18 Desember 2018

Ini adalah hari keberangkatan kami dari Surabaya ke Jakarta dulu. Jadi belum kuhitung sebagai liburan deh ya ;p. Kami naik Thai Airways ini menurut review cukup bagus, pesawatnya juga cukup enak. Jadwal kami berangkat adalah tanggal 19 Desember jam 13.00. Kami memilih berangkat tgl 18 aja, dan menginap sehari di hotel dekat bandara supaya anak2 tdk terlalu capek. Karena setelah berangkat ini akan terus tancap gas ga istirahat sama sekali, alias tidak isa menyentuh kasurrr wkwk. Kami menginap di hotel yang murah2 aja, asal bersih, karena cuma semalam doang, itupun kami tdk berencana kemana2. Begitu sampai Jakarta tgl 18 Des sore, kami pesan gojek makanan. Makan di hotel dan lanjut tidur. Besoknya gojek makanan lagi, kemudian kami langsung menuju bandara.

 

Day 1: 19 Desember 2018 (Jakarta to Paris, transit di Bangkok dulu)

IMG_20181218_141225lNah yang ini udah kuhitung liburan kwk, meskipun seharian juga transit, tapi transitnya jalan2 di negara lain hihihi :p. Hari ini kami berangkat dari Days Hotel & Suites pk 10.00 setelah selesai makan pagi by gojek. Tiap pagi kami kasih anak2 vitamin Imboost, kalo malam kami siapkan Antangin. Wes pokoknya itu diminum pagi-malam terus untuk menjaga stamina biar ga masuk angin juga. Kecuali kalau memang kulihat mereka tidak capai dan aktivitas seharian tidak terlalu berat, aku kasih salah satu aja. Sampai di airport kami mampir Starbuck dulu, kami pesan java chip kesukaan kami hihihi…

 

IMG_20181219_124421lIMG_20181219_124427lSiang pk. 13.00 pesawat Thai Airways beragkat menuju Bangkok. Pesawatnya nyaman. Space u kaki lebar, kursinya jg enak. Ada sandaran kaki juga tuh lumayan. Aku kebetulan duduk disebelah ibu2 yang mau berangkat ke Istambul untuk menghadiri pernikahan (aku ga nanya jg sih siapanya dia yang menikah). Ibunya berasal dari Bandung. Kami cerita2 sejenak, aku cerita akan menuju ke Paris. Yang agak lucunya ituuu, si ibu ini nanya apa aku di Paris ambil studi? Emmm… aku bilang nggak sih, aku liburan bersama keluargaku kubilang begitu. Trus dia nanya lagi, liburan ma orang tuanya ya? Nah ini nih aku sempat bingung maksudnya gimana, emang ada yg mirip orang tuaku di pesawat?? Aku bilang sih aku liburan bareng suami dan anak2, sambil kutunjuklah itu Rere yang ada di kursi seberangku (duduknya 3-1, aku yg mencar tapi aku duduk ujung dekat mereka). Ibunya kaget hahaha… Ternyata oh ternyata, dari awal itu dia pikir Rere adikku wakakakak…makasiiiiihhhh lhooo yaaaa buuu, duh ibunya baik benerrr hahaha *eeeaaa langsung geerlah dirikyuuu :p :p. Barulah aku paham, kenapa si ibu ini dari awal nanya apa aku studi di Paris. Dia ga nyangka katanya wkwk, sampe nanya aku menikah umur brp, punya anak umur berapa. Trus kujelasin umurku juga, biar ga salah paham dianya 😀 :D. Ibu cerita2 juga, kalo di luar negri tu dia takut ga bisa makan, jadi dia selalu bawa sambal kemana2. Dia tawarin aku sambal. Duhhh…tertarikkk hahaha secara aku jg penggemar sambal. Tp kutolak halus, kubilang aku takut sakit perut, ini jaga makanan biar selama liburan nanti tidak sampai sakit :D. Aku gampang mules soalnya wkwkwk…

 

IMG_20181219_134252l

IMG_20181219_134313lMakan siang di Thai Airways enak, aku pesan chicken blackpapper. Ini awal2 masih suka foto2 semangat difotoin tiap makanan hahaha… Ada cakenya juga enakkk, duh aku penggemar cake, makanya begitu ada cake senengnyaaa pakai bangettttt nyuummmm ^_^.

Perjalanan menuju Bangkok kurleb sekitar 3.5 jam. Jam 16.30 kami sampai Bangkok, di airport Suvarnabhumi. Begitu sampai airportnya kami kan mau cari tempat makan. Mereka suruh ke lantai 4, nah cari lift or tangga berjalan itu lho ga adaaaa… disuruh jalan ke ujung, kami udah keujung jauhhhh tapi ga nemu, jadi balikkkkk lagi ke jalan awal. Akhirnya kami putar2 sehingga nemu juga persimpangan untuk bisa naik keatas. Begitu bisa naik, kami langsung mencari tempat makan. Pilihan makanan tidak terlalu banyak yg menarik menurutku, or mungkin tempat kami yang salah ya entahlah, tapi akhirnya kami pilih salah satu resto yg kelihatannya ada khas Thainya. Di resto ini ada mie roasted duck, suami dan anak2 nyobain makan itu, aku biasanya ga beli dulu, liat porsinya seberapa. Biasanya aku ngicip2 doang kalo Ken ga habis. Aku pesan ketan mangga, keliatannya enak, dan Thailand kan salah satunya terkenal mangga dan duriannya kan ya… Dannn tidak salah deh aku nyobain ketannya, duhhhh muanisssnyaaaa muantappppp wkwkwk… Aku kalo bilang enak kaya gitu berarti berkesan deh hahaha… Kl mienya sih okelah, porsinya besar, tp kalo rasanya tidak spesial banget. Penjaga disana ada yg suka godain Ken wkwkwk… Ken ini kan lucu, kadang senyum2 gt wajahnya, polos. Penjaganya suruh Ken tambahin chili powder di mienya, chili make you strong katanya hahaha… Tapi baik kok itu orangnya, dia perhatiin Ken ga makan sayur, diingetin untuk makan karena sehat :D. Setelah selesai makan, kami masih harus menunggu agak lama disini, karena jadwal berangkat pesawatnya pk. 00.05 dini hari. Kami harus mencari tempat untuk menunggu, kan tidak bs duduk terus di restonya. Penjaga yang godain Ken tadi baik, dia memberi kami info dimana kami bisa menunggu.

IMG_20181219_180720lIni ketan mangga yang bikin ketagihan, pingin pesan lagi, tapi takut peyut ga muattt wkwk…

IMG_20181219_180907lIMG_20181219_180928lNah ini yang mienya, keliatan kan besar mangkuknya seberapa :D. Setelah makan malam, anak2 kusuruh minum antangin, aku siapkan bbrp sachet di tas.

IMG_20181219_211008lAkhirnya kami turun satu lantai, ada tempat duduk tapi hanya pas 4 kursi. Aku sampai bingung kok bandara disini susah nyari kursi yg banyak seperti bandara2 lain, apa memang kurang bagus pikirku. Entahlah, waktu itu kami juga ga eksplore terlalu jauh. Jadi ya kami menunggu sambil aku membaca2 itin di Paris dan di Belanda. Mencari info2 kalo ada yg kurang. Oya, tadi waktu pemeriksaan di bandara, jaket Ken sempat terjatuh or tdk terbawa jg aku tdk tahu tepatnya, tp ada orang yg baik yang memberi tahu. Duh, puji Tuhannn itu kl sampai jaket ketinggalan ga tau deh gimana, ya kudu beli jaket baru, kan ga mungkin liburang winter tanpa jaket. Makasih lho ya bagi yang udah ngejar kami untuk ngembaliin jaket Ken ^_^. Tik tok tik tok….menunggu itu salah satu yang membosankan, apalagi kalo lamaaa fiuhh… bosen aku, apalagi kakiku ini kalo dibuat duduk kelamaan malah sering sakit ototnya. Ini udah mulai kambuh gawat deh. Aku sempat membeli bbrp snack untuk anak2, jaga2 kalo mereka lapar karena aku tdk bawa snack dari Indo. Beng2 yang kubawa udah pada dicemil2, jadi kudu nambah cemilan di tas. Mendekati waktu boarding, kami baru tau gate berapa kami harus pergi. Nahhh…ternyata memang mgkn bagian kami menunggu itu memang bagian pinggirnya kali ya, karena kl diarea pusat airportnya ternyata bnyk toko2 menarik. Kami melewati patung yang eyecatching… Foto di atas adalah salah satunya.

IMG_20181219_212043lDannn ini nihhh salah duanya wkwkwk… ada Mickeyyy sukaaa :p. Cuci mata sejenak sambil menuju ke arah gate tempat kami boarding.

 

Day 2: 20 Desember 2018 (Bangkok to Paris-12jam, citywalk di Paris)

Pesawatnya berangkat sedikit terlambat bbrp menit, kurleb 00.20 baru berangkat. Pesawatnya ternyata besar yang ini, double decker, jadi penumpangnya banyakkkk…. Jarak antar kursinya lebih lebar2 lagi, 32inch. Begitu di pesawat, aku minta anak2 bobok dulu sebentar sambil nunggu nanti waktu makan tiba. Ngatur waktu bobo ini lho yang susah, kalo mereka kurang tidur aku kuatir mereka jetlag begitu sampai Paris. Padahal begitu sampai Paris, kami rencana langsung jalan soalnya, jadi tubuh harus fit tidak boleh kurang istirahat. Dengan beda waktu 6 jam, tubuh pasti butuh adaptasi. Jadi kalo bisa bobo pokoknya langsung kusuruh bobok. Ken itu gampang disuruh tidur. Rere ini yang biang kerok kalo disuruh bobok… Aku paham sih, bobok di pesawat memang ga gampang. Anak2 kukasih eye mask. Aku aja udah ngantuk dan pingin bobok tp ga bs mulu, mgkn krn pikiran dan ngeliatin anak2 sih ya. Setelah dipaksa, akhirnya Re isa bobo sebentar. Oya, kesan tentang pelayanan di pesawat, ada pramugari yang sepertinya lebih senior itu kurang senyum. Tiap mencet lampu minta tolong, selalu dia yg muncul :p, tp ya baik sih tetep melayani permintaan kami. Pramugara satunya yg lebih muda, itu ramah dan murah senyum. Sekitar jm 1.30 dini hari makanan keluar (ga sempat difoto, kelupaan langsung hap..hap). Re dan Ken kubangunin makan sebentar. Aku pesan chicken curry, anak2 pesan tuna noodle, karena currynya takutnya agak pedas. Setelah makan kami bobok lagi. Ken ga usah ditanya, dia enak sekali kl bobok :D. Aku ini yang akhirnya jadi susah bobok, karena kakiku kumat sakit akibat duduk berjam2. Mungkin baru sekitar jam 4 or 5 aku baru bisa bobo, itupun tdk nyenyak. Re juga kulihat ga bisa bobo nyenyak, putar putar badan kesana kesini. Dalam hati udah kuatir, mateng kalo sampe masuk angin or sakit. Tiap mereka makan, aku udah pesan mereka untuk selalu minum air hangat, biar tidak masuk angin, cara ini terbukti ampuh :p. Hanya bisa berdoa supaya Tuhan yang jagain kesehatan kami deh, karena aku hari itu capekkk sekali ga isa bobo nyenyak, ga tau yg lain gimana.

IMG_20181220_112117lIMG_20181220_111346lSekitar jam 5 pagi waktu Paris (berarti sekitar jam 11 pagi wkt Indo), makanan keluar. Nyummmm chees omelete dan sosis. Lumayan kenyang untuk isi perut. Re bangun sebelum jam makan, sekitar jam 3.30 or jam 4 pagi rasanya dia bangun. Sama denganku. Ini jam 6 pagi udah berasa ngantuk lagi hiks hiks… Ken bobonya nyenyakkk sampe ngowoh wkwk, dia bisa bobo posisi apa aja deh, ditekuk2 pun rasanya tetep lelap dia. Aku merem sebentar sebelum pesawat landing. Karena ngantuk sekali akupun bisa tertidur sebentar.  Sekitar jam 7 pagi kami mendarat di Charles De Gaulle, Paris (perjalanan Bangkok-Paris sekitar 12jam). Bonjour ^_^. Salah satu tips biar ga jetlag di awal: pokoknya kalo bisa bobo, nyicil bobo dikit2lah. Dan kalo tiba di negara tujuan, langsung pakai waktunya sana. Ga boleh mikir waktu Indo lagi. Biar otaknya tersetting wkwkwk… Cuaca cerah hari ini, bagus kami bisa jalan2 langsung hihihi…

 

IMG_20181220_072526lIMG_20181220_072240lTurun dari pesawat, kami menuju kebawah dengan naik tangga berjalan. Bentuk ruangannya unik nih, atapnya bisa melengkung melengkung. Aku dulu waktu SMA pernah ke Paris with my Dad. Charles de Gaulle ini salah satu airport yang desainnya unik dan bagus ingatku. Makanya ga heran plafond atasnya melengkung2 tidak rata. Oya kami mestinya udah persiapan membawa long john di tas, jadi semisal udara dingin bisa langsung dipakai. Tapi karena kami langsung menuju hotel dan temperatur tidak terlalu dingin, jadi long john batal kami pakai dulu, menunggu aja sampai hotel sekalian, biar pas di taxi tdk kepanasan dan keringatan. Kami Langsung antri untuk cek imigrasi. Hmm, disini antrinya panjanggggg… Apalagi jalur imigrasi yg dari luar Perancis, sampai kurleb 1 jam kami mengantri, ditambah ambil bagasi sekitar 30mnt ckckck..

IMG_20181220_074846lIni antri imigrasinya, panjangggg. Ken sampai duduk dibawah karena capai :p. Ada bbrp yg ditanya2in petugasnya, sampe ada 1 turis yang macet lama karena entah dokumennya kurang lengkap or gmn. Kami puji Tuhan lancar aja ga ditanya macam2.

IMG_20181220_094127lAkhirnya sekitar jam 8.30 kami berhasil keluar bandara, langit masih gelapp. Sekitar 9.30 baru mulai ada matahari. Yakkkk Parisss…kota yg romantis katanya, tp juga kota yg banyak copetnya menurut info. Jujur ya, ini kota yang paling bikin aku parno. Banyak info yang bilang, kita harus berlagak cuek di Paris, jgn mau diajak ngobrol ramah tamah takutnya scammer nanti kita disuruh bayar, or copet yang lagi mau ambil dompet kita, dll. Jangan memperlihatkan kalo kita spt turis yang kebingungan. Dari bandara menuju hotel kami udah pesan taxi, mau naik trem or metro kami berpikir panjang, bawaan banyak plus ada anak2, wes cari aman aja. Taxi udah dipesankan oleh hotel sebelumnya, jadi begitu kami keluar bandara, untunglah kami segera bertemu dengan sopirnya. Pakai aplikasi online Get Transfer, mirip2 Grab gt. Sopirnya masih muda, tp ga bs bahasa Inggris. Di Paris ini aku pernah diceritain kalo orang2nya lebih suka pakai bahasa mereka, jd bbrp penduduk sana ada yg ga bisa bhs Inggris. Sepanjang jalan kami ga bnyk komunikasi dgn sopir. Aku karena ngantuk sempat tertidur di mobil, anak2 juga. Karena melihat suasana sekitar masih kurang bagus dan perjalanannya lamaa, karena macet… Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam. Tuh lihat kan, mobilnya banyakkk, ga kalah dengan Indonesia. Kupikir biasanya karena ada transportasi umum, jadi kendaraan pribadi tidak terlalu banyak, ternyata disini ya banyak juga.

IMG_20181220_093317lIMG_20181220_093314l Kami lewat tempat2 yang tidak pernah kubanyangkan ternyata ada jg di Paris yang seperti ini. Bersyukur juga lho lewat tempat ini, jadi kami tau bahwa setiap kota mempunyai 2 sisi. Jangan selalu membayangkan yang indah-indah melulu :p. Sekitar 30mnt tertidur karena tidak bnyk yg bs dilihat, aku mulai terbangun, kami mulai menuju tengah kota, dan bangunan mulai besar2 dan tinggi2. Kami menginap di Best Western, dekat Champ Elysees. Champ Elysees adalah salah satu jalan/area terkenal di kota Paris. Sekitar jam 10 pagi kami sampai di hotel. Anak2 udah nyicil bobok sebentar di taxi, mereka udah seger. Duh, puji Tuhan banget wes mereka ga kecapean. Ga jetlag parah juga, paling cuma ngantuk. Tp ngantuknya kalah ma rasa exciting mo berpetualang di tengah kota Paris hihihi… Kami check in di hotel, mestinya jam 15.00 menurut peraturan baru boleh masuk. Tapi kami dibolehkan masuk jm 11.00. Penjaganya orang African American sepertinya, baik sih, ada kamar kosong kami boleh masuk. Tapiiii ituuu wajahnya, galak dan kesannya disiplin banget. Kesannya kurang ramah, karena kurang senyum. Aku jadi keinget petugas perpustakaan yg pake kacamata, udah tua gitu, dan selalu melirik tajam ke arah pengunjungperpustakaan. Aku berasa seperti itu dweh hahaha..

IMG_20181220_095157lIni Ken kan kusuruh duduk di bawah pohon natal untuk bisa kufoto, kalo Ken berdiri kurang pas anglenya. Ehhh…itupun ditegur penjaga perpus..eh…petugas hotelnya… Ga boleh duduk lantai, suruh duduknya di kursi. Alamakkk..baru kali ini tau ada orang hotel seperti ini, tp setidaknya krn dia bolehin kita check in awal aku masih kasih dia nilai plus sedikittt sih. Terlepas dari maksud dia mungkin lantai kotor jadi disuruh duduk kursi, tapi cara ngomongnya itu lho bikin nilai minus dimataku. Oh ya, disini juga tidak boleh menggantung/ menjemur baju, suamiku disuruh tandatangan surat gitu. Ketat amit pikirku. Whateverlah, yg penting kami langsung naik ke kamar kami untuk ganti outfit wkwk… Pakai long john dan sweater.

IMG_20181220_100951lUntuk kamar hotelnya sih okelah cukup enak meskipun tidak terlalu besar. Iyalah makin besar makin mihil dong yaa, cuma untuk bobok aja segini juga cukupppp wkwkwk… Ternyata di dalam kamar itu ada lampu hotel yang seperti tiang2, mungkin mereka takut rusak, mungkin juga dulu ada yg suka njemur2 di lampu wkwk entahlah, makanya tadi disuruh tanda tangan di depan :p.

IMG_20181220_101011lIni penampakan kamar mandinya. Showernya tdk terfoto :p. Ada haridryer tapi tidak tersedia sikat gigi dan odol. Oya dikamar mandi ini ada penghangatnya, jangan lupa diset ya, supaya tidak kedinginan pas masuk :p.

IMG_20181220_113442lYak kami siap berpetualang kota Paris :D. Ini foto dulu dijalanan keluar dari apartemen. Suhu kisaran 8-10 derajat, anginnya adem, jadi anak2 kusuruh pakai sarung tangan wool aja satu lapis. OUTFIT kami saat di Paris: cukup 1 long john, 1 sweater tipis aja, jaket winter, syal tidak mutlak dipake sih, tp karena Ken gampang batuk kadang kalo dingin jadi aku suruh dia pakai syalnya. Kupluk ga perlu, telinga masih tahan dan ga sakit sih kalo kena angin. Kaos kaki pakai wool 1 lapis aja, kalo tahan dingin sih pakai kaos kaki biasa msh gpp. Yak itu sekilas tentang outfit wkwk… Bbrp saat yang lalu, sempat ada demo di dekat Arc de Triomphe kan, nah udah kuatir aja kalo pas kami di Paris ada demo2 rusuh lagi, gawat. Setiap Sabtu biasanya kelompok Yellow Jacket katanya turun dan demo. Kami datang tidak pas hari sabtu sih, dan cuma bisa berdoa aja supaya tidak ada apa2 selama kami di sini. Seperti yang kubilang sebelumnya kan, ini kota yang paling bikin parno, makanya kami cuma sehari disini ga mau lama2 wkwk… Jadi waktu kami keliling Paris ya hanya hari ini saja. Harus dimanfaatkan dengan baik supaya bisa dapat lumayan banyak wisata kota disamping juga ga boleh pulang kemalaman karena kami belum sempat istirahat sama sekali (lebih tepatnya blm sempat berbaring di kasur :p) sejak berangkat dari Jakarta. Suamiku udah beli tiket hop on hop off, jadi itu sepeti naik bus keliling bbrp spot wisata yang terkenal di Paris. Nanti kami bisa berhenti dan turun kalo memang mau, tapi kl tidak ya bisa terus jalan dengan bus.

Untuk tempat wisata pertama yang akan kami kunjungi adalah Arc de Triomphe, dekat hotel jadi kami tinggal jalan menuju kesana. Gimana caranya tau arah kesana? Pake Google Map donggg hihihi… Menikmati hawa adem di Eropa emang menyenangkan. Jalan tidak terlalu jauh, kami sudah bisa melihat Arc de Triomphe, dan tentu ajaaa kami poto2 :D.

IMG_20190106_191254lTernyata posisi Arc the Triomphe ini seperti ada di tengah jalan persimpangan2 gt (kl di semarang mgkn mirip simpang lima, tp ini entah berapa simpangnya banyak pokoknya :p). Karena jalan pas kami keluar hanya kena sisi samping bangunan, akhirnya kami mengambil jalan memutar beberapa kali hingga sampai di posisi depannya. Kami menemukan tempat yang cukup bagus untuk foto2 sejenak. Setelah dari sini, kami berencana naik Big Bus, salah satu hop on hop off bus yang ada. Tentu aja kami harus mencari perhentian bus ini dulu. Setelah ketemu kami langsung naik bus. Tiket bus bisa dipakai seharian, jadi jangan sampai hilang ya ^_^.

IMG_20190106_191918lIMG_20190106_192107lBusnya kira2 seperti ini nih, double decker, deck atas ga ada atapnya so pasti akan kena angin tapi kita juga isa melihat pemandangan lebih enak :D. Karena tujuan kami mau foto2 suasana sekitar maka kami lgs menuju deck atas, tanpa berpikir panjang bahwa resiko terkena angin akan ditanggung selama perjalanan wkwkwk…. Itu ada peta jalur bus. Kita bisa lihat kira2 gedung apa yang dituju di tiap perhentian, busnya berhentinya urut. Yang jadi tujuan utama kami di Paris adalah berfoto di Arc de Triomphe, Eiffel Tower (ini so pasti lah harus wkwk), dan Louvre. Yang lain sih aku tidak terlalu kepingin, sekedar liat2 aja dari bus cukup. Karena kan waktu kami terbatas, kalau di tiap perhentian kami turun, takut kemalaman sampai hotel padahal esok pagi kami harus tolak ke Lourdes lagi.

IMG_20181220_124648lDari atas bus kita bisa liat bangunan2 Paris seperti apa. Di pusat kota ini banyak sekali toko2 menarik dengan merk2 terkenal wkwk… Eh tapi ya, aku ini ngeliat gedung2nya tuh kok hampir mirip2 semua desainnya kalo sekilas kulihat, dan warnanya apalagi juga coklat muda/ krem muluuu.. Ada sih bbrp toko yang dihias2 cantik sehingga membuat mata langsung melirik, seperti toko berwarna merah itu ^_^. Perhentian pertama kali adalah Eiffel Tower, tapi kami tidak berfoto dulu karena suami udah kelaparan wkwk… Kami sampai di Eiffel Tower sekitar jam 1.20, kami langsung mencari tempat untuk makan. Mencari tempat makan aja bingung, karena pada ga tau enak or ga kan, dan bingung mau makan pizza or jenis yang lain.

IMG_20181220_131858lIni tempat bekas kerusuhan sepertinya, waktu keliling nyari tempat makan kami melewati tempat ini. Ada tembok yg kena cat2, kaca pecah, gedung yang ditutup triplek bagian kacanya, dan ada mesin yang rusak ini :p. Itu kaca bangunan di sebelahnya retak2.

IMG_20181220_141304lAkhirnya setelah berkeliling2 cukup lama dan melihat bbrp resto, kami memutuskan untuk mampir di salah satu toko pizza, namanya ada disamping ini, ini dari struk yang kucrop wkwk susah nulis nama restonya :p. Keliatannya bnyk orang yg makan disana, jadi kami sekalian mau nyoba deh. Soal harga makanan, tutup mata sementara dan jangan di kurs-in ke rupiah, bisa langsung pingsan or mendadak puasa makan ntar :p. Rata2 makanan disini setelah kami keliling2, kisaran harganya antara 8-15 euro, ada yg lebih pastinya ya, tp harga rata2 dikisaran segitu. Kl yang pizza2 itu biasanya 10 euro keatas harganya. Tempat makannya penuhhh, untung pas ada 1 meja kosong jadi kami bisa langusng duduk. Kami lihat banyak orang yg pesan pizza, bahkan sebagian besar sepertinya makan pizza. Dan ukurannya besarrrr, jadi kami hanya pesan 3 menu aja deh.

IMG_20181220_133946lIni Lasagna Re yang pesan, dia pingin nyobain. Enakkkk sih, kejunya berasa banget, apalagi mozzanya molorrrr hihi

IMG_20181220_133959lTuhhh lihat kan ukuran pizzanya, jumbooo, dan orang sini itu ya habis maka satu porsi begitu. Hadewww kalo aku udah ga muat makan segitu kali ya, kecuali laper, eh tapi ini aku lagi laper sih wkwkwk…

IMG_20181220_134008lIni pizza satunya yang kami pesan, lupa apa aja namanya, tapi yg ini ingetku ada pepperoni, jamur dll. Yang sebelumnya itu kaya bacon dan daun salami or apa gitu. Kejunya duhhh mantappp, makan rasanya kegirangan bener aku :D. Ken lebih suka yg bacon diatas, yang jamur2 ini rasanya lebih unik dia kurang cocok, meskipun dikasih satu slice ya habis sih wkwk… Rere juga suka Lasagnanya, cuma daging cincangnya dia mblenek. Re kalo beginian lebih gampang mbleneg dibanding Ken. Jadi daging cincang Lasagna Re malah dimakan Ken, Re gantian makan pizzanya, cocok wes hihi… Aku juga makan banyak kok, ternyata makan bbrp slice ini udah cukup mengenyangkan. Air minumnya disini gratis. Oya ada orang2 yg bawa anjing juga disini. Meja sebelahku bawa anjing kecil, dipakaiin baju gitu lucuuu, sama diliatin Ken terus anjingnya :D. Orang2 disini penjaganya bisa berbahasa Inggris. Ada yg ramah2 juga, aku waktu cuci tangan sedikit bingung dengan keran airnya, itu kebetulan ada orang disebelahku dia menjelaskan cara pakainya, trus setelah cuci dia mengarahkan untuk pakai hand dryer disamping, dia juga bantu untuk menyalakan ^_^ (padahal kl handdryernya aku dah tau caranya mestinya wkwk). Setelah selesai makan, kami berjalan kearah Eiffel Tower.

IMG_20190107_111221lOya ini aku fotoin backpack yang kami bawa, biasanya kami pilih tas yang ada cantolan zipper dobel, jadi bisa dikaitkan begini dengan clasp ring. Lumayanlah membantu biar orang ga gampang buka2 tas seenaknya. Kalo mau buka kan kudu dua tangan kalo kait begini, ga bs satu tangan aja. Wong aku aja kalo mau buka tas sering ngomel karena ribet kena cantolan mulu apalagi copet2nya wkwkwk :p. Yang ga bisa dicegah adalah kl copetnya niat banget bawa silet dan nyobek tas tanpa kita sadari sih, yah puji Tuhan itu tidak terjadi. Setiap kali jalan, kami memastikan itu ring harus terkait dengan zippernya. Suami malah pakai gembok kombinasi, jd klo buka ya buka kombinasi wkwk, biarin ribet yg ptg aman katanya :D. Sampai di Eiffel Tower kami langsung ambil spot untuk foto2 hihi… Berfoto dengan Eiffel Tower ini bisa dari atas bisa diambil dari bbrp area, sehingga kesannya bagus. Ga masalah foto dari mana ajalah yang penting keliatan towernyaaaa :D.

Sampai di Eiffel Tower, kami gantian foto antara aku dan suami (mestinya pingin bs foto berempat :p). Kami menikmati waktu sejenak di area ini. Ada banyak penjual souvenir keliling. Bbrp video yang pernah kulihat bnyk scammer itu berasal dari penjual-penjual souvenir. Aku bilang ke anak2 untuk waspada, jangan mau kalo ditawarin barang2. Pokoknya cuek aja ga usah dijawab kalo ditanyain macem2. Sempat ada penjual berjalan ke arah kami, tapi kami langsung pergi sebelum diajak ngobrol. Nah, waktu aku minta Ken untuk fotoin aku dan suami, itu Ken kan udah foto2. Tiba2 nih yaaa….ada orang African American penjual gantungan2 kunci yang mendekat ke Ken. Dia denger Ken bilang: satu…dua…tiga (aba2 kl mau foto). Trus orangnya sok akrab, dia bisa ngomong satu..dua..tiga, dia nanya kami dari mana, apa dari Malaysia. Sempat agak males nanggepin sih, tp kl ga ditanggapin rasanya gimana. Ya kubilang kami dari Indonesia. Orangnya langsung bilang, yo brother and sister, kita sodara kalo gitu (pake bhs Inggris). Dia langsung ngatur aku dan suami untuk pose, hmm dag dig dug ini benernya jatungku, kuatir beneran kena scam. Tp kami ya nurut aja diarahin gaya, mau nolak rasanya ga sopan. Trus orangnya ambil hp dari tangan Ken dan dia fotoin kami, bilang don’t worry don’t worry. Dia foto kami berdua, trus foto kami satu per satu sambil disuruh nggaya tangannya ke arah atas. Re udah sempat ga mau, dia nolak (mgkn dia kuatir kalo endingnya nanti ga enak). Tp si bro penjual souvenir ini meksa dia bilang lagi don’t worry it’s okay, yo wes akhirnya Re juga pose. Terakhir setelah dia fotoin kami berempat, dia kasihkan hp ke suami. Wowww fotonya bagus2 lho, ternyata foto tangan terangkat itu dia fotoin gaya kami lagi pegang puncak menara Eiffelnya. Sepertinya dia udah biasa sekali jadi tau angel2 yang pas. Nih bagus kan dia fotonya :D…

IMG_20181220_143552l1545331243190-01-01l

1545331307267-01-01kJujur nih ya aku suka banget ma foto-fotonya, kerennn banget kann, aku aja ga kepikiran bikin ga pegang pucuk Eiffel wkwk.. Apalagi bisa foto sekeluarga berempat itu aku paling seneng, tadi kan udah kepikiran gimana ya supaya bisa foto berempat. Tuhan bukain jalan lewat penjual souvenir ini hihi… Krn dia diawal berlagak akrab, aku ya do the same thing, kubilang bro fotomu bagus banget, kamu fotografer yang hebat wkwk.. Eh tapi pujianku itu tulus lho beneran. Dia menepuk dadanya bilang, ya aku fotografer hebat katanya. Naaaa setelah ini apa nih, aku dan suami sempet lirik2kan. Aku sempat ngelirik turis2 disebelah itu ada yg ditawar2in souvenir setelah orangnya fotoin. Ga tau sih mereka dipaksa or ga karena aku juga ga ngeliatin. Ternyata bener, si bro ini kemudian menjajakan souvenir yg dia pegang, aku memang kurang tertarik dengan gantungan2 yg dia bawa. Kalo ada yg murah mgkn aku beli, tp aku kurang cocok. So maaf ya bro, terpaksa kami menolak dengan halus, kami bilang sori kami ga beli dulu. Untungnya si bro juga ga maksa, dia langsung pergi sambil bilang no problem XD. Hihi tapi wajahnya jadi tidak seramah tadi sih :p. Bersyukur aja sih dia bukan tipe yang meksa untuk beli, baik juga orangnya pikirku. Eh tapi beneran lho bro, aku berterima kasih untuk foto2nya kami jadi dpt foto bagus, dan beneran maaf kami tidak membeli souvenirnya. Setelah dari Eiffel kami melanjutkan perjalanan dengan naik bus lagi. Kami menghabiskan banyak waktu duduk di deck atas bus sambil foto2 gedung2 sekeliling. Ah iya kelupaan cerita, katanya sih kalo di suhu dingin batere HP bs lebih cepet habis ya? Or mgkn karena HP ku udah berumur bbrp tahun, jadinya mulai menua dan ga kuat dingin wkwkwk…. Ini ya dari atas deck kan emang dingin *asli dingin, sampe ingus meler teyus wkwk*, HP kubuat foto2 dan video, ga banyak lho dan baru dapat bbrp video, tiba2 lgs drop. Dari setengah tiba2 langsung turun jadi 10%, jadinya kuhemat dan kupakai untuk foto yang penting2 aja, ga bisa video lagi, takut tiba2 KO hpnya wkwk..

IMG_20181220_150559-01lIni salah satu sudut jalanan kota yang kufoto, cantikkk…

IMG_20181220_144625lIni kami melewati sungai Seine, ada canal cruise juga keliling kota dari air, tp kami ga naik yang itu.

IMG_20181220_150621lAku kurang tau ini bangunan apa, tp di sisi samping ada tulisan Musee de L’Armee, museum gt kali ya..

IMG_20181220_151515-01lPlace De La Concorde, ini adalah alun2 yang juga terkenal di Paris. Kalo jalan di kotanya pasti akan bisa menemui tempat ini. Sejarah2nya bisa digoogling sih, menarik itu kl baca2. Alun2 tengah kota ini menarik sekali, banyak hiasan patung2nya.

IMG_20181220_153241lIni kalo ku googling adalah gedung Opera Garnier namanya. Semestinya itu di busnya ada earphone yang bisa ditancapkan di sisi samping bus, sehingga ada keterangan kita ada dimana. Tapi telat taunya kita, pas udah mau habis baru tau, karena earphone ada di bawah, sedangkan kita langsung naik atas biasanya :p. Ada bbrp bangunan2 terkenal yang kami lewati juga tp blur ketika difoto, krn sambil bus jalan kan.

IMG_20181220_161308lIni Notre Dame Paris. Kami sempat ngelewatin Louvre, rencana kan mau berhenti dan foto sebentar disana, tapi waktunya udah terlalu sore, apalagi sekilas kami lihat di sana penuh orang2. Busnya berhenti tidak tepat di depan Louvre, kami harus berjalan kaki dan mencari jalan lagi kalo mau ke Louvre, so kami putuskan tidak usah deh, kami menikmati Louvre dari bus aja. Eh lha malah Louvre nya lupa dipotooo, hadehhh… :p. Kami kembali ke spot pertama naik bus, yaitu di Arc de Triomphe. Setelah turun kami jalan kaki aja menikmati kota.

Kami sampai kan udah sore sekitar jam 5, mungkin karena cerah cuacaya jadi jam 5 ini masih terang. Lampu2 udah mulai menyala sedikit, jadi bagus kotanya :D. Jam paling bagus memang saat lampu2 sudah mulai menyala tapi langit belum terlalu gelap.

IMG_20181220_164447lIni disepanjang jalan banyak toko macam2. Menikmati sore yang cerah di Paris ini. Ternyata kota ini tidak semenyeramkan yang kubayangkan, dan orang2nya juga masih ada yang baik2 dan menyapa kami duluan, mereka bilang Bonjour, ya aku bales Bonjour wkwk…

IMG_20181220_170652lKami berjalan balik ke hotel sambil santai foto2 suasana sekitar. Ini lampu merah oranye mulai menyala, bagusss… Kami berfoto sejenak. Hari yang santai dan menyenangkan… Kami beli makanan untuk dibawa pulang dan makan di hotel. Sekitar jam 7 kami sudah sampai di hotel, yang jaga hotel kebetulan orang yang lebih muda. Dia lebih ramah, kami bertanya apa air di hotel bisa diminum, tapi dia menyarankan jangan. Dia memberitahu kami untuk membeli di toko aja dekat hotel. Nah yg ini baru benerlah jadi petugas hotel pikirku. Setelah makan kami beristirahat, capek dan ngantuk, siap langsung mandi2 dan bobok deh wkwk… Terimakasih Tuhan untuk penyertaanMu sehingga kami tidak jetlag ataupun sakit, tidak kehilangan sesuatu apapun selama disini (mungkin juga karena kami menghindari naik metro umum dan jalanan yang berjubelan), besok kami siap berangkat ke Lourdes dengan naik kereta ^_^. Kami tidur dengan sangatttt nyenyakkk…zzzz…..

Day 3 : 21 Desember 2018 ( Paris to Lourdes-by train)

Sekitar pukul 7 pagi kami bangun dan breakfast di hotel. Eaaa ketemu lagi dgn ibu yang galak, kami kan tidak tau tempat makannya dimana, sempat salah masuk ruang karena kami dengan suara klontang klontang seperti sendok garpu. Langsung dilirik, bilang disitu bukan tempat makan, outside dia bilang. Lah outside kan diluar, aku sampe bingung masak tempat breakfastnya ada diluar hotel toh? Gitu dia juga langsung diem dan ga njelasin lagi, untung ada tamu hotel yang baik, dia yang mbilangin tempat makannya. Ternyata disisi dalam bagian hotel yang lain, ga jauhhh dari tempat ibu judes duduk. Tempat makannyanya jg agak nylempit dan ga besar. Petugas di area tempat makan ini juga cewek cueknya amit2. Ngatur garpu pisau dll, tanpa senyum apalagi menyapa tamu. Antar tamu aja kami kadang masih saling senyum dan memberi salam: Bonjour. Bedaaaaaa 180 derajat wes ma di Indonesiahhh tercintaaaa…!!! Apalagi kl di Bali, mereka selalu senyum dan menyapa dengan sopan dan halus. Culture shock saia hahaha, kepingin senyum ke si mbak tp males garing dicuekin yo wes saia juga cuwek waelah… Untuk masalah keramahan, kurasa orang2 Indonesia masih menang jauh. Jangan kaget pokoknya kalo disini orangnya banyak yg cuek ya, diterima aja wkwk.. Kita di Indo kebiasaan enak, semua diladeni, disapa, disini kebanyakan ambilo dhewe kabeh alias self service :p. Tapi memang ga semua petugas cuek seperti inilah, buktinya yang di restoran pizza kemarin itu petugasnya juga baik kok, menyapa dan berkomunikasi dengan enak :).

IMG_20181221_074339lMenu breakfast di hotel kalo pagi kebanyakan selalu roti2, berbagai macam roti tepatnya wkwk.. Ini aku ambil apple pie, croisant, dan roti sponge, ada bacon2 dan sosis aku nyobain dikit dulu. Itu ada selai coklatnya enakkk aku suka. Roti2nya enak sih nyummm, suka sukaaa… Yang makan kebetulan cuma dapat 3 orang karena kami booking untuk 3 ranjang. Karena suami tidak hobi makanan beginian jadi aku yang turun makan. Selesai makan breakfast kami langsung naik dan siap2 untuk check out hotel. Kami pesan taxi menuju ke stasiun Gare Montparnasse, dari situ kami naik kereta menuju Lourdes. Harga taxi sekitar 35 euro. Daripada mikir desak2an di kereta bawa koper besar2 plus anak2, belum mikir copetnya, udah kami cari aman aja dulu kalo di Paris. Naik taxi kami langsung menuju stasiun. Sopirnya baik dan bisa ngomong Inggris, jadinya suami sempat berbincang2. Kalau lewat gedung2 terkenal, dia juga memberitahu kami, bahkan dia menawarkan untuk berhenti jika kami mau foto, tp karena kami mengejar jadwal kereta, kami tidak turun ^_^. Pagi ini cuaca gerimis tipis, mendung dan lebih kelabu dari kemarin. Melihat cuaca ini selalu membuat hatiku bersyukur kalo Tuhan aturkan cuaca yang bagus dan cerah saat kami butuh untuk berkeliling kota. Luar biasa Tuhanku ^_^.

IMG_20181221_090204lIni kami sudah sampai stasiun Gare Montaparnasse. Kereta berangkat pk 9.52 on time. Kalo kereta masih banyak yang on time jadwalnya, kalo pesawat terkadang masih ada delay2 sedikit. Keretanya besar2 deh ukurannya, beda dengan kereta Jepang yg biasanya slim2 wkwk. Kami mencari peron tempat kereta kami, kami berangkat dari peron 5, jadi masi ada jauh di depan, itu terlihat kan nomer peron disisi kanan :).

IMG_20181221_091724lSebelumnya, suami cari makanan dulu wkwk, dia beli roti Paris, itu tuh roti yg mirip tongkat pukul tapi yg ini diisi ham dan keju. Itupun harganya sekitar 5 euro wkwk, wes wes…barang2 disini ga ada yang murah2, apalagi kalo makanan XD. Otak sudah mulai mikir ngitung rupiahnya (kebiasaan emak2 kale ya wkwk), tp ga jadi wes, drpd puasa makan nanti kl tau harganya :p. Meskipun cuma roti tapi bisa kerasa kenyang sekali, mgkn karena ukurannya juga besar kali ya. Hap hap…Ken ikut makannn ^_^.

IMG_20181221_091744lKalo Re, dia suka sekali nyobain minuman starbuck. Kebetulan di depan peron kami ada starbuck, jadi Re nyobain mampir dan beli. Kata Re menurut iklannya, edisi ini cuma terbatas sampai Februari, kalo tidak salah tapi yaaa wkwk :p. Yang rasa ini dia suka, salah satu yang paling enak katanya.

Nah waktu nunggu jam kereta berangkat, orang2 kan pada berdiri di selasar2nya, yang kubilang ada yang cuek itu ya..udah tau ada orang yang bawa barang, tapi kalo mereka berdiri disitu ya tetep berdiri disitu ga mau minggir. Bahkan kalo nunggu ditengah2 jalanpun mereka cuek, duduk diatas kopernya sambil lihat hp. Aku kan waktu itu berdiri dipinggir selasarnya, jadi bisa mengamati orang2 yang lalu lalang disana. Banyak yang merokok fiuhhh… Dan justru lebih banyak yang cewek yang merokok kalo kulihat. Asal open air sudah pasti pasti ada yang merokok, entahlah mungkin disana tidak ada larangan ya. Kadang ada bbrp tempat yang memang ada tanda dilarang merokok, kalo di dalam ruang sih biasanya tidak ada yang ngerokok, tp kl di luar ruang jangan ditanya deh. Ah ada banyak anjing2 lucu yang berkeliaran juga, mereka pakai baju2 hangat juga hihihi lucu ya :D. Ada kucing juga, tapi kucingnya ditaruh kandang dan dibawa tangan ma orangnya. Hewan bebas dibawa kemana2 sepertinya. Ada yang lucu juga, wkt itu suami dan anak2 kan pergi beli roti, aku jaga koper sendirian. Lah kopernya kan ada bbrp, itu sempat ada ibu2 sana yang heran ngeliatin aku. Dia ngomong sesuatu sambil senyum2 nunjuk koper gitu, pakai bahasa Perancis yang so pasti aku ga mudheng lah yaoo, sepertinya dia mengira aku berpergian sendiri dengan membawa semua koper ini sendirian wkwkwk… Yo kubales senyum waelah, mosok tak bales ngomong pake boso jowoan iso syok bee orange :D.

IMG_20181221_090631lKira2 kereta2nya seperti ini nih. Double decker ternyata, jadi ada atas dan bawah. Oooo pantas baru paham aku kenapa kok terlihat besar2 bentuknya.

IMG_20181221_115510lKursinya enak dan nyamannn ^_^. Itu ada meja lipatnya, di kursinya juga unik, itu dibagian kepala ada tongolan di sisi kanan dan diri kan, ternyata buat nahan kepala supaya kalo ketiduran ga sampe mengganggu orang sebelahnya :D. Perjalanan kurang lebih sekitar 4 jam. Disini ada wifi gratis, tapi lemotttt sekali. Aku pakai internet paketan juga pas lemot sekali. Aku sempat berbincang sebentar dengan orang di depanku. Waktu itu aku kan makan permen, aku nawarin anak2nya. Papa dan 2 anak, 1 anak laki 1 anak perempuan. Mereka asli dari Paris. Ternyata si papa ini pernah menikah dengan orang Jepang dan anak2nya itu campuran Jepang-Perancis berarti. Dia mau berlibur kumpul keluarga. Cuaca hari ini cloudy, tdk seperti kemarin yang cerah. Dia bilang dia lebih suka matahari, di Paris terlalu gray suasananya. Kubilang kalo aku kebalikannya, aku suka tempat dingin wkwkwk… Dia sempat bertanya aku mau kemana, kujelaskan aku mau ke Lourdes, dia bingung, kubilang tempat Mother Mary. Baru dia paham, lalu dia nanya apa aku religious or something gt, kubilang yes aku Katolik ^_^. Mungkin dia sendiri entah mempunyai agama/kepercayaan or tidak, krn kalo dengar2 cerita, kebanyakan orang di sana sudah terlalu nyaman dengan hidup mereka sehingga menganggap tdk butuh Tuhan (yah entah bener or tidak aku jg tdk tahu), tp keluarga yg didepanku ini baik2 pokoknya orangnya ^_^. Mereka turun terlebih dahulu dan say bye, kami masih lanjut perjalanan. Gantian opa oma dan cucu2 yang duduk di depanku. Mereka makan roti tawar dan ham suwir2, wah keliatan enak, aku jadi keingat dulu mak ku pernah bikin begituan nyam nyam wkwk… Mereka makan begitu aja cukup lho, hebat ya.. Setelah makan, itu cucu2nya mainan kartu ma omanya, yang satunya lagi nggambar2 dan ngobrol ma opanya. Seneng kalo ngeliatin mereka :D. Opanya juga kadang iseng, kalo pas cucunya nggambar, itu kadang disenggol2 sampe dia harus hapus bbrp kali wkwkwk… Sebenernya pingin ngobrol panjang juga dengan mereka, tapi kayanya mereka ga bs bahasa Inggris deh. Omanya sempat nawarin Ken coklat, Ken malu2, dia tanya aku trus dia menolak sih, jd aku bilang thank you ke omanya udah ditawari 🙂 (mestinya kalau thank you semua orang tau kan ya artinya).

 

IMG_20181221_124915lKarena sudah jam makan siang, papa dan Re ke kantin beli makanan. Re beli penne dan muffin, Ken dibeliin sandwich paketan dengan roti soufflee, roti souffleenya kumakan. Ini penampakan roti yang kumakan, udah lupa foto diawal langsung hah hap hahaha… Punya Re dan Ken udah ga sempet foto wes, kelaparan soalnya. Enak nih rotinya manis dan soft, lumer di mulut kesannya wkwkwk… Aku cocok dengan roti2 disini.

Jes..jes…tuttt…tuttt… akhirnya sekitar jam 14.42 kami sampai di stasiun Gare de Lourdes ^_^. Cuaca cerah dan ada mataharinya. Silau :D. Suhu tidak dingin kok, sekitar 10 derajat. Jadi OUTFIT disini juga tidak perlu terlalu tebal. Ken bahkan cuma pakai long john dan kaos lengan panjang biasa, langsung ditutup jaket. Re pakai long john dan sweater tipis. Atasanku sama dengan mereka urutannya, hanya untuk celana aku ga bawa celana jeans. Untuk ngirit tempat aku hanya bawa legging motif jeans aja wkwk, jadi yang kupakai untuk bawahan hanya long john yang kulapis legging. Untuk suhu segini ditambah ada matahari, cukup kok aku tidak kedinginan. IMG_20181221_145345lIMG_20181221_145236l

Dari stasiun ini menuju hotel, kami jalan kaki dong wkwk… apalagi hanya sekitar 1.8 km, hajarrrr ajaaaa :p. Sambil lihat2 sekeliling lah, kita bisa foto2 dan menikmati suasana kota. Sebelum berangkat kesini, Re sempat browsing, katanya dia heran kok banyak nemu opa oma doang disini wkwkwk, aku sampe geli :D. Iya bener juga emang bnyk opa omanya disini, tuh salah satu contohnya opa oma yang ma cucu2nya itu ternyata juga berhentinya di Lourdes :D. Yah meskipun orang2 mudanya juga ada, tp ga banyak. Waktu kami jalan, itu keliatan banget kotanya sepiiiii…. sungguhan sepi, kami seperti pemilik kotanya sendirian.. Mungkin karena winter kalo orang tua pada banyak yang tidak tahan dingin ya, jadi sepi pengunjung, banyak toko2 yang tutup dikanan kiri. Kotanya tidak semegah gedung2 di Paris, tidak banyak ukiran2nya, bahkan ada bbrp yang catnya mulai pudar, tapi aku tetap enjoy dengan suasananya.

IMG_20181221_151105-01l IMG_20181221_152400-01l

Tuhh kan, sepiiii hihihi… di jalanan aja jarang ada mobil lewat. Mau pose duduk boleh…mau pose bobok di jalanan boleh… Ini Ken lagi pose mau loncat wkwkwk… Asal kalo denger mobil lewat ya melipir dulu hihihi…. Waktu kami foto2 ini, ada mobil yang dinaikin suster, dan dia melambaikan tangan ke kami hahaha, susternya gaul :D. Ada juga kereta yang mirip kereta kelinci kalo di Surabaya, jadi keretanya isinya anak2 kecil mereka lagi keliling kota kayanya, dan ada St.Claus nya, mereka juga teriak2 menyapa kami hallooooo byeeee…. sambil melambaikan tangan. Orang2 disini lebih welcome deh, makanya suasananya menyenangkan :D.

IMG_20181221_151502l

IMG_20181221_151551lIni kami masih melewati deretan bangunan2. Biyuhhh ternyata yaaa, jalanan di sini naik turunnn, hahaha capek juga jadinya karena kami nggeret koper gedhe2. Lebih tepatnya Re dan papa bawa yang besar2, Re pinter banget dia ngebantuin bawa yg berat2. Udah besar jadi tenaganya udah lebih kuat, tengkiu ya nak sayang ^_^.  Kalo jalanan lurus mungkin masih mending ya, ini naik turunnya yang ga nguatin deh, kadang aku minta kopernya Re untuk kubawa tapi dia ga mau, ya udah ntar hadiahnya dikasih makan yang buanyak ya hihihi… Ini ada toko souvenir yg menarik untuk didatengi wkwk, duh tapi ga boleh lirik2 dulu :p. Kami ngelewatin beberapa toko souvenir tapi ga banyak yang buka emang. Ada juga tempat makan yang menarik, kami liat dia jual kebab gitu, ada daging steak, harganya juga ga mahal2 amat. Yang tortilla itu ada yang sekitar 5 euro, yang kebab dan daging steak kisaran 10-13 euro. Mau cari yang dibawah 5 euro kalo makanan ga ada wkwkwk… Kami berencana makan malam disini nantinya, entah buka ga itu tokonya, tapi kalo siang ini dia tutup.

Pemandangan alam di kanan kiri juga ga kalah cantik, ada gunung, ada lapangan hijauuu, kami waktu itu turun bentar buat foto2, uapik wes pas ada background matahari disamping. Kalo liat ini ga kaya winter ya, kecuali kalo liat pohon2 gundulnya baru ketauan musimnya wkwk… Ahhhh udaranya bersih segerrrr bangetttt… Entah rasanya bisa bernafas lega sekali, ga umpek2an dan ga takut copet wkwk.. (meskipun tetep harus hati2, kita ga tau orang seperti apa). Kalo menurut info, Lourdes ini terletak di kaki gunung Pyrenees, jadi gunung dibelakang mgkn adalah gunung Pyreneesnya :).

IMG_20190107_004525l

IMG_20181221_154654lIni dalam perjalanan menuju hotel kami kan jalan2 santai, sambil foto kanan foto kiri, ini aku pas lagi nyiapin tongsis, itu tuhhh tau sendiri kan wajah yang paling iseng wkwkwk, sempet2nya lho masih pose padahal aku ga sadar kalo kameranya kepencet :p.

IMG_20181221_154702lNah ini fotonya saat udah ready semuaaaa… haloooo hihihihi…. seneng banget bisa sampai di tempat ini ^_^. Eh btw, si Re kalo foto sekarang lebih bnyk gaya cool dia :p.
Cheeezzzz….

Ini kami udah di dekat hotel tempat kami menginap, hosh hosh berjuang sedikit lagi menggeret kopernya, mulai berasa pegel tangannya :p. Hotel kami menginap namanya Alliance, bahagiaaa sekali akhirnya ketemu dengan hotel kami hahaha…. Kami sempat nyasar naik atas, padahal kalo mau ke hotel jalannya turun ke bawah. Itu juga ada penduduk yang memberitahu kami, makacciii ^_^.

IMG_20181221_165139lDi front desk nya petugasnya langsung mbilangin kami arah2 yang harus kami tuju jika mau ke gua Maria, ataupun mau ketempat2 lainnya di sekitar Lourdes ini. Mereka menjelaskan dengan baik dan cukup ramah. Ada paketan makan juga, hari pertama kami mengambil paketnya, hari kedua kami belum mengambil dulu, dilihat dulu kira2 menunya gimana, kalo ga cocok ya mending beli makanan sendiri dibawa pulang hotel.

IMG_20181221_162331lIni kamar hotelnya, kami pesan 2 kamar connecting door. Karena yang ini ranjangnya kecil, dan harganya tidak terlalu mahal, dua kamar kurleb 160 euro untuk 2 hari. Tempatnya nyaman dan enak kok, meski tidak besar2 amat, tapi karena kami pesan connecting 2 kamar jadi berasa luassss hahaha… Kamar mandinya ada bath tub dan shower, cukup luaslah, ada hairdryer juga, lumayan untuk ngeringin rambut kalo abis keramas karena aku ga bawa hairdryer, bawanya catok rambut untuk mbantu lurusin rambut bagian bawah :D. Tapi tidak ada sikat gigi disini, jadi kami mengeluarkan sikat gigi yang kami bawa. Kalo sabun shampo sih komplit. Yak setelah mandi-mandi sejenak dan mengistirahatkan tangan yang pegel bawa koper, kami lanjut langsung pergi ke arah Sanctuary of Our Lady of Lourdes. Wkwk medan tidak semanis yang kami kira. Naik turunnya countur tanah ini lho kadang yg bikin napas habis XD.

IMG_20181221_172335-01lKami sampai di Sanctuary sekitar jam 5 lebih. Kami kebetulan masuk di area gereja yang atas. Jadi kebetulan pas ada misa sore, aku foto2 sebentar (karena matahari udah turun fotonya kurang bisa bagus) lalu masuk ikut misa menyusul suami dan anak2 yang udah masuk duluan. Kamera hpku kalo suasana udah gelap kurang bagus untuk foto, terlalu bnyk noise nya :(.

IMG_20181221_174408-01lIni di dalam gerejanya, kerennn bagus bangettt, kagum aku. Begitu masuk suasananya beda, aku terharu bisa berada kembali disini kedua kalinya, puji syukur dan terimakasih padaMu Tuhanku ^_^. Kali ini aku datang dengan perasaan yang lebih dalam lagi, meraskan sendiri suka dukanya hingga bisa sampai di tempat ini wkwk.. Kalo dulu hanya tinggal duduk manis diam aja tau beres karena berangkat bersama Daddy :D. Aku juga udah agak lupa tempat ini, entah dulu naik or ga aku lupa, yang jelas dulu waktu aku pergi pas juni juli, jadi orangnya lebih rameeee, aku sempat ke gereja bawah tanahnya tapi juga udah ga terlalu ingat sih. Saat misa, itu ada orang yang nyanyi kan, duhhh suaranyaaa syahdu banget, berasa para malaikat bernyanyi dengan indahnya, terpesonaaa… Meskipun bahasanya ga paham, tp aku sangat menikmati nyanyian mereka.

IMG_20181221_173912lWaktu kami masuk sini, misa sudah mau selesai. Tidak banyak yang ikut misa, kami berencana berdoa sebetar disini setelah misa. Kebetulan waktu itu ada romonya yang berjalan kebelakang sambil menyapa para umat yang buyar pulang. Aku kan masih duduk paling belakang, waktu hampir sampai ke arah kami, romonya melihat ke arahku. Kaget mungkin ada wajah Asia wkwk, soalnya yang lainnya bule semua. Romonya menghampiri dan menyapa dengan ramah, beliau menanyakan apakah kami bisa berbahasa Perancis? Aku bilang aku bisanya Inggris, dan dia menanyakan kami berasal dari mana. Kubilang dari Indonesia, wah far away from here beliau bilang. Kami berbincang singkat. Suamiku menanyakan ordo romo, tapi beliau kesukaran menjelaskan dalam bahasa Inggris katanya. Pokoknya bahagia meski kekurangan, bersyukur dalam apapun yang dialami, mungkin visi misinya kira2 seperti itu. Romonya baikkk sekali, beliau ramah, bahkan tanpa kami minta, beliau memberikan berkatnya di dahi kami satu persatu, terharuuuuu sungguhan terharuuuuu saiaaaa huhuhu…. Feel homey bangetttt…. Sukaaa dengan kehangatan suasana dan orang2 disini, kedamaian dan sukacita yang kurasain ga bisa dilukiskan deh. Saat aku menutup mata dan berdoa mgkn air mataku bisa menetes, jadi aku lebih suka membuka mata dulu :p. Romo ini namanya Agustinus, aku panggil dia Father Agustinus ^_^. Setelah kuajak berfoto sebentar, kami pun berpisah, ada umat yang mengajak romo berbincang.

IMG_20181221_174606-01lKami berencana keliling sebentar untuk melihat sekilas tempat2nya, supaya besok kalo kembali kesini paling ga kami tidak usah mencari2 lagi. Begitu keluar gereja, aku terpesona lagi oleh lampu2 yang udah nyala. Ya ampun Tuhannn, indah banget deh suasana outdoor di Sanctuary ini.

IMG_20181221_174951lKami turun ke area di bawahnya, kami itu ada pintu kami coba masuk. Itu di sayap kanan ada diorama dan patung St. Bernadette yang dipigura kaca (foto atas)

IMG_20181221_175516l

Kalo lurus terus ternyata ada tempat untuk adorasi. Harus jaga ketengangan, ga boleh ribut sama sekali. Jadi begitu masuk ruangan adorasi ini suasanyanya bener2 heninggggg…. Aku duduk dan mengheningkan diri sejenak, hanya merasakan indahnya Tuhan. Foto atas, tempat adorasinya.

Untitled-4-1

Setelah itu turun lagi kebawah, tangganya agak panjang jalannya yang ini. Itu ada gereja besar, namanya Basilique Notre Dame du Rosaire. Mungkin ini gereja utama kayanya, karena ukurannya lebih besar dari gereja yang diatas tadi.

Untitled-3Foto yang kiri masih di area gereja atas. Terakhir kami mencoba melihat Grottonya, di sana lagi ada doa rosario. Kami melihat sejenak dan berfoto, kebetulan langitnya disana lagi cantikkkk sekali. Lagi keluar warna biru dan ungunya, cakeppp kan hihi.. Kata temanku ini namanya blue hour wkwk…

Setelah itu kami berjalan pulang untuk mencari makan, kami menuju tempat kebab yang tadi kami incar. Soalnya ada daging steak, kebab dan NASI. Nasi ini Re yang pingin wkwk… Syukurlah tempatnya bukaaa yeayyy… Kami mampir dan segera pesan makanan. Orangnya bisa bahasa Inggris lumayan, meskipun tidak lancar2 sekali tapi itu udah lebih dari cukup untuk kami bisa berkomunikasi. Dan baik lagi nih pemiliknya. Tempat makannya ga besar, dan sepii hahaha, hanya kami yang makan disana. Tapi setelah kami ada lagi kok yang makan ternyata. Ini makanan yang kami pesan, waduhhh porsinya jombooo… Jadi kami pesan 3 dulu. Tapi begitu liat rada menarik, perutku ya kerucukan, ga terima kalo cuma makan nitil2 doang hahaha, jadinya aku pesan satu tapi yang murah aja deh, maksudku biar porsinya ga kebesaran kaya ini. Tapi tetep aja hasilnya juga banyak aku kekenyangan wkwkwk (eh yang punyaku lupa kufoto, karena cuma dibungkus sama tepung putih tipisnya jadi ya kaya kebab2 biasa begitu. Cuma ini mantap porsinya dan rasa dagingnya gurih. Aku pesan daging kebab yang lamb.

IMG_20181221_191252lMakanan yang ini papa yang pesan, ini irisan daging kebab. Lamb dia pesannya. Lapeeerrrr….

IMG_20181221_191310lKalo yang ini kepunyaan Re dan Ken, mereka pesan jenis yang sama. Dagingnya jenis daging steak. Yang pasti ada nasinya hahaha… Pemilik restonya ini sekaligus chef yang masak. Dia bilang semua foodnya dia olah sendiri. Saat kami makan dia ngeliatin dari belakang dan memperhatikan kami. Orangnya ramah sih, waktu Ken minum air, itu capnya kan nempel dengan ring dibotolnya, jadi agak kena2 hidung kalo pas minum. Ternyata ada caranya, itu cap ditekan kebelakang bisa, tidak patah, sehingga kalo pas minum capnya tidak menghantam hidung Ken terus :D. Wah kami baru tau hahaha, selama ini minum ya dengan cap botol kena idung :p. Trus pas dia liat aku ngasih Ken daging kebabku, dia ketawa2 bilang change change… Mungkin maksudnya barter kali ya saling ngicip. Aku bilang ke orangnya, ini Ken suka daging kebabnya, gurih… Orangnya mungkin saking karena senang, tanpa kami sadar dia motongin daging kebabnya lagi, dan dikasih ke Ken. Alamakkkk mateng hahaha, benernya kami udah kekenyangan dan lagi berusaha ngabisin ini daging segepok yang ada didepan mata, duh sampe mo ketawa aku liat wajahe Ken hahaha… Freezing gitu hahaha, kaya mau bilang helppp, Ken udah kekenyangan wakakak… Tapi Ken pinter, langsung bilang thank you duluan wkwkwk… Aku bilang pake bahasa Indo, kamu habisin aja itu daging yang orangnya kasih, kamu harus menghargai makanan yang dia kasihin spesial buatmu. Daging steaknya dia ga habis kan pastinya, papa yang bantu makan, padahal papanya juga udah kelempoken. Re kali ini menyerah, biasanya dia bisa 2 porsi. Ini satu porsi udah sangat kekenyangan dan ga bisa nambah katanya, ampunnn hahaha… Eh ya, ini nasinya bulirnya besar2 lho, lucu ya, enak lagi kata Re, dia doyan banget. Habis bis bis makanan yang dipiringnya :D. Aku juga ngabisin daging kebabku, tp rotinya sebagian ga kuhabisin, amsyong perut udah mau meledak. Aku bilang ke hubby nanti pulang kita nyasar aja ya, biar jalannya jauh wkwkwk, butuh dibakar ini entah berapa kalori yang masuk XD.

IMG_20181221_194617lIni nama tempat kami makan. Dia orang Turki ternyata.

Setelah kekenyangan makan, kami memutuskan untuk jalan dulu lagi ke daerah kota. Tadi menurut info dari pemilik resto, kalo mau mencari wine bisa di Carrefour. Suami kebetulan pingin beli wine, disini murah2 dan enak2 katanya. So mari kita jalan2 ke kota. Jalan kekota sebenernya ga jauh2 amat, tapi naik turun countur tanah ini lho yang bikin ngosh ngosh wkwk.. Gpp wes, sekalian nggelontor lemak2 akibat kekenyangan ini :p.

IMG_20181221_195651-01lIMG_20181221_195807-01lKalo di kotanya, lebih banyak mobil2 dan jalanan lalu lintas lebih luas. Lebih ada lampu2 hias juga, meski ga banyak tapi bikin kota terlihat cantik. Dari tempat ini tinggal nyebrang sedikit kami sampai di Carrefour. Disini banyak resto2 yang mempunyai penghangat di luar2nya. Setiap kami ngelewatin resto2 ada hawa2 hangat soalnya yang terasa. Yak kami belanja wine dan beberapa keperluan untuk besok pagi. Di Carrefour ini aku sempat bertemu dengan orang Asia, tiba2 dia senyum ke arahku, merasa sesama Asia kali ya hihi, ya kubalas senyum juga. Senang aku kl orang bisa saling senyum ramah :). Setelahnya kami pulang beristirahat dan siap untuk doa lagi di Sanctuary besok ^_^.

To be continued…

Travel Diary: Europe Trip Winter 2018 (part 2: Lourdes-Den Haag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *