Nahhhh clay kali ini kubikin untuk acara SWAP II di KSCI. SWAP tahun lalu menyenangkan hihi, jd kali ini aku ikutan lagi :D. Tema swap yg sekarang adalah tentang budaya Indonesia. Jadi apa aja deh yg menyangkut Indonesia boleh dibikin, bisa baju adat, upacara adat, mainan anak, makanan khas Indonesia, dll masih banyak lagiii. Jujur memang bingung nih mau bikin apaan pertamanya. Antara mau tari2an, dolanan anak, atau kegiatan2 khas tiap provinsi. Setelah browsing dan memikir2, aku pilih bikin dolanan anak aja dah. Ga tau kenapa deh yaaa… aku suka sekali dengan apa aja yg ber’bau’ anak2 hihi… rasanya begitu polos n menyenangkan :D. Aku pingin bikin clay yg bisa membantu memperkenalkan budaya indonesia pada anak2. Soo setelah diseleksi dengan sangaaattt ketat *tp masi tetep isa napas kok wkwkwk*, akhirnya kuputuskan bikin dakon aja dah :D. Dakon ini juga dikenal dengan nama congklak di bbrp daerah. Jujur nih yaaa, aku ga terlalu bisa main dakon wkwk.. udah pernah belajar dan pernah bisa, tp kl disuruh main lagi sekarang lupa :p.

 

Gambar dakonnya kusearch di internet krn aku ga punya dakon. Ternyata ada model yg lucu2 juga :D. Nah dakon ini ya, ternyata ada yg jml lubangnya 12, ada yg 16. Ga tau juga apa bedanya, dan kenapa beda :p. Mgkn kpn2 aku kudu tanya2 ma yg jual ya kl pas ketemu hihihi… Yg kubikin ini yg lubangnya ada 16. Biar keliatan agak lebar aja sih, spy pas panjangnya wkt kutaruh disite. Tempat dakonnya kubikin yg model naga. Mestinya macam2 jg, ada yg kepala itik dll. Nuansa tentu aja kubuat warna coklat emas, kesan2 klasik jawa gitu. Naga kupilih krn kesannya biasanya dari dongeng cina. Maksudku disini adalah memadukan nuansa keberagaman dalam 1 frame di clay :). Anaknya2 juga kubuat dari bermacam2 daerah di indonesia. Ada yg dari jawa, bali, kalimantan, dan sulawesi.

 

Jadi ini ceritanya mereka sedang bermain dakon bersama. Nah yg cowok2 lagi rada kebingungan nih, soalnya yg cewek2 sepertinya bakal memenangkan permainan kali ini hihihi… Itu cowok berbaju putih loreng merah khas jawa timur kayanya salah langkah, jadi dia pegangin kepala karena pusing :p. Mulutnya kubikin seperti bilang “aduhh…” hihihi :D. Temennya yg berbaju adat Sulawesi sedang memberi ide tuh, bisik bisikk…kira2 strategi apa yg mereka punya ya? hihi… *salah langkah belum tentu kalah lhoo*

 

Nah kl diliat dari sisi ceweknya, mereka senang tuh soalnya merasa hampir menang hihi.. Meskipun begitu mereka ga mengejek kok.. mereka saling bercanda dengan sopan dan ramah ^_^. Tapi permainan belum usai, jd pemenangnya belum ketauan tuh… Bermain bersama tentunya menyenangkan bukan? Disini ceweknya kubikin berbaju adat Bali dan Kalimantan. Kupilih yg aku cukup hapal krn dl aku pernah bikin edisi indonesia jg wkwk..

 

Dan seperti aturan SWAP I tahun lalu di KSCI, kita harus tambahkan kata2 positif/ membangun pada clay yg kita bikin. Dan karena ini edisi Indonesia jadi kata2nya kudu pake bhs Indonesia dong yaa :D. Hmmm… setelah dipikir2, ada 2 maksud mestinya yg ingin kusampaikan melalui karya ini: Yang pertama adalah kata: JANGAN MENYERAH. Maksudku diawal adalah untuk memberikan semangat sesuai kondisi permainan anak2 tsb (juga untuk kita semua) agar dalam apapun yg kita kerjakan, kita tdk boleh mudah menyerah. Berusaha sampai yg terbaik yg kita bisa. Semisal kalah ataupun tdk berhasil, jadikan aja itu pengalaman yg menjadi batu loncatan, tetap tdk boleh mutung alias ngambek dan ga mau nyobain lagi :). Dan untuk yang menang ga boleh sombong dan mengejek lho yaaa ^_^. Dan pesan kedua adalah (ga kutempel di clay krn kepanjangan :p): INDONESIAKU SATU SELALU, ini juga merupakan doaku untuk bangsa Indonesiaku tercinta. ¬†Jadi di karya ini aku menggambarkan kebersamaan. Kebersamaan yg tulus seperti anak kecil yg berteman dan bermain bersama, tidak saling membedakan. Bahwa apapun warna kulit kita (ada putih, ada coklat, ada kuning dll), apapun bahasa kita, apapun suku dan agama kita, ingatlah kalo kita ini satu bangsa Indonesia. Karena pesan kedua kayanya kepanjangan untuk ditulis, jd aku tulis aja pesan yg pertama untuk ditempel di claynya wkwk… Yak, dan dolanan anak kali ini untuk SWAP II KSCI sudah selesai, siap untuk dikirimkan. Semoga yg menerima suka deh ya ^_^.

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *