023lYak, lanjut bikin jubahnya sekarang… Emmm jubah aku sesuaikan dengan gambar hasil googling ya, jadi jubahnya bukan yang lebar mengembang, tapi ini jubahnya dipegang disatu sisi dan agak sobek2 gitu deh kayanya, mungkin abis bertempur gitu kali ya :D. Jadi ya kucoba bikin dengan disuwir2 lembaran polymer claynya. Aku pakai mofa, biasa supaya lentur dan bake nya ga perlu kelamaan. Waktu nyuwir2 dan mbentuk seperti sobekan gitu aku agak kesulitan, kl digunting kadang terlalu rapi garisnya, jd kucoba pelan2 potong dengan jari or kuku. Mbentuk lekukannya harus hati2 nih, soalnya sekali nempel agak sulit dibuka lagi kl clay. Bikin jubahnya tidak terlalu sulit, hanya saja karena butuh yang panjang dan lebar, harus hati2 aja waktu membentangkan lapisan claynya supaya tdk sobek dan lipetannya bs bagus. Setelah jubah aku bikin pedangnya kan ya… Itu bikin pedang juga bingung. Aku akhirnya tdk kasih kawat di dalamnya wkwk, karena pedangnya kan bukan lurus biasa tapi ada lekukannya gitu, begitu kukasih kawat pasti penyet. Akhirnya kucoba dulu tanpa kawat deh. Tapi kalau mau bentuknya bs lebih lurus yah kudu tambahin kawat dong ya, soalnya kl ga kadang bs melendut hati2. Pedangnya blm kutempel. Karena aku bingung nanti bakingnya gimana. Itu kalau dengan pedang mengarah ke atas tingginya udah 20cm lebih dan udah ga cukup ukuran ovennya, baik ditidurin apalagi kl diberdiriin, mentok kena dinding besinya. So supaya aman, aku baking terpisah untuk pedang dan pita2 yang menggantung2 itu. Nah ini nih yang paling ribet juga bikinnya…bikin pitaaa!! Astagaaaa itu membuat supaya bentuknya bisa menggantung tanpa ditempel di body figure rasanya susyahhh biangettt dwehhh, termasuk membuat lekukannya supaya bisa agak menggelombang dan tidak hanya jatuh lurus biasa. Sekali lagi karena aku harus bakin terpisah, aku ga boleh langsung nempel pedangnya ke tangan figure huhuhu… Jadi pedangnya hanya coba kusandarkan di genggaman jari yang udah kubentuk. Bisa sihhh…cuma kadang kalo kesenggol gitu yah tiba2 pedangnya jatuh dan pita2 yang udah kubentuk jadi patah berantakan lagiii huhuhu…. Cukup stress nih waktu bikin pita2 menggantungnya. Supaya bisa dapat bentuk2 menggelombang akhirnya aku pakai bantuan heat gun *mengeluarkan semua perlengkapan perang deh wkwk¬† :p. Sempat beberapa kali pitanya gagal terbentuk dan aku ngulang lagi dr awal. Kalo pake heat gun kudu extra konsetrasi nih, kebetulan heat gunku termasuk yg raksasa dan ujungnya dari besi, bukan yg kecil, jadi berat dan kl besinya tanpa sengaja kutaruh sembarangan bisa kenyonyos ini tangan dan kaki :p. Syukurlah tidak ada korban kenyonyos oleh heat gun wkwkwk… meskipun jari tangan sempat kepanasan kena angin heat gun, tp untung tdk masalah dan pitanya akhirnya bs kebentuk. Setelah di heat gun jangan lupa tetep bake di oven ya, supaya tidak fragile.

034lPerjuangan berikutnya bikin dasarannya. Aku juga awalnya bingung mau bikin seperti apa untuk dasarannya. Aku ga mau datar biasa wkwk, jadinya kucoba bikin bebatuan karang gitu deh. Dalamnya pake foil dong supaya ga makan bnyk clay hihi, aku jg sempat pakai DAS untuk menambah berat dari dasarannya. Kl hanya foil dan polymer clay, dasarannya masih kurang kuat menyangga berat figurenya. Jadi untuk menghembat aku tambahkan DAS yang nantinya kulapis clay. Akhirnya berhasil deh, ketika figurenya ditancapkan di dasaran, dia bisa berdiri stabil, tidak jatuh or ngglempang :). Dan sebagai penanda, aku googling juga tulisan Magic Knight Rayearth. Yah yg tulisan bukan clay ya hihi, jadi itu print2an biasa :D.

085l-1Yakkk akhirnya perjuangan bikin Hikaru Magic Knight selesaiiiii yippiiyyyy hihihi…. Hufff cukup puas sih apalagi pas berhasil bikin pitanya itu, menyimpul ditengah, menggantung dan meliuk2, seneng rasanya akhirnya bisa ditempel semua ^_^. Berarti ya kl bikin figure dr polymerclay kudu kira2 dengan tingginya. Jujur awalnya aku ga mikir panjang, pokoknya jalan dan eksekusi dulu, mikir belakangan wkwk. Tinggi figurenya aja 20cm ini, kalo total dari dasar sampai pedang mgkn bisa sekitar 28-30cm. Terima kasih udah membaca ceritaku ya hihi, akhirnya hari ini isa tidur nyenyak aku, besok rehat dulu sebelum lanjut bikin pesanan lagi :D. Happy claying!

 

Link ke cerita sebelumnya: http://piets-art.com/blog/2018/08/hikaru-magic-knight-rayearth-clay-1/

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *