007Sudah sekian lamaaa aku ga pernah mainan resin. Gara2 dulu pernah beli nih resin yg Easy Cast, tapi ternyata setelah kusimpan sekian lama bahan resin cairnya menguning. Di instruksinya kan ga ada keterangan tuh harus segera dipakai atau tidak boleh disimpan kelamaan, jadi aku ga tau. Karena waktu itu masih minim pengetahuan tentang resin, apalagi blm banyak tutorial spt youtube dll, jadi resinnya waktu itu sempat kupakai sedikit dan sisanya yang masih buanyakkkk itu kusimpan… Ehhh…setelah beberapa tahun aku mau coba pakai, eaaa warna resinnya udah kuningggg… Huaaa nangis bombayyy dwehhh..alamat resinnya ga bisa dipakai donggg.. Hasilnya bening sihhh, tapi ya kuning itu huhuhu… Ini percobaanku bbrp tahun lalu, aku lupa tepatnya sih, tapi wkt itu resin masih blm bnyk dikombinasi dengan clay.

006Nah wkt itu sempat krn sekedar ingin mencoba apakah clay kl di taruh di dalam resin rusak atau tidak, makanya wkt itu aku memakai sculpey dan premo untuk bikin figure simple ini, dan coba kutuang resin diatasnya. Ini caranya masih ngawur2an alias asal2an wkwk.. Resinnya memang agak kuning tapi hasilnya keras setelah didiamkan beberapa jam. Pinggirannya itu masih tajam2, belum sempat ku haluskan dari dulu wkwk… Dibelakang resinnya kutambahkan DAS clay putih waktu itu. Setelah percobaan sekali ini, resinnya masuk lemari lagi sampai lamaaaa aku ga pernah pakai wkwk… Rencana pingin nyobain beli resin lagi yang brand lain, tapi masih agak parno kalo hasilnya menguning lagi. Ternyata setelah aku buka2 youtube tentang resin, memang disebutkan bahwa sebaiknya setelah dibuka resin segera dipakai. Dan seorang temanku yang pandai kimia juga menjelaskan katanya resin jenis epoxy memang bisa menguning kalau kelamaan. So kalau mau beli resin, tolong diperhatikan dan dicek dulu, apakah resin cairnya sudah menguning atau belum. Kalau agak kuning, mending jangan dibeli deh…

IMG_20171112_213606Selain Easy Cast, dulu aku juga sempat beli Magical Water ini. Entah sekarang masih ada atau tidak wkwk… Aku dulu belinya hampir bersamaan. Beda antara Magical Water dan Easy Cast adalah di hasilnya setelah kering. Easy Cast kan mengeras tuh, sedangkan Magical Water ini hasilnya empuk2 gitu deh. Mirip jely bening malah kalau kataku. Nah kalau yang magic water ini meskipun kusimpan lamaa, tidak menguning seperti easy cast. Kadang untuk bikin kolam2 aku masih pakai resin Magic Water ini, tapi kalau butuh untuk jewelry gitu ga bisa deh pakai ini, ntar kegores dikit langsung gumpil itu resinnya wkwk… Karena aku juga jarang bikin kolam2, makanya resin ini juga tidak terlalu sering kupakai sih. Kalau dibilang bening sih, memang bening dan oke kok bahan ini :). Bahannya tidak berbau tajam. Cara pengeringannya juga hanya cukup diangin2 beberapa saat. Nantinya cairan ini akan mengeras dengan sendirinya. Dulu sempat bikin percobaan2 dengan cairan ini, tapi sayang hasilnya udah pada kubuang semua sepertinya.

 

IMG_8167Nah seperti yang kita udah tau juga mungkin ya, sekarang ini resin dan clay mulai booming lagi. Aku sempat tergoda ingin mencoba resin lagi, tapi karena kesibukan yang masih penuh aku blm bisa mencoba terus. Mau mulai beli resin lagi kok males. Masih mencari resin yang cocok. Aku maunya yang praktis, kalau resin lokal katanya murah sih tapi baunya menyengat sekali, dan panas ketika dituang. Jadi aku mencoba mencari yang import tapi bukan yang jenis epoxy. Kebetulan ternyata ada sebuah toko online yang kulihat menjual resin import yang bening dengan harga yang cukup terjangkau, alias ga kemahalan hihihi… Akirnya kucobain beli deh, sekedar pingin nyoba lagi. Resin yang kubeli ini tetap harus mencampur takaran2 gitu sih…. Dannn…ketika resinnya datang, aku langsung pingin mainan hihi.. Aku baru nyobain resin lagi dipertengahan tahun ini. Sambil nyobain resin import dari sebuah toko online, aku juga nyobain lagi resin Easy Castku yang sudah tertidur bbrp lama di lemari wkwk… Ini adalah hasil percobaan2ku…yang gagal… hiks hiks… Gagalnya dimana, ini aku ceritain yaa…

IMG_8170lIni hasil dari Easy Cast yang kucoba setelah sekian lama, ternyata mungkin kualitas resinnya makin menurun yah. Aku sempat nyetak resinnya di molding, tapi ternyata hasilnya setelah kering malah agak lengket2 dan lentur. Beberapa malah gagal. Padahal takaran yang kupakai masih sama seperti dahulu perbandingannya. Ini salah satu yang selamat dan bisa mengering. Tapiii, wkwk lihat itu yang kuberi glitter gold, jadinya malah bisa ditekuk2 :p. Jangan tanya aku ya rumusannya seperti apa untuk bikin resin yang bisa ditekuk, krn aku kl disuruh mengulang mungkin aku juga ga bisa wkwkwk…. Ini hanya kebetulan sekali ini aja XD. Hasilnya meskipun gagal tetap kusimpan sih, untuk proses pembelajaran wkwk….

 

IMG_20171112_213538Kalau yang ini aku pakai resin impor yang kubeli dari toko online. Resin impor ini juga harus pakai takaran. Yaitu mencampur bahan A dan bahan B. Ini aku sudah mencampur bahan A dan B sesuai ketentuan. Entah kenapa kok tapi hasilnya tidak sesuai harapanku yaaa hiks hiksss… Mungkin aku tidak berjodoh dengan yang namanya campur mencampur :'(. Beberapa yang kucetak memang bisa mengering sih, tapi lebih banyak hasil yang tdk mengeras. Apalagi kalau dicampur pewarna, entah hasilnya gatot semua alias ga bs kering n keras sempurna. Aku sampai heran, apa  toh ya, yang bikin ini resin bisa mengeras atau tidak bisa mengeras. Dimana kesalahanku aku jg ga tau wkwk lha aku udah pakai takaran yang ditentukan :p.

IMG_8168lSalah satu contohnya coba lihat gambar disamping. Wkwk ini hasil kebetulan yang tercipta. Aku mencetak ini di mold plastik. Kutunggu 2 minggu lhooo itu resinnya tdk kering2. Sempat kutambahkan resin warna biru dan putih, itu terlihat kan di foto. Yang lucu hasil dari campuran warnanya malah jadi unik tuh, bisa gari2 gt, ga menyatu wkwk… Berkat kesalahan, resinnya kok tampak cantik ya malahan hihi… Akhirnya karena ga sabar, terpaksa ini kucungkil dari molding. Dan alhasil moldingku jadi agak rusak hiks… karena resin ini seperti setengah keras tapi tdk mengeras juga. Masa harus menunggu sebulan @_@. Setelah kucungkil dari molding, bagian yang masih agak basah2 kulapis uv resin daiso yang kebetulan kubeli akhir tahun lalu ketika ke jpn. Itu bagian tengahnya kasar dan jeglong (ada lubang kecil di tengah). Bagian yang jeglong itu disebabkan karena cairan resinnya tidak kering dan kutarik paksa. Tapi yah karena malah terlihat unik aku jadi senang juga hihi… Setelah kulapis beberapa lapisan, akhirnya bagian yang lengket2 tertutup semua deh, dan ini sekarang udah aman resinnya kusimpan :D.

IMG_8171lSelain itu, aku nyobain lagi bikin figure 2D dan kutaruh lagi didalam clay. Ini juga masih banyak kesalahan yang kubuat. Itu masih ada bubble…bubble… dimana2 wkwk… Ahhh kurang bagus yak, tp gpp namanya juga nyobain dulu, trial error nih hiks.

IMG_20171112_213447Ini nih resin uv yang kubeli di daiso jpn.. Lumayan lho kalau pakai uv resin ini, tinggal tuang aja tanpa perlu mencampur2. Dan keringin dibawah matahari, jadi deh :D. Hasilnya keras dan bening. Tanpa ribet campur mencampur, udah pasti keringnya :p. Kekurangannya hanya ukurannya mungilll… dipake dikit udah langsung abis huhu…

IMG_20171112_213506Karena kasus gagal melulu dengan resin yang campur mencampur, akhirnya aku mencoba berpaling dahulu ke uv resin wkwk… Aku mencoba membeli produk satu ini. Kalau yang ini isinya pasti lebih banyak dong dari yang di daiso itu. Dann..gara2 resin ini nihhhh, aku jadi ga bs konsentrasi untuk bikin orderan wkwk… Setelah resin ini datang, aku menahan diri untuk ga nyobain dan ga mainan dulu. Maksudku nyelesaiin dulu satu pesanan teman. Tapiii godaan oh godaannn…pikiranku ga mau kerjasama nih… Maappp terpaksa orderdan kutinggal sejenak. Aku perlu memuaskan rasa penasaranku dulu, daripada kerjaan dibikin tapi ga bisa konsentrasi wkwk… Iya tuh, aku kalo udah penasaran udah ga bisa di stop rasanya hihi… Kudu puas nyobain dulu, baru lega :p. So selama beberapa minggu aku belajar lagi untuk memakai resin ini. Seperti bagaimana mengurangi bubble2, bagaimana mencampur warna2 resin, bagaimana membuat hasil yang matte supaya bisa terlihat glossy lagi. Resin ini agak sedikit berbau, jadi jika menggunakan resin ini lebih baik coba gunakan masker dan buka jendela supaya udara berganti. Jangan lupa juga sarung tangan supaya tangan tidak terlalu kotor terkena lelehan resin/ cat. Wah menyenangkan sekali rasanyaaaa… Aku main2 juga dengan glitter2 yang kupunya. Hasil dari coba2 akan kupost setelah ini ya hehe…

Link selanjutnya adalah tentang Baby Mermaid ^_^:

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *