu dan waktu yang biasanya dipake untuk normal size jadi terlalu panas untuk clay2 kecil bikinanku ini. Aku mencoba mengulang 3x sesuai suhu dan waktu yg tertera dikemasan dan masih gosong tuh, khususnya bagian belakang.

Akhirnya aku mengurangi sedikit suhunya, waktu tetap kubikin 15mnt, alas kukasih foil dahulu hasilnya amannnn *fiuhhh lega*. Bbrp ada yg bilang bagus jg dikasih kertas putih, tp dr percobaanku terkadang kl dengan kertas, kertasnya lengket ke clay kl pas claynya mgkn nempel, jd aku udah ga pernah pake kertas lagi deh untuk alas bake. Tp kl teman2 berhasil pakai kertas dan tdk gosong or nempel, ya silahkan aja diteruskan :). Yang difoto atas ini adalah supersculpey beige yg udah dibake. Bagian kiri kubake hanya 10mnt suhu 110-120C, bentuk bola dan bentuk pipih warnanya sama tdk berubah, bagian belakang aman dan tdk menua warnanya. Bagian kanan kubake 15mnt suhu 120C, hasilnya masih aman jg bagian depannya, hanya bentuk yg PIPIH ternyata lbh mudah menua warnanya dibanding bentuk bola, dan bagian belakang keduanya jadi lebih menua lagi (blm masuk tahap gosong). Kapan hari aku bikin dari sculpey ga pernah gosong sih, mgkn karena ya yg kubikin kapan hari tdk sekecil ini ya.. dan dulu aku campur juga dengan premo. Kali ini aku full menggunakan percobaan dari satu brand tanpa kucampur/ kumix. Ah ya… kedua merk sculpey yg warna kulit ini menurutku agak gampang patah meskipun setelah dibake. Aku mencoba membikin lembaran2 yang tdk terlalu tebal, dan ketika kutekuk pada sudut tertentu dia lebih mudah patah :p. Ternyata memang, setelah aku searching beberapa artikel, sculpey ini kelebihannya adalah mudah diconditioning karena cukup empuk, tapi untuk pekerjaan yang butuh detil tipis, sculpey kurang cocok karena rentan patah. Kalo yang bentuk tebal seperti dasar cameo dll kupikir masih cukup aman. Warnanya jg mudah menua kalau suhu terlalu panas. Sekali lagi… sculpey yg kucoba bukan yang sculpey III ya… aku ga punya warna beigenya soalnya hehe…

 

Selanjutnya aku nyobain lagi beberapa kali dengan premo dan fimo juga. Alas masih menggunakan foil langsung menempel di dasar tray. Kuceritain dari yang paling kiri dulu. Itu aku masih nyobain dengan bake shop. Warna coklatnya keliatan bold kan ya…sawo matang gitu hihi… Badan yg besar itu aku bake dengan suhu 130 C selama 15mnt aman, karena mgkn bentuknya besar ya… Tangannya juga aman. Hihi itu aku lagi nyobain bikin tangan yg bisa dibongkar pasang :p. Kalo butuh warna2 sawo matang, bake shop ini warnanya cukup bagus sih… cuma ya itu, kl bentuk yg tipis2 mgkn lebih baik disangga dengan kawat/ bahan lain spy lebih kuat (itu aku pertamanya pingin nyoba nekuk jarinya, tapi takut patah wkwk ya wes kuurungkan niatku untuk mencoba :p). Meskipun lentur rek, tapi tetep aja namanya buatan tangan harus diperlakukan lebih gentle hehe… Nah, yang tengah itu aku pakai premo beige. Kubake di suhu 110-120 C, 30mnt. Warna beige nya ini rada2 semi transparan gt deh kesannya, warna kulitnya jadi ‘misterius’ gitu hihi… cukup suka sih…tapi masih ada yang kurang dikitttt… Kalo suamiku suka yg premo ini… Karena aku pingin kesan translucent di kulit sedikit tersamarkan, aku coba campur dikit ma putih… hasilnya bs kita sesuaikan dengan yg kita mau sih… itu yg warna kulit agak putih belum kubake, setelah dibake biasanya sedikit lebih matang warnanya. Warna yang ini adalah warna yg biasa kupakai pada amos, hampir senada warna kulitnya. Terakhir yg kucoba adalah fimo. Kubake di suhu 110C, 30mnt. Menurutku…warna kulit fimo ini bagus… Diantara warna2 dasar kulit yang kucoba, yg tidak kucampur putih/wrn lain ya, warna dasar kulit fimo paling pas berada ditengah2 :). Tapi sekali lagi, namanya warna kulit ini juga selera yah… dan juga tergantung kebutuhan kita mau bikin yg seperti apa. Kadang ada yg perlu warna coklat matang, ada yg perlu warna putih, ada yg perlu warna krem terang dll. Kalo perlu, jika kita tdk mendapat warna yg kita pingin dari warna dasar yang ada, solusinya ya main mixing warna deh :). Saat ngebake mesti paling deg2an deh, lha kalo udah bikin jadi tiba2 gosongggg….huhuhu bisa rontok ini jantungku rasanya :p. Jadi dari hasil percobaan bikin kecil2 gini, aku ambil kesimpulan mending suhu kukurangi untuk menghindari gosong.

Oya, aku juga nyobain ngebake fimo di suhu 120C. Yah…aslinya sih bukan nyobain ya, tapi ga sengaja nyobain, alias lupa ngeset temperatur stlh baking premo wkwk… Alhasil waktu kukuarin dari oven, wrn kulitnya menua huhu… Dua dikiri (yang lbh gelap) itu yang 120C , yang dikanan itu yang suhu normal 110C–> keduanya kutaruh diatas tray langsung yg dicover foil dulu. Berarti emang kalo suhu terlalu panas, emang warna clay jadi lebih menua, kaya bakin kue aja ya hihihi…. Sekali lagi, catatan kalo ini kepalanya kecil2 sekali ukurannya, jd suhu panas mgkn bs sangat berpengaruh pada hasil warna setelah di bake. Kl bnt2 yg normal, perubahan warna mgkn akan lebih stabil.

Sedikit kesimpulan dan tambahan dari yang kudapat disini:

– Jika ingin menggunakan clay yang empuk, sculpey adalah produk yang cocok. Gunakanlah untuk membikin bentuk2 yg tdk terlalu tipis, krn kalo terlalu tipis sculpey lebih mudah patah dibanding premo dan fimo. Premo dan fimo itu clay yang cukup kuat dan untuk dibikin tipis, clay ini aman. Yah meskipun aman…tapi kalo menggunakan produk pc yang udah dibake tetep harus hati2, karena namanya handmade yah…kalo pakainya gradakan/kebentur sana sini, ya nda menjamin kalo nda bakal protol/sobek. Dan yang pasti, kalau sudah jadi dan dibake matang, lebih baik jangan coba disenggol2 ya 😀

– Warna produk sculpey, premo dan fimo ini bagus2 dan mereka mempunyai karakter masing2 juga. Sementara ini aku memang masih bnyk nyobain premo dan sculpey, kapan2 deh pingin nyobain lagi warna2 fimo.

 

– Nah ini sedikit percobaan baking yang kuulang2 krn aku penasaran dengan yg namanya gosong :p. Sedikit berhati2 saat membake untuk bentuk yang kecil2 dan tipis2. Karena kl terlalu kecil dan tipis, warnanya akan lebih cepat menua dibanding bentuk2 yang berukuran normal. Aku membikin bentuk kecil2 ini lagi pingin nyobain bikin 2D yg tipis soalnya :p. Dan ternyata juga nih ya… untuk mengurangi efek gosong, kita bisa meletakkan pc dengan diganjal aluminium foil (bbrp cm baru clay ditaruh diatasnya)–> jadi tdk lgs menyentuh dasar tatakan, tujuannya adalah, agar pc tdk jadi cepat gosong kalo langsung terkena panas dasar tatakan. Itu yang difoto, aku coba taruh bentuk pipih langsung di tatakan dasar foil yg lgs menempel tray, hasilnya jg coklat tua. Bentuk pipih yang kuganjal foil, wrnnya tetap coklat muda. Yang bentuk lingkaran warna tetap coklat muda meskipun nempel di tray, tp belakangnya yg menempel foil agak tua warnanya. Itu foto yg figure merak juga aku coba lagi, bagian yg dekat dengan dasar tray, mgkn karena panasnya lebih panas, jd lebih menua warnanya, yg kuganjal foil itu sama sekali tdk menua. Bahan menggunakan all premo, bake 110C selama 30mnt. Ini mgkn lebih jelas fotonya setelah kuturunkan dari baki/tray. Warna coklat2 di sayap tipisnya lebih terlihat kan ya? Dan perbandingan warna dari bentuk kecil2 yg kubake untuk percobaan jg bs terlihat kan, wkwk yg lgs nempel di baki warnanya paling bnyk berubah :p. Dannn…untuk percobaan terakhir untuk mengatasi hal ini, terakhir aku mencoba menaruh kembali figure merak biru ini, kubake lagi tapi kali ini kutaruh diatas piring keramik yg kualasi foil juga… Hasilnya…aman sentosa (ga kufoto ya krn hasilnya sama dengan yg ini, tdk ada perubahan warna), tdk ada gosong sama sekali. So mgkn kl yg bikin2 figure kecil/tipis, ada baiknya baking jangan lgs menempel di dasar baki. Coba dikasih space tipis diantara baki dan clay (diganjal foil or terserah kreatifitas masing2 :D), or coba aja pakai keramik (yg dialas foil) sebagai dasar bakenya. Krn keramik tdk menyerap panas sehingga mgkn itu yg tdk bikin claynya gampang gosong.

Stok lama dan stok baru ternyata berpengaruh. Jika kita mendapatkan pc yang keras dan mudah moprol, itu artinya pc yang kita gunakan kemungkinan merupakan stok lama. Diantara sculpey yang kubeli kpn hari, bnyk yg mudah diconditioning, tp ternyata ada juga keras dan moprol sehingga sulit disatukan. Yah, tetep bisa aja sihhh diconditioning, tapi butuh effort lebih.

– Sedikit info tambahan mengenai painting di pc, dari hasil yang kucoba…ternyata kalau kita paint di clay sebelum dibake, setelah dibake cat akan lebih susah dihapus dari pc. Aku nyobain menghapus dengan air, kuusap2 catnya masih aman, kecuali aku gosok2 dengan kuku, barulah catnya bisa mengelupas :p. Kalau ngecat setelah clay dibake, tetep bisa aja sih, tp kl dihapus dengan air bbrp kali lebih cepat hilang.

Mgkn percobaan2 ini masih belum 100% sempurna dan benar, jadi kalo ada kesalahan ntar kita koreksi sama2 yaa ^_^. Oya, ini link yang cukup bagus dan detil membahas soal polymerclay: https://www.facebook.com/TheBlueBottleTree?fref=ts, kalau tertarik belajar lebih bisa browsing disana yaa ^_^. Sekian dulu percobaan kali ini. Aku udah tau mana yang akan kupakai sekarang hihihi…. Next, aku msh akan nyobain terus masalah oven ini (masih penasaran) dan aku akan nyobain bikin figure2 lagi dari polymer ahh :D.

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

2 thoughts on “Percobaan warna kulit dan painting- polymerclay

  1. Untuk ngecat clay ada saran pake cat akrilik merk apa yah? Dan yg gampang di cari di indo.

    Thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *