004lEmmm aku lagi membutuhkan sedikit waktu untuk berlatih membuat sesuatu yang detil dengan teknik yang belum pernah kucoba. Hihi short escape sebentar dari pesanan2 yang ada, biar ga boring dan bisa jaga mood, jadi aku memutuskan untuk mencoba membuat figure yang agak besar dengan memakai tulangan armature. Jadi bagi yang belum tau apa itu armature, itu adalah dasar tulangan yang dibuat sebelum dilapis clay di atasnya untuk nantinya dihaluskan dan dibentuk menjadi keseluruhan figure clay. Aku sendiri udah tau lama tentang teknik ini, duluuu udah pernah nyobain juga, tp jujur aku kurang suka karena bagiku malah tambah lama kl bikin dengan kawat2 yang dilapis foil. Apalagi itu foil kan kasar teksturnya, kl dilapis clay diatasnya seringnya harus bolak balik ditumpuk dihaluskan, ditumpuk lagi dihaluskan lagi, sampai bisa mencapai bentuk dan kehalusan clay yang diinginkan. Entah ini apa pengaruh claynya yang susah or gimana, tp buatku malah memakan waktu lama wkwk (or akunya yang belom bisa dan belon biasa kale hihi :p). Biasanya sih aku membentuk langsung dengan clay. Tulangan tetep kukasih dong, tapi terpisah2 dan tidak langsung menjadi satu kesatuan seperti kalo kita membuat armature. Supaya lebih paham, ini kukasih foto kawat awal yang kubentuk. Hihi pertamanya aku pingin bikin step by stepnya hingga jadi figure utuh sih, tapi karena prosesnya ribet banget kalo harus video dan foto2 jadi aku skip. Bayangin lagi bikin ini trus kudu open video, matikan lagi, bikin lagi open video or kamera lagi…biyuhhh selak moodnya ilang wkwk, apalagi aku kl lagi bikin dan moodnya lagi kuar males disetop bolak balik, keculai memang dari awal udah diniatin bikin video sih :p. Ntar lah kapan2 ya videonya, pas aku bikin yg lain hihi..ini masih percobaan juga soalnya.

007lSetelah tulangan kawatnya dibetuk, dilapis foil dulu dibeberapa bagian. Ga usah terlalu tebal krn nanti akan dibalut clay lagi, kl foilnya kebanyakan malah lebih sulit halus dan claynya jadi tambah tebel. Nempelin foilnya aja butuh waktu supaya bisa kenceng nempelnya. Kadang aku tambahkan lem supaya ga lepas2 tuh. Hihi waktu bikin armature ini aku masih niat pingin bikin video n foto2. Tapi setelah mulai ngelapis dengan claynya, aduhhh…mood untuk buka tutup handycam langsung lenyap hahaha… Lebih konsen ke ngelapis claynya, jadi males nyalain cam deh :p. Jadi kuceritain aja ya hihi… Salah satu kelebihan dari bikin armature ini kita jadi bisa dapat rangka figure yang akan kita buat sebesar apa, dan pastinya akan lebih kuat menyatukan tiap sambungan, seperti tangan ke badan, kaki ke badan dsb. Lebih kokohlah tepatnya, apalagi dengan tambahan foil jadi sambungan kaki dan tangan kebadan jadi lebih mantap. Kelebihan lainnya adalah clay yang kita pakai jadi sedikit lebih irit, karena body dasarnya udah dari foil. Kalo aku memang biasanya menempelkan kaki dan tangan¬† kebadan tetap pakai kawat juga, kawatnya kubikin nembus ke badan, kalau kataku sih tetap bisa kuat ya, cuma memang semakin besar figure yang dibuat rasanya armature akan semakin berguna deh. Kalo aku kan biasa bikin kecil2 juga tuh, kl bentuk kecil2 pake teknik begini duh bisa keburu pingsan aku XD.

IMG_20180729_173454lSingkat cerita, melapis dan melapis menjadi body utuh rasanya aku ga sempat foto krn udah keburu konsen ma claynya :p. Biasanya aku kan bikin wajahnya dulu, tp karena pake armature ini aku sangat terbantu untuk membentuk proporsi yang pas, jadi aku bisa bikin mulai dari badan dan kakinya dahulu. Oya untuk referensi gambar hikaru ini aku ambil googling dari cover buku entah versi yang mana, pokoknya gambarnya bagus sih jadi aku pingin nyoba bikin. Ini setelah body dasar selesai aku bikin bagian pinggang kebawah dulu. Jadi aku bikin rok merah, emmm kaos kaki putih?? wkwk entah gimana nyebutnya :p, dan bagian sepatulah pokoknya :D. Yang digambar tidak terlalu jelas juga sih aku dapatnya, jadi bbrp detail mungkin aku ngarang sebisa mataku nangkap. Itu bagian kain merah2nya aku juga agak bingung awalnya gimana cara bikinnya. Yah akhirnya dicoba2 aja deh, pokoknya kaya ada kain merahnyga gitu. Nantinya sih ini akan tertutup dengan rok putih panjangnya. Pertamanya mau kubikin tidak usah terlalu detil, tapi nanggung juga, bagian belakangnya yang aku ga terlalu detil wkwkwk, soalnya ketutupan dengan rok putih panjangnya sih. Sama aja ga keliatan :p.

016lIni mulai naik bikinnya hihi… Aku bikin baju atasnya sekalian bikin rimple rok putihnya. Salah satu tantangan terberat adalah bikin rok putihnya ini nihhhh… Jujur ya awalnya aku mau pakai airdry aja untuk bikin rok putihnya. Jauh lebih mudah pakai amos saat bikin rok ginian. Aku pernah bikin Umi Magic Knight juga kan dulu, itu pakai airdry prosesnya lebih ga ribet. Kalau mau tau nih, untuk menghasilkan rok putih yang berkibar itu perlu waktu seharian wkwk. Karena aku memutuskan menggunakan polymer clay kan, itu clay harus diuleni dulu. Yang pernah pakai polymer clay pasti tau gimana rasanya nguleni/ conditioning awal, bikin tangan dan jari jadi gempal hahaha… Aku pakai mofa, fimo, premo. Mofa kupakai supaya claynya ga gampang moprol dan patah. Asli kalo beginian mofa top untuk campuran spy clay lbh lentur. Ini aja masih sempat bbrp kali ada yg robek setelah dibake, karena aku ga sabar buru2 ngangkat claynya begitu selesai dioven. Jadi ya, setelah selesai dioven ada baiknya clay dibiarkan dulu sampai agak dingin baru kita angkat, karena kl langsung diangkat bbrp partnya masih ugil2 (apa tuh istilah indonesianya :p). Kalo ada yg robek ya terpaksa dilem dengan liquid clay dan kulapis pc putih lagi deh. Satu lagi nih tantangan bikin rok mengembang pakai pc, ini kan figure besar, 20cm, aku ga bisa bake dlm posisi berdiri, harus ditidurin, nah gmn coba kl ditidurin rimplenya kan bisa rusak. Muterrrrr mikir gimana biar efek mengembangnya bs tetep bagus, akhirnya terpaksa lembaran pc tdk bisa kubuat terlalu tipis. Sehingga clay putih yg kupunya habis 1 kotak lebih sodara2 wkwk… Apapun deh, demi hasil yang bagus ya tetep dijalani aja, akhirnya berhasil juga sih bikin rok mengembangnya ini dan kubake dlm posisi tidur :p. Sedikit tips, mgkn bs diganjel kanan kiri depan belakang dengan tissue ^_^.

026lBagian wajah kutambahkan setelah baju selesai dibikin. Aku tetep pakai foil untuk bikin lingkarang kepala dasarnya, setelah itu dilapis clay. Wkwkwk asli pengalaman yang berharga ini, meskipun ribet tapi juga bikin ketagihan hahaha…. Ntar kapan2 rencana bikin figure yang besar2 lagi ahhh… Sementara mari nyelesaiin ini dulu :D. Emm ini yang agak rempong juga bikin pernik2 baju2 zirahnya, apa itu ya namanya, yg pelindung2 itu tuh, yg untuk pundak, tangan dan sabuknya. Bikinnya lumayan mumet, soalnya gambar di google kurang jelas, aku hanya bisa mengira2 bentuknya. Jadi kl ada yg ga pas ya dimaklumi yak hihi… Untuk kalungnya, itu mataharinya kutambahkan resin diatas lingkaran mataharinya, supaya lebih cantik dan terlihat seperti kaca. Untuk beberapa bentuk bulat2 yang seperti batu gitu aku juga lapis resin, kelihatan lebih mengkilat dan jadi bagus sih kalo kena cahaya, jd kaya ada lapisan kacanya :D. Bikin rambut juga selalu menjadi salah satu kesenangnan buatku. Kalau pada rambutnya nih ya, yg sulit pas bikin kepangnya itu. Aku udah bikin kepang kan, nah itu kan kukasih kawat didalamnya supaya lebih kuat, nempelin kawatnya itu bikin motif kepang yang udah kubikin jadi rusak hiks… Yah akhirnya bs kugaris2 lagi dengan jarum sih, tapi lebih bagus ketika belum dikasih kawat. Kalo mau lebih niat, mestinya tiap satu persatu kepangnya dipermak dan ditambah clay lagi biar dimensi kepangnya lebih terlihat, tp ga deh bagiku cukup dulu sekian wkwk… Oya untuk jari2 tangan yang terangkat ke atas, itu aku jg nyobain pakai tulangan kawat tipis. Yah namanya tulangan pasti perlu di lapis clay, huffff ambil napas lagi sebelum kerja hahaha.. Kl diniatin sih bisa selesai juga, meskipun menghaluskannya blm bisa sempurna nih, masih ada kasar2nya dikit. Tp setidaknya aku seneng karena udah nyobain bikin tulangan jari untuk pertama kalinya :D. Jari2nya memang jadi lebih kuat dan bisa sedikit di atur posisinya karena ada kawatnya. Tp hati2 kalo terlalu bnyk perubahan bentuknya ya claynya bisa retak. Kalo retak..ya tinggal di dempul lagi :p.

010lIni yang udah agak komplitnya hehe, tapi masih kurang jubah n pedangnya. Capek, jadi istirahat bentar difoto dulu :D. Kl kena jubah soalnya rok putihnya ketutupan juga sih, jd aku ambil foto dulu sebelum jubahnya kubikin. Oya itu untuk hiasan2 bajunya kutambahkan gradasi cat supaya terlihat lebih hidup dan tidak mentah warna2nya. Kl merah mentah biasa jadi kurang hidup soalnya.

Untitled-1lYak, ini dari awal bikin blm dilapis clay, dan yang udah dilapis clay ^_^. Lumayan seru nih belajarnya, sampe bbrp hari lembur terus gara2 penasaran pingin segera cepet nyelesaiin hihihi… Setelah ini bikin jubah dan pedangnya… Nanti cerita lanjut ke halaman berikut ya ^_^¬†http://piets-art.com/blog/2018/08/hikaru-magic-knight-rayearth-clay-part-2/

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *