006xl-01lIni kubikin sesuai request order yang kuterima ^_^. Temanku ini ingin dibuatkan miniatur anjing corgi seperti yang dia punya. Awalnya aku pingin bikin dari clay yang biasa kupakai yaitu Amog, tapi berhubung masih penasaran dengan Epoclay niyyy, jadinya aku bikin Corgi ini pakai Epoclay aja hihihi… Sifat epoclay sekilas udah kusinggung di postingan sebelumnya¬†http://piets-art.com/blog/2019/04/mr-sunshine-chibi-clay/. Jadi untuk Corgi ini memang ukurannya lebih besar dari yang chibi figure, dan warna untuk Corginya ga banyak kan ya. Memang menggunakan epoclay untuk bikin corgi ini cukup enak, cocok sih aku. Karena waktu pengeringan yang tidak secepat clay tepung dan amos, jadinya waktu bikin bisa agak sedikit pelan saat membuat detilnya, tidak perlu terlalu terburu2. TIPS saat pakai Epoclay: jangan langsung campur kebanyakan, campur dikit2 aja, dikira2 yang cukup untuk membentuk yang kita inginkan. Karena kalo mencampur terlalu banyak, clay yang udah dicampur harus digunakan, ga bisa disimpan karena akan tetep menjadi keras. Jadi waktu itu aku bikin rangka badan anjingnya dulu secara kasaran, dan kubiarkan kering dulu, kalo kurang ya campur sedikit2 bahan A dan B deh, pokoknya ati2 jgn kebanyakan. Baru setelahnya kutimpa lagi dikit demi dikit dengan adonan clay untuk mencapai bentuk yang aku inginkan. Oya warna Epoclay ini ada 3: beige, putih dan abu2. Aku mestinya pingin beli beige tapi habis. Jadi nyobain yang putih aja. Mirip warna putihnya DAS.

 

001xl-2-01lDan anjing Corgi ini aku cat setelah claynya semua kering. Warna putihnya juga itu hasil ngecat, bukan warna claynya ya. Kl warna claynya agak2 letek sih wkwkwk aslinya :p. Karena warna bulunya coklat dan putih, jadi ga seribet yg figure Mr Sunshine kapan hari itu. Dan emang enak sih mbentukya epoclay. Oya request dari temanku, pokoknya minta dibikin yang cute wajahnya :D. Bantalnya aku ambil bahan clay keras yang lain yang kulapis amos diatasnya. Pertamanya juga aku kasih ekor kan hihi. tapi ternyata anjing temanku tidak ada buntutnya wkwk jadi yah kulepas lagi ekornya :D. Kesulitan disini itu ya sulit saat membentuk wajah si doggie ini. Aku membentuk sampai aku cukup puas, kalo ada yang ga pas pasti kubentuk ulang. Dan memang untuk menyelesaikannya butuh waktu untuk menunggu pengeringan beberapa bagian dulu, baru ditambah clay basah lagi. Hmmm so far suka sih pakai epoclay ini untuk bikin doggie ^_^. Hasilnya setelah kering, claynya keras dan berat, halus teksturnya, tidak kuatir lenyap terendam air wkwkwk. Untuk bantal bawahannya, aku pakai clay DAS colour yang kulapis amos diatasnya. Jadi ceritanya kebetulan ada DAS yang mulai agak keras, drpd ga kepakai eman, ya wes aku pakai aja sekalian untuk bantalan. Soalnya udah mau ngeras itu DASnya. Yak setelah kering semua tinggal di vernis hehe… Semoga suka yaaa ^_^.

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *