Nah, setelah clairy yang kemarin selesai kubikin, seperti yang kuceritakan kapan hari, kali ini aku membuat kolamnya :). Aku pingin mencoba bikin kolam dengan ukuran lebih besar. Benernya sih aku penasaran dengan resin beningnya. Aku pernah beli resin epoxy, mungkin karena lama ga kupakai hasilnya jadi kuning hiks… sedikit sebel sih rasanya, soalnya itu masih banyak resinnya :'(. Dan kali ini, untuk pengisi airnya aku ingin mencoba pakai magical water yang dulu juga pernah kubeli. Kalau magical water ini untungnya hasilnya warnanya tetep bs clear bening. Hihihi.. itu sedikit pengantar tentang experimen yg benernya pingin kucoba :D. Balik ke cerita tentang kolam, pertama aku bikin base dasarnya dari foil lagi. Setelah itu aku lapis dengan polymerclay, aku pakai mofa dan clay cina yang harganya lebih murah, krn pakainya banyak jd cukup irit di harga bahan. Yang kubikin pastinya sekeliling kolamnya dulu, kuberi batu2an warna coklat ke abu2an dikit. Biyuhhh… ternyata cukup menghabiskan clay banyak XD. Setelah pinggirnya selesai, aku bikin bagian dasar kolamnya. Kemudian posisi clairy mulai kuatur dan kusiapkan tempatnya. Baru setelahnya aku mulai isi pinggir2 kolam dengan aneka tanaman hias. Errr… yang bikin agak lama disini adalah membikin tanamannya… Aku bingungggg… wkwk ga tau ada tanaman apa aja yg cocok. Yg aku tau hny kalo dikolam ntar mau kukasih lotus gt sih. Akhirnya aku googling tanaman apa aja kira2 yg ada di taman wkwkwk… Yah meskipun aku ga tau nama2nya, setidaknya bentuknya bs kubikin mirip2. Susah bener bikin supaya pinggir kolamnya terlihat agak penuh. Pertamanya kosong banget bingung mau bikin apaan :p. Yang difoto itu udah penuh wkwk, itu ada space kosong tempat nanti pond clairy ditaruh.

Ini aku zoom beberapa bagiannya ya… Di kolam itu selain tanaman, tentu aja aku ingin kasih beberapa hewan2 yg ada di kolam. Yang pasti ikan dan kodok wkwk… Nah waktu cerita2 dengan temanku, ika memberi ide untuk membuat capung (aku udah cerita di bagian 1). Menarik juga tuh kalo bikin capung, blm pernah bikin jadi pingin nyobain :D. Dann… inilah capung kecil yang coba kubikin wkwk… ga bs terlalu detil nih :p. Sayapnya kecil bener, itu nempelnya kudu pakai pinset hihihi… Aku coba kasih tulangan hitam tipisss… Hmm..jadi pingin nyobain beli kaca pembesar yg buat bikin mini2. Ada yg udah pernah nyoba kah? hihi penasaran aja, mgkn bs membantu banget ya untuk bikin detil2 :).

Selain capung tentu aja ada ikan dan kodok. Bikin kodoknya pertamanya cukup bingung wkwk, kudu hunting gambar kodok beneran baru bisa nyobain bikin claynya :D. Untuk ikan ga terlalu sulit sih, cuma kudu pelan2 aja wkt melukis motif/warna sisiknya. Ikannya kutempelkan di kolam dulu. Setelah itu baru airnya dituang :D. Bikin airnya ini asli deg2an. Soalnya aku pernah nyobain bikin gagal, bbrp hari tdk bs mengeras tuh. Ini memang ga sekeras resin sih, tp yg kpn hari kubuat ada yg ga bs kering pdhl udah kucampur antara 2 bahan dengan perbandingan 1:1. Makanya deg2an kan, lha kalo udah dituang dan ternyata gagal hiks bisa nangis akuuu… Tapiii…untunglah pengisian air untuk kolamnya berhasillll…. yeayyy seneng banget :D. Untuk air kolam, aku mencoba ga bikin yg terlalu tenang. Aku ingin mencoba bikin gelombang2 air gt, jd kesannya kolamnya tdk terlalu ‘datar’ airnya. Tp belum terlalu berhasil bikin gelombangnya wkwk, yo wes lah yg penting airnya bs kering kl ini :D. Itu capungnya kutempel agak melayang hihihi..

Setelah airnya mulai agak mengering, aku menempelkan bunga lotus dan daun hatinya diatas kolam. Pada daunnya kuberi sedikit titik2 air ^_^. Terlihatkah? Di dasar kolam juga kuberi pasir2 kecil gt, dari clay juga sih itu :).

Nah setelah kolam dan hiasannya selesai semua dibuat, aku tambahkan tiang gantungan untuk menggantung tetesan kristal air dan cermin air bulat. Hihihihi, manik2nya kuberi nama kristal air krn bentuknya mirip2 kristal snowflakes gt. Beli saat ada disc cukup gedhe wkwk…kebetulan warnanya mutiara spt swarov, suka bening n shiny. Di foto ini aku pakai yg mirip tetesan kristal air. Ahhh… itu diatas tiang emasnya ada capung kecil yang sedang hinggap :). Jadi ceritanya disini, peri kolam ini sedang menunggu tetesan air pertama yang jatuh dari kristalnya, sambil melihat capung kecil yang diatas tiang. Peri kolam ini tentunya bersahabat dengan hewan di sekeliling kolam ya. Dia juga merawat tanaman kolam sehingga bs hijau dan subur. Hihihi, seneng banget deh wkt bikin ini :D. Oya, ukuran pond clairy ini cukup besar. Kolamnya setapak tangan, panjang kurleb hampir 20cm ternyata *baru sadar setelah mencoba ukur dgn penggaris :p*.

Kalo yang ini aku mengganti tetesan kristalnya menjadi cermin air hihihii…. Lucu ya, aku suka ma bandulnya nih wkwk… untung wkt itu beli pas sale. Jadi kalo dari cermin air ini ceritanya sang peri kolam bisa melihat yang terjadi sehubungan dengan kolam tempat tinggalnya. Hehe namanya juga berimajinasi yaa, seneng banget deh aku bisa menyelesaikan bikin pond clairy ini. Semoga kpn2 bisa bikin model lainnya :D.

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *