Request kali ini kudapat dari seorang teman crafterku yang jago membuat amigurumi (boneka rajut) ^_^. Dan yang ingin dibuat adalahhh…yupp hihihi, sebuah mesin jahit bernuansa Hello Kitty. Mesin jahit ini sepertinya berukuran skala 1:6 kalo ga salah hehe…ukurannya direquest oleh temanku soalnya, aku ga paham mesin2 jahit :p. Pertama kali melihat bentuk mesin jahit yang diberikannya, wowwww….kerennnn bangettttt mesin jahitnya. Tapiiiiii….*seperti biasa setelah mau bikin baru bingung* gimana coba ya cara membuatnya?? Waktu itu aku masih garuk2 kepala karena aku tau, meskipun bentuknya terlihat mudah dan simple, tapi membuat dari claynya ga semudah yang kupikirkan pertama kali. Sambil memutar otak, aku mencari-cari cara…pokoknya harus nemu cara supaya mesin ini bisa dibuat, tidak ada kata tidak bisa!! Hehehe….sedikit sifat gengsi dan keras kepalaku ternyata berguna juga wkwkwkwk ;D.

Yang pertama kubuat adalah dasaran bawahnya dulu, untuk patokan ukuran soalnya. Setelah itu baru kucoba membuat bagian mesinnya, ini bagian yg bikin pusing kepala :p. Hmmmm….mestinya menggunakan clay yang bisa diamplas seperti DAS,akan lebih mudah saat membuat shape2 seperti ini, karena kalo membuat bentuk mesin2 gini, harus banyak2 main di sculpt. Kalo ga rata akan lebih mudah kalo diamplas hehe, kalo pake amos meratakannya kudu sabarrrr…dioles-oles terus sampai rata, dan itu memakan waktu cukup lama karena setelah dioles air dan diratakan harus mengunggu hingga claynya kering lagi baru ketahuan apakah hasilnya udah rata or belum. Dan setelah penuh perjuangan membentuk kanan kiri depan belakang, akhirnya bagian mesinnya udah bisa jadi dan bisa kusambung dengan dasarannya. Setelah itu tinggal main di gradasi warna dan dekorasinya. Untuk dekornya kuberi bunga, cherry dan kitty sesuai gambar mesin jahit yang kulihat. Tombol-tombolnya kumodif dan kusesuaikan dengan space yang ada dan kupilih yang lebih mudah dibuat hihihihi… Di bagian depan kuberi aksen kepala Hello Kitty yang besar ^_^. Wahhh..udah mulai menyenangkan nih melihatnya hihihi…

Kemudian aku mendekor bagian opposite-nya. Ini juga cukup membuatku bingung, karena aku ga tau bagian belakang mesin jahit itu seperti apa or ada apa aja disana, ada tombol or ga, aku ga tau. Karena di foto jg tak terlihat. Akhirnya dengan sedikit hunting di internet, aku melihat ada contoh mesin yang ada tombolnya diatas, so aku tambahkan tombol juga pada mesin jahit Kitty ini. Dan setelah kudiskusikan sedikit dengan temanku, bagian belakangnya kutambah sedikit dekorasi karena sebelumnya kosongan doang :p.

Dibagian atas, kuberi tulisan Hello Kitty menggunakan cat putih pearl, ga terlalu kelihatan kayanya kalo difoto hehe, soalnya warnanya hampir sama nuansanya dengan pink mudanya :p. Tapi karena cat-nya sedikit timbul dan bagus, so tetep aku pakai deh. Ada Kitty kecil dan hati merah yang kutambahkan juga di sisi kiri atas :).

Yang terakhir yang bikin aku bingung juga adalah saat membuat bagian jarumnya, aku ga tau bentuknyaaa ><, so aku cuma bisa ngasih silinder perak dan sedikit ornamen spt yg ada difoto. Mestinya itu ada jarumnya ga ya di sampingnya? Maap yaaa kalo kurang hehehe… Yihhaaaa…akhirnya mesin jahitnya selesaiiii… Wheeeeww, membuat mesin jahit ini bagiku lebih menguras pikiran dibanding kalo bikin figure. Hihihi mungkin karena aku jarang2 buat miniatur sih yaa :D, apalagi mesin jahit yg ini ukurannya bukan mini, sekitar 8x6x3cm, jd bidangnya cukup besar dan kalo ga rapi bisa keliatan bangetss. Yang kubuat ini juga masih ga bisa bener2 rata kaya papan hiks..lain kali pingin nyoba dari bahan clay lain ahh.. Aku harus belajar membuat bidang rata dengan lebih baik lagi ^_^. Done…setelah kering, tinggal finishing dengan spray bening biar agak mengkilap :).

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *