IMG_20190823_074154-1lPertama kali mendapat pesanan untuk bikin excavator hihi… Awalnya saat ada teman memesan, aku coba lihat pesanannya. Jujur yaaaa, saat tau yang akan kubikin adalah excavator, langsung rasa malas melanda hahaha karena pasti susaahhh bikinnya. Ngeliat detil yang harus kubikin aja rasanya udah lemes duluan, tapi ini tantangan juga sih, antara mau nerima or ngga ya hahaha, akhirnya ditermia juga sih :D. Karena kebetulan aku lagi pingin nyobain bikin juga wkwk :p. Meskipun seperti biasa, aku ga tau harus mulai dari mana dan gimana bikinnya, tapi mari dicoba dulu. Kan ga boleh menyerah sebelum mencoba. Kalo udah diterima requestnya mau ga mau ya harus bisa bikinnya kan wkwkwk… So mulailah aku googling gambar2 excavator yang diinginkan. Biyuhhh asli mumet saiaaa hahaha… Hmm kumulai dari bikin sketsa untuk memperkirakan skala ukurannya. Sketsa ini hanya kubikin untuk patokan ukuran sih, bukan sketsa yang bagus2 gimana gt. Biar ukuran yang kubikin ga lari2 nanti jadinya ga pas proporsinya. Aku mulai dari bikin body utamanya dulu, itu tuh bentuk kotakannya dulu  wkwk… Ini agak kusederhanakan ya detil2nya, yang penting bentuk utamanya dapet :p. Itu aku nyobain bagian setirnya kubuat tembus pandang hihi, jadi bisa diinceng tuh dibagian dalamnya :D. Paling susah emang bikin bagian kepalanya ini, meskipun hanya kotak kecil kan ya, tapi karena aku coba bikin tembus pandang jadi agak ribet prosesnya. Setelah kepalanya selesai bikin body kotakannya. Yang jadi kesulitan saat bikin body kotaknya adalah, karena aku harus bikin supaya bisa terlihat halus. Terkadang kalo bikin bidang besar ini claynya suka bergelombang or kadang tidak rata. Ya harus hati2 saat meratakan permukaannya sih. Lalu bikin tulisan CAT itu juga mata sampe pedes wkwk… Karena pakai kuas kecil jadi kudu hati2 saat mengecat. Ukuran bodynya ini sekitar 13cm kurang lebih, lebarnya emm lupa wkwk kayanya sekitar 8cm, tingginya 8.5cm, tidak termasuk lengan pengeruknya ya. Kalo ma lengannya bisa 20cm lebih untuk panjangnya. Requestnya nanti di lengan pengeruknya dikasih nama anaknya yang ulang tahun ^_^.

 

006lNah setelah body utamanya selesai, mulailah aku bikin lengan pengeruknya dan bikin emm apa itu namanya, rantai roda? Entahlah ga tau aku nama untuk rodanya itu sebutanya apa wkwkwk, pokoknya yg hitam2 untuk jalan itu deh :D. Bikin bagian2 ini juga aku harus memutar otak gimana cara bikinnya. Karena ini kan untuk dikirim keluar pulau, jadinya aku harus bikin supaya cukup aman. Karena itu detil2 yang terlalu kecil aku tidak sertakan. Paling tidak untuk pengeruknya juga aku dapat bentuk utamanya. Demikian pula dengan bagian rodanya. Karena gambarnya juga tidak terlalu jelas, setidaknya aku bikin menyerupai. Setelah pengeruknya selesai ditempel, tinggal menempelkan badan excavator keseluruhan ke roda yang udah kubikin secara terpisah. Dannn…. difoto dulu ah di taman wkwkwk đŸ˜€

 

024xl-01lSekarang tinggal bikin jagoannya yang sedang ulang tahun ^_^. Anak laki2nya imut hihi, dengan rambut kruel2 alias keriting menggemaskan :D. Udah dipeseinin waktu bikin, kalo bisa rambut keritingnya dibuat agak jelas karena itu ciri khas anaknya hihihi, bajunya juga kubikin sesuai permintaan, yaitu warna abu ada motif gambar traktor or excavatornya gitu deh. Tapi aku bilang ke temanku, kalau motif gambarku pasti ga bs plek karena ini tinggi figure cuma 6cm, alamat bikin gambar excavatornya ya sebisaku, untunglah yang memesan juga pengertian hehe… Dan tinggal tempel semuanya di tatakan kotak warna abut2 tersebut. Hihi selesai sudah perjuangan bikin excavator iniii…. Makasih ya udah memberi pesanan yang menantang hihi, dan semoga suka ^_^, happy bday untuk putranya yaaa… ^_^.

IMG_20190823_074000-1lHip hip horayyyy ^_^

 

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *