Tantangan pertama yang kubuat pada saat TV Champion clay, adalah membuat set makanan ini. Aku jarangggg sekali bikin makanan dan udah lama ga pernah latian bikin makanan2. Wkwkwk, jujur ini tantangan yang paling berat buatku karena aku lamaaaaa banget ga explore bidang ini. Sedikit kuceritain ya, tantangannya kan disuruh bikin set menu mulai dari appetizer, main menu, dessert. Harus dalam satu tema makanan pastinya ya. Pertamanya bingung mutusin mau bikin apaan, lha podho wae susahe wkwkwk… Duluuu pernah bikin kaya sushi2, itu yang paling memungkinkan dan mudah dibuat pikirku. Jadi awalnya pilihanku adalah antara Japanese food dan Indonesian food. Kebetulan dulu jg pernah nyobain bikin nasi kuning dan sambel wkwk… Tantangan set menu ini kusiapkan paling terakhir wkwk, soalnya blas ga ada bayangan :D. Ketika waktu tiba mau ga mau kudu nyiapin. Feel ku ga dapet banget deh rasanya. Apalagi aku kudu biki site untuk menunjang penyajian kan… Aku udah sempat lho bikin Japanese room gitu, krn pertamanya kuputusin bikin japanese food aja deh. Udah bikin ruangan dan mejanya tuh, tapi entah kenapa rasanya ga sreg. Mau bikin yg Indonesian food juga gitu, mau bikin site ruangnya tp ga bs dpt feelnya. Akhirnya ditengah waktu yang mepet tinggal 2 hari sebelum berangkat ke Jakarta wkt itu, aku putusin udah deh pindah haluan pilih Italian food aja. Site yang lama akhirnya ga kupakai huhuhu… Drpd bikin tp hati berasa ‘terpaksa’, ya udah mending ganti baru tapi lebih sreg.

IMG_20170903_213007lSo untuk site yg baru aku ga bikin susah2, cuma bikin meja aja, waktunya beneran ga cukup untuk bikin macam2, karena semua perabot aku siapkan sendiri. Perlengkapan seperti piring, gelas, sendok garpu, itu boleh disiapapkan sendiri. Karena aku ga punya miniatur2 piring dll, akhirnya aku putusin bikin sendiri aja deh, waktunya ga keburu untuk beli perabot dan milih2, berasa gambling dengan waktu soalnya. Kebayang kan ribetnya, kudu bikin site dan nyiapin pernik2 dr clay dalam 2 hari, ditambah belum sama sekali latian bikin2 wkwkwk… Wes akhirnya yang ada hanya cepet2an dan kerja lembur bbrp hari deh… Karena cepet2an perabotnya mestinya masih ga sempurna betuknya. Masih kacauuuu hiks… tapi udah deh aku terpaksa move ga bs terlalu fokus di perabot karena blm mikir sama sekali tentang makanannya. Beralih ke menu, aku pilih italian food karena aku suka pasta2 wkwk… Karena ga tau menu appetizer dan dessertnya apa aja, aku coba googling italian menu. Beberapa menu yang muncul salah satunya nachos italian… Waktu itu tanpa berpikir panjang *karena memang ga sempat mikir apa2*, aku langsung latian bikin nachos. Maklum ga pernah bikin sih…. Ini nih, nachos yang coba kubikin di rumah. Bikin ala kadarnya, dan coba2, jd maap blm sempurna hasilnya. Tapi dari percobaan gini aku jadi tau kurangnya dimana, mana yang perlu ditambah dan dikurangi. Jadi paling ga udah ada gambarannya. Aku ga bs latian terlalu sempurna, waktuuu oh waktuuu… kenapa mepettt sekali @_@. (psstt… dan nantinya nih, menu nachos menjadi salah satu disaster besar, padahal aku udah cukup yakin bs bikin chrispy looknya. Disasternya spt apa, ntar ikutin ceritanya ya wkwk, dibawah aku ada ceritain deh :p)

IMG_20170129_095908.jpglSetelah menu appetizer, untuk desert awalnya nyobain bikin puding dan es krim. Disamping adalah bbrp yang coba kubuat dengan trial error. Pudingnya aku cukup suka, puding vanila dengan saus dan taburan coklat. Tp rasanya kok kurang pas, entahlah jadi kuputusin bikin es krim aja. Seperti kubilang, waktu sangat terbatas, ga sempat latihan banyak, jadi aku harus nyobain bbrp bahan sekaligus untuk mengamati hasilnya. Bikin juga ga terlalu detil ini. Paling ga saat itu aku nyobain bikin saus2 coklatnya. Aku harus tau bahan apa yang hasilnya bisa jernih, bahan apa yang bisa terlihat kental. Karena seperti lelehan coklat itu berbeda dengan selai. Kalau selai sepertinya lebih bening ya, kalau coklat leleh warnanya lebih bold.  Aku juga berpikir tentang platting wkwkwk… Gara2 kepengaruh master chef, itu katanya platting kan juga mempercantik tampilan ya :p. Pinginnya penyajian di piring bs bagus, tp apa daya piringnya aja terbatas bagusnya krn dibikin handmade cepet2an wkwkwk… ya udahlah beneran pasrah. Setelah 3 ini, waktu latian habis. Aku ga bs nyoba lagi, ga sempat.

 

IMG_20170129_095916.jpglUntuk main menu aku bikin spaghetti. Awalnya pingin bikin pene, tp rasanya lebih ribet karena harus bikin satu-satu. Durasi waktu lomba kan juga dibatasi, takut ga selesai… Jadi kuputusin spaghetti aja, krn aku ada alat extruder untuk bikin mie panjang2 gt. Lebih hemat wkt. Kalo udah sering bikin mgkn bs cepat kali ya, tp untukku yang jarang bikin, kudu puter otak supaya waktunya bs cukup nih. Ini juga sekedar nyobain extrudernya, perdana nih ceritanya pake alat ini wkwk, jujur extruder itu udah ada lama tapi blm pernah kupakai :D. Seperti biasa, karena aku tdk gemar memasak, dan tidak pernah meyajikan makanan… aku tidak tahu detil tentang per-spaghetti-an. Jadi googlinglah bbrp gambar yang menarik. Aku coba bikin spaghetti bolognese aja, lebih mudah drpd carbonara wkwk (meskipun aku lbh suka carbonara sih). Dari segi warna bolognese juga lebih menarik. Ini mienya kubikin ga terlalu banyak, sekedar nyobain campurnan warna supaya bisa keliatan spt mie. Disini yang kucoba adalah bikin bola2 daging, taburan keju, tomat dan bikin saus orangenya. Eh ituu maapkan ada tangan2 kecil yang terdampar didekat piring wkwk XD, mestinya yang kufoto ini sekedar untuk ngeliat hasil latianku kurang apa. Kadang dari foto kita bisa lebih menilai hasilnya daripada saat kita melihat aslinya. Jadi awalnya tdk bermaksud mendokumentasikan khusus, makanya itu barang2 di sekitarnya lupa kubereskan wkwk. Oya, untuk bahan2 makanan ini aku almost all pakai polymerclay. Jadi harus dipanasin supaya bisa mengeras. Karena itu aku sampai bawa2 heat gun segala tuh dikoper. Setelah latian semua selesai, pack barang2 masuk koper. 1 koper isi alat bahan clay penuh. 1 ransel juga sebagian besar masih kuisi dengan clay dan baju2 ganti. Dengan bondo nekat (kalo istilah surabaya kan bonek tuh hihi) dan banyak doa, akhirnya aku pergi ke jkt.

Nahhhhh…. minggu malam hari tuh setelah sampai di jkt kan… pas mau bobo malam di apartemen kokoku, entah kenapa hatiku kok ga enak gituuu… Padahal semua alat bahan udah kucek terakhir kalinya. Siap2 bobo krn besok pagi2 aku harus berangkat lagi menuju lokasi lomba. Krn ga tenang, aku bangun dan nyoba ngecek sekali lagi untuk memastikan menu makanan italiannya udah bener belon. Aku paling ga tenang tentang nachosnya. Wkwk kadang2 aku ini selebor banget. Karena pikiran terlalu penuh sampai ga sadar kalo nachos bukan dari Italia lhoooo…. Padahal kl lagi tenang gini ditanyain nachos darimana, aku tau dari meksiko @_@. Errr..dan aku baru sadar malam itu, ketika aku akhirnya ngecek di internet. OMG….kagetttt dan deg2an akuuuu… Mateng, gawattt… Langsung pusing cantik deh dirikyuuu *eeaa lebayyy wkwk*. Aku berpikir cukup lama antara bertahan di nachos atau berani ambil resiko ganti menu karena menu kan harus ada dalam 1 tema. Kuputuskan untuk memBATALkan membikin NACHOS *nangis bombay* T_T. Alhasil itu malam2 aku ga jadi tidur *padahal udah ngantukkkk, cape perjalanan dari sby-jkt*, aku search lagi appetizer yang memungkinkan kubuat. Kuputuskan bikin bruschetta deh. Gimana bikinnya? Entahhhh aku juga tidak tauuuu hahaha…. Latihan? Tentu saja tidak sempatttt hahaha *ketawa tambah keras, alias lagi stress*. Akhirnya wes bobo waelahhh, drpd aku sakit karena kurang bobo kuputuskan untuk bobo aja, masalah yg ada dipikir lagi besok *walo besoknya jg blm tentu ada wkt*. Yang kukuatirkan adalah bikin pinggiran rotinya spy bs terlihat coklat matang natural. Pagi harinya bangun jam 6.15, cuma sempat mandi, makan sebentar. Hujan gerimis kan itu hari senin tgl 30 Jan, spt kubilang sebelumnya untung aku dpt taxi di bawah apartmen koko. Sepanjang perjalanan otakku berpikir keras kaya orang linglung, ini campur ini bisa ga… bahan ini berhasil ga untuk bikin bruschetta… Haduhhh, beneran lho pusing saia waktu itu *walo kl dr tampak depan wajah terlihat baik2 aja krn ngesok cool :p*.

IMG_20170130_145242lYak…begitulah sedikit pengalaman deg2an di minggu malam wkwk… Paling ga syukurlah aku terdorong untuk mengecek menu sebelum hari seninnya.  Kalo sampe salah bikin malah lebih berabe mgkn ya. Mau maksa nachos italian kok rasanya aneh wkwkwk. Untungnya sesampainya di gedung tempat acara, masih menunggu bbrp teman yang blm datang. Jadi aku bisa sedikit nyicil latian. Aku berhasil menemukan cara membuat pinggiran rotinya bs coklat natural tanpa pewarnaan terlalu bnyk. Ini adalah hasil dari 3 jam membikin set menu makanan saat TV Champion. Hanya aja emang topping bruschettanya kurang bs detil krn latianku lebih bnyk untuk bikin rotinya hihihi, biarlah yg penting udah berusaha :D. Hiasan tiang lampu dan vas bunga juga kubikin dari clay. Sendok garpunya juga wkwkwk, keliatan banget ga rapinya krn bikin ala kadarnya sekedar untuk bikin rame mejanya :p. Ga sempurna sih, tp aku tetep senang krn setidaknya menu ini bisa selesai semua sesuai tema menu yang kupilih 🙂 *uda deg2 an kalo ga selesai dalam 3 jam*. Yak… cerita tentang proses latianku dan tantangan pertama ini udah selesai. Ntar kulanjut ke cerita tantangan ke 2 ya ^_^. Stay tune hihi…

 

Cerita tantangan II: http://piets-art.com/blog/2018/02/cerita-tv-champion-tantangan-2-5-karakter-disney/

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *