Kali ini ada polymerclay baru yang kucoba, selain premo dan fimo. Ah ternyata mulai banyak juga merk2 polymerclay yg masuk ya, nanti kl nemu merk lain lagi mgkn bs dicobain nih. Catatan ini kubuat berdasarkan pengalaman yg kualami wkt bikin2 clay ya. Jadi semisal ada yg nyobain dan hasilnya lain, bisa jadi krn cara kita mencoba jg lain, ga masalah, saling memperkaya aja krn aku jg masih belajar menggunakan Mofa ini :). 

 Hmmm pertama kali tau pc merk Mofa ini adalah dari temanku Ika. Dasar namanya kita juga suka nyobain macam2 merk clay. So akhirnya aku ikutan nyobain Mofa ini. Ini polymerclay dari Cina sih, bahasanya pake bahasa antah berantah aku ga paham wkwkwk…. Ga ada keterangan bake suhu berapa dan kudu berapa lama. Tp berdasarkan info sepertinya bilang bs bake 140-160drjt selama 15-20 menit. Wow…aku bake di 150, cukup panas juga ya, soalnya yg pernah kucoba cuma premo dan fimo itu paling max suhu 130. Pertamanya jujur nih ga yakin juga claynya bagus or ga hahaha, lha ga bs baca2 spesifikasinya jd kaya ga tau apa2 jg nih pas nyobain. Tp namanya jg aku suka percobaan, akhirnya kucobain juga mofa polymerclay ini. Oya, harga Mofa ini ternyata murah meriah banget wkwk.. itu salah satu yg bikin aku kepincut untuk beli n nyobain :p. Biasa namanya juga emak2, kl ada barang yg lebih murah dengan kualitas bagus kenapa tidak dicoba wkwkwk…  

 

Krn kpn hari baru mau nyoba, aku beli yg pack kecil2 itu. Kira2 nih ukuran perbandingan dengan premo seperti yg ada difoto. Itu yg sample pack isi banyak kecil2 blok nya. Kl yg blok2 normal itu 120gr, harganya jg murmer abiz wkwk…. Makanya pikirku sekedar untuk percobaan aja dulu gpp lahhh… Hitung2 modal belajar :D. Aku lebih suka uplek2 dan nyobain sendiri soalnya, kl experimen sendiri rasanya lebih ga gampang lupa hahaha :D. Jadi kita belajar sama2 karena tiap clay seperti biasa sering kubilang, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2. Kl ada kurang, aku akan bilang kurangnya menurutku pribadi, kl memang bagus dan ada kelebihan ya juga kutulis, jd fair ya…  ;).

Nah untuk yg Mofa ini, pertama wkt kucubit untuk kupake… emm KENYALnya enak banget lhooo.. empukkk beneran empuk… TEKSTUR claynya jg halus dan cukup friendly ditekan2. Emm mgkn seperti Scupley gampang diuleni/ diconditioning gt deh. Ga bikin jempol kekar deh pokoknya wkwkwk…. Aku coba ulen2 di tangan sampe agak lama, lama kelamaan jadi enak dipake. Ati2 aja deh, krn aku takut kl kelamaan jd lembek wkwk… Sementara ini sih aku condition mofa masih aman2 aja, entah2 kl nanti suatu saat ada pengalaman lain.

 

Karena dia empuk, kan enak tuh dibentuk2. Aku kepikir ingin bikin satu figure sekalian deh… Nah figure Princess dan Prince itu aku bikin dari Mofa ini hihihi… Ntar boleh dilihat lagi catatanku tentang Princess yg kubikin kapan hari… Princess dan Prince nya udah jadi sih… tapi itu base dasarnya belum kubikin, rencana masih mau kubikin seperti di taman gt. Aku crita dikit pengalaman wkt bikin princess dengan mofa ini ya… Itu bikin body dan kepala seperti biasa. Matanya aku coba pakai cat air. Jadi aku coba bake dulu wkt itu baru coba kucat. Biasanya bisa dicat dulu baru dibake jg ga masalah sih. Cuma krn aku mau nyobain pake tinta dan cat, aku bake dulu aja kepalanya biar aman. Aku coba bake di 150 drjt. Pertamanya takut gosong, ternyata emang ga gosong sih. Baunya agak sedikit lebih ga enak kl dibanding premo. Tp krn oven kutaruh juga diluar ruang jd ga masalah juga sih… kemarin cuma sempet nyobain mencium baunya sebentar wkwk, penasaran aja :p. Nah wkt kulukis dengan CAT AKRILIK, ternyataaa ketika ada kesalahan… itu catnya lebih sulit dihapus. Ada yg kucoba pakai TINTA ternyata di aceton juga tetep susah ilang wkwk… Bisa sih bisaa, tp perlu usaha menggosok2 yg lebih rasanya :D. Ini ada contoh, kukasih cat hitam dan coba kuhapus biasa… masih ada keliatan noda sedikit kan, itu harus dihapus bbrp kali baru bs agak2 bersih, kl dengan tinta malah lebih sulit hihi… Jadi kl mau pakai cat/ tinta kudu hati2. Soalnya tekstur claynya setelah dibake..emm… apa ya.. agak kesat2 gt, ga selicin pc biasanya. So, soal cat kesimpulannya kita harus hati2 aja ya kl bikin mata apalagi kl cat hitam :). Tp kelebihannya, itu yg kuoles cat sempat kurendam hampir seharian di air, kugosok2 cukup aman ga ilang. Tp kl digosok keras mgkn ya bakal hilang spt contoh foto. CATATAN: wkt itu cat kuoles setelah clay dibake. Blm kucoba ngecat sebelum clay di bake. Krn kl di premo, aku kadang ngecat dulu baru bake dan catnya jadi lebih ga gampang luntur kayanya. Tentang cat masih sampai sini percobaannya.

 

Nah kalau soal nempel, selama claynya masih blm dibake itu gampang sekali menempel dan kalo udah dibake nempelnya kuat banget deh… Soal KELENTURAN… nah ini dia salah satu yg bikin aku amazed banget, sungguhan amazed. Ituuuu….biasa pc kan emang bermasalah dengan patah ya kl untuk yg detil2, aku aja kadang masih suka deg2an kl bikin yg tipis2 gitu dari premo/ fimo. Kadang kl bake kurang lama or condition kurang, lebih mudah patah walo tdk selalu (kadang ada yg kuat beneran juga), dan kadang belum lagi kl semisal produknya udah lama kualitas menurun, kadang kurang bs diprediksi juga. Nah yg mofa ini aku sampe heran, kutekuk, kupenyet, yg lembaran itu jg kulipat 180drjt… ehhh… dia masih aman melambai2 ga patah ituuu *bengong sendiri lho aku beneran, n asliii… kegirangannnnn…* Itu di foto aku coba bikin tali tipis kan, seukuran yg bisa kubikin untuk detil rambut. Kuremet2, kutekuk2, diuyel2 dah, tp dia selamat tuh ga patah. Kalau ditarik gt ada seperti melar2 dikit. Girang bener ini nemu clay yg lentur buanget. Itu kalo dilipet ya ada garis putihnya gt, tapi dia ga patah n ga cracking asal di uleni dulu ya diawal. Tetep ulen2 penting, aku udah nyobain yg lgs kubake sebelum diuleni, emang masih lentur sih ga lgs patah, tp beberapa kali tekuk lgs patah dia. Yg udah diuleni kl ditekuk bbrp kali masih aman, tp ya jangan dicoba berulang kali kl misalnya udah jadi boneka yaaa eman2. Ini kan aku nyobainnya bentuk lembaran yg emang kubikin untuk percobaan wkwkwk…

Kayanya nih ya… dugaanku hasil dari sekedar mengamati tekstur, bau dan hasil setelah dibake, sepertinya ada kandungan rubber/ karet di dalamnya. Jd mgkn bkn sekedar plastik, ada tambahan yg spt karet itu yg bikin claynya bs aman kl ditekuk n dilempar jatuh. Ini masih prediksiku ya, soalnya aku ga bs bahasa mandarin, jd ga tau keterangannya apa ttg mofa hiks… Itu tuhh… yg Princess ini kan kubikin dari mofa, kujatuhin lho, beneran kulempar kujatuhin wkwk *agak deg2an juga sih takut patah*. Tapi berhubung ini adalah clayku sendiri dan kalo patah aku bisa benerin, ya ga ada salahnya dicoba, sekalian ngecek kualitasnya :D. Kl bikinan orang jangan asal dibanting2 ya wkwk… Dan itu princess setelah kujatuhkan juga aman tdk ada yg lepas/ protol, emm… tau ga sih seperti apa perasaankuuu, senang bukan kepalanggg… Sementara iniiii yaaa… aku amazed dengan Mofa ini hihihi, sukaaa banget dengan lenturnya ituuu… So sedikit kesimpulan dr Mofa ini kendala yg kadang kudapati adalah kalo ngecat/ gambar mata lukis kudu ati2 jangan salah bnyk krn nodanya lbh susah ilang, bau lebih tajam dikit wkt bake, agak sulit dapatnya dan variasi warna blm ada yg pearl/glitter :p. Kelebihan yg kurasakan adalah lenturnya itu bikin kesengsem jadi ga mudah patah (ga mudah patah bukan ga bs patah ya, jgn terlalu dicoba2 kl udah jadi figure deh), empuk enak diconditioning, bs menempel dengan kuat. CATATAN: aku bake dlm suhu 150drjt 15-20mnt. Wkwk sekali lagi ini masih percobaan yaa, dan sementara ini sih puas. Itu sedikit kelebihan dan kekurangan yg aku dapat selama mencoba. Untuk bake tetep hati2 aja jgn lgs terhirup udaranya, lebih baik taruh di tempat yg sirkulasi udara bs berganti. Nanti semisal aku ada menemukan lagi sifat2 yg lainnya aku akan update tulisan ini. Maklum ini baru dapet mofa bbrp hari dan lgs kucoba wkwk… Oya satuuu lagiiii… Tetep yaaa karena ini barang HANDMADE, tetaplah diperlakukan dengan baik dan tidak geradakan. Meskipun lentur tapi ya jangan dicoba2 terus, kl patah ga ada yg nanggung ya… Aku hanya bilang sifatnya lentur, tp ga menjamin dia ga akan patah or lepas kl diperlakukan dengan sembarangan.

Ini kutulis sebagai informasi aja :D. Kupikir yg aku tahu hanya kato, cernit, fimo, premo, sculpey, dan clay2 semacamnya (kato dan cernit belum nyobain, tp kira2nya mirip2 dengan pc biasa sepertinya). Ternyata emang masih luas yg aku belum tau *hembus nafas*, ini yg aku sukaaa… teruss aja ada hal baru yg bs dipelajari. Kalo mau dicari mgkn masih bnyk clay jenis lainnya yg beraneka ragam sifat dan karakternya. Semoga bs menemukan lagi clay2 yg cocok ditanganku hihihi… Semoga infonya berguna buat temen2 ya :). Semisal nanti ada perkembangan ato ada tulisanku yg salah, pasti akan kuralat lagi, krn ini hny percobaan awal :). Happy claying always…. *bermain clay emang menyenangkan, ga pernah ada matinya wkwk*.

 

Nah ini Prince dan Princessnya udah bisa digabungin wkwk.. Tp mestinya ini bukan tatakannya yg bener, aku blm sempat selesaikan bikin tatakannya :p. Jadi sementara difoto dulu di tatakan yg ada wkwk, belum kutempel itu, jd nanti kl tatakan yg bener udah dibikin baru akan kutempel :D. Figurenya semua dari mofa, kecuali sayapnya dari fimo liquid.

CATATAN TAMBAHAN:
16 April 2016. Jadi ini sekedar percobaan baru yg kuupdate lagi. Krn mofa putihku udah hampir habis wkwk *dicobain mulu sih :p*, akhirnya aku coba2 iseng nyampur mofa dan premo. Mestinya suhu bake premo 130 dan mofa kubake 150drjt. Tp iseng kucoba campur, dan hasilnya aman (nanti foto akan kususulkan). Aku sempat mencoba juga dengan fimo, tp kl dengan fimo aku hanya coba sedikit aja. Perbedaan suhu bake antara fimo dan mofa mestinya jauh ya, aku kuatir gosong sih fimonya krn hrs bake mofa disuhu 150drjt. Tapi ternyata, aku coba campur wrn putih fimo dan mofa dan… hasilnya aman juga tuh.. asal perbandingan mofanya lbh bnyk ya. Kl mofanya lebih dikit hasilnya agak sedikit menguning alias sedikit burning, premo lebih aman karena suhu bakenya kan 130drjt. Hasilnya campuran membuat pc lain (premo n fimo) jd lebih lentur. So, sementara ini krn mofa putihku habis aku campur dikit2 dengan premo untuk bikin figure2. Nah disini sedikit kendala adalah… untuk pc yg minyaknya cukup bnyk atau diawal udah cukup empuk, kl dicampur mofa akan membuat kenyalnya mofa jadi terasa lembek kl kelamaan di uleni/ diconditioning. Waktu aku coba bikin figure dengan premo dan mofa inipun, lembeknya kadang masih terasa dikit2, tp kl pas premonya ga banyak minyak, itu akan membuat mofa jadi lebih liat dikit. Tp sekali lagi tingkat kenyal (LEMBEK/ LIAT) ini sendiri juga tergantung PERSEPSI masing2 yaa… Kadang yg kuanggap liat blm tentu liat untuk org lain, so untuk lebih pastinya, mending dicoba masing2 deh :D. Kl ada yg ga mau campur2 ya silahkan aja, ini hanya percobaanku aja 🙂 (dasar akunya suka pingin tau sih wkwkwk). Yg penting hasilnya sih tetep lentur sekali setelah di bake. Menambah lentur premo yg emang udah cukup lentur jk dicondition dan dibake dengan benar. Yak ini sedikit tambahan. Nanti kl ada lagi akan kutambahkan ulang ya :).

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

6 thoughts on “Belajar mengenal Polymerclay Mofa

  1. Salam kenal sis… Nama sy eko sulistianto dari mofa clay.. Terima kasih atas ulasan di atas. Senang Rasanya jika produk kami dapat diterima dengan baik oleh taman2 komunitas. Jika ada pertanyaan tentang mofa clay dapat ke no. 081318608570. dengan senang hati kami Akan menjawab nya. Sekali lg terimakasih atas ulasannya. Tetap semangat dan lets play with clay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *