Cerita kali ini adalah tentang melarikan diri sejenak dari yang namanya pesanan :D. Aku lagi berada di titik jenuh yang bikin malessss sekali mengerjakan pesanan, ditambah tanganku mungkin yang masih sakit dan tidak bisa untuk ngeclay terlalu lama, jadinya kadang moodynya kumat kalo tangan lagi berasa ngilu. So, sejenak maap aku mengambil waktu jeda untuk diriku, aku butuh mengembalikan mood dengan bikin sesuatu yang aku suka :D. Setelah searching beberapa saat, melihat ide2, aku lagi pingin bikin Beauty and the Beast nih hihihi…. Emmm sebenernya sihhhh banyak yg mau kubikin hahaha, tp kali ini kuputuskan bikin Beauty and the Beast aja dulu. Karena aku blm pernah belajar bikin Beastnya, penasaran.. :).

photostudio_1599064767109lYak, dimulai dari bikin Belle dulu ^_^. Mestinya ada beberapa alternatif ide yang pingin kubikin, pertama mau kutaruh di dalam tabung itu Belle dan Beastnya. Tapi setelah kupertimbangkan, kl di taruh dalam tabung ukurannya harus kecilll, akhirnya kuputuskan ga usah ditaruh di tabung deh, nanti mungkin mau kutaruh di atas music box aja. Tapi ini juga masih belum final, masih bisa berubah, aku bikin dulu aja figure2nya, set tempatnya nanti aja wkwkwk…. Membuat Belle ini lebih ribet dari biasanya. Aku pingin bikin yang bagus hahaha, untuk wajahnya aja itu sampe ganti bbrp kali ngelukis bagian wajah… Aku lebih suka melukis dengan cat daripada membuat matanya dari clay, karena kalo dari cat lebih bisa kuatur garisnya dan kuhapus lagi kalo salah. Ya emang jadinya berulang kali dihapus sih hahaha, tapi lebih puas ^_^. Nah salah satu yang sulit lagi adalah saat bikin gown mengembangnya. tu kapan hari waktu bikin sempat gownnya sobek sebelum di bake wkwkwk… Setelah berhasil kubenerin, langsung kubake. Dannn ternyataaa ya Tuhan…. aku ga ngeliat derajat ovennya ternyata mungkin sempat kesenggol, jadi 160 derajat C bok, alamak Xp. Tau sendiri kan, hasilnya gosong di sebagian gown hiks hiks… Untungnya ini masih dasaran gownnya sih, depannya bakal kutumpuk lagi, tapi kan ya sedih kalo gosong, untung ga nemen jadi ketika ditumpuk warna gosongnya puji Tuhan ga terlihat wkwkwk :p *uda panik kalo sampe gosongnya pengaruh ke warna didepannya, soalnya warna depan gown aku pakai kuning translucent. Membuat efek gaun terangkat itu aku masih perlu latihan dan mengamati kalo rok di angkat seperti apa sih jatuhnya hahaha, ini rasanya kok belum bagus2 amat, tapi udah lumayan berhasil keliatan keangkatlah pikirku :D. Paling suka deh bikin model gown ginian, mengembang dan berputar2 cantik rasanya hihihi…

photostudio_1599805050857lBelle nya aku bikin versi styleku ya, aku suka tipe wajah cute soalnya :p. Rambutnya juga kubikin menari2 tertiup angin ketika dance ma Beast. Dan untuk pemanis di gownnya biar keliatan lebih gorjes, aku tambahkan pearl glitter yellow yang soft. Jadi kalo kena cahaya tu bisa bling2 kinclong lembut :D. Aku suka warna kulitnya agak2 translucent gitu kesannya. Aku pakai campuran dari cernit warna kulit dan translucentnya white, kutambahkan sedikit warna kulitnya fimo, biar ga terlalu kesannya transparan banget. Ini untuk warna kulitnya untung bangettttt gosongnya ga sampe parah, emang lebih menua sih tapi paling cuma 1 tingkat di bawah warna normalnya, jadi masih ga keliatan gosong2 amat hahaha… Membuat efek2 gelombangnya juga harus satu2 itu, jadinya tidak secepat yang kubayangkan. Nanti mungkin masih akan kutambahkan warna2 emas or oranmen lain di gownnya, tapi nanti aja kalo Beastnya juga udah mau selesai. Sementara biar seperti ini dulu, lebih mirip dengan yang di film kartunnya wkwkwk…. Itu tatakan hitam hanya untuk properti saat foto aja. Nantinya aku akan bikin site sendiri dan Belle nya akan kutempel diatasnya site bersama dengan Beastnya ^_^.

photostudio_1599244254838lSetelah Belle selesai, mestinya mau bikin Beast, tapi kok susahhhh hahaha, jadinya kupending bentar Beastnya, aku bikin Lumiere dan Clogsworth aja dulu pikirku. Lumiere lebih ga macem2, jadi kubikin dia dulu deh… Waktu bikin Lumiere ini juga sempat tanganku kena alteco beberapa kali deh wkwkwk… biasaaa kadang kalo udah ngasih lem suka lupa, tangan main pegang clay aja, akhirnya claynya nempel di jari deh :p. Untuk gambar Lumiere aku banyak googling untuk mencari detil2nya. Sculpt bagian wajahnya memang perlu hati2 karena ini kan kecil, paling takut bikin mulutnya kalo yang ini. Soalnya mulutnya kubikin senyum yang cukup lebar dengan keliatan giginya. Itu bikin giginya sampai nggeret pakai jarum kecil wkwkwk…. Yang di sini, kepalanya agak kurang panjang menurutku. Jadi waktu itu kutambahkan lagi sedikit clay putih di bagian atasnya agar tidak terlihat terlalu pendek bagian kepalanya. Untuk bagian tangan yang tipisss, itu aku pakai clay yang kulapis polymerclay. Setelah dasarannya selesai, tinggal nanti melapis bagian emasnya dan menggambar matanya. Melapis emas ini aku agak dilema, antara mau pakai gold sheet atau pakai gold powder aja. Setelah kupertimbangkan aku nyobain pakai gold sheet aja yang ini, karena kok kerasanya lebih kinclong.

photostudio_1599325828829lMelapis gold sheetnya ternyata susahhhhh… Ga sesederhana bayanganku. Jadi nempelnya tuh harus hati2 karena sheetnya sangattttt tipis dan mudah sobek. Permukaannya juga ga bisa rata sih.. Tapi mestinya kinclongnya bagus tuh… Cuma ya akhirnya ga bisa halus seperti bayanganku hiks hiks… Ngelemnya juga bingung, karena kadang bolak balik malah nempel di jarum yang kubuat bantu untuk nempelin. Nah kl udah ketempel di jarum susahhh, akhirnya sobek deh… Makanya numpuk gold sheet ini sampe cukup berulang2 dan seharian numpuknya. Padahal cuma bidang kecil. Lagian motif yang semestinya udah kubuat dari clay malah jadi tertutup wakakaka… ya ampun… Tapi udah terlanjur ya udah diteruskan aja deh… :p. Itu lilinnya kubikin ada fosfornya, tp belum kufoto saat gelap. Nanti aja kl udah selesai semua deh, lagi malas foto lagi wkwk…

photostudio_1599470415702lSetelahnya aku bikin Cogsworth… Bikin satu ini ga usah ditanya dehhhh…. Lamaaaaa bokkk… Xp. Aku harus berpikir gimana caranya bikin badannya supaya bisa terlihat lubang, aku ga mau kl hanya main cat wkwkwk…. Akhirnya aku bikin seperti yang di foto. Jadi bagian dalamnya bisa kutempel pendulum emasnya, lalu kututup lapisan atasnya. Awalnya mau kutempel mika, tapi ga jadi, karena nanti kl dibake rusak semua plastiknya :D. Bikin wajah Cogsworth juga agak sulit ngepasin yang bagus nih. Awalnya aku bikin agak terlalu besar mulutnya wkwkwk…. Sampai aku minta masukan dari temanku, dan wajahnya Cogsworth ini sampai kuremake beberapa kali karena ga puas2 :p. Itu lagi bikin jarum jam nya… Kecilll dan tuipiiissss banget Xp. Temen2ku di IG nakal2, pada mau bersin2 dan tiup2 jarum jamnya katanya hahahaha, dasar kannnn :p. Tp nyenengin punya temen2 yang seru2, jadi ga serius mulu ahh wkwkwk…. Bikin jarumnya sampe mataku agak pedes, eh bukan agak lagi, emang pedes @_@. Dan bbrp kali putus krn ketipisan hahaha, ya bikin ulang bbp kali. Mestinya di jarum kecil kurang lingkaran2 kecil, aku udah coba bbrp kali tp ukurannya msh terlalu besar untuk wajahnya Cogsworth yang hanya segitu. Jd kuputuskan cukup seperti ini aja jarum jamnya :D.

photostudio_1599483816469l

photostudio_1599579370722lTuhhhh… kecil sekali kan, kalo sekali ketiup dan terbang melayang jatuh… bisa hilang sudahhh… :p. Ini Cogsworthnya udah kuremake, senyumnya kukecilkan, biar ga terlalu terlihat seperti wajah baby wkwkwk… Untuk warna emas yang ada di Cogsworth aku kali ini pakai gold powder. Wwkwkwk jadi ceritanya nih, aku dan teman clayku ada yg lagi penasaran dengan yang namanya cat emas yang bisa kinclong hahahaha…. Kami masih mencari yg kinclongnya bisa cukup everlasting. Karena sayangnya ini gold powder dan glod sheetnya kalo kegesek2 tangan warnanya jadi agak2 burem deh… Ngecat di bagian yang tipis2 itu juga setengah mati, harus super hati2 biar ga jembret ke mana2. Dan karena udah merasa puas dengan wajahnya, jarum jamnya kutempel. Nempelnya pakai deg2an ahaha, takutnyanya patah or lepas sambungannya gawat. Karena ada satu jarum arrow yang kubikin sempat lepas, untung aku bikin cadangan, jd aku pakai yang satunya. Dan tau ga… ternyata ini pun baru aku sadar salah setelah liat foto… Matanya Cogsworth ga ngeliat ke arah Lumiere. Tepok jidat dwehhh….

photostudio_1599625835290lMau ga mau karena mataku gatel kalo ngeliat ada yang kurang, apalagi di bagian mata kan terliaht banget sih kl menurutku. Akhirnya terpaksa sekali lagi (dan kuputuskan ini untuk terakhir kalinya Xp), matanya kuperbaiki. Memperbaikinya cukup sulit karena claynya udah keras kan. Jadi terpaksa harus ada yg kucutter supaya ga terlalu menonjol matanya yang baru. Puji Tuhan bisa kuubah dan bola matanya kubikin melihat kearah Lumiere wkwkwk… Dahhhh selesaiiii, bungkusssss… Jangan diliatin lagi nanti kl ketauan salahnya ga selesai2 bikin hahaha… Mestinya masih mau bikin Mrs. Potts, Chips dan Beastnya. Tapi sepertinya waktu bermain udah cukup dulu deh wkwkwk… Aku harus kembali lagi ke pesanan. Bersyukur sekali punya customer yang pengertian bangets… Mood udah kembali seneng hahaha, siap tempur ^_^. Ini untuk yang belum selesai nanti akan kucicil lagi di sela2 pesanan, nyari waktu lagi ntar yaaa….. ^_^

Play with clay, Piet’s Art touch the heart with art

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *