Seperti yang udah kubilang sebelumnya, ini adalah sebuah project yang dadakan kubuat di bulan januari ini. Mestinya sih ini ga masuk dalam list yang bakal kubikin hehe, tapi berhubung seorang teman crafter menghubungiku mengajak kerja sama untuk sebuah majalah craft, makanya aku setuju untuk membikin sebuah karya baru. Karena kulihat konsep dari majalah tersebut juga bagus dan sangat menarik, tentu aja aku senang sekali kalo bisa join. Nama majalahnya adalah My Hobbies, ini link untuk kontak majalah tsb: https://www.facebook.com/majalah.myhobbies?ref=br_tf. Dan nama temanku adalah cc Maria, dia adalah editor majalah My Hobbies ternyata hihihi ^_^. Foto majalahnya kuposting besok yah… masih belum difoto soalnya :p.

Singkat ceritanya, lewat cc Maria inilah aku mendapatkan link untuk mengisi majalah My Hobbies. Setelah disepakati bentuk kerjasama yang aku bisa lakukan, aku memilih tematik mengenai valentine. Memanfaatkan momen ini, aku membuatnya sebagai tantangan untuk mencoba hal-hal baru lagi, seperti yg kemarin membuat cane sayap kupu dari air dry dan membuat dahlia dari PC. Nah…ini cerita mengenai karyaku…

Pertama…Mengambil tema valentine (kasih sayang) yang secara umum dikenal sebagai hari yang dirayakan bersama orang2 yang dikasihi (seringnya berhubungan dengan hati hehe :p), konsep yang kupilih bercerita mengenai: Keluargaku adalah Hatiku. Secara keseluruhan aku menggambarkan bahwa cinta dan kasih sayang itu ibarat biji bunga yang terus bertumbuh. Dia akan bertumbuh semakin indah dan kuat jika terus dipupuk, dirawat dengan baik dan penuh kehangatan. Proses pertumbuhan ini berlansung terus, dalam artian kita akan selalu bisa menemui hal-hal baru jika  kita mau terus belajar. Karena itu aku menggambarkan  ‘proses’ tersebut dalam bentuk sulur-sulur clay sederhana. Sulur berarti tanaman sedang bertumbuh. Aku menggunakan soft clay yang diberi kawat didalamnya sebagai penguat/tulangan. Aku menggunakan jenis soft clay karena hasilnya keras dan lebih kokoh berdiri dibanding dengan amos.Untuk bunga dan kupu-nya udah kutulis sebelumnya :). Pada sulurnya kutambahkan green glitter dan manik bunga kecil-kecil, sekedar untuk mempercantik tampilan sih hehe…

Pada beberapa titik di sulurnya, aku mencoba menambahkan titik air yang jatuh, jadi seperti embun pagi gitu maksudku hihihihi ;p. Pada daunnya juga ada tetesan embun. Jadi setting suasananya adalah saat pagi hari, dimana embun pagi masih menetes dari sulur tanaman ke pucuk daun-daun yang sedang bertumbuh. Bunga-bunga juga mulai mekar seiring datangnya hangat sinar mentari pagi. Alam mulai terbangun, binatang hutan mulai berkeliaran dan beraktivitas. Di suatu sudut kecil di sebuah taman, tumbuhlah sulur muda yang berwarna indah. Sulur ini merupakan sebuah tanaman spesial yang lain dari sulur biasanya. Dan..seperti layaknya tanaman, sulur inipun nantinya akan berbunga dan tumbuh semakin subur.

‘Kehangatan dan cinta kasih’ adalah nama pupuk dan nutrisi bagi sulur ini. Kenapa tanaman ini spesial? Tanaman ini menjadi spesial karena bunga yang dihasilkan nantinya kusebut ‘bunga hati’ ^_^. Nah..kali ini ceritanya sulurnya mulai berbunga, sehingga ada bunga hati yang tergantung pada ujung sulur. Bunga hati ini pertamanya kosong… Tapi ternyata jika terus menerus dirawat, bunga hati ini nantinya akan menggambarkan sesuatu yang kita anggap ‘penting’ hihihi… *sedikit bermain dengan imajinasi :p*. Nah karena ini project yang kubuat untuk diriku, maka yang tergambar dari hati ini adalah hal yang penting dalam hatiku. Apakah itu?? hihi…jawabannya ada di foto bawah :p. Interupsi bentar *jeda iklan dulu hehe, karena karya kali ini sungguh sarat makna bagiku*…sekarang, aku mau bercerita sedikit mengenai pembuatan ‘bunga hati’ ini :). Bentuk hati ini kubuat dari rangka kawat yang kulapis clay. Ditempel dan diatur satu demi satu sehingga bisa membentuk rangka hati (1/2 bagian) 3D. Jadi rangka hati ini mempunyai kedalaman. Konsepnya kuambil seperti bentuk liontin. Di bagian atas ada kawat pengaitnya, sehingga bisa dipasang dan dilepas dari sulur yang sudah kubuat sebelumnya hehe.. :p. Modelnya jadi seperti bandul/liontin yah ^_^, bisa diganti-ganti asal ada bandul clay lainnya wkwkwk… Sedikit sentuhan detil kuberikan pada bentuk hati besarnya. Pada tepian hati kuberi cat fosfor (pada foto tidak bisa terlihat), sehingga ketika lampu digelapkan, cat fosfor berbentuk hati itu akan menyala ^0^.

Taaaraaa…*menyambung cerita sebelum interupsi* sekarang pada ‘bunga hati’ sudah terdapat profil keluarga kecilku hihihihi ^_^. Aku, suami dan anak-anak sedang bercanda dan bermain bersama. Ada yang tau ga ya, aku dan suamiku sedang bermain apa ituuu?? hihihi…. Aku dan suami sedang bermain suit paper,scissor,rock (batu-kertas-gunting). Biasanya sihhh…kalo mainan gitu, anak-anak sering mbelain mamanya wkwkwk, dan biasanya mamanya lebih jago kalo main suit. So disini mamanya menang suit yaa *soriii papaaa hihihi ;p*, aku suit batu, suami suit gunting. Yakk…anak-anak senang dehh kalo mamanya menanggg hohohoho ^0^. Warna baju aku beri seragam nuansa merah, supaya fokusnya lebih jelas, fokus pada kebersamaan itu yang ingin kugambarkan. Untuk karakter dan model baju aku sesuaikan mirip dengan yang kami punyai. Style keluargaku adalah casual dan santai ^_^. Dan karena ini memang kubuat sebagai koleksi pribadi (yang akan dibawa suami ke kantornya :p), aku menambahkan manik bling bling diatas keluarga kami yang menyerupai bentuk api. Makna yang terkandung dari manik tersebut adalah, agar cahaya Roh Kudus boleh selalu menyertai,memberkati dan membimbing keluarga kami senantiasa.

 

Dan inilah hasil keseluruhan dari karyaku kali ini. Sarat konsep dan makna, yup.. aku bikin spesial karena bulan feb adalah salah satu bulan yg spesial untukku hihihi… (ada anniv dan bdayku :p). Biar karya ini boleh selalu mengingatkanku untuk boleh selalu bersyukur kepada Tuhan atas hidup yang kupunya, atas keluarga yang sudah diberikanNya, dan sekali lagi aku ingin mempersembahkan kedua tangan ini untuk boleh selalu berkarya dan memberikan yang terbaik sebagai ungkapan rasa syukur dan terimakasihku atas cintaNya. Dan biarlah kita boleh selalu mengingat, bahwa kebersamaan adalah saat yang penting (apalagi di dalam keluarga), dimana kita belajar saling mengenal satu dengan yang lain, belajar untuk saling bertoleransi dan menghargai. Punyailah waktu berkumpul yang berkualitas bersama keluarga kita masing-masing, hargailah waktu yang ada. Dan jangan lupa untuk menyertakan Tuhan diatas segalanya. Semoga kasih sayang ini boleh dipupuk tiap hari sehingga menumbuhkan banyak keluarga-keluarga harmonis ^_^. Salam hangat selalu….

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *