IMG_7479-1.JPGlMermaid spoon akhirnya kubuat lagi… hihi yang kapan hari hanya bikin 2. Kali ini nyobain bikin beberapa sekalian untuk ready stock krn ada bbrp teman yang pingin dibuatin :). Bahan yang kupakai kali ini mostly cernit, dan sedikit warna2 dari premo juga kalo pas warna yang kuinginkan dr cernit belum kubeli. Karena premo suhu dan wkt pembakarannya sama dengan cernit, jadi aman deh. Cernit ini kemarin kucoba bake 130drjt selama 15mnt, dia udah mulai lentur dan cukup kuat sih… Kalo premo kadang masih bisa patah. Entah apa mgkn krn teksturnya cernit ini msh lebih baru dan lebih kenyal ya… Soalnya kadang premo yang kubeli kan sempat ada yg keras. Kalau bikin mermaidnya karena udah bbrp kali, jadi udah lumayan hapal dan ga terlalu sulit.

IMG_7487.JPGlYang jadi tantangan disini malah justru warna hasil bake, itu yg bikin aku deg2an hahaha…. Karena kan aku tau warna cernit menua, nah menua seberapa banyak itu yang aku ga tau. Sempat ada yang terlalu tua, akhirnya baru aku kepikir bikin tabel warna2 cernit dulu aja deh sebelum kupakai bikin figure. Akhirnya dengan tabel warna setelah bake, baru aku berani pakai untuk bikin mermaid2 ini. Kalau terlalu tua kan bisa langsung kutambahkan warna putih :). Untuk warna rambut aku pingin warna pastel, jadinya warna2 bold yang ada kucampur dengan putih supaya tidak jadi gelap. Yang dari warna cernit, aku pakai vanilla, pink, violet glam, kucampur putih. Untuk yang warna biru aku masih pakai premo karena aku tdk punya biru muda cernit. Untuk hijaunya aku campur antara lime green dan mint green, tetap kutambah putih untuk menjaga hasil warnanya supaya muda. Aku suka bikin sirip2nyaaaa hihihi, itu aku kebanyakan memakai translucent cernit. Kecuali yang ungu aku pakai dari fimo. Warna cernitnya bisa mbayang banget :D. Kadang kalau terlalu tipis malah terlalu mbayang wkwk, selera juga sih ya… kalau mau yang tidak terlalu bening mgkn jangan terlalu tipis, atau pakai translucent yang lain spt mofa or fimo. Kalo translucent putihnya premo warnanya agak menguning soalnya.

IMG_7488lMembuat mermaid ini cukup menyenangkan hihihi… Aku bikinnya bukan 3D, karena mungkin sih rencananya mau kubuat sebagai tempelan kulkas. Salah satu yang bikin menarik, aku suka sendoknya wkwk… Itu kesannya antik2 gimana gitu, ditambah ada kaya kristal diatas (ya bukan kristal beneran sih hihi). Oya, kebetulan aku barusan beli beberapa macam warna2 glitter yang lucu2, ada biru, merah, pink, hijau dll. Jadi glitternya kutaruh di ekor mermaidnya supaya lebih bling2 dan cantik :D. Untuk warna ekor dan rambut aku bikin gradasi. Aku suka pakai macam2 warna untuk gradasi, dan ini sekalian nyobain warna2 yang cocok :). Btw, itu warna antara mermaid di kiri dan kanan ada sedikit perbedaan warna kan ya… Ekor mermaid yang dikiri aku tambahkan mofa putih,¬†supaya tidak terlalu bening wkwk… Yak, kira2 sekian dulu percobaan dengan cernit2nya :). Ntar kalo ada yang baru lagi, ya dicoba lagi wkwk….

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *